Cara Agar Tidak Kena Pelanggaran Tiktok

10 Cara Agar Tidak Kena Pelanggaran Tiktok dan Mengatasinya

GEMATOS.ID | Lagi senang-senangnya banyak viewers saat live streaming di Tiktok, tiba-tiba Kamu dapat notif kena pelanggaran? Tentu hal ini buat Kamu jadi was-was, takut viewers jadi anjlok saat live konten Tiktok atau akunmu kena banned. Sebagai pemula yang baru terjun ke dunia Tiktok wajib tahu cara agar tidak kena pelanggaran Tiktok sebagai antisipasi.

Para content creator di Tiktok wajib tahu apa saja hal-hal yang menyebabkan pelanggaran di Tiktok. Karena jika sudah mengalami pelanggaran, bisa mempengaruhi jumlah views atau  live streaming saat Kamu melakukan live.

Cara Agar Tidak Kena Pelanggaran Tiktok

Cara Agar Tidak Kena Pelanggaran Tiktok
Agar Tidak Kena Pelanggaran Tiktok

Sebenarnya cara agar tidak kena pelanggaran Tiktok, Kamu harus mematuhi peraturan saat live atau saat  membuat konten Tiktok. Ada beberapa aturan yang harus Kamu pahami sebelum live, berikut ini!

1. Jangan Sebut Nama Sosmed Lain ✔️

Saat sedang live Tiktok, jangan pernah menyebut nama sosial media yang lain. Karena jika Kamu menyebut nama sosial media lain, secara otomatis Tiktok akan langsung mendeteksi aktivitas tersebut. Secara otomatis, Kamu akan langsung mendapat notifikasi pelanggaran dari Tiktok.

Kalaupun mau, Kamu bisa memplesetkan nama sosial media tertentu jika ada penonton yang bertanya.

Related  5 Cara Download Story Tiktok Tanpa Watermark ke Galeri HP

2. Jangan Menyebut Marketplace Lain ✔️

Selain dilarang menyebut media sosial lain, Kamu juga dilarang untuk menyebut nama marketplace lain, baik itu Shopee, Lazada, Tokopedia dan lainnya. Kalaupun mau, Kamu bisa menyebutnya dengan sebutan lain, seperti toko ijo (Tokopedia), toko oren (Shopee) dan lainnya.

Jika tanpa sengaja menyebutnya, otomatis Kamu akan mendapatkan peringatan. Bahkan ada pula yang langsung dihentikan live-nya oleh Tiktok karena pelanggaran ini.

3. Dilarang Untuk Diam ✔️

Saat live di Tiktok, Kamu juga dilarang diam. Karena ini termasuk salah satu kesalahan fatal yang bisa membuat akunmu terkena pelanggaran. Kalaupun misalkan tidak menampilkan muka atau wajah saat live, Kamu bisa menampilkan tangan yang bergerak.

Meskipun belum ada penonton, Kamu wajib mengeluarkan gerakan dan suara saat live. 

4. Dilarang Menyebut Nama Brand ✔️

Kamu juga tidak boleh menyebut nama brand saat live, apalagi jika konten yang Kamu buat adalah konten jualan. Selain itu, dilarang menampilkan brand di layar. Misalnya saat di etalase toko, sebaiknya tutup terlebih dahulu brand-brand dari produk yang Kamu jual agar tidak terdeteksi pelanggaran.

5. Jangan Melibatkan Anak Kecil ✔️

Tiktok juga ternyata tidak memperbolehkan melibatkan anak kecil, meskipun hanya suaranya saja. Inilah kenapa, banyak orang yang seringkali live di jam-jam yang tidak sibuk atau bahkan pada malam hari.

6. Harus Mereview Semua Produk di Etalase ✔️

Poin ini khusus bagi para seller yang menautkan produk saat live. Saat Kamu sedang me-review produk dan menautkan 5 produk misalnya, maka Kamu harus me-review atau mengulas kelima produk tersebut di etalase. Jika ada satu saja produk yang tidak di-review maka Tiktok bisa memberikan pelanggaran.

Related  3 Cara Mencari Efek di TikTok dan Menggunakannya ke Video

7. Jangan Membahas Topik Lain ✔️

Jika Kamu sedang membahas suatu topik dalam konten Tiktok saat Live, sebaiknya fokus hanya membahas topik tersebut dan jangan membahas topik lain saat live. Ketika Kamu sedang jualan, ya harus konten jualan dan bukan bahas yang lain.

8. Jangan Membagikan Kontak Pribadi ✔️

Cara agar tidak kena pelanggaran Tiktok saat live lainnya yaitu jangan pernah membagikan kontak pribadi. Karena Kamu bisa mendapatkan pelanggaran jika terdeteksi menyebarkan kontak pribadi.

9. Tidak Boleh Merokok ✔️

Saat live sebaiknya jangan merokok, karena Tiktok menganggapnya sebagai pelanggaran. Bahkan asap rokoknya saja pun bisa terdeteksi oleh Tiktok. Jika hal ini terjadi, Kamu akan mendapatkan pelanggaran bahkan pengurangan poin di Tiktok.

