Cara Membuat Link Grup Whatsapp

Bagaimana cara membuat link grup Whatsapp yang mudah dan benar? Apakah kita bisa membagikan link grup whatsapp dengan mudah?

Bicara tentang Whatsapp, tentunya kita sudah gak lagi asing mendengar salah satu layanan sosial chat yang saat ini sudah menjadi sangat penting dan tentunya ada di semua jenis smartphone pengguna.

Karena memang, whatsapp sendiri sudah menjadi salah satu aplikasi yang memiliki banyak sekali kelebihan. Selain kamu bisa berkirim pesan dalam bentuk teks, kamu juga bisa berkirim pesan suara atau voice note, menambahkan atau berkirim gambar, video, dan juga melakukan panggilan suara, dan juga video call.

Tentunya, hal ini sangat menguntungkan pengguna karena memang aksess whatsapp sendiri bisa dilakukan tanpa menggunakan pulsa, melainkan hanya menggunakan kuota internet saja. Karena memang, saat ini juga penggun smartphone sudah tak lagi lepas dengan jaringan internet yang sudah bisa di aksess secara mobile.

Selain mengirim pesan, panggilan telpon dan video call, tak ketinggalan juga kamu bisa menggunakan whatsapp untuk berkomunikasi secara massal dengan membuat grup whatsapp sesuai kebutuhan.

Karena sebagaimana kita tau saat ini, banyak sekali orang-orang yang membuat grup whatsapp untuk sekedar membuat grup tongkrongan, grup kampus, grup tempat mereka bekerja, ataupun organisasi bisnis lainnya.

Maka dari itu, gak heran jika whatsapp memiliki banyak sekali jumlah pengguna dan unduhan baik di google play store untuk para pengguna android, dan juga app store untuk para pengguan iOS.

Karena memang, kemudahan whatsapp ini tidak hanya di hadirkan di versi smartphonenya saja. Melainkan, kamu juga bisa mengunduh versi desktop dari whatsapp, ataupun mengaksess whatsapp dari browser dengan menggunakan whatsapp web.

Cara Membuat Link Grup Whatsapp

Cara Membuat Link Grup Whatsapp
Membuat Link Grup Whatsapp

Sayangnya, tidak semua pengguna mengerti tentang bagaimana cara membuat link grup whatsapp. Karena memang, untuk prosessnya sendiri agak berkelumit, terlebih jika grup admin ingin mengundang atau memasukkan pengguna yang ada di luar kontak untuk bisa join kedalam grup whatsapp. Padahal, kamu bisa membuat link grup whatsapp dengan cara yang cukup mudah. Yaitu

Related  Cara Membuat Video Tiktok

Langkah1: Buat Grup Whatsapp

Langkah pertama yang harus banget kamu lakukan adalah jelas membuat grup whatsapp terlebih dahulu. Disini, semua jenis whatsapp bisa kamu gunakan untuk membuat grup. Mulai dari whatsapp official, sampai ke whatsapp mod atau GB Whatsapp dan juga FM Whatsapp. Caranya

  • Buka tab Chat di WhatsApp.
  • Ketuk Chat Baru > Grup Baru. Jika kamu sudah punya chat di tab Chat, cukup tekan Grup Baru.
  • Cari atau pilih kontak yang ingin kamu masukkan ke grup. Lalu tekan Lanjut.
  • Masukkan subjek grup. Ini menjadi nama grup yang akan dilihat oleh semua peserta. Batas jumlah karakter untuk subjek adalah 25 karakter. Untuk menambah ikon grup, ketuk ikon Kamera. Anda dapat memilih Ambil Foto, Pilih Foto, atau Cari di Web untuk menambah gambar. Setelah diatur, ikon tersebut akan tampil di samping nama grup di tab Chat.
  • Langkah akhir, pencet Buat setelah selesai.

Cara ini juga berlaku untuk kamu yang mungkin sedang mengakses whatsapp melalui Desktop ataupun Web. Sebab, caranya tidak berbeda jauh kok.

Langkah2: Invite Beberapa Orang yang ada di Kontak

Barulah setelah itu, kamu bisa memilih kontak atau siapa saja yang akan masuk kedalam grup whatsapp yang kamu buat. Pilih saja beberapa orang yang mungkin kamu kenal. Kamu bisa memasukkan teman, saudara, ataupun orang orang terdekat yang ada di daftar kontak kamu.

Setelah itu, kamu akan diminta untuk melengkapi profile grup yang baru saja kamu buat tadi. Kamu bisa memberikan nama grup, mengganti foto profile grup, memberikan deskripsi atau keterangan dan juga aturan di grup yang kamu buat, dan memilih siapa saja group admin yang ada didalamnya.

