Cara Membuat ATM BRI

Bagaimana cara membuat atm bri yang benar dan mudah? Apakah kita bisa membuat atm bri secara online tanpa harus datang ke kantor cabang?

Memiliki atm di era digital saat ini, sudah menjadi hal yang cukup penting. Sama seperti beberapa pertanyaan diatas, biasanya pertanyaan tadi sering ditanyakan oleh mereka yang berencana atau ingin membuka rekening atm BRI untuk kebutuhan pribadi mereka.

Read More

Karena sebagaimana kita tau, dengan adanya ATM, kita bisa dengan mudah melakukan beragam transaksi keuangan. Mulai dari menerima uang masuk, melakukan transfer ke sesama atau lain bank, atau juga untuk sekedar melakukan pembayaran transaksi digital dan belanja online.

Gak heran jika saat ini banyak banget pengguna yang bahkan memiliki lebih dari 1 atm di dompet mereka. Hal ini bukan tanpa alasan, melainkan ada saja pengguna yang memisahkan ATM untuk gaji kerja mereka, dan juga untuk kebutuhan pribadi mereka.

Karena untuk membuat atm sendiri sebenarnya tidak begitu sulit. Jika kamu sudah berusia 17 tahun dan memiliki KTP, kamu bisa langsung membuat ATM untuk kebutuhan pribadimu, atau sekedar menabung di ATM agar memudahkan kamu dalam mengelola keuangan.

Dan saat ini juga sudah banyak layanan BANK yang bisa kamu gunakan untuk memenuhi hal tersebut. Salah satunya adalah BRI atau Bank Rakyat Indonesia. Salah satu bank di Indonesia yang cukup terkenal ini, tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia, baik dari kantor cabang ataupun mesin ATM nya.

Gak cuma itu aja, BRI juga memiliki banyak layanan lain yang bisa digunakan nasabah seperti Tabungan BRI Tabungan, BRI Deposito, dan lain sebagainya. Dan tentunya, untuk kamu pengguna ATM yang sekedar untuk menabung saja, kamu bisa membuka rekening BRI dengan mudah.

Cara Membuat ATM BRI

Cara Membuat ATM BRI
Cara Membuat ATM BRI

Walaupun demikian, nyatanya masih saja ada calon nasabah yang belum mengetahui tentang tata cara membuat atm bri. Padahal, kamu bisa melakukannya dengan beberapa cara mudah yang akan mimin bagikan berikut ini. Seperti

1. Siapkan Dokumen dan Berkas Pendukung

Langkah pertama yang paling penting adalah dengan menyiapkan beberapa persyaratan penting yang harus dibawa ketika kamu akan membuat atm bri. Disini, setidaknya kamu harus membawa beberapa dokumen asli yang nantinya akan di data oleh pihak BRI, seperti

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk Warga Indonesia
  • Passpor / Identitas lain (untuk Warga Negara Asing)
  • NPWP (jika ada)
  • Setoran awal (minimal 100.000)

Jika kamu masih bingung, kamu bisa ditemani oleh orang yang sebelumnya sudah memiliki atm BRI, dan apabila kamu belum memiliki NPWP, kamu bisa terlebih dahulu mendaftar NPWP secara online untuk sekedar mendapatkan nomor NPWP atau bukti jika kamu sedang mengurus NPWP. Setelah itu

2. Download Aplikasi BRImo

Langkah kedua adalah kamu dapat mendownload aplikasi BRImo atau BRI Mobile yang bisa kamu temukan di Google Play Store untuk pengguna Android, dan juga App Store untuk pengguna iOS.

Poin nomor 2 ini sebenarnya terbilang opsional. Boleh tidak, boleh juga iya. Namun dengan kamu mengunduh aplikasi BRImo, kamu bisa mempermudah pendaftaran Mobile Banking ketika sampai di kantor cabang, dan memudahkan kamu dalam melakukan pengecekan saldo ataupun pembayaran virtual.

Oh iya, pastikan juga untuk versi BRImo yang kamu unduh adalah versi terbaru dan kondisi ponsel tidak dalam kondisi root karena BRImo tidak dapat dijalankan pada ponsel yang sudah di modifikasi atau root dan jailbreak.

