Cara Membuat Email Gmail

Cara Membuat Email Gmail

Cara membuat email gmail sebenarnya sangat mudah. Siapapun bisa membuatnya kapan saja dan dimana saja. Karena, di era digital saat ini kita tidak perlu lagi pusing untuk mengirimkan surat ataupun dokumen melalui kantor pos.

Dengan adanya layanan Gmail atau Google Mail, kita bisa berkirim pesan ataupun surat elektronik kepada pengguna dengan mencantumkan alamat email penerima. Selain itu, adanya Gmail juga membantu para pekerja yang ingin mengirimkan dokumen berupa CV ataupun Lamaran mereka.

Gak cuma itu aja kok, karena Gmail sendiri merupakan layanan dari google, maka para pengguna smartphone Android perlu banget memiliki akun gmail untuk dapat mengaksess seluruh layanan Google di perangkat mereka.

Itulah mengapa, penting banget buat kita memiliki akun Gmail untuk kebutuhan digital kita. Karena kadang kala ada beberapa situs dan juga pendaftaran yang dilakukan harus menyertakan gmail untuk melakukan verifikasi akun yang kita buat.

Dan biasanya, ada saja pengguna yang membuat akun gmail baru untuk mereka gunakan sebagai ganti dari akun lama untuk keperluan kerja ataupun hal lain. Karena kadang, mereka belum menggunakan data email yang professional atau terbilang sembarang dan tercampur dengan karakter dan huruf yang cukup mengganggu.

Itulah mengapa, untuk membuat akun gmail baru, pengguna disarankan menggunakan username yang relevan dengan nama dan data asli mereka. Hal ini bertujuan agar ketika mengirimkan email ke HRD ataupun melamar kerja, email mereka akan lebih dilihat daripada email lama yang mungkin terlihat alay.

Cara Membuat Email Gmail

Cara Membuat Email Gmail
Membuat Email Gmail

Untuk cara membuat email gmail sendiri sebenarnya sangat mudah. Disini, kamu bisa melalui beberapa cara mudah yang akan mimin bagikan kepada kalian. Yaitu

Related  Cara Keluar dari Akun Google

Cara Membuat Email Gmail lewat Pengaturan Ponsel

Cara pertama yang paling mudah adalah dengan melalu pengaturan ponsel android yang kamu miliki. Cara ini kerap dipakai oleh pengguna yang mungkin memiliki banyak akun gmail atau sudah masuk kedalam android dengan menggunakan email lama, dan ingin menambahkan akun Gmail baru. Caranya

  1. Buka terlebih dahulu pengaturan atau settings di perangkat android kalian.
  2. Setelah itu cari menu Account / Akun / Google
  3. Nantinya, kamu akan melihat banyak sekali akun gmail yang terhubung di perangkatmu.
  4. Scroll kebagian bawah dan pilih pada Add Account
  5. Setelah itu kamu akan melihat banyak opsi akun yang bisa kamu tambahkan.
  6. Langsung saja pilih Google
  7. Dan nantinya kamu akan diarahkan untuk login ke akun Gmail yang sudah ada. Karena kamu akan membuat akun baru maka kamu bisa memilih create account
  8. Kemudian kamu akan diarahkan ke laman untuk mengisi beberapa data diri yang dibutuhkan, seperti:
    – Nama Depan
    – Nama Belakang
    – Username Gmail
    – Password
    – Tanggal Lahir
    – Nomor Handphone
  9. Isi semua data yang dibutuhkan dan jangan lupa untuk memasukkan kode OTP yang dikirimkan ke nomor handphonemu.
  10. Setelah memasukkan kode OTP, kamu bisa mengklik pada Verify
  11. Tara!! Akun Gmail kamu sudah siap untuk digunakan.

Karena kamu melakukan pendaftaran melalui pengaturan ponsel, maka secara otomatis kamu akan diarahkan ke laman pengaturan dan bisa menghapus email yang sudah tidak digunakan. Namun pastikan email yang dihapus itu tidak terhubung dengan data penting seperti contact, ataupun masih memiliki aksess aktif dari notif email yang cukup penting.

