Cara Membuat Google Docs

Cara membuat Google Docs sebenarnya sangat mudah. Hanya saja, mungkin para pengguna belum mengerti dan paham tentang apa apa saja yang ada di dalam google docs ataupun cara mengaksess google docs.

Hal ini sendiri memang kerap dialami para pengguna yang kadang tidak mengerti dan tau tentang beberapa fitur dan layanan yang disediakan oleh pihak Google. Dalam pengertian umumnya, Google Docs merupakan singkatan dari google document, yang mana kerap digunakan untuk mereka yang mungkin tidak memiliki aplikasi office di komputer atau laptop mereka.

Loh, memangnya ada sangkut pautnya dengan aplikasi office yang ada di komputer atau laptop? Jawabnya jelas ada. Google Docs sendiri memang mirip dengan aplikasi microsoft office yang ada di komputer atau laptop kamu saat ini.

Namun, google docs sendiri memiliki basis web yang mana menjadi salah satu alternatif ketika mungkin para pengguna harus membuka dokumen dengan format docx di komputer mereka, namun tidak memiliki aplikasi office.

Sebenarnya untuk alternatif dari aplikasi office sendiri cukup beragam. Namun, kadang kita harus terlebih dahulu mendownload aplikasi alternatif tersebut yang mana memakan waktu dan juga quota internet yang kamu miliki.

Maka dari itu hadirlah Google dengan fitur Google Docs yang membatu kamu membuat dokumen untuk kemudian di edit ulang ataupun di print dengan mudah, dengan menggunakan browser.

Dan gak cuma untuk mereka yang mengaksess office saja kok. Aplikasi Google Docs ini sangat berguna untuk para blogger yang mungkin ingin membuat draft posting mereka, tanpa harus login kedalam laman blogger atau wordpress yang mereka miliki.

Setidaknya, ada beberapa jenis layanan yang ada di Google Docs yang bisa kamu akses. Mulai dari Google Document (seperti microsoft word), Google Spreadsheet (seperti microsoft excel), Google Slide (seperti microsoft power point) dan juga Google Form (google formulir).

Selain menawarkan beberapa layanan seperti microsoft office, dengan menggunakan google docs, kamu bisa melakukan kolaborasi dengan pengguna lain yang mungkin saja teman kampus ataupun teman kerja, untuk bisa mengedit dokumen tersebut secara bersamaan, tanpa harus memindahkan file.

Related  Cara Membuat Emoji di WA yang Benar

Dan kelebihan lainnya adalah, prosess pengeditan akan muncul secara real time sehingga kamu bisa langsung melihat perubahan yang dibuat temanmu, tanpa harus mengirim dokumen yang sudah di revisi tadi. Jadi, jika ada salah salah kalimat atau bagian, kamu bisa mengeditnya lagi sebelum di print.

Karena memang sistem penyimpanan yang digunakan dari Google Docs ini adalah berbasis cloud storage, jadi kamu tidak perlu khawatir akan kehilangan data ketika melakukan pengeditan.

Cara Membuat Google Docs

Cara Membuat Google Docs
Membuat Google Docs

Untuk itu, jika kamu penasaran dan ingin tau tentang cara memuat google docs, kamu bisa mengikuti beberapa langkah mudah yang sudah mimin rangkum, untuk membuat salah satu ataupun beberapa layanan yang ada di Google Docs. Seperti

Membuat Google Dokumen

Oke, langkah pertama yang mana masih berkaitan dengan judulnya adalah membuat google dokumen. Google Dokumen yang dimaksud disini adalah seperti Microsoft Word yang kerap digunakan untuk kamu yang mungkin ingin melakukan revisi ataupun membuat file tugas secara bersamaan. Caranya

  1. Buka browser yang ada di smartphone ataupun komputer dan laptop kalian.
  2. Setelah itu kunjungi situs https://docs.google.com lalu lanjut untuk login dengan menggunakan akun atau email gmail yang kamu punya.
  3. Jika sudah, kamu akan langsung diarahkan ke laman utama Google Docs.
  4. Untuk membuat dokumen baru, kamu bisa memilih pada menu New Blank Document untuk membuat dokumen kosong baru.
  5. Atau, jika kamu ingin membuat file lain, kamu bisa menggunakan tema dari Google Docs yang sudah disediakan oleh pihak Google.
  6. Jika sudah, kamu bisa mulai untuk membuat file pertama kamu di google docs.
  7. Dan untuk mengundang orang lain kedalam file kerja kamu, kamu bisa mengklik pada Share atau Contribute dan masukkan email pengguna yang akan berkolaborasi dalam pengeditan dokumen yang kamu buat.
Related  Cara Membuat Link Whatsapp di Bit.ly

Selain untuk membuat dokumen atau file tugas, kamu juga bisa menggunakan google docs gallery template untuk membuat cv, resume, brosur, dll. Jadi, kamu akan lebih mudah mengerjakan file yang kamu butuhkan.

