Cara Membuat Email Yahoo

Bagaimana cara membuat email Yahoo? Apa saja hal yang harus diperhatikan ketika membuat email yahoo pertama kali? Apa saja fungsi dan keuntungan memiliki email yahoo?

Bicara tentang per-email-an atau persuratan elektronik, mungkin di era digital saat ini kita sudah banyak menemukan layanan perpesanan elektronik yang bisa digunakan. Sebagaimana kita tau, persuratan elektronik atau email sendiri merupakan sebuah perkembangan lain dari persuratan tradisional yang memberikan kemudahan pada penggunanya.

Dengan adanya persuratan elektronik atau email, kita dapat berkirim pesan tanpa harus mengunjungi kantor pos. Melainkan, cukup dengan memasukkan alamat email pengguna lain, dan kemudian pesan tersebut akan diterima oleh penerima yang dimaksud.

Sistem kerjanya sendiri sebenarnya gak jauh beda dengan surat yang biasa kita kirimkan melalui kantor pos. Hanya saja, dengan adanya email ini kita dapat mengirim beragam dokumen digital, teks, ataupun attachment file lain untuk dikirim.

Dan salah satu layanan persuratan elektronik yang cukup terkenal di era digital saat ini adalah Yahoo. Sebenarnya, Yahoo sendiri gak jauh beda kok dengan Gmail, namun jika Gmail di kembangkan oleh Google, Yahoo merupakan layanan persuratan elektronik yang dikembangkan oleh Bing dan juga Microsoft.

Mungkin di Indonesia sendiri kita hanya bisa menemukan beberapa pengguna yang masih menggunakan Email Yahoo. Tetapi di luar negeri sana, penggunaan Email Yahoo masih cukup banyak di gunakan untuk kebutuhan mereka.

Karena di sana, mereka bekerja menggunakan sistem remote ataupun non office work. Sehingga, mereka cukup menerima brief atau arahan dari tempat mereka bekerja melalui email dan kemudian bisa dikerjakan kapanpun dan di manapun.

Walaupun berbeda developer atau pengembang, Yahoo juga tetap memiliki fitur yang tak jauh beda dengan Google. Pada beberapa tahun lalu para pengguna Yahoo dapat berkirim pesan chat ataupun video call dengan menggunakan Yahoo Messengger.

Related  Cara Membuat Email Gmail

Hal ini sendiri gak jauh beda dengan Google Meet ataupun Google Hangouts yang bisa kamu aksess melalui Gmail. Itulah mengapa, jika mungkin kamu mengalami kendala ketika menggunakan Gmail, Yahoo bisa menjadi alternatif untuk kamu dapat berkirim pesan email ataupun menggunakan Yahoo Messenger atau fitur lain yang ada di dalamnya

Cara Membuat Email Yahoo

Cara Membuat Email Yahoo
Membuat Email Yahoo

Dan buat kamu yang mungkin ingin memiliki akun email Yahoo, kamu bisa banget nih simak ulasan mimin tentang cara membuat email yahoo untuk bisa kamu gunakan di berbagai perangkat yang kamu miliki. Seperti

Buka Browser di Perangkat Kamu

Langkah pertama yang harus kamu lakukan sebelum membuat akun email yahoo baru adalah memiliki browser. Disini, kamu bisa menggunakan beragam browser yang tersedia pada perangkat kamu. Setidaknya, baik pada perangkat Smartphone seperti Android / iOS, dan juga komputer / Laptop.

Ada beberapa rekomendasi browser yang boleh kamu coba untuk di install di perangkatmu.

  • Android : Google Chrome, Firefox
  • iOS : Safari, Google Chrome
  • Komputer atau Laptop : Google Chrome, Microsoft Edge, Mozilla Firefox

Kamu bisa memilih salah satu diantara rekomendasi yang mimin sarankan atau juga bisa menggunakan browser bawaan dari perangkat yang kamu punya.

