Cara Menang Giveaway

Cara Menang Giveaway

Bagaimana cara menang giveaway? untuk kamu pengguna media sosial tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah giveaway. Mungkin ada banyak orang yang sudah ikut giveaway berkali-kali namun masih belum berkesempatan untuk menang juga? jangan khawatir pada pembahasan kali ini akan ada tips-tips supaya kesempatan kamu menang giveaway menjadi lebih tinggi.

Sebelumnya giveaway sendiri merupakan kata yang berasal dari bahasa inggris yang memiliki arti memberikan hadiah secara gratis. Giveaway biasanya diadakan disuatu platform media sosial oleh artis, influencer, sponsor dan masih banyak lagi. Selain influencer dan artis-srtis giveaway juga banyak digunakan oleh pengusaha untuk mendapatkan banyak followers ataupun untuk mempromosikan produk atau jasa dari bisnis yang dimiliknya.

Biasanya giveaway diadakan dengan adanya syarat dan ketentuan yang harus dilakukan supaya bisa mendapatkan giveaway tersebut. Syarat giveaway rata-rata mudah unduh dilakukan seperti follow akun, mention ke 3 orang teman, dan lain-lain. Akan tetapi mestipun syarat untuk memenangkan giveaway sangat mudah tetap saja untuk berhasil memenangkan giveaway itu sulit sekali. Apalagi jika banyak orang yang mengikuti giveaway tersebut.

Kemungkinan kamu menang menjadi semakin tipis, namanya juga giveaway ya sebenarnya tidak ada cara khusus agar bisa berhasil menang giveaway karena penyelengara giveaway juga akan mengambil pemenang secara acak dan kemungkinan kamu bisa menang adalah berdasarkan keberuntungan.

Namun tidak ada salahnya jika kamu ingin mencoba cara-cara yang akan dibahas pada artikel berikut ini supaya peluang kamu menang giveaway menjadi lebih besar. Dan kamu bisa memenangkan giveaway dengan hadiah yang kamu inginkan.

Apa itu Giveaway ?

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai cara menang giveaway ada baiknya untuk kamu mengetahui pengertian dari giveaway. Giveaway adalah istilah yang diambil dari bahasa inggris yang memiliki arti memberi pemberiah secara cuma-cuma.

Related  4 Cara Menambah Akun TikTok di Aplikasi HP yang Sama

Namun istilah giveaway sekrang ini digunakan sebagai sebuah strategi marketing atau promosi, biasanya giveawal diadakan dengan cara peserta memenuhi persyaratan yang diberikan oleh penyelengara dan akan dipilih satu atau beberapa peserta untuk memenangkan undian hadian dari giveaway tersebut.

Jenis-jenis Giveaway

Berikutnya kamu juga perlu mengatahui jenis-jenis dari giveaway itu sendiri, ada beberapa jenis giveaway yang sering terlihat dimedia sosial. Beriku beberapa jenis giveaway :

1. Giveaway Mandiri

Jenis pertama dari giveaway yang sering kamu temui adalah giveaway mandiri atau bisa disebut juga dengan self-giveaway. Self-giveaway merupakan kontes yang diselengarakan secara mandiri oleh suaru merek tertentu. Bisa dimulai dari sayarat dan ketentuan, promosi, hingga hadiah yang diberikan. Biasanya giveaway ini memiliki persyaratan berupa follow penyelengara atau share postingan dan mention penyelengara. Hadiahnya bisa berupa produk fisik yang dimiliki oleh penyelengara atau sesuai dengan bisnisnya.

2. Giveaway Sponsor

Jenis kedua adalah jenis giveaway sponsor, yang artinya giveaway jenis ini diselengrakan oleh pihak ketiga yang disebut sebagai host. Kemudian pihak perusahaan hanya perlu membayar biasa jasa ke host saja hal ini tentu saja lebih memudahkan pihak perusahaan. Dan giveaway sponsor biasanya diikuti oleh beberapa brand sekaligus.

Cara Menang Giveaway

Cara Menang Giveaway
Cara Menang Giveaway

Kembali ke pembahasan utama yang akan dibahas pada artikel ini yaitu mengenai cara menang give away. Ada beberapa cara yang perlu kamu perhatikan supaya peluang kamu untuk memenangkan hadiah dari suatu kontes giveaway menjadi lebih besar. Berikut ini akan dibahas mengenai cara-cara supaya kamu bisa memenangkan giveaway :

1. Temukan Giveaway yang Ingin Kamu ikuti

Cara pertama adalah cari dulu giveaway yang sekiranya ingin kamu ikuti, kamu bisa menemukan giveaway melalui media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook, atau bahkan kamu juga bisa menemukannya di Youtube.

Related  Cara Bermain TikTok

Biasanya kamu juga bisa menemukan giveaway menarik yang diadakan oleh akun-akun artis, infuencer, dan brand-brand tertentu di akun media sosial mereka. Tujuan dari diadakannya giveaway oleh brand-brand tersebut tentu untuk mempromosikan produk-produk yang mereka miliki dan hadiah yang ditawarkan adalah produk atau voucher belanja produk tersebut.

