Cara Membuat Link Whatsapp

Bagaimana cara membuat link whatsapp? Apa saja langkah untuk membuat link whatsapp agar mudah di bagikan ke pengguna lain? Apakah kita bisa membuat link whatsapp secara custom agar pengguna yang mengklik link tersebut bisa langsung menemukan whatsapp kita? Apa saja keuntungan membuat link Whatsapp?

Berkembangnya teknologi dan informasi saat ini, membuat segala hal menjadi mudah. Salah satu kemudahan yang bisa dirasakan saat ini adalah dari segi komunikasi. Jika dahulu kita harus terlebih dahulu berkirim pesan melalui pos atau surat, kemudian berkembang lagi dengan adanya telpon rumah dan panggilan menggunakan pulsa, sampai akhirnya muncul lagi kemudahan baru yang berupa texting atau sms dan berkirim chat.

Hal ini sendiri pada akhirnya di adaptasih oleh salah satu perusahaan yang bergerak di bidang sosial chat yang cukup terkenal di seluruh pengguna smartphone, yaitu Whatsapp. Siapa yang gak kenal whatsapp? Salah satu aplikasi yang saat ini menjadi sangat penting ini, memang memberikan banyak kemudahan dalam urusan komunikasi.

Bayangkan saja, kamu bisa berkirim pesan teks atau chat, berkirim sticker, berkirim pesan suara atau voice note, mengirim gambar, berkirim video, melakukan panggilan suara, dan juga panggilan video lewat smartphone.

Tentunya, hal ini membuat whatsapp memiliki angka pengunduhan yang fantastis untuk Google Play Store maupun App Store. Ditambah lagi, kamu tidak perlu membayar sepeserpun untuk mendownload aplikasi whatsapp ini. Sebab, aplikasi ini gratis.

Itulah mengapa, whatsapp akan selalu kamu temukan di berbagai jeni smartphone pada masyarakat saat ini. Sebab, untuk berkomunikasi menggunakan whatsapp sediri, tidak akan dikenakan biaya atau pulsa utama. Melainkan, hanya dengan menggunakan jaringan internet atau kuota yang aktif, kamu sudah bisa berkomunikasi dengan pengguna lain.

Untuk cara kerja dari whatsapp sendiri terbilang mirip dengan panggilan telpon dan sms pada zaman dahulu. Sebab, kamu hanya perlu menyimpan nomor pengguna whatsapp lain, dan memasukkannya ke daftar kontak kamu. Dengan begitu, kamu sudah bisa langsung saling berkirim chat, ataupun menelpon dengan suara ataupun video call.

Related  Cara Download Whatsapp di Laptop

Selain itu, ada fitur dari whatsapp yang cukup berguna. Mulai dari adanya penambahan fitur status whatsapp yang mirip dengan instagram stories, dan juga kamu bisa membuat grup whatsapp untuk memudahkan kamu dalam berkomunikasi dan menjangkau lebih banyak pengguna whatsapp dalam 1 wadah.

Biasanya, grup whatsapp ini sendiri dibuat dengan tujuan untuk berbagi informasi, ataupun memang dikhususkan untuk grup kampus, kantor, ataupun staff yang bekerja di sebuah instansi pekerjaan.

Cara Membuat Link Whatsapp

Cara Membuat Link Whatsapp
Membuat Link Whatsapp

Itulah mengapa, cara membuat link Whatsapp juga banyak dicari pengguna. Tentunya bukan tanpa alasan, karena dengan menggunakan link whatsapp, kamu bisa langsung berkirim pesan kepada pengguna, tanpa harus menyimpan kontak mereka terlebih dahulu. Dan cara ini juga kerap di gunakan untuk beberapa pemiliki website agar memudahkan mereka untuk dihubungi. Caranya

Cara Membuat Link Whatsapp secara Manual

Cara pertama yang bisa kamu gunakan adalah dengan membuat link whatsapp secara manual. Cara ini cukup populer dan banyak di gunakan untuk mereka yang memang ingin mendapatkan link whatsapp secara cepat, dan juga mudah. Caranya

  • Buka browser yang ada di komputer, laptop, atau smartphone kamu.
  • Lalu, ketikkan format link whatsapp seperti berikut wa.me/+628xxxxx.
  • Nah, kamu bisa mengganti bagian nomor tersebut dengan nomor whatsapp kamu. Jadi, nantinya akan menjadi seperti ini
    wa.me/6281234566677
  • Nah, setelah itu kamu bisa menyimpan link tersebut, atau membagikannya ke dalam artikel atau website yang kamu miliki.

