Cara Membuka Akses Google Drive

Cara Membuka Akses Google Drive

Perkembangan teknologi yang pesat diberbagai bidang sekarang ini memudahkan kehidupan manusia, dengan zaman yang serba digital hal-hal seperti menyimpan file dokumen, foto, video, dan membagikannya pada orang lain bisa kamu lakukan dengan mudah. Ada banyak layanan Penyimpanan Cloud yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan file-file tersebut, salah satunya adalah Google Drive. Kamu juga harus mengetahui cara membuka akses Google Drive supaya bisa membagikan file yang telah kamu simpan di Google Drive hanya dengan membagikan linknya kepada orang yang kamu inginkan.

Aplikasi Google Drive merupakan salah satu layanan penyimpanan yang tersinkronisasi dengan Google, kamu hanya perlu memiliki akun Gmail untuk bisa mengakses layanan ini, kamu juga bisa membukanya di aplikasi maupun langsung di browser yang kamu miliki. Google Drive juga menyediakan kapasitas penyimpanan yang cukup besar yaitu 15 GB dan kapasitas penyimpanan ini bisa kamu gunakan secara gratis.

Jika kamu merasa bahwa penyimpanan 15 GB kurang, kamu bisa membeli penyimpanan di dalam aplikasi Google Drive. Dengan menggunakan Google Drive kamu bisa menyimpan file apa saja yang kamu inginkan, jadi kamu tidak memerlukan kartu memori, flashdisk ataupun harddisk untuk menyimpan file dan membagikannya kepada orang lain. Cara menggunakan Google Drive juga cukup mudah, kamu juga bisa memberi akses kepada orang yang kamu inginkan maupun ke publik.

Apa Itu Google Drive ?

Google Drive adalah salah satu layanan peyimpanan yang tersinkronisasi yang dikembangkan oleh Google dan diluncurkan pada tahun 2012. Dengan Google Drive kamu bisa menyimpan data, dan membukanya di perangkat manapun, serta kamu juga bisa membagikannya. Google Drive memiliki kapasitas memori sebesar 15 GB, cara aksesnya hanya tinggal masuk ke akun Gmail kamu kamu bisa langsung menggunakan layanan Google Drive.

Related  Cara Melihat Password Gmail

Kamu juga bisa membuka Google Drive di perangkat manapun seperti Smartphone, laptop/PC, Tablet. Yang paling penting hanya terhubung dengan akun Gmail kamu.

Cara Membuka Akses Google Drive

Cara Membuka Akses Google Drive
Membuka Akses Google Drive

Untuk kamu yang WFH (Work From Home) ataupun kamu yang masih pelajar atau mahasiswa yang perlu membagikan file untuk keperluan pekerjaan atau untuk tugas tentu Google Drive ini menjadi salah satu aplikasi penting untuk kamu miliki. Dengan Google Drive kamu bisa membagikan dan membuka akses file yang telah kamu simpan kepada siapapun hanya dengan mengirim link file yang telah kamu simpan.

Cara membuka akses Google Drive juga cukup mudah, kamu bisa mengatur akses file yang kamu berikan kepada orang lain seperti lihat saja, bisa memberi komentar, ataupun bisa mengedit file Google Drivemu. Jadi kamu bisa menyesuaikan akses file Google Drive yang akan kamu berikan saat kamu membuka akses Google Drive. Kamu bisa membagikan link pada publik, ataupu pada orang tertentu dengan mengirimnya lewat email.

Cara Membuka Akses Google Drive Ke Publik

Jika kamu ingin membuka akses Google Drivemu dan membagikannya ke publik, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini. Dengan memberikan akses ke publik siapa saja yang memiliki link file Google Drivemu bisa membuka file yang telah kamu simpan dan kamu bagikan dengan link tersebut. Berikut penjelasannya, simak !.

