Cara Memulihkan Akun Gmail

Seperti yang kita tahu bahwa untuk bisa mengakses layanan-layanan yang dikembangkan oleh Google kamu memperlukan akun Gmail, Dan dengan tentunya jika kamu sering menggunakan akun Gmail untuk mengirim dan menerima email akan ada banyak sekali file penting yang ada didalam akun Gmail tersebut. Oleh sebab itu jika kamu kehilangan akses membuka akun Gmail miliki kamu tentunya akan merepotkan. Karena itu penting untuk kamu tahu cara memulihkan akun Gmail.

Selain itu email adalah salah satu alat komunikasi yang penting khususnya untuk pekerja ataupun pelajar. Biasanya email banyak digunakan untuk membahas mengenai pekerjaan seperti untuk melamar pekerjaan, mengirim email ke rekan kerja, dan mengirim email tugas bagi pelajar ataupun mahasiswa.

Dan email pada akun Gmail juga berfungsi untuk mengakses layanan-layanan yang dikembangkan oleh Google seperti Google Play Store, Google Drive, dan lain sebagainya. Jika kamu kehilangan akses pada akun Gmail milik kamu tentu saja kamu tidak akan bisa mengakses semua file atau dokumen pada akun tersebut seperti pada Google Drive. Dan jika hal tersebut terjadi kamu akan kehilangan semua file-file penting tidak hanya yang ada pada email tetapi pada akun-akun lain yang mengharuskan log in menggunakan Gmailmu.

Kehilangan akses akun Gmail bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti lupa password atau kata sandi, atau bisa jadi karena akun Gmail kamu dibajak orang sehingga kamu kehilangan akses untuk membuka akun tersebut. Hal yang sering terjadi ketika kehilangan akses Gmail adalah karena lupa kata sandi.

Ada beberapa cara yang bisa kamu coba supaya kamu bisa memulihkan akun Gmail milikmu sehingga kamu bisa mengakses kembali akun Gmail tersebut. Apabila masa berlaku SKCK yang kamu miliki sudah hampir berakhir kamu bisa cek artikel sebelumnya yaitu cara memperpanjang SKCK.

Penyebab Lupa Kata Sandi Gmail

Seperti yang telah dibahas diatas bahwa salah satu penyebab yang sering terjadi yang mengakibatkan kehilangan akses akun Gmail adalah karena lupa kata sandi. Ada beberapa hal yang bisa menjadi faktor penyebab kamu lupa kata sandi, oleh karena itu kamu bisa menghindari hal-hal berikut ini supaya kamu tidak lupa kata sandi akun Gmail yang menyebabkan kamu kehilangan akses akun Gmail.

Related  Cara Keluar dari Akun Google

Berikut ini bebera penyebab terjadinya lupa kata sandi yang sering dialami oleh sebagian orang :

1. Sering Mengubah Kata Sandi

Penyebab pertama kamu bisa lupa kata sandi adalah karena kamu terlalu sering mengubah atau menganti kata sandi. Mengubah kata sandi secara berkala memang penting untuk kamu lakukan untuk mengdindari terjadinya pencurian data. Namun jika kamu terlalu sering mengubah kata sandi kamu menjadi bingung dan akhirnya lupa mana kata sandi email kamu.

2. Kata Sandi Terlalu Panjang

Penyebab berikutnya adalah karena kata sandi akun Gmail kamu terlalu panjang. Sebaiknya kamu membuat kata sandi yang mudah untuk kamu ingat saja supaya tidak terjadi kasus lupa kata sandi.

3. Menggunakan Simbol Pada Kata Sandi

Penyebab selanjutnya yang sering terjadi adalah kamu terlalu banyak menggunakan simbol unik yang menyebabkan kamu lupa kata sandi.

Itulah beberapa penyebab lupa kata sandi yang sering terjadi, untuk kamu yang sering lupa kata sandi akunmu kamu bisa mengantisipasinya dengan mencatat kata sandi yang kamu buat di kertas ataupun di note handphone kamu supaya tidak terjadi lupa kata sandi. Dan buatlah kata sandi yang aman namun mudah untuk kamu ingat.

Cara Memulihkan Akun Gmail

Cara Memulihkan Akun Gmail
Cara Memulihkan Akun Gmail

Pada pembahasan kali ini, artikel ini akan membahas mengenai cara memulihkan akun Gmail. Jika kamu sedang kehilangan akses akun Gmail maka artikel ini cocok untuk kamu. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan seperti menjawab pertanyaan Google, menggunakan email pemulihan, dan menggunakan nomor telepon pemulihan. Ketiga cara ini cukup efektif untuk memulihkan akun Gmail milik kamu.

