Cara Bikin Konten Tiktok

2 Cara Bikin Konten Tiktok: Trik Membuat Video Agar Cepat FYP

GEMATOS.ID – Tertarik buat konten Tiktok, tapi bingung karena baru pertama kali? Jangan khawatir, Kamu akan mendapatkan solusinya di sini. Buat konten di Tiktok memang gampang-gampang susah, apalagi jika mau FYP, Kamu harus tahu cara bikin konten Tiktok yang bagus.

Tiktok adalah platform yang menunjukkan berbagai konten video pendek dari para kreator Tiktok. Ada banyak jenis video menarik yang dibuat kreator Tiktok, mulai dari konten hiburan, travelling, tutorial, hingga resep masakan.

Jadi, sebelum buat konten video di Tiktok wajib untuk memilih atau menentukan ide konten yang mau Kamu buat terlebih dahulu. Tentukan pula tema konten yang ingin Kamu sajikan ke penonton. Simak selengkapnya tentang cara bikin konten Tiktok menarik disini!

Cara Bikin Konten Tiktok

Cara Bikin Konten Tiktok
Bikin Konten Tiktok

 

Jika Kamu ingin menjadi kreator di Tiktok, penting sekali untuk mengetahui bagaimana cara bikin konten Tiktok yang bagus dan menarik terutama bagi pemula.

Cara 1. Bikin Konten Tiktok Untuk Pemula ✔️

Bagi yang baru pertama kali buat konten, Kamu bisa mengikuti tahapan cara bikin konten Tiktok berikut :

  • Pertama, masuk ke Aplikasi Tiktok.
  • Untuk bikin konten Tiktok atau buat video, klik Tanda Plus (+) di bagian bawah.

 

 

  • Secara otomatis fitur kamera ponsel Kamu akan terbuka. Dari sini Kamu bisa langsung membuat video atau bisa masuk ke galeri jika sudah membuat videonya. Silahkan Pilih Video yang mau di upload.
Related  6+ Cara FYP di Tiktok Tanpa Hashtag (Rahasia) Banjir Penonton

  • Setelah itu, Kamu tinggal edit Video yang akan diunggah. Bisa tambahkan stiker, teks, hingga menambahkan suara. Kamu bisa tambahkan musik di pencarian.
  • Untuk menambahkan musik bisa ketikkan Musik yang mau ditambahkan ke dalam video di fitur pencarian. Jika sudah ketemu, ketuk Tanda centang di sampingnya. Dengan otomatis musik akan ditambahkan ke video.

  • Selanjutnya tekan Berikutnya, jika ada pemberitahuan aktifkan lokasi tinggal klik OK.

  • Tambahkan Deskripsi pada video yang Kamu upload, selanjutnya tambahkan Tagar. 

  • Kamu juga bisa menandai orang lain dan tambahkan lokasi ke dalam video. Untuk pengaturan lain bisa disesuaikan, dan pada opsi Siapa yang dapat menonton tinggal pilih Semua Orang.

  • Jika sudah, tinggal Posting. Lalu tunggu beberapa saat sampai video berhasil di upload atau posting.
Sudah cukup jelas dan bisa melakukannya? Sekarang kamu boleh Tiktokan, dengan cara bermain Tiktok.

Cara 2. Bikin Konten Tiktok Untuk Karaoke ✔️

Selain buat konten video biasa, Kamu juga bisa buat konten untuk karaoke. Untuk mencobanya, ikuti langkah-langkah berikut :

  • Buka Aplikasi Tiktok seperti biasanya.
  • Pada beranda Tiktok, silahkan klik Opsi Pencarian.

  • Lalu, ketikkan lagu yang mau Kamu nyanyikan untuk Karaoke di Tiktok.
  • Silahkan cari lagu yang bisa duet, pada lagu tersebut ketuk Tanda Panah ke Kanan  dan tekan Duet. Tunggu sampai video diproses.

  • Selanjutnya Kamu tinggal memulai video dengan menekan Ikon Tanda Merah di tengah.

  • Lakukan pengaturan pada konten video karaoke Kamu di Tiktok dan Klik Berikutnya, Jika sudah, tekan Posting.

Jenis Ide Konten Paling Banyak Views & Gampang FYP ✔️

Kamu perlu tahu, apa saja sih ide konten Tiktok menarik yang disukai banyak audiens? Entah itu, bagi konten kreator, untuk affiliate Tiktok, atau bagi Kamu yang berjualan. Apapun itu, simak beberapa ide konten yang gampang FYP berikut ini!

Related  3 Cara Download Video Tiktok Kualitas HD dan Tanpa Watermark

1. Konten Story Telling

Konsep video ini disajikan dalam bentuk cerita. Biasanya, ada kreator yang membuat script untuk konten terlebih dahulu dan ada pula yang langsung syuting karena sudah tahu apa konten yang mau dibuat dan bagaimana alurnya dengan jelas.

Namun untuk membuat konten story telling, Kamu harus membuat script videonya terlebih dahulu. Agar konten yang dibuat berjalan sesuai keinginan. Untuk konten ini, Kamu bisa menceritakan tentang masalah yang Kamu alami, keluh kesah dan lainnya tentang masalah sehari-hari. Kamu harus menyajikan cerita yang ringan dan mudah dipahami penonton.

2. