Cara Membuat Emoji di WA yang Benar

Bagaimana cara membuat emoji di wa? Apakah kita harus menggunakan aplikasi tambahan? Bagaimana agar emoji di wa bisa digunakan dengan baik?

Bicara tentang aplikasi Whatsapp, mungkin kita udah gak lagi asing dengan yang satu ini. Salah satu sosial chat yang cukup banyak digunakan pengguna smartphone Android dan iOS ini memang sudah menjadi aplikasi vital dan penting di install untuk pengguna.

Karena sebagaimana juga kita tau, Whatsapp memang menjadi apliksi chatting yang memiliki beragam fitur yang tak jauh beda dengan panggilan telpon yang biasa di lakukan dengan menggunakan pulsa utama.

Tetapi, Whatsapp hadir dengan memberikan kemudahan dan sejuta fitur yang lebih dari sekedar panggilan. Kamu bisa berkirim pesan teks seperti sms, panggilan telpon, panggilan video, berikirim pesan suara, dokumen, dan lain sebagainya.

Dan tentunya, hal ini bisa dilakukan tanpa menggunakan pulsa utama. Melainkan, kamu hanya perlu memiliki jaringan internet dari kuota data internet yang kamu pakai, ataupun jaringan WiFi yang aktif.

Selain itu, sistem kerja dari Whatsapp sendiri sangat mudah. Kamu hanya perlu menyimpan nomor pengguna Whatsapp lain didalam kontak kamu dan kemudian kamu bisa membuka daftar kontak kamu di Whatsapp.

Nantinya secara otomatis nomor mereka yang kamu simpan tadi akan secara otomatis masuk kedalam daftar kontak Whatsapp kamu dan kamu dapat membuat percakapan teks, panggilan suara, ataupun panggilan video.

Tentunya, hal ini memudahkan untuk kamu yang ingin berkomunikasi tanpa batas hanya dengan menggunakan internet saja. Tetapi, jika kamu berada didalam kondisi sinyal yang buruk maka bisa terjadi gangguan ketika melakukan panggilan suara. Ntah itu menghubungkan ulang, atau bahkan panggilan yang dilakukan tidak dapat diterima oleh pengguna lain.

Salah satu fitur lain yang disediakan whatsapp adalah fitur chat dengan emoji ataupun stiker. Fitur ini memang baru baru ada di Whatsapp untuk pengguna Android ataupun iOS. Tetapi, fitur ini sangat berguna untuk mengekspresikan apa yang mereka rasakan dengan emoji yang ada.

Related  Cara Download Status Whatsapp

Tapi sayangnya, kadang ada saja pengguna yang mengalami error atau tidak dapat mengaksess emoji yang ada di Whatsapp mereka. Biasanya, hal ini dikarenakan emoji yang digunakan belum support dengan OS dari smartphone mereka ataupun tidak adanya emoji tersebut di Whatsapp.

Cara Membuat Emoji di WA

Cara Membuat Emoji di WA
Membuat Emoji di WA

Untuk itu, apabila kamu ingin menggunakan emoji di percakapan teks wa kamu, kamu bisa megikuti beberapa cara membuat emoji di wa dengan beberapa cara mudah yang akan mimin bagikan berikut ini. Seperti

Cara Membuat Emoji di WA dengan Menggunakan Google Keyboard

Cara pertama yang bisa kamu gunakan untuk membuat emoji di wa dengan mudah adalah menggunakan Google Keyboard. Untuk yang belum tau, Google Keyboard sendiri merupakan aplikasi yang di Develop oleh pihak Google untuk para pengguna Smartphone Android. Dengan Google Keyboard, kamu dapat membuat emoji di wa dengan mudah, dengan cara

  • Download terlebih dahulu aplikasi Google Keyboard di Play Store
  • Setelah itu, kamu dapat menginstall aplikasi Google Keyboard seperti biasa hingga selesai
  • Jika sudah, maka selanjutnya kamu tinggal mengganti keyboard default kamu dengan menggunakan Google Keyboard dan juga melakukan customisasi untuk tema, ataupun pengaturan lain
  • Nah, untuk menggunakan emoji Google Keyboard, kamu dapat masuk ke pengaturan Google Keyboard terlebih dahulu
  • Lalu cari pengaturan emoji
  • Pilih emoji yang ingin kamu gunakan, setidaknya ada beberapa jenis tipe emoji yang bisa kamu pakai. Mulai dari emoji iOS, Default dari Google Keyboard, dan juga bawaan dari smartphone kalian
Related  Cara Membuat Link Whatsapp

Jika sudah, maka kamu bisa mencobanya dengan masuk ke Whatsapp, dan pilih chat dengan salah satu teman atau pengguna whatsapp lain. Klik pada tombol emoji yang muncul di Google Keyboard, dan masukkan emoji tersebut kedalam pesan lalu kirim.