Kamu bisa memilih menggunakan cara mana yang menurut kamu lebih mudah dan efektif untuk memulihkan akun Gmail, supaya kamu bisa mengakses kembali akun Gmail milikmu dan menggunakan layanan-layanannya. Berikut ini 3 cara untuk memulihkan akun Gmail jika kamu kehilangan aksesnya, simak penjelasan berikut !.

Related  Cara Menambahkan Akun Google

1. Cara Memulihkan Akun Gmail Dengan Menjawab Pertanyaan Keamanan Google

Cara pertama yang bisa kamu coba adalah dengan menjawab pertanyaan yang akan diajukan oleh Google, atau bisa disebut dengan pertanyaan keamanan Google. Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu ikuti :

  • Langkah pertama kamu harus masuk ke halaman pemulihan akun Google.
  • Setelah itu kamu bisa memasukan alamat email atau nomor telepon pada kolom yang tersedia.
  • Jika sudah tekan Next atau Berikutnya.
  • Selanjutnya masukan kata sandi atau password dari email kamu.
  • Lalu tekan Next atau Berikutnya.
  • Kemudian Google akan mengajukan beberapa pertanyaan-pertanyaan keamanan yang mengkonfirmasi bahwa akun Gmail tersebut benar-benar milik kamu, dan kamu bisa memilih pertanyaan yang kira-kira kamu bisa menjawab dengan benar.
  • Apabila jawaban kamu benar maka kamu akan diminta untuk membuat kata sandi atau password baru yang bisa digunakan untuk log in ke akun Gmail kamu nantinya.
  • Jika sudah kamu bisa mencoba log in ke akun Gmail menggunakan kata sandi yang sudah kamu buat tadi.
  • Selesai.

Itu dia cara pertama untuk memulihkan akun Gmail  yang bisa kamu coba yaitu dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan keamanan dari Google.

2. Cara Memulihkan Akun Gmail Dengan Menggunakan Email Pemulihan

Cara kedua yang bisa kamu coba untuk bisa mengakses kembali akun Gmail adalah dengan menggunakan email pemulihan. Email pemulihan merupakan alamat email yang sudah kamu cantumkan saat kamu pertama kali membuat akun Google.

Jadi pastikan sebelum kamu membuat akun Google kamu harus mencantumkan alamat email aktif kamu yang bisa menjadi email pemulihan untuk akun yang kamu buat. Email  pemulihan ini harus aktif karena Google akun mengirimkan kode verifikasi ke alamat email tersebut. Berikut ini langkah-langkahnya :

  • Pertama buka halaman pemulihan akun Google atau Gmail.
  • Selanjutnya masukan alamat email kamu.
  • Lalu tekan Next atau Berikutnya.
  • Setelah itu tekan Coba Pertanyaan yang Lain.
  • Kemudian Google akun meminta kamu untuk memasukan alamat email pemulihan, kamu bisa mengetik alamat email pemulihan tersebut lalu tekan tombol Kirim.
  • Jika sudah Google akan mengirimkan kode verifikasi ke alamat email yang kamu ketik tadi.
  • Kamu bisa membuka email pemulihan tadi dan cek email dari Google.
  • Selanjutnya salin kode verifikasi yang diberikan oleh Google.
  • Lalu kembali ke halamanan pemulihan akun Gmail tadi dan masukan kode verifikasi yang sudah kamu salin tadi.
  • Berikutnya kamu akan diminta untuk membuat kata sandi atau password baru.
  • Selesai kamu bisa mencoba masuk ke akun Gmail kamu menggunakan password baru yang telah kamu buat.
Related  Cara Mengaktifkan Google Asisten

3. Cara Memulihkan Akun Gmail Dengan Menggunakan Nomor Telepon

Cara terakhir yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan nomor telepon pemulihan supaya kamu bisa memulihkan akun Gmail kamu. Nomor telepon pemulihan ini adalah nomor telepon yang sudah kamu cantumkan pada saat membuat akun Gmail atau akun Google. Simak cara berikut ini :

  • Pertama buka halaman pemulihan akun Google.
  • Selanjutnya masukan alamat email kamu dan tekan Next.
  • Lalu tekan opsi Coba Pertanyaan yang Lain.
  • Setelah itu masukan nomor telepon pemulihan kamu.
  • Tekan tombol Kirim SMS.
  • Lalu buka kotak pesan masuk di handphone kamu dan salin kode verifikasi yang dikirimkan oleh Google.
  • Kemudian masukan kode verifikasi tersebut ke halaman verifikasi.
  • Dan tekan Next.
  • Lalu buat kata sandi atau password Gmail baru.
  • Selesai.

Itulah 3 cara memulihkan akun Gmail yang bisa kamu ikuti, pilih cara yang paling mudah untuk kamu lakukan supaya bisa mengakses kembali akun Gmail milikmu. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

 

 

error:
Scroll to Top