Daftar Email Yahoo

Kemudian jika sudah membuka browser, kamu dapat lanjut untuk melakukan pendaftaran akun Email Yahoo untuk digunakan. Caranya juga gampang banget kok

  1. Buka browser kalian.
  2. Setelah itu kunjungi situs https://id.yahoo.com atau https://yahoo.co.id
  3. Jika sudah, klik pada menu Mail yang ada di pojok kanan atas bagian tampilan awal.
  4. Nantinya kamu akan di arahkan ke laman untuk login. Karena kita akan membuat akun baru, maka klik pada tombol Buat Akun
  5. Nantinya, kamu akan di minta untuk mengisi beberapa data penting yang di butuhkan dalam prosess pendafataran. Seperti:
    – Nama Depan
    – Nama Belakang
    – Username / Alamat Email
    – Password
    – Konfirmasi Password
    – Nomor Telpon
    – Tanggal Lahir
  6. Isi semua data dengan benar, dan juga sesuai dengan data kamu. Hal ini bertujuan untuk memudahkan kamu dalam melakukan login ataupun ketika lupa password
  7. Jika semua data sudah terisi, maka selanjutnya kamu tinggal mengklik pada tombol Lanjutkan
Related  Cara Membuat Video Tiktok

Sedikit tips untuk kamu yang baru saja membuat email yahoo, untuk penggunaan password yang terdaftar, kamu dapat melakukan kombinasi karakter pada password yang digunakan.

Disini, kamu bisa menggunakan huruf besar atau kapital, spesial karakter, dan juga angka. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan kekuatan password yang tinggi, dan tidak mudah di retas atau di hack.

Sampai sini, data kamu sudah berhasil di prosess masuk di Yahoo untuk pembuatan Email Yahoo. Tetapi, hal ini baru permulaan. Karena, kamu masih harus lanjut ke tahap selanjutnya, yaitu

Lakukan Verifikasi

Nah, disini kamu akan diminta untuk memasukkan kode verifikasi yang dikirimkan ke nomor handphone yang di daftarkan tadi. Pastikan nomor handphone kamu aktif, dan masih dapat digunakan.

Sebab, jika nomor yang kamu masukkan sudah tidak aktif atau sembarang, maka kemungkinan prosess pendaftaran dan verifikasi akan terhambat dan tidak dapat melakukan pembuatan akun email yahoo baru.

Untuk mendapatkan kode verifikasi, setelah kamu menekan tombol lanjutkan pada step pertama tadi kamu bisa langsung mengklik pada opsi kirimi saya kode verifikasi. Dan jika nomor yang kamu masukkan benar, maka kamu akan menerima kode OTP, dan kamu bisa memasukkan kode tersebut ke kolom yang tersedia.

Penyesuaian Profile dan Tema

Setelah proses verifikasi selesai, maka langkah selanjutnya adalah kamu dapat melakukan penyesuaian profile dari akun Email Yahoo kamu, dan juga tampilan dari Inbox atau pesan masuk Yahoo kamu.

Kamu bisa melakukannya dengan menekan icon atau gambar profile Yahoo kamu untuk menambahkan foto profile agar terlihat lebih professional, dan juga mengganti tampilan inbox atau pesan masuk dengan menekan icon settings dan memilih tema yang kamu inginkan.

Related  Cara Membuat Akun Shopee yang Benar

Selain itu juga ada pengaturan lain yang bisa kamu coba, seperti pengaturan pesan, notifikasi, pesan keluar, security dan privacy, vacations response (digunakan untuk auto reply apabila kamu sedang tidak mengaksess yahoo mail) dan lain sebagainya.

Oh iya. Untuk penyimpanan pesan yang di berikan oleh Yahoo Mail juga cukup besar, yakni sekitar 1 TB. Namun, hal ini hanya bisa digunakan untuk fitur email saja ya. Berbeda dengan Gmail yang hanya 15 GB, namun sudah include dengan Google Drive.

Email Yahoo Siap Digunakan

Setelah step terakhir selesai, maka akun email yahoo yang baru saja kamu buat sudah bisa digunakan. Disini, kamu bisa langsung mengirimkan pesan email ke pengguna lain. Mulai dari pengguna Gmail, YandexMail, Outlook, atau bahkan sesama pengguna Yahoo juga.

Dan itulah tadi beberapa cara membuat Email Yahoo yang bisa kamu gunakan. Kamu bisa membuat akun email yahoo baik melalui komputer, laptop, atau bahkan smartphone android dan juga iOS kalian. Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.

error:
Scroll to Top