Cara Membuat Email Gmail lewat Gmail

Kemudian untuk cara yang kedua kamu bisa menggunakan aplikasi Gmail yang ada di Smartphone. Disini, kamu bisa melakukannya dengan mengunuduh aplikasi Gmail di Google Play Store jika belum memilikinya. Caranya

  1. Buka terlebih dahulu aplikasi Gmail yang ada di smartphone kalian.
  2. Setelah itu klik pada bagian profile yang ada di dekat kolom pencarian.
  3. Lalu scroll kebawah dan pilih pada Add Account
  4. JIka sudah, kamu akan diminta untuk login. Langsung saja klik pada opsi Create account
  5. Lalu, isi semua data yang dibutuhkan seperti pada poin pertama tadi.
  6. Jika semuanya sudah lengkap, selesaikan prosess pendaftaran hingga akhir.
Related  4 Cara Clear Cache Google Chrome, Menghapus Cookies di PC & HP

Apabila semua data sudah dilengkapi dan prosess pendaftaran sudah selesai, maka kamu bisa langsung menggunakan akun tersebut untuk mengaksess Gmail dan secara otomatis akun yang kamu buat tadi akan ditambahkan kedalam list akun yang ada di pengaturan ponsel kamu.

Cara Membuat Email Gmail lewat iOS

Kemudian untuk cara yang ketiga, bagi kamu para pengguna iOS atau iPhone, kamu bisa melakukan pendaftaran untuk membuat email gmail baru dengan cara yang cukup mudah. Yaitu

  1. Buka browser safari yang ada di iOS kalian
  2. Setelah itu kunjungi situs https://gmail.com dan klik pada Sign Up untuk melakukan prosess pendaftaran
  3. Jika sudah, isi semua data yang dibutuhkan dan jangan lupa untuk memasukkan nomor ponsel agar memudahkan prosess verifikasi
  4. Setelah semua data diisi dengan benar dan kode OTP sudah dimasukkan, maka langkah selanjutnya adalah kamu bisa mendownload aplikasi Gmail di App Store, dan coba untuk login kedalam aplikasi tersebut dengan menggunakan email gmail yang sudah kamu buat tadi.

Nah, walaupun pengguna iOS tidak dapat menikmati layanan dari Google, tetap saja ada sebagian dari mereka yang membutuhkan Gmail untuk kebutuhan pekerjaan ataupun sekedar melakukan pendaftaran dan verifikasi.

Cara Membuat Email Gmail lewat Komputer / Laptop

Kemudian untuk cara yang terakhir, kamu bisa melakukan pembuatan akun gmail dengan mudah melalui komputer ataupun laptop. Disini, kamu hanya perlu melakukan beberapa cara mudah. Seperti

  1. Buka Browser Google Chrome ataupun Firefox di komputer atau laptop kalian
  2. Setelah itu kunjungi situs https://gmail.com dan klik pada tombol daftar
  3. Ada 3 pilihan yang bisa kamu pilih, diantaranya
    – For myself : untuk diri sendiri
    – For Bussiness : untuk bisnis
    – For work : untuk perusahaan
  4. Pilih saja opsi yang pertama, yakni for myself
  5. Lalu, isi semua data yang dibutuhkan, seperti
    – Nama Depan
    – Nama Belakang
    – Username (pilih use gmail address) agar mendapatkan domain @gmail.com diakhir
  6. Lalu masukkan password dan juga konfirmasi ulang password kalian
  7. Isi juga untuk jenis kelamin, dan nomor ponsel
  8. Jika kamu memasukkan nomor ponsel, jangan lupa untuk memasukkan kode OTP yang dikirimkan ke nomor ponsel kalian
  9. Terakhir, klik pada tombol Verify
Related  10+ Cara Hapus Akun Google di Xiaomi (Permanen) Paling Baru

Nantinya, kamu akan diarahkan ke laman gmail.com untuk melakukan customisasi tampilan dari Gmail yang kamu gunakan. Setelah itu, kamu bisa langsung melakukan login ke berbagai jenis perangkat, baik itu lewat pengaturan android, ataupun aplikasi Gmail di iOS dan lain sebagainya.

Dan salah satu keuntungan ketika kamu membuat akun gmail di komputer adalah, kamu bisa melakukan sinkronisasi data browser antara komputer, laptop, dan juga smartphone kalian.

Sehingga, ketika kamu menyimpan data login pada sebuah web, secara otomatis data tersebut akan tersimpan pada akun gmail yang kamu buat tadi.

Dan itulah tadi beberapa cara membuat email gmail yang dapat kamu coba. Silahkan gunakan metode atau cara yang menurutmu paling mudah. Semoga bermanfaat.

error:
Scroll to Top