Related  Cara Membuat Link Whatsapp

3. Kunjungi Kantor Cabang BRI Terdekat

Jika semua sudah siap, maka selanjutnya kamu bisa mengunjungi kantor cabang BRI terdekat disekitarmu. Disini, kamu bisa meminta bantuan pada pihak security dan mengatakan jika kamu ingin membuka rekening tabungan atau ATM BRI.

Nantinya, pihak security akan mengarahkan kamu untuk mengisi formulir dan juga mengambil nomor antrean. Setelah semuanya siap kamu bisa menunggu di kursi ruang tunggu sampai nomor antreanmu dipanggil.

4. Isi Formulir yang Disediakan

Saat mengisi formulir yang tadi diberikan oleh pihak security, pastikan kamu mengisi data data dengan benar. Biasanya, hal paling vital disini adalah nomor induk kependudukan atau NIK KTP, dan juga nama yang sesuai di KTP kalian.

Jika sudah, kamu dapat menyimpan formulir tersebut sembari menunggu giliranmu dipanggil.

5. Lakukan Setoran Awal

Setelah nomor antreanmu tiba, kamu akan langsung diarahkan untuk menuju bagian admin untuk pembuatan rekening bri baru. Biasanya, ada beberapa informasi yang akan di sampaikan oleh pihak admin, dan kamu akan kembali diminta untuk mengisi kembali formulir pendaftaran atm bri.

Jangan lupa untuk memberikan uang tunai sebagai setoran awal rekening kamu. Biasanya, jumlah minimum nya adalah 100.000 untuk setoran awal. Tenang saja, uang setoran ini nantinya akan masuk ke rekening atau ATM BRI kamu, dan dapat di tarik setelah prosess pembuatan ATM selesai.

Kamu juga bisa meminta bantuan pada pihak admin untuk melakukan aktivasi BRImo dengan mendaftarkan nomor ponsel yang kamu gunakan, agar dapat login kedalam aplikasi BRImo dengan data atm yang sudah di buat tadi.

Atau, kamu juga bisa kok mendaftar dan mengaktifkan layanan sms banking BRI, untuk memudahkan kamu mendapatkan notifikasi setelah transfer atau sekedar melakukan pengecekan saldo lewat SMS.

Related  Cara Membuat Email Gmail

Jangan lupa ya, baik dalam melakukan pendaftaran BRImo ataupun SMS Banking BRI, kamu harus memiliki pulsa aktif untuk prosess aktivasi.

6. Kartu ATM dan Buku Tabungan Siap Digunakan

Barulah setelah buku tabungan dan ATM mu siap, kamu akan diminta untuk menandatangani buku tabungan yang baru selesai di cetak, dan kartu ATM yang sudah jadi tadi akan di masukkan kedalam mesin EDC untuk kamu dapat membuat 6 Digit PIN ATM.

Pastikan kamu mengguakan 6 digit pin yang mudah untuk di ingat, agar kamu tidak kesulitan pada saat melakukan penarikan tunai di atm bri yang ada di sekitarmu.

Min, kalau daftar atau membuka rekening BRI, bisa lewat Online gak?

Bisa kok. Kamu bisa melakukan pendaftaran rekening BRI baru dengan menggunakan aplikasi BRImo tadi. Namun, untuk mengambil kartu ATM dan juga buku tabungannya, kamu harus tetap ke kantor cabang.

Min, ada biaya yang dikenakan pada saat pembukaan rekening BRI gak?

Tidak. Untuk pembuatan rekening atau pembukaan rekening BRI sendiri tidak dikenakan biaya. Kamu hanya perlu memberikan setoran di awal yang mana setoran awal tadi bisa kamu tarik (tidak seluruhnya) dan menyisakan saldo minimum 50.000 untuk tetap ada di ATM.

Min, kalau ATM dan Buku Tabungannya hilang gimana? Apa harus buat Baru?

Gak perlu, kamu bisa mengurus surat kehilangan terlebih dahulu di kantor polisi, lalu mengunjungi kantor cabang BRI dengan membawa KTP dan surat kehilangan tadi, dan kemudian kamu dapat melakukan pengurusan buku tabungan BRI dan ATM yang hilang dengan dikenakan biaya kurang lebih 50 ribu untuk pembuatan ATM dan buku tabungan baru.

Demikianlah informasi tentang tata cara membuat atm bri. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang baik untukmu, dan semoga bermanfaat.

Related posts