10. Dilarang Minum Alk0h0l Saat Live ✔️

Saat live juga dilarang untuk meminum minuman alk0hol. Jika melakukannya otomatis bukan hanya terkena pelanggaran di Tiktok saja.

Dengan kata lain, cara agar tidak kena pelanggaran di Tiktok di atas harus benar-benar Kamu patuhi agar tidak mendapat pengurangan poin bahkan jika Kamu mengabaikan bisa-bisa akunmu kena banned. Jauh sebelum itu, viewers Kamu saat live juga bisa berkurang drastis. Nah, sekarang kamu bisa tahu cara agar penonton Live Tiktok banyak.

Cara  Agar Video Tiktok Tidak Kena Pelanggaran 💯

Selain itu, ada pengaturan yang bisa Kamu coba supaya video Tiktok yang Kamu buat tidak terkena pelanggaran. Mau tahu, bagaimana langkah-langkahnya? Simak panduan di bawah ini!

  • Silahkan masuk ke aplikasi Tiktok.
  • Kemudian klik Profil Tiktok.
  • Selanjutnya, klik tiga baris di pojok kanan atas.

  • Setelah itu, pilih Pengaturan dan Privasi.

  • Temukan Ketentuan dan Kebijakan, lalu tap pilihan tersebut.
  • Klik Panduan Komunitas Tiktok.

  • Silahkan baca panduan komunitas Tiktok yang berisi beberapa kebijakan dalam membuat konten Tiktok.
  • Jika sudah membaca dan menyimak peraturannya, Buat Video Tiktok.
Related  Cara Centang Biru di Tiktok [Gratis] Tanpa Minimal Followers

Bagaimana Cara Mengatasi Pelanggaran Komunitas Tiktok?

Jika akun Kamu terdeteksi melakukan pelanggaran di Tiktok, maka harus segera mengatasi pelanggaran komunitas di Tiktok. Untuk lebih jelasnya simak panduan di bawah ini :

  • Silahkan kamu klik video yang terdeteksi melakukan pelanggaran.
  • Lalu cek di sana ada notifikasi “konten video Kamu telah dihapus karena melanggar komunitas”. Biasanya hal ini terjadi karena Tiktok sedang error atau sensitif, Kamu bisa mengajukan banding setelahnya.
  • Klik pada keterangan Pelanggaran Komunitas di video yang dimaksud.
  • Selanjutnya Kamu bisa tekan Banding di ujung kanan atas.
  • Setelah itu tekan Kirim.

Jadi, permohonan banding ini dilakukan jika Kamu merasa bahwa larangan atau pelanggaran yang dilakukan oleh Tiktok terjadi kesalahan. Hal ini karena, video yang sudah Kamu buat memang telah memenuhi peraturan yang berlaku di Tiktok.

Selanjutnya, Kamu tinggal menunggu beberapa lama untuk proses banding diterima. Jika ternyata konten video Tiktok Kamu benar-benar tidak melakukan pelanggaran, biasanya pengajuan banding langsung diterima dalam waktu sehari.

FAQ – Pertanyaan Seputar Cara Agar Tidak Kena Pelanggaran Tiktok

Berapa Lama Peringatan Akun di Tiktok Hilang?

Biasanya teguran di akun Tikttok akan mengalami masa kadaluwarsa sesudah 90 hari. Selain itu, tidak dapat digunakan kembali sebagai pertimbangan untuk pemblokiran akun permanen.

Mengapa video Tiktok melanggar pedoman komunitas?

Ketika memposting konten video di aplikasi Tiktok, maka komunitas ingin meyakini bahwa Kamu yang benar-benar membuat konten tersebut dan konten tersebut adalah hasil buatan sendiri. Konten video yang bersifat menyesatkan pengguna lain atau  terjadi pelanggaran terhadap hak cipta maupun merk dagang tidak diizinkan dalam platform.

Apa yang terjadi jika akun Tiktok terkena pelanggaran?

Jika terjadi pelanggaran pada akun Tiktok, maka konten yang mendapat pelanggaran tersebut akan dihapus, bahkan bisa saja akun di banned jika pelanggaran yang dilakukan sudah fatal.

Kesimpulan

Sebagai content creator, selain Kamu dituntut untuk membuat video yang fresh sebagai hasil karya sendiri juga tidak boleh melanggar beberapa kebijakan terkait pembuatan konten. Ada beberapa hal yang tidak boleh dilanggar, seperti poin-poin yang sudah dijelaskan di atas.

Dengan cara agar tidak kena pelanggaran Tiktok di atas dan bagaimana mengatasinya bisa Kamu praktekkan untuk memulihkan akun Tiktok kamu kembali agar bisa dipakai seperti sedia kala setelah pelanggaran. Semoga bermanfaat!

error:
Scroll to Top