Related  Cara Memperbarui WhatsApp

Langkah3: Bagikan Link Grup Whatsapp

Jika sudah selesai, maka langkah terakhir adalah kamu bisa membagikan link grup whatsapp yang baru kamu buat tadi. Disini, kamu bisa masuk kedalam grup whatsapp, lalu mengklik pada nama grup whatsapp yang kamu buat untuk diarahkan ke laman profile grup whatsapp kamu.

  • Buka chat grup WhatsApp, lalu ketuk subjek grup. Atau, kamu juga bisa gesek grup ke kiri di tab Chat. Kemudian ketuk Lainnya > Info Grup.
  • Ketuk Undang ke Grup via Tautan.
  • Pilih Bagikan Tautan, Salin Tautan, atau Kode QR. Untuk mengatur ulang tautan, ketuk Atur Ulang Tautan > Atur Ulang Tautan.

Cara ini terbilang simple, karena dengan membagikan link undangan atau invite link, pengguna yang mungkin tidak ada di kontak kamu bisa mengklik link tersebut, untuk kemudian mereka join atau masuk kedalam grup whatsapp yang baru saja kamu buat tadi.

Tetapi, jika kamu memang ingin menambahkan pengguna yang ada di kontak kamu kedalam grup, kamu tinggal mengklik pada Add Participant atau Tambahkan Pengguna Lain, untuk join dan masuk kedalam grup yang kamu buat. Gampang banget kan?

Tentunya dengan membuat grup whatsapp itu sendiri, kamu tidak hanya bisa melakukan percakapan atau texting group lewat tulisan saja. Sebab, kamu tetap bisa memabagikan foto, video, vn, melakukan panggilan suara grup, ataupun panggilan video group dengan lebih dari 4 orang didalamnya. Sehingga, kamu bisa melakukan diskusi ataupun berkomunikasi secara massal dengan pengguna yang ada di grup.

Apakah grup whatsapp memiliki batasan pengguna?

Iya. Untuk grup whatsapp sendiri, biasanya akan dibatasi dengan tidak lebih dari 250 pengguna atau anggota didalamnya

Related  Cara Membuat Link Whatsapp di Bit.ly

Apakah kita bsia membagikan link grup whatsapp di website atau diluar Whatsapp?

Tentunya bisa kok. Kamu boleh saja membagikan grup yang mungkin sifatnya publik ke website milikmu, untuk anggota yang mungkin ingin mengetahui apa saja yang dibahas didalam grup whatsapp kamu

Apakah kita bisa mengatur admin didalam Grup Whatsapp?

Bisa. Kamu bisa mengatur siapa saja yang akan menjadi admin didalam grup whatsapp kamu, atau bahkan kamu bisa menjadikan lebih dari 1 admin berada didalam grup untuk mengatur dan juga mensortir siapa saja yang masih ada didalam grup.

Siapa saja yang bisa menambahkan pengguna kedalam grup Whatsapp?

Hanya Admin. Tetapi, dengan membagikan link grup whatsapp ini, pengguna yang tidak berstatus sebagai admin bisa mengundang orang lain untuk join kedalam grup. Dan tentu saja, pengguna yang diundang melalui link grup whatsapp harus terlebih dahulu mendapatkan persetujuan dari admin agar bisa join kedalam grup tersebut.

Bagaimana mematikan Notifikasi Grup Whatsapp?

Untuk mematikan notifikasi whatsapp yang mungkin sedang tidak membahas hal penting didalamnya, kamu bisa masuk kedalam grup terlebih daulu, lalu mengklik pada bagian profile grup whatsapp, dan mengganti notifikasi nya menjadi Muted untuk beberapa jam atau beberapa hari.

Tentunya selain beberapa pertanyaan diatas, hadirnya grup whatsapp juga tentun memberikan kemudahan untuk para pengguna yang ada didalamnya untuk lebih dekat dan dapat berkomunikasi dengan pengguna lain, dan mendapatkan informasi seputar perkembangan grup sesuai dengan kebutuhan mereka. Dan dengan begitu, para pengguna bisa terus memantau dan ikut berkontribusi aktif di dalam grup whatsapp yang mereka miliki.

Dan itulah tadi sekiranya beberapa cara membuat link grup whatsapp yang bisa kamu coba. Gimana? Apakah kamu tertarik untuk membuat grup whatsapp pertama kamu? Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.

error:
Scroll to Top