Cara Membuat Link WhatsApp di Facebook

Cara Membuat Link WhatsApp di Facebook

Penggunaan WhatsApp maupun Facebook sudah menjadi hal yang biasa bagi masyarakat sekarang ini apalagi untuk penjual online shop Facebook bisa menjadi salah satu media untuk mempromosikan produk yang dijual serta Facebook juga telah memiliki fitur marketplace sebagai sarana untuk menjual barang secara online. Oleh karena itu kamu harus mengetahui cara membuat link WhatsApp di Facebook untuk memudahkan konsumen untuk bisa langsung masuk ke room chat WhatsApp kamu saat akan membeli produk yang kamu tawarkan.

Dengan fitur WhatsApp clik to chat sekarang semua orang bisa langsung masuk ke halaman pesan WhatsApp hanya dengan membuka link yang telah dibagikan, jadi hal tersebut akan memudahkan bagi kamu jika ingin langsung menghubungi Nomor WhatsApp orang yang kamu tuju tanpa harus menyimpan nomor orang itu terlebih dahulu.

Cara Membuat Link WhatsApp di Facebook

Cara Membuat Link WhatsApp di Facebook
Membuat Link WhatsApp di Facebook

Sebelum kamu membuat link WhatsApp di Facebook kamu harus membuat link WhatsApp terlebih dahulu, untuk itu berikut penjelasannya

Cara Membuat Link WhatsApp Dengan Pesan Otomatis

Selain itu kamu juga bisa membuat link WhatsApp dengan pesan otomatis maksudnya adalah saat kamu membuka link WhatsApp kamu akan langsung di arahkan ke bagian chat room dan pada kolom pesan secara otomatis akan langsung ada pesan seperti yang kamu inginkan tanpa harus mengetik terlebih dahalu, lebih efisien bukan.

Related  Cara Keluar dari Grup Facebook

Hal ini juga berguna untuk kamu penjual di Marketplace ataupun kamu  yang menawarkan jasa melalui sosial media karena dengan membuka link WhatsApp konsumen akan langsung bisa mengirim pesan kepada kamu tanpa harus mengetik terlebih dahulu. Simak penjelasannya !

  • Kamu harus menyiapkan aplikasi apa saja yang ini kamu gunakan untuk mengetik.
  • Ketik rumus https://wa.me/nomorponsel/text=isitextyangkamuinginkan nah setelah itu tinggal diterapkan saja.
  • Ini contohnya jika kamu ingin membuat teks “Halo apakah barang ini masih ada”. Maka kamu tinggal ketik linknya https://wa.me. 6282667889xxx/text=20%halo20%apakah20%barang20%ini20%masih20%ada.

Tambahan 20% setiap kata itu wajib diterapkan ya, karena tambahan itu sudah ketentuan dari pihak WhatsAppnya jadi kita sebagai pengguna haru menggikuti aturan yang sudah ada. Bagaimana cukup mudah bukan ? cara membuat link WhatsApp.

Cara Membuat Link WhatsApp di Bit.ly

Jika kamu merasa link WhatsApp yang kamu sudah buat tadi terlalu panjang maka kamu dapat memperpendek link WhatsApp tadi dengan menggunakan bit.ly. Bit/ly memiliki banya fungsi lain, selain dapat memperpendek link kamu.

Di bit.ly kamu juga bisa melakukan custom pada link yang kamu buat ya, kamu bisa membuat kata apa saja yang kamu mau asalkan dengan syarat kata pda link tersebut belum digunakan oleh orang lain.

Karena penggunaan bit.ly yang dapat diakses secara gratis oleh siapa saja jadi tentunya banyak orang telah menggunakan fitur custom link pada bit.ly dan banya kata telah digunakan oleh orang lain untuk membuat link mereka sendiri, kamu harus memilih kata atau teks yang belum pernah digunakan orang lain untuk membuat linkmu. Berikut langkah yang harus kamu lakukan untuk membuat link WhatsApp kamu menjadi pendek.

