Cara Memindahkan Foto dari Kamera ke Laptop

Cara Memindahkan Foto dari Kamera ke Laptop

Untuk kamu pengguna baru kamera, kamu mungkin akan bertanya-tanya mengenai cara memindahkan foto dari kamera ke laptop. Sebenarnya caranya juga cukup mudah untuk kamu lakukan baik untuk kamu yang baru pemula menggunakan kamera atau baru saja membeli kamera baru.

Menggunakan kamera digital untuk memotret akan menghasilkan kualitas foto yang tentunya lebih baik dibandingkan hanya memotret foto menggunakan kamera pada handphone, dan walaupun kamu memotretnya menggunakan kamera digital kamu masih bisa membagikan hasil foto-foto kamu dengan memindahkan foto dari kamera ke perangkat yang lain baik hp maupun laptop.

Selain itu dengan memindahkan foto ke laptop akan membuat hasil dokumentasi foto tersebut bisa disimpan ditempat yang dilebih aman daripada kamu masih menyimpannya dikamera, dan pastinya kapasitas memori laptop lebih besar daripada kapasitas memori pada kamera.

Dan dalam pembahasan kali ini, akan dibahas mengenai cara memindahkan foto dari kamera ke laptop. Untuk memindahkan foto dari kamera kamu bisa melakukannya secara mandiri, apalagi kamera sekarang yang sudah memiliki teknologi yang canggih dan bisa memudahkan kita saat ingin memindahkan file foto yang ada didalamnya.

Cara Memindahkan Foto dari Kamera ke Laptop

Cara Memindahkan Foto dari Kamera ke Laptop
Memindahkan Foto dari Kamera ke Laptop

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kamu coba lakukan sendiri untuk memindahkan foto dari kamera ke laptop kamu, namun pada artikel ini akan dibahas beberapa cara yang mudah untuk kamu lakukan supaya bisa memindahkan sendiri foto dari kamera.

Related  Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop Dengan USB

Cara Memindahkan Foto dari Kamera ke Laptop Lewat Kabel USB

Cara pertama ini bisa kamu lakukan khususnya untuk kamu yang tidak memiliki fitur WiFi ataupun Bluetooth, karena dengan cara ini kamu bisa memindahkan foto maupun video dari kamera yang kamu gunakan secara langsung ke laptop tanpa harus tersangbung dengan internet terlebih dahulu.

Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti :

1. Membuka Penutup Port

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum menyambungkan kamera ke laptop dengan kabel USB adalah mematikan kamera terlebih dahulu sehingga kinerja kamera kamu tidak menjadi berat. Jika kamera sudah mati kamu bisa membuka karet penutup port untuk USB yang biasanya berada disebelah sampaing kamera.

Biasanya kamera memiliki tiga port seperti untuk HDMI, USB, dan juga untuk Remote Shutter. Dan ketiga port ini memiliki bentuk yang berbeda yang akan memudahkan kamu dan membuat kamu tidak akan salah menancapkan saat hendak menggunakan salah satu portnya.

2. Sambungkan Kabel USB dari Kamera ke Laptop

Langkah selanjutnya adalah menyambungkan kamera ke laptop dengan perantara kabel USB, dan berikutnya nyalakan ulang kamera sipaya SD Card-nya bisa terbaca oleh laptop. Lalu buka File Explorer dilaptop kamu, dan apabila sudah berhasil meyambungkan antara kamera ke laptop akan ada drive baru yang berasal dari SD Card kamera.

3. Pilih dan Pindahkan Foto

Berikutnya jika drive baru yang berasal dari SD Card kamera sudah muncul di laptop kamu, kamu bisa menekan klik pada drive tersebut dan melihat hasil dokumentasi foto maupun video yang terdapat di dalam SD Card kamera kamu. Selanjutnya kamu bisa memilih foto ataupun video yang ingin kamu pindahkan ke laptop, dan jika sudah lakukan copy pada file tersebut dan paste pada folder di laptop kamu. Dan selesai.

Related  Cara Memindahkan Foto ke Kartu SD

Itulah cara yang bisa kamu lakukan dengan mudah dan tanpa harus terkoneksi dengan internet terlebih dahulu.