2. Pilih Giveaway Yang Tidak Terlalu Banyak Peminatnya

Berikutnya selain kamu bisa mengikuti giveaway yang diadakan oleh akun-akun yang sudah terkenal dan tentunya akan ada banyak orang yang mengikuti giveaway tersebut yang membuat peluang kamu menang menjadi rendah. Kamu juga bisa mengikuti giveaway yang memiliki sedikit peminat. Dengan mengikuti giveaway yang memiliki peminat yang sedikit maka peluang kamu untuk memenangkan giveaway menjadi semakin besar.

3. Pahami Ketentuan Giveaway

Seperti yang kamu tahu jika setiap giveaway memiliki syarat atau ketentuan sendiri untuk bisa memenangkan hadiah yang ditawarkan. Akan tetapi masih banyak orang yang lupa atau tidak membaca ketentuan giveaway dengan baik, dan berakhir tidak mendapatkan hadiah giveaway.

Jika kamu tidak mengikuti ketentuan yang diberikan tentu saja kamu akan secara otomatis didiskualifikasi dari peserta giveaway. Jadi sebaiknya kamu membaca dengan teliti syarat dan ketentuam dari giveaway sebelum kamu mendaftar giveaway. Supaya peluang kamu menang giveaway menjadi lebih tinggi.

4. Menulis Komentar yang Menarik

Biasanya salah satu persyaratan untuk memenangkan giveaway adalah dengan menulis komentar di suatu postingan yang diminta oleh penyelengara. Jadi sebelum kamu menulis komentar sebaiknya kamu memahami dulu apa yang diminta oleh penyelengara, dan kamu bisa menulis komentar yang relevan dengan apa yang diminta oleh penyelengara misalnya menulis hadiah apa yang diinginkan.

Selanjutnya tulis komentar semenarik mungkin supaya kamu bisa dipilih sebagai pemenang, tulis komentar yang menarik dan berbeda dari yang kamu agar penyelengara tertarik dan peluang kamu untuk memenangkan hadiah giveaway menjadi semakin besar.

Related  3 Cara Menambah Like TikTok Gratis Tanpa Aplikasi yang Aman

5. Tulis Komentar Mendekati Batas Waktu Giveaway

Ada beberapa penyelengara giveaway yang memilih pemenang giveaway menggunakan aplikasi random picker. Untuk bisa memenangkan giveaway menjadi lebih sulit lagi jika menggunakan aplikasi ini karena komentar kamu tidak akan bisa langsung dibaca oleh pihak penyelengara.

Namun ada cara yang bisa kamu lakukan supaya peluang kamu untuk memenangkan giveaway menjadi semakin besar yaitu dengan cara menuliskan komentar mendekat batas waktu giveaway. Contohnya tulis komentar 1 jam sebelum pemilihan pemenang menggunakan Commnet Random Picker, dengan melakukan ini kemungkinan kamu menang giveaway menjadi semakin besar.

6. Hindari Curang

Slah satu hal yang perlu kamu perhatikan saat mengikuti giveaway adalah jangan pernah curang, karena tidak hanya aan merugikan orang lain yang seharusnya berhak mendapatkan. Namun juga akan merugikan kamu sendiri apalagi jika penyelengara mengetahui tindakan curang yang dilakukan maka bisa saja kamu akan dihapus permanen dari daftar peserta, hingga diblokir.

Jika hal tersebut terjadi tentu saja mustahil untuk kamu bisa memenangkan giveaway. Jadi tetap mengikuti giveaway sesuai dengan syarat dan peraturan yang sudah dibuat oleh penyelengara, supaya kamu bisa menang dengan cara yang baik.

7. Periksa Email atau DM secara Teratur

Setelah kamu mengikuti giveaway, kamu juga perlu memeriksa email atau DM pada akun kamu. Karena ada beberapa giveaway yang meminta meng-konfirmasi keikutsertaan melalui email atau Dm dan hal ini juga berguna untuk mengetahui pengumuman giveaway atau melihat tawaran giveaway yang lain.

Pengumuman pemenang giveaway biasanya dilakukan lewat email atau DM dan penyelengara akan memastikan akun kamu aktif atau tidak dan bersedia menerima hadiah tersebut. Apabila kamu tidak meng-konfirmasi tentu saja hadiah tersebut akan diberikan ke peserta lainnya. Jadi pantau terus email atau DM kamu saat kamu mengikuti giveaway.

8. Jangan Mengunci Akun Media Sosial

Hal terakhir yang perlu kamu perhatikan adalah jangan mengunci akun sosmed kamu atau dalah kondisi private karena hal tersebut akan menyulitkan penyelengara untuk melihat komentar yang kamu buat.

Itulah cara menang giveaway yang bisa artikel ini bagian saat ini. Kamu bisa mengikuti cara-cara tersebut supaya kemungkinan atau peluang kamu supaya bisa menang giveaway menjadi lebih besar. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

error:
Scroll to Top