Cara Cek Transaksi Terakhir XL

2 Cara Cek Transaksi Terakhir XL, Melihat Pemakaian Pulsa

GEMATOS.ID | XL adalah salah satu provider di Indonesia yang menyediakan berbagai layanan dan paket data terjangkau. Kartu tersebut banyak digunakan, baik untuk akses internet maupun pemakaian pulsa reguler. Kamu pun dapat memantau penggunaan kartu dengan cara cek transaksi terakhir XL yang sangat mudah. 

Dengan melihat transaksi terakhir, kamu akan tahu pernah menggunakan nomor tersebut untuk apa saja. Baik pembelian paket data internet XL ataupun isi ulang pulsa. Kamu pun dapat membuktikan bahwa transaksi berhasil diselesaikan dan dilakukan oleh pemilik kartu sendiri. 

XL memberikan kemudahan kepada para penggunanya untuk memantau riwayat pemakaian kartu. Pengecekan dapat dilakukan melalui aplikasi MyXL maupun kode dial UMB yang lebih mudah sebab tidak perlu terhubung ke internet. Penjelasan lebih lanjut akan diterangkan di bawah ini. 

Cara Cek Transaksi Terakhir XL

Cara Cek Transaksi Terakhir XL
Cek Transaksi Terakhir XL

Seperti yang disinggung di atas bahwa ada dua cara cek transaksi terakhir XL. Kamu dapat mencobanya secara offline, yakni pakai kode dial UMB. Nantinya akan muncul informasi mengenai transaksi yang pernah dilakukan menggunakan nomor tersebut. 

Lalu cara yang kedua menggunakan metode online pakai aplikasi MyXL. Satu aplikasi yang menyediakan layanan dan penawaran lengkap dari XL, sehingga memberikan kemudahan kepada pengguna. Untuk masing-masing caranya, dijelaskan di bawah ini. 

Cara 1. Cek Transaksi Terakhir XL Pakai Kode Dial UMB ✔️

Cara cek transaksi terakhir XL yang akan dijelaskan lebih dulu yaitu pakai kode UMB. Di mana kamu dapat mencari tahu pengguna kartu XL tanpa perlu terhubung ke jaringan internet alias offline. Nantinya ada tiga informasi yang dapat kamu cek, yaitu:

  • Pemakaian. Maksudnya adalah transaksi penggunaan kartu XL untuk aktivitas berbayar. Contoh memakainya untuk akses internet, mengirimkan SMS, dan melakukan panggilan telepon. Informasi di sini merupakan pemakaian pulsa reguler, bukan telepon dan pesan di aplikasi online
  • Isi ulang. Informasi kedua yang dapat kamu lihat adalah pengisian ulang pulsa. Tiap kali kamu melakukan transaksi pembelian pulsa, akan tercatat oleh sistem. Ini dapat digunakan sebagai salah satu bukti bahwa isi ulang berhasil dilakukan dan menambah masa aktif kartu XL
  • Pembelian paket. Yang terakhir adalah catatan pembelian paket internet. XL akan mencatat tanggal dan jam pembelian paket. Memang tidak ditampilkan informasi yang jelas mengenai jenis paket yang kamu beli. Namun bisa jadi perkiraan bahwa di tanggal tersebut kamu baru saja beli paket data baru
Related  4 Cara Daftar Paket Umroh XL (Super Mudah) Harga Termurah

Untuk melihat ketiga informasi tersebut, kamu dapat mencoba cara cek transaksi terakhir XL yang akan dijelaskan di bawah. Cukup dial kode UMB seperti panduan berikut:

  • Buka aplikasi Telepon di HP milikmu. 
  • Kemudian masukkan kode UMB yang digunakan untuk cek pulsa XL terbaru, yakni *808#. Pastikan pakai kode tersebut, sebab kode *123# saat ini sudah tidak berlaku lagi. 
  • Selanjutnya dial kode menggunakan nomor XL
  • Berikutnya kamu akan mendapatkan tampilan daftar menu. 
  • Pilih menu INFO dengan memasukkan balasan berupa kode angka 7.

Cara Cek Transaksi Terakhir XL

  • Langkah selanjutnya yaitu memilih menu Info Kartu XL-ku. Cara konfirmasi pilihan tersebut sama, yakni membalasnya dengan angka yang sesuai. 

  • Setelah itu, kamu pilih opsi 5. Info Transaksi. 

  • Tentukan untuk melihat transaksi berupa pemakaian, isi ulang, ataukah pembelian paket. Kamu juga dapat mengeceknya satu per satu. 

Cara Cek Transaksi Terakhir XL

  • Cek informasi transaksi terakhir yang ditampilkan pada layar. 

Cara 2. Cek Transaksi Terakhir XL Pakai Aplikasi MyXL ✔️

Cara cek transaksi terakhir XL yang kedua ini dilakukan secara online. Di mana kamu pakai aplikasi MyXL yang dapat diunduh secara gratis melalui Google Play Store maupun App Store. MyXL menyediakan layanan dan informasi secara lengkap yang diperlukan oleh pengguna. 

Saat kamu buka MyXL pertama kali, maka akan langsung muncul informasi mengenai sisa pulsa dan kuota internet. Kamu juga dapat melakukan pembelian pulsa dan paket data melalui MyXL. Berbagai aktivitas bisa dilakukan dalam satu aplikasi. 

Termasuk jika ingin melihat riwayat transaksi, mungkin dilakukan pula lewat aplikasi MyXL. Kamu dapat melihatnya pakai empat cara berikut ini:

1. Buka Menu Riwayat dari Profile ✅

Pertama, kamu dapat mengakses riwayat transaksi kartu XL lewat menu Profile. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pastikan sudah login ke aplikasi MyXL. 
  • Kemudian pilih menu Profile yang ada di halaman Dashboard atau awal aplikasi. Menu ini ada di sebelah kanan bawah. 
Related  Cara Cek Saldo di ATM BRI dengan Benar

Cara Cek Transaksi Terakhir XL

  • Berikutnya, klik menu Riwayat Transaksi. 

  • Kamu dapat melihat tampilan transaksi yang tercatat oleh sistem XL. Selain itu gunakan filter Semua, Menunggu Pembayaran, Transaksi Diproses, Waktu Habis, Berhasil, atau Gagal untuk hasil tertentu. 

Cara Cek Transaksi Terakhir XL

  • Jika ingin melihat riwayat transaksi terbaru, bisa mengetuk opsi Refresh

2. Buka Riwayat Transaksi dari Menu Cepat ✅

Selain lewat menu Profile, ada cara yang lebih gampang dengan membukanya dari Menu Cepat. Cara ini juga menampilkan informasi yang sama. Berikut panduannya:

  • Pada halaman awal aplikasi MyXL, cek bagian Menu Cepat. 
  • Lalu klik Semua Menu yang ada di sampingnya. 

  • Masuk ke bagian Transaksi dan cek aktivitas yang pernah dilakukan dengan nomor XL. 

Cara Cek Transaksi Terakhir XL

3. Akses Menu Riwayat Lewat XL Store ✅

Cara mengakses menu riwayat transaksi yang ketiga bisa dilakukan lewat XL Store. Metode ini lebih cepat dari lainnya. Seperti inilah caranya:

  • Pilih XL Store di daftar menu bagian bawah. Menu tersebut ada di tengah. 

  • Langsung saja buka tab menu Riwayat yang ada di sebelah kanan. 
  • Kamu akan mendapatkan tampilan yang sama dan bisa menerapkan filter tertentu untuk hasil yang lebih spesifik. 

4. Cek di Bagian Notifikasi ✅

Cara cek transaksi terakhir XL yang selanjutnya ini bukan dengan buka menu Riwayat. Tapi kamu dapat melihatnya melalui notifikasi yang masuk ke aplikasi MyXL. Caranya sebagai berikut:

  • Pada halaman Dashboard aplikasi MyXL, ketuk ikon Notifikasi yang ada di sudut kanan atas. Biasanya ditandai dengan logo lonceng. 

  • Lalu di halaman ini, kamu bisa cek satu per satu notifikasi yang masuk. Setiap kali melakukan pembelian pulsa maupun paket data, akan terdapat pemberitahuannya. Kamu juga dapat melihat kapan transaksi tersebut terjadi. 
Related  Cara Cek Pembayaran BPJS yang Benar

Cara Cek Transaksi Terakhir XL

Cara Mengaktifkan Fitur Kontrol Pulsa

Salah satu manfaat melihat riwayat transaksi terakhir yaitu memastikan tidak ada aktivitas yang tidak diinginkan. Contohnya pemakaian yang tidak kamu ketahui dan membuat pulsa jebol. Hal seperti ini pastinya menjengkelkan, sebab pulsa tiba-tiba habis padahal baru saja dibeli. 

Agar hal tersebut tidak terjadi lagi, lakukan antisipasi mulai dari sekarang. Setelah melihat transaksi terakhir dan tidak ada aktivitas mencurigakan, sebaiknya segera aktifkan Kontrol Pulsa. Fitur ini disediakan oleh XL untuk menjaga pulsa agar tidak terpotong akibat layanan yang tidak diinginkan. Cara mengaktifkan Kontrol Pulsa sebagai berikut:

  • Dari halaman Dashboard aplikasi MyXL, buka menu Profile
  • Berikutnya masuk ke fitur Kontrol Pulsa. 
  • Aktifkan semua perlindungan dari SMS Berlangganan, SMS Banking, dan Data internet di luar paket utama. 

Seperti itulah berbagai cara cek transaksi terakhir XL. Kamu dapat mencari informasinya dengan mendial kode UMB. Di samping itu ada cara mudah lainnya dengan melihat via online pakai aplikasi MyXL. 

error:
Scroll to Top