Cara Membuat Filter Instagram

Cara membuat filter instagram sebenarnya sangat mudah. Namun, untuk bisa membuat filter instagram sendiri, kita harus terlebih dahulu menyiapkan perangkat berupa komputer dengan webcam, ataupun laptop yang sudah include dengan Webcam.

Karena sebagaimana kita tau, filter instagram memang biasa digunakan untuk mereka yang senang membuat postingan instagram stories berupa video ataupun foto. Biasanya, mereka menggunakan filter instagram agar terlihat unik dan juga menarik dalam stories mereka.

Read More

Dan gak cuma itu aja, filter instagram ini juga banyak digunakan untuk mereka yang senang membuat stories dengan kesan aesthetic dari foto ataupun video yang mereka miliki. Karena sebagaimana kita tau, instagram saat ini bukan hanya digunakan untuk membagikan foto ataupun video saja. Melainkan juga untuk membagikan stories dan live streaming.

Untuk beberapa kasus, para pembuat filter instagram ini memang membuat kita para khalayak umum bertanya tanya, bagaimana cara membuat filter instagram? apakah kita bisa membuat filter instagram kita sendiri?

Jawabnya adalah bisa. Namun, untuk membuat filter instagram sendiri, ada hal yang harus kamu ketahui. Pertama, kamu harus memiliki perangkat dengan tambahan webcam jika menggunakan komputer. Karena, untuk membuat filter instagram sendiri, kamu perlu melakukan test ataupun percobaan pada filter instagram yang kamu buat.

Kedua, kamu juga harus mengerti tentang cara pengeditan filter instagram. Jika filter yang kamu buat adalah motion yang bergerak, maka kamu harus tau paham tentang motion graphic, dari filter yang kamu buat. Tetapi, jika filtermu hanya berupa tambahan teks saja, kamu tidak perlu paham tentang hal itu.

Cara Membuat Filter Instagram

Cara Membuat Filter Instagram
Membuat Filter Instagram

Selain itu, keuntungan dari membuat filter instagram sendiri adalah kamu bisa menambahkan username kamu sebagai pembuat atau creator dari filter tersebut. Sehingga, pengguna bisa saja memfollow kamu melalui filter yang kamu buat.

Untuk itu, jika kamu penasaran dengan cara membuat filter Instagram, kamu bisa mengikuti beberapa cara yang akan mimin bagikan berikut ini. Seperti

Langkah1: Siapkan Perangkat dan Aplikasinya

Langkah pertama yang harus benar benar kamu perhatikan adalah perangkat dan juga aplikasi untuk membuat filter itu sendiri. Disini, kamu membutuhkan komputer dengan tambahan webcam, dan juga laptop yang sudah include atau memiliki web cam.

Dan untuk aplikasi yang digunakan adalah Spark AR Studio. Untuk aplikasinya sendiri, kamu bisa mengunduhnya melalui situs resmi dari Spark AR Studio itu sendiri. Oh iya, jangan lupa ketika sampai di website resminya, kamu memahami tentang spesifikasi minimum untuk dapat menggunakan aplikasi ini.

Hal ini bertujuan agar kamu tidak mengalami crash ataupun error pada saat menggunakan aplikasi Spark AR Studio. Jika spesifikasi perangakatmu sudah sesuai dan memenuhi syarat, maka kamu bisa menginstall aplikasi Spark AR Studio seperti biasa hingga selesai.

Langkah2: Memilih Sample Filter

Kemudian, jika sudah menginstall Spark AR Studio, maka selanjutnya kamu tinggal membuka aplikasi tersebut seperti biasa. Kamu bisa langsung membuat filter instagram dengan melihat contoh filter yang sudah ada, dengan catatan. Kamu harus melakukan editing tambahan agar filter yang kamu buat tidak sama dengan yang sudah ada.

Kamu bisa mengklik pada pilihan Sample, untuk melihat banyaknya filter instagram yang sudah ada. Dan setelah memilih filter yang dimau, kamu bisa langsung melakukan pengeditan untuk filter yang akan dibuat.

Related  Cara Dark Mode Instagram Android

Langkah3: Edit Filter yang Sudah dipilih

Kemudian, kamu bisa melakukan pengeditan seperti biasa dengan menggunakan Spark AR Studio. Ketika prosess pengeditan, mungkin akan terasa sedikit berat. Terlebih, jika RAM pada perangkat yang kamu miliki berada di bawah 8 GB. Tapi tenang aja, kamu masih bisa melakukan editing filter seperti biasa kok.

Disini, kamu bisa mengubah banyak hal dari filter yang sudah ada. Kamu bisa mengubah posisi, ukuran, warna, dan juga objek yang ada didalam filter tersebut. Kamu juga akan diberikan sample berupa wajah manusia, yang mana akan terlihat sesuai dengan tampilan filter yang kamu buat.

Lakukan pengeditan sesuai yang kamu mau, agar filter yang awalnya berbentuk A, akan berubah menjadi versi baru yang kamu buat. Kamu juga dapat melihat bagaimana filtermu nanti, dengan menekan tombol preview untuk melihat hasilnya.

Langkah4: Lakukan Uji Coba Filter

Jika dirasa sudah beres, maka selanjutnya kamu bisa melakukan uji coba filter yang baru saja kamu buat secara live, dengan menekan tombol web cam yang ada di bagian kiri atas aplikasi Spark AR Studio.

Nantinya, secara otomatis aplikasi Spark AR Studio akan mengaksess web cam yang kamu miliki, dan kamu bisa langsung melakukan uji coba secara live, dengan menggunakan wajahmu. Nah, dari situ kamu bisa melakukan peng-editan ulang apabila hasil dari filter yang kamu buat masih belum maksimal.

Export Filter Instagram

Setelah melalui prosess preview dan juga Uji Coba Filter, maka selanjutnya kamu bisa mengekspor hasil dari filter yang kamu buat. Disini, kamu bisa langsung mengekspornya dengan format .arexport melalui tab menu File > Export

Simpan filter instagram yang kamu buat tadi, dan kemudian berikan nama filter sesuai keinginanmu sebelum akhirnya dipublish dan bisa digunakan.

Related  Cara Copy Link Instagram

Langkah5: Publish Filter Instagram

Langkah selanjutnnya sebelum akhirnya filter kamu bisa digunakan secara umum adalah kamu bisa mempublish atau mengunggah filter yang kamu buat tadi. Caranya juga gampang banget kok.

  1. Buka browser yang ada di komputer atau laptop kalian
  2. Setelah itu kunjungi situs https://www.facebook.com/sparkarhub/ dan jika diminta untuk login, silahkan untuk login ke akun facebook kamu
  3. Lalu, pilih filter dengan format .arexport yang tadi sudah kamu buat
  4. Berikan nama Filter dan juga nama pembuat filter sesuai dengan data data yang dibutuhkan atau muncul disana
  5. Jika sudah, klik pada continue

Lalu, kamu juga bisa melakukan live preview lagi dengan menggunakan smartphone. Disini, biasanya kamu akan mendapatkan link dari sparkarhub tadi, dan kamu tinggal mengaksessnya melalui smartphone. Atau, kamu juga bisa menggunakan virtual device yang disediakan.

Barulah jika kamu sudah puas dengan hasil filter yang kamu buat, kamu dapat membagikan filter tersebut ke instagram. Nah, agar temanmu bisa menggunakan filter ini, kamu bisa membuat stories instagram baru dengan filter yang kamu buat tadi.

Nantinya, pengguna yang tertarik akan mengklik nama filter buatanmu, dan bisa mencoba filter yang baru saja kamu buat tadi.

Kamu juga bisa kok mengatur kapan filter yang kamu buat bisa rilis dan dapat digunakan untuk semua pengguna instagram. Cara ini bisa menjadi cara marketing yang baik, dengan kamu melakukan screen record atas filter yang kamu buat, lalu memposting video tersebut dengan caption ‘coming soon’ pada  video yang kamu miliki.

Dengan begitu, pengguna lain akan bertanya tanya dan tak sabar mencoba filter buatanmu. Dan itulah tadi beberapa cara membuat filter instagram yang bisa kamu coba. Semoga bermanfaat.

Related posts