Apabila di kamu emojinya muncul sedangkan di pengguna lain tidak muncul atau hanya muncul kotak-kotak saja, kamu bisa meminta mereka untuk menggunakan Google Keyboard juga. Hal ini berguna agar emoji yang kamu kirim bisa muncul dan terlihat di pengguna lain.

Cara Membuat Emoji di WA dengan Sticker.ly

Kemudian untuk cara yang kedua, kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi Sticker.ly yang kerap dipakai untuk mengirimkan stiker di Whatsapp. Walaupun cara ini sebenarnya digunakan untuk para pengguna yang ingin membuat stiker whatsapp, sticker.ly juga bisa dipakai untuk membuat emoji di wa. Caranya

  • Download terlebih dahulu emoji emoji yang berupa gambar dengan background atau latar belakang transparan di google
  • Setelah itu kamu dapat mengunduh aplikasi Sticker.ly di Play Store dan menginstallnya hingga selesai
  • Jika sudah, buka aplikasi Sticker.ly dan pilih pada tombol (+) untuk membuat sticker pack baru
  • Nantinya kamu bisa memilih gambar emoji yang sudah kamu unduh tadi
  • Pastikan gambarnya transparant atau tidak memiliki latar belakang yang berwarna
  • Sesuaikan ukuran dan posisi gambar emoji yang tadi kamu masukkan
  • Setelah itu klik pada save untuk membuat stikcer pack baru
  • Berikan nama pack dan juga pembuat, lalu pilih simpan
  • Terakhir, tambahkan emoji tersebut ke Whatsapp kamu.

Nah, disini kamu sudah bisa membuat sticker berupa gambar emoji dengan sticker.ly. Selanjutnya, kamu dapat mengirimkan emoji tersebut ke pesan Whatsapp kamu. Dengan cara.

  • Masuk ke room chat atau pilih chat yang ada di Whatsapp
  • Klik pada kolom pesan dan pilih gambar emoji yang ada di sebelah kiri kolom pesan
  • Lihat ke bagian bawah, lalu pilih icon sticker yang ada di bagian kanan bawah
  • Pilih sticker pack yang sudah kamu buat tadi
  • Lalu kirim
Related  Cara Membuat Video Tiktok

Karena bentuk emoji yang dibuat disini adalah berupa sticker, maka bisa dipastikan gambar emoji yang dibuat sticker tadi akan lebih besar daripada emoji biasa melalui keyboard. Dengan begitu, kamu dapat membuat kreasi dari emoji yang kamu unduh dan di jadikan sticker tadi.

Cara Membuat Emoji di WA dengan Keyboard Pihak Ketiga

Kemudian untuk cara yang terakhir, kamu dapat menggunakan bantuan dari aplikasi keyboard pihak ketiga. Disini, kamu bisa mengunduh beberapa jenis keyboard yang sudah support dengan emoji-emoji yang ada, dan bisa kamu gunakan untuk berkirim pesan di Whatsapp ataupun aplikasi chat lain.

Sekiranya, ada beberapa keyboard yang mimin rekomendasikan. Seperti

  • Emoji Android Keyboard
  • iOS Keyboard Emoji
  • Facemoji Keyboard
  • Kika Keyboard
  • Swiftkey Keyboard
  • Emoji Keyboard
  • iKeyboard
  • dll.

Untuk cara install dan penggunannya juga sama kok seperti point pertama tadi. Namun, kelebihan dari keyboard pihak ketiga ini adalah kamu dapat memilih emoji yang lebih beragam dan juga bervariasi untuk digunakan. Sehingga, hal ini bisa lebih membantu kamu untuk memilih emoji mana yang ingin kamu gunakan.

Kamu bisa menggunakan emoji dengan bentuk emoji biasa, ataupun dalam bentuk line dan juga gif. Sehingga, percakapan kamu di WA akan lebih menarik lagi tentunya.

Dan itulah tadi beberapa cara membuat emoji di wa. Silahkan coba salah satu cara yang menurutmu paling mudah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

error:
Scroll to Top