Sehingga, ketika pengguna mengklik link tersebut, mereka akan langsung di arahkan secara otomatis ke whatsapp untuk membuat percakapan dengan nomor yang kamu masukkan tadi. Atau, kamu juga bisa kok menggunakan pesan custom di dalamnya, sehingga ketika pengguna mengklik link dari whatsapp kamu, secara otomatis juga kolom pesan mereka sudah terisi dengan teks yang kamu buat. Caranya:

  • Catat link wa.me yang sudah kamu buat tadi.
  • Lalu tambahkan script sehingga hasilnya adalah sebagai berikut
    wa.me/6281234566677?text=Halo%20nama%20saya%20faiz.
  • Keterangan : untuk membuat tanda spasi pada teks, kamu bisa menggantinya dengan %20 seperti yang tertera pada contoh diatas.
Related  Cara Membuat Google Docs

Setelah itu, cobalah untuk mengganti pesan yang ada, dan coba untuk membagikan link tersebut ke teman kamu. Secara otomatis, ketika pengguna mengklik link tadi, kolom pesan di dalam room chat akan otomatis terisi dengan pesan yang kamu buat tadi.

Cara ini kerap di gunakan untuk mereka para pemilik online store yang mungkin masih menggunakan fitur chat whatsapp, untuk tiap package atau produk yang mereka jual, agar memudahakn dalam prosess pengiriman pesan.

Cara Membuat Link Whatsapp Grup

Kemudian unutk cara yang kedua, kamu juga bisa kok membuat grup whatsapp untuk grup whatsapp yang kamu buat. Seperti yang sudah mimin jelaskan pada artikel sebelumnya, cara ini bisa berguna untuk kamu yang mungkin ingin membagikan link grup whatsapp yang kamu miliki ke pengguna lain yang mungkin saja tidak ada di dalam daftar kontak kamu, sehingga mereka bisa bergabung dalam grup whatsapp yang kamu buat. Caranya juga gampang banget kok.

  • Buka aplikasi Whatsapp yang ada di smartphone kamu
  • Setelah itu klik pada grup whatsapp yang ingin kamu bagikan
  • Jika sudah, klik pada profile grup whatsapp dan kemudian scroll ke bagian paling bawah
  • Setelah itu klik pada invite via link

Nantinya kamu akan menemukan beragam opsi untuk mengundang orang lain kedalam grup kamu. Mulai dari copy link, share link, dan juga mengubah link tersebut dalam bentuk QR Code. Sisanya, kamu tinggal membagikan link grup whatsapp tersebut ke platform social media lain ataupun orang orang yang tidak ada didalam kontak kamu agar mereka bisa join ke grup whatsapp yang sudah kamu buat tadi.

Cara Membuat Link Whatsapp Custom

Kemudian yang terakhir adalah kamu bisa membuat link whatsapp secara custom, agar terlihat lebih professional dan juga singkat. Untuk cara kerjanya juga masih sama kok dengan menggunakan wa.me yang sudah mimin bahas pada poin pertama tadi. Dan bahkan, cara ini juga bisa di kombinasikan dengan menggunakan link grup whatsapp agar terlihat lebih singkat dan keren tentunya.

Related  Cara Membuat Alamat di Google Maps dengan Benar

Disini, kita akan menggunakan pemendek url untuk mempersingkat link whatsapp yang kamu miliki. Karena memang, biasanya link wa.me akan menjadi sangat panjang terlebih ketika kamu menambahkan teks otomatis seperti yang udah mimin jelaskan tadi. Dan untuk caranya juga gampang banget kok.

  • Buka browser yang ada di smartphone, komputer, atau bahkan laptop kalian
  • Setelah itu siapkan link grup whatsapp ataupun link whatsapp dari wa.me tadi
  • Lalu, buka tab baru dan kunjungi situs https://s.id dan lakukan pendaftaran seperti biasa
  • Kamu bisa juga kok login dengan menggunakan akun Google kalian agar lebih cepat lagi
  • Jika sudah, tempat kan atau paste link dari wa.me, ataupun grup whatsapp ke kolom yang tersedia
  • Lalu klik pada tombol Pendekkan
  • Jika sudah, kamu bisa mengklik pada tombol edit untuk mengubah bagian belakang atau link yang sudah di short tadi
  • Jadi misalnya, jika link defaultnya adalah https://s.id/vWsF kamu bisa mengklik edit dan mengubahnya menjadi https://s.id/WaSaya sehingga lebih simple dan terlihat lebih bagus lagi tentunya.

Nah, dengan menggunakan shortenlink atau pemendek url ini, kamu bisa lebih mudah menghafal link dari whatsapp yang sudah kamu buat tadi. Sehingga, ketika mungkin orang ingin meminta nomor whatsapp kamu, kamu tinggal meminta mereka untuk mengunjungi situs s.id tadi, yang mana sudah ada link whatsapp yang sudah di shorten, gampang banget kan.

Dan itulah tadi beberapa cara membuat link whatsapp yang bisa kamu coba. Gimana, kamu tertarik dengan cara yang mana nih sob? Semoga bermanfaat.

error:
Scroll to Top