Membuat Google Spreadsheet

Kemudian untuk yang kedua, kamu bisa menggunakan layanan lain dari google docs yang bernama google spreadsheet. Seperti yang sudah mimin jelaskan tadi, google spreadsheet ini mirip banget dengan excel. Namun, untuk beberapa fitur seperti formula mungkin bisa jadi sama, bisa jadi beda. Caranya juga gampang banget kok.

  1. Login terlebih dahulu ke laman https://docs.google.com spreadsheet dan silahkan login dengan menggunakan akun gmail yang aktif.
  2. Jika sudah, kamu akan langsung diarahkan ke laman google spreadsheet untuk membuat file excel pertama kamu.
  3. Untuk membuat file pertamamu, klik pada icon (+) yang ada di pojok kanan bawah layar.
  4. Nantinya, kamu akan langsung diarahkan ke laman google spreadsheet dan bisa langsung membuat laporan excel pertama kamu.
  5. Untuk menambahkan orang lain didalam file spreadsheet kamu, caranya juga gak jauh beda kok. Kamu bisa mengklik pada tombol Bagikan dan memasukkan email dari orang yang akan berkontribusi kepada file excel yang kamu buat.

Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah mengorganisir data didalam file tersebut, dan jangan khawatir kehilangan data setelah melakukan prosess edit. Karena sistem dari Spreadsheet sendiri adalah auto save. Sehingga, kamu gak perlu khawatir ketika komputer atau laptop kamu tiba-tiba mati.

Setelah pembuatan google spreadsheet selesai, maka kamu bisa mendownload aplikasi Google Spreadsheet di android ataupun iOS dan login dengan menggunakan email yang sudah didaftarkan tadi. Kamu juga bisa kok melakukan pengeditan file di smartphone.

Membuat Google Slide

Kemudian untuk yang ketiga, kamu juga bisa membuat slide power point dengan menggunakan google slide. Layanan ini sangat berguna ketika mungkin kamu harus melakukan presentasi, namun bingung bagaimana cara membuat slide presentasi tanpa menggunakan office. Caranya

  1. Buka browser yang ada di komputer atau laptop kalian, dan langsung saja kunjungi situs https://docs.google.com/presentation
  2. Lakukan login dengan menggunakan email yang terdaftar.
  3. Jika sudah, maka kamu akan langsung diarahakan ke laman google slide.
  4. Untuk membuat file presentasi kosong atau baru, kamu bisa mengklik pada pilihan Blank Slide / Document.
  5. Dan jika sudah, kamu bisa langsung membuat file presentasi pertama kamu.
Related  Cara Membuat Link Google Drive

Tenang saja, kalau kamu mungkin sudah terlebih dahulu memiliki file power point namun bingung untuk membukanya, kamu bisa terlebih dahulu mengupload file power point tersebut ke google drive, lalu klik dan buka dengan google slide.

Dan secara otomatis, file kamu akan langsung terbuka dan bisa di presentasikan seperti menggunakan power point. Gampang banget kan?

Membuat Google Form

Kemudian yang terakhir adalah google form atau google formulir. Biasanya, layanan ini kerap dipakai untuk beberapa user yang membuat quesioner, ataupun pendapat dan juga polling dan pendaftaran. Cara pembuatannya juga cukup mudah.

  1. Silahkan login ke akun google kalian dan kunjungi situs https://docs.google.com/forms.
  2. Jika sudah, lanjut untuk memilih tema dari formulir yang akan digunakan, atau kamu juga bisa membuat form kosong yang nantinya bisa kamu isi sesuai keinginanmu.
  3. Lalu, lanjut untuk mengisi semua form ataupun kolom yang harus diisi. Kamu bisa menyesuaikannya sesuai dengan keinginanmu.
  4. Apabila sudah, langsung saja simpan formulir tersebut dan kamu bisa langsung menekan tombol kembali.

Sampai sini, kamu sudah berhasil membuat laman google form untuk kemudian kamu bisa membagikan link dari google formulir tersebut ke pengguna lain untuk diisi sesuai jawaban mereka.

Tenang saja, jawaban yang masuk bisa kamu kelola dari google form itu sendiri atau kamu juga bisa kok mendapatkan full aksess ataupun jawaban dari pengguna melalui email terdaftar. Gampang banget kan?

Dan itulah tadi beberapa cara membuat google docs. Gimana, apakah kamu tertarik untuk mencoba salah satu dari layanan google diatas? Semoga bermanfaat.

error:
Scroll to Top