  • Buka Google Drive terlebih dahulu, kamu bisa melalui aplikasi maupun di browsermu.
  • Setelah itu pilih file yang ingin kamu buka aksesnya untuk dibagikan kepada orang lain.
  • Dan tekan titik tiga pada file tersebut dan pilih opsi “Bagikan“.
  • Kemudian pilih bagian “Dapatkan Link” dan atur “Siapa saja yang memiliki link“.
  • Kamu dapat mengatur Pengakses Lihat-Saja, Pemberi Komentar, dan Editor. Kamu bisa memilihnya seperti yang kamu inginkan, jika kamu ingin orang hanya dapat melihat file tersebut tanpa merubah isi filenya maka pilih Pengakses Lihat-Saja.
  • Tekan “Selesai“. Dengan menekannya berarti kamu sudah membuka akses Google Drive kepada publik.
  • Selesai. Kamu bisa mulai membagikan link untuk berbagi informasi kepada publik.
Related  Cara Membuka Pola HP Samsung [Tutorial Bergambar] Paling Baru

Itu dia cara membuka akses Google Drive ke publik, jadi siapapun yang memiliki link Google Drive kamu tersebut, akan dapat membuka dan melihat file Google Drive yang kamu bagikan. Lebih praktis dibandingkan harus mengirimkan file langsung bukan ? hanya dengan membagikan link kamu bisa berbagi informasi yang ada dalam filemu kepada orang lain.

Cara Membuka Akses Google Drive Dengan Email

Selanjutnya kamu juga bisa membuka akses Google Drivemu hanya untuk orang tertentu, dengan cara mengirimkannya langsung ke email seseorang yang kamu inginkan, jadi syaratnya kamu harus mengetahui email orang yang kamu tuju untuk bisa langsung membagikan akses Google Drive tersebut. Berikut cara membuka akses Google Drive dengan email, simak penjelasannya !.

  • Buka Google Drive dan jika kamu belum log in masuk dengan akun Gmail kamu.
  • Kemudian pilih file yang kamu inginkan dan tekan “Titik tiga” pada file tersebut.
  • Setelah itu pilih opsi “Bagikan“. 
  • Jika kamu membuka Google Drive melalui aplikasi Google Drive di smartphone-mu kamu bisa langsung “Menulis alamat Email” yang kamu tuju, dan mengaturnya opsi seperti Pengakses Lihat-Saja, Pemberi Komentar, dan Editor. Seetalah itu kamu juga bisa menambahkan pesan pada email tersebut dan tekan “Kirim“.
  • Kamu juga bisa mengaturnya dengan cara yang sama apabila membuka Google Drive melalui Website Google Drive ataupun di Laptop/PC.
  • Selesai

Saat email yang kamu kirim tersebut telah terkirim ke alamat email yang kamu tuju maka pemilik email tersebut dapat langsung membuka file yang sudah kamu kirim tersebut tanpa harus menklik link file Google Drive itu.

Cara Membuka Akses Google Drive Untuk Disebarluaskan

Setelah kamu tahu cara membuka akses Google Drive ke publik yang kamu berikan link, ataupun dengan cara mengirim email. Kamu juga perlu mengetahui cara membuka akses Google Drive untuk disebarluaskan. Jika kamu memilih untuk membuka akses Google Drivemu untuk disebarluaskan oleh orang lain, kamu mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Kamu harus membuka Google Drive terlebih dahulu dan log in menggunakan akun Gmail yang kamu miliki.
  • Lalu pilih file yang ingin kamu buka aksesnya.
  • Setelah itu tekan “Titik tiga” di bagian file tersebut.
  • Kemudian tekan “Bagikan”.
  • Jika sudah akan muncul beberapa opsi yang bisa kamu pilih, kemudian pilih “Link Setting” pada bagian bawah “Get Link“.
  • Selanjutnya kamu bisa memilih “Public Link”.
  • Dan pilih opsi “Done”. 
  • Kamu bisa menyalin atau copy link tersebut dan membagikannya ke email ataupun website yang kamu inginkan.
  • Selesai
Related  Cara Menambahkan Akun Google

Jadi siapa saja bisa mengakses file Google Drivemu hanya dengan membuka link akses Google Drivemu. Orang lain bisa membagikan linkmu kepada lebih banyak orang lagi. Kamu juga bisa membagikannya dimanapun dan kepada siapapun yang kamu mau untuk mengakses link Google Drive yang telah kamu bagikan itu.

Demikianlah beberapa cara membuka akses Google Drive, kamu bisa memilih untuk membuka akses dengan cara manapun yang kamu inginkan. Semoga Bermanfaat!

 

error:
Scroll to Top