Cara Membuat Podcast di Spotify

Cara Membuat Podcast di Spotify

Perkembangan dunia podcast  cukup pesat beberapa tahun ini, dan sudah banyak contect creator juga mulai membuat podcast mereka sendiri. Dan Spotify sebagai salah satu plaform yang dapat di pergunakan untuk membuat dan mendengarkan podcast dapat menjadi pilihan content creator untuk membuat podcast. Jika kamu tertarik untuk membuat podcast juga maka kamu harus mengetahui cara membuat podcast di Spotify yang akan di pada artikel ini.

Jika kamu masih pemula dalam dunia podcast, kamu tidak perlu khawatir karena cara membuat podcast di Spotify cukup mudah untuk kamu ikuti.

Apa Itu Podcast ?

Sebelum kamu mengetahui cara membuat podcast, sebaiknya kamu tahu dulu apa itu podcast ?. Podcast merupakan kependekan dari Personal on Demand Broadcast dan menurut KBBI, podcast adalah siaran berupa berita, musik, dan sebagainya yang dibuat dalam format digital, baik audio maupun vidio, yang diunduh melalui internet.

Dari pengertian diatas dapat kita fahami bahwa pada awalnya podcast biasanya berupa salah satu cara individu untuk menyampaikan pesan dalam bentuk siaran yang dapat didengarkan oleh banyak orang. Namun saat ini sudah banyak juga podcast yang tidak hanya disampaikan oleh individu saja.

Spotify sendiri merupakan layanan musik digital, podcast, dan vidio yang dapat diakses secara gratis maupun berbayar dengan premium. Dengan perkembangan podsact saat ini yang meningkat pesat membuat spotify menjadi salah satu layanan yang paling diminati untuk membuat podcast. 

Alat-alat Yang di Butuhkan Untuk Membuat Podcast

Jika kamu berminat membuat podcast kamu juga harus mempersiapkan alat-alat yang diperlukan untuk menunjang kelancaran saat kamu membuat podcast. Berikut alat-alat yang dibutuhkan untuk membuat podcast :

  • Microfon
Related  Cara Membuat Email Yahoo

Microfon merupakan salah satu alat yang wajib kamu miliki saat ingin membuat podcast yang berkualitas. Kamu bisa memilih menggunakan microfon yang berkualitas agar podcast kamu juga menjadi enak di dengarkan oleh orang lain. Kamu bisa memilih menggunakan microfon analog atau microfon USB.

  • Audio Interface

Jika microfon yang kamu pilih adalah microfon analog maka kamu harus punya alat ini untyk membuat audio analog menjadi audio digital.

  • Laptop Atau Komputer

Kamu membutuhkan laptop untuk mengedit audio yang sudah kamu rekam sebelum kamu uploud di spotify. Sebelum itu kamu harus menginstal aplikasi untuk mengedit audio terlebih dahulu di Laptop atau Komputermu.

Cara Membuat Podcast di Spotify

Cara Membuat Podcast di Spotify
Membuat Podcast di Spotify

Setelah kamu mengetahu alat apa saja yang harus kamu siapkan sebelum membuat podcast, sekarang kamu harus tahu cara membuat podcast di Spotify dan lahkah-langkah untuk membuatnya juga mudah untuk kamu lakukan. Sudah banya content cretaor yang membuat podcast  di Spotify sekarang dan banyak dari mereka yang berhasil dikenal oleh banyak orang.

1. Siapkan podcast yang akan diunggah

Apabila kamu sudah siap untuk membuat podcast, selain menyiapkan alat-alat untuk membuat podcast kamu juga harus mempersiapkan konsep dan tema yang akan kamu jadikan konten. Setelah itu kamu bisa merekam dan mengedit audio yang akan kamu unggah di spotify serta foto sampulnya. Lebih baik kamu mengedit audio menggunakan laptop atau komputer yang kamu miliki daripada menggunakan handphone karena lebih mudah untuk dilakukan.