  • Buka browsermu bisa menggunakan smartphone atau laptop/PC yang kamu punya, dan ketik halaman bitly.com.
  • Setelah kamu masuk kehalaman bit.ly kamu bisa menyalin link yang sudah kamu buat dikolom yang telah tersedia, kemudian klik “shorten”
  • Setelah link muncul kamu bisa menyalinnya.
Related  Cara Membuat WhatsApp Business [Update Desember 2023]

Cara custom link dengan bit.ly juga cukup mudah untuk dilakukan. Untuk custom link kamu hanya harus melakukan log in  terlebih dahulu, jika kamu belum memiliki akun maka kamu bisa log in menggunakan akun sosial media yang kamu miliki, kamu juga bisa membuatnya melaui aplikasi bit.ly atau langsung di website bit.ly. Kemudian cara customnya sebagai berikut :

  • Copy link WhatsApp yang kamu telah kamu buat di “paste long url” kemudian klik “create”
  • Kemudian setelah link radom sudah jadi kamu dapat mengisi “title” apa saja dan klik “customize back-half” untuk melakukan mengisi link dengan kata atau teks yang kamu inginkan agar link yang kamu buat mudah diingat.
  • Setelah itu klik save, maka link kamu siap untuk dibagikan.

Keunggulan menggunakan bit.ly, selain kamu bisa melakukan custom link kamu juga bisa melihat berapa kali link yang kamu buat dibuka oleh orang lain.

Cara Membagikan Link WhatsApp di Facebook

Setelah kamu mengetahui cara membuat link WhatsApp kamu bisa membagikan link WhatsApp ini diakun Facebook milikmu. Membagikan link WhatsApp ini juga bisa kamu lakukan untuk akun Facebook khusus untuk akun penjualan barang atau jasa yang kamu tawarkan secara online

Cara Membagikan Link WhatsApp di Facebook dengan Laptop/PC

Untuk dapat membagikan link WhatsApp di Facebook dengan Laptop/PC kamu perlu mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Buka web Facebook.com dan kemudian lakukan log in.
  • Setelah itu buka profil dan pilih pengaturan.
  • Pilih “Edit Your Contact and Basic Info” supaya kamu dapat mengubah informasi disana.
  • Kemudian pilih “Website and Social Links”, apabila belum tersedia kamu bisa membuatnya dengan membuka “Add Website“.
  • Selanjutnya pilih “Edit” dan masukan link WhatsApp yang telah kamu buat tadi.
  • Pilih “Save Change” untuk menyimpan link WhatsApp yang telah kamu masukan tadi.
Related  Cara Bermain Truth or Dare di WhatsApp (Chat Pribadi & Grup)

Cara Membagikan Link WhatsApp di Facebook dengan Smartphone

Membagikan link WhatsApp di Facebook tidak hanya bisa dilakukan melalui laptop/PC, kamu juga bisa membagikan link WhatsApp menggunakan Smartphone yang kamu miliki. Jika kamu ingin membagikan link WhatsApp di Facebook dengan smartphone, langkah yang perlu kamu lakukan hampir sama dengan membagikan link WhatsApp di Facebook menggunakan laptop/PC. Berikut langkahnya :

  • Buka aplikasi Facebook kemudian klik “Edit Profile” dan klik “Edit Your About Info“.
  • Setelah itu pilih “Contact Info” dan kamu pilih “Edit“.
  • Kemudian pilih “Website” dan kamu harus klik pada pilihan “Opsi Website” untuk memasukan link WhatsApp yang telah kamu buat.
  • Setelah itu klik “Save Change” untuk menyimpan link WhatsApp yang kamu masukan tadi. Jika kamu lupa maka kamu harus mengulang dari awal lagi.

Itulah beberapa cara untuk membuat link WhatsApp di Facebook yang bisa kamu lakukan, cukup mudah kan. Dengan membuat link WhatsApp di Facebook kamu bisa lebih efisien waktu apalagi jika untuk berjualan secara online.

Semoga Bermanfaat

error:
Scroll to Top