Cara Memindahkan Foto dari Kamera ke Laptop Dengan Kartu Memori

Dengan menggunakan cara kedua ini kamu tidak memerlukan kabel USB sebagai perantara penyambung antara kamera dan laptop kamu. Kamu bisa lansung memanfaatkan SD Card kamera kamu untuk memindahkan foto secara langsung tanpa perantara.

Namun sebelum melakukan cara ini kamu harus memastikan bahwa laptop kamu memiliki port yang bisa kamu pasangkan dengan kartu memori yang biasanya memiliki bentuk pipih ataupun bentuk persegi panjang. Berikut cara yang bisa kamu ikuti :

1. Lepaskan Kartu Memori (SD Card)

Langkah pertama kamu harus melepaskan kartu memori (SD Card) yang ada pada kamera kamu terlebih dahulu. Letak kartu memori (SD Card) ini berbeda tiap tipe kamera jadi kamu bisa mencari letak SD Card pada kamera kamu. Jika sudah ketemu letak SD Card tersebut, untuk bisa memindahkan foto dari kamera kamu bisa melepaskan kartu SD Card tersebut dari tempatnya dengan cara menekan SD Card sehingga bisa terlepas dari tempatnya, kemudian tarik perlahan sampai lepas SD Cardnya.

2. Memasukan Kartu Memori (SD Card) ke Laptop

Langkah berikutnya adalah memasukan SD Card kamera kamu ke port SD Card yang ada di laptop kamu. Jika laptop kamu tidak memiliki port untuk SD Card kamu bisa menggunakan Card Reader untuk memudahkan proses pemindahan foto. Jadi kamu tetap bisa memasukan SD Card kamu walaupun laptop kamu tidak memiliki port khusus untuk SD Card.

3. Pilih dan Pindahkan Foto

Jika SD Card kamu sudah berhasil masuk kedalam laptop kamu, berikutnya adalah membuka File Explorer untuk melihat apakan kartu memori (SD Card) kamera kamu sudah terbaca di laptop atau belum. Jika sudah terbaca, supaya bisa memindahkan foto cara yang harus kamu lakukan adalah dengan cara membuka folder DCIM. Pada folder tersebut terdapat semua file foto maupun video hasil dokumentasi kamera kamu.

Related  Cara Memindahkan Foto dari Laptop ke HP

Kamu bisa memilih foto atau video yang ingin kamu pindahkan ke laptop, dengan cara copy foto yang ingin kamu pindahkan dan paste pada folder di laptop kamu. Dan selesai foto tersebut sudah pindah ke laptop kamu.

Cara Memindahkan Foto dari Kamera ke Laptop Dengan SD Card Reader

Cara ini bisa kamu coba, untuk kamu yang tidak memiliki port SD Card di laptop kamu, jadi kamu bisa tetap memindahkan foto secara langsung dengan SD Card dengan perantara SD Card Reader. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan :

1. Beli SD Card Reader

Jika laptop kamu tidak ada port khusus untuk memasukan SD Card kamu tetap bisa memasukan SD Card kamu dengan menggunakan SD Card Reader, dengan SD Card Reader ini bisa terhubung dengan laptop kamu menggunakan kabel USB.

2. Masukan Kartu Memori (SD Card) ke SD Card Reader dan Pindahkan Foto

Langkah selanjutnya adalah memasukan SD Card kamera kamu kedalam SD Card Reader yang sudah kamu miliki, hubungkan SD Card Reader tersebut ke laptop atau komputer kamu. Dan cara memindahkan foto dari kamera ke laptop adalah dengan cara menarik foto yang ingin kamu pindahkan ke laptop dan meletakannya di salah satu folder yang ada di laptop kamu. Dan selesai foto kamu sudah berhasil di pindahkan ke laptop dengan perantara SD Card Reader.

Demikianlah cara memindahkan foto dari kamera ke laptop yang bisa kamu coba praktekan sendiri, kamu bisa memilih cara yang menurut kamu paling praktis untuk kamu lakukan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

 

 

error:
Scroll to Top