Berikut merupakan persyaratan yang harus kamu penuhi untuk membuat podcast di Spotify :

  • MP3 yang diunggah harus berupa audio MP3 dengan biterate antara 96 kbps sampai 320 kbps.
  • Gambar yang menjadi sampul podcast harus memiliki rasio persegi (1:1) dan dalam format JPEC, PNG ataupun TIFF serta memiliki resolusi setinggi mungkin agar gambar sampulnya lebih berkualitas.
  • RSS feed juga harus memilki judul. gambar sampul. detail yang relevan untuk 1 episode.
  • Untuk judul yang kamu buat juga lebih boleh lebih dari 20 karakter.
  • Dan terakhir untuk panjadng episodenya tidak boleh lebih dari 200 MB.
Related  Cara Berlangganan Spotify Premium di iPhone yang Paling Baru

2. Pilih Host Website

Jika kamu sudah menyiapkan semuanya dan tinggal mengunggah podcast, maka kamu harus memilih host website untuk mengunggah file podcast karena Spotify tidak menyediakan tempat untuk uploud dan menyimpan file podcast. Ada banyak host website yang bisa kamu pilih dan yang paling banyak di gunakan adalah Anchor.

Berikut cara membuat podcast di Spotify melalui platform host Anchor :

  • Kamu harus mengunduh aplikasi Anchor di smartphone yang kamu miliki terlebih dahulu, atau kamu juga bisa mengunjungi website www.anchor.fm.
  • Jika sudah selesai maka kamu harus membuat akun terlebih dahulu. Unggah epidose pertama dari podcast-mu.
  • Isi Judul, deskripsi, cover atau foto sampul pada kolom yang disediakan.
  • Kemudian pilih “Next”.
  • Lalu kamu harus mengisi detail akun podcast-mu, seperti nama podcast, deskripsi, kategori, dan bahasa. Kemudian pilih “Continue”. 
  • Selanjutnya pilih “Cover art” untuk akunmu. Kamu juga dapat menambahkan teks pada cover art tersebut.
  • Setelah semuanya selesai dan lengkap akan muncul teks “Ready to Publish”. Jika kamu sudah yakin maka kamu bisa langsung tekan “Publish”.

Podcast yang telah kamu unggah di plaform Anchor akan secara otomatis tersedia juga di Spotify, Jika kamu menggunakan host website lain untuk menggungah podcast-mu maka kamu masih harus menyalin RSS feed di Spotify terlebih dahulu.

3. Salin RSS feed ke Spotify

Jika kamu menggunaka platform host lain selain Anchor, kamu harus menyalin RSS feed terlebih dahulu agar podcast yang telah kamu unggah muncul di Spotify. Langkah-langkah untuk menyalin RSS feed di Spotify juga mudah untuk kamu lakukan.

Berikut langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk menyalin RSS feed ke Spotify :

  • Sebelumnya kamu harus memiliki akun Spotify terlebih dahulu ya, jika kamu belum memiliki akun Spotify maka kamu harus membuat akun terlebih dahulu.
  • Jika sudah punya akun maka buka salin RSS feed dari host website yang kamu gunakan tadi terlebih dahulu.
  • Setelah itu buka website https://podcaster.spotify.com/.
  • Pilih menu “Add or Claim Your Podcast”. 
  • Kemudian tempel RSS feed yang sudah kamu salin tadi di kolom yang tersedia, dan pilih “Next”.
  • Setelah itu Spotify akan mengirimkan kode verifikasi ke email yang kamu gunakan untuk mendaftar.
  • Lalu masukan kode OTP, dan isi kategori, bahasa, dan negara. Jika sudah pilih “Next”.
  • Setelah selesai submit podcast-mu ke akun Spotify-mu dan selesai.
Related  2+ Cara Bayar Spotify dengan GoPay Paling Mudah

Podcast yang telah kamu submit akan di review oleh Spotify terlebih dahulu, jika sudah selesai maka akan bisa didengarkan di Spotify dalam beberapa hari.

Dan cara menyalin RSS feed ini hanya perlu kamu lakukan sekali apabila kamu menggunakan platform host lain selain di Anchor. Setelah itu apabila kamu mengunggah episode selanjutnya dari podcast-mu, akan secara otomatis ada di Spotify. 

Itulah cara membuat podcast di Spotify yang dapat kamu ikuti. Bagaimana mudah bukan ? kamu sudah bisa langsung membuat podcast dengan mengikuti langkah-langkah diatas, cara ini juga bisa digunakan untuk pemula.

Semoga Bermanfaat!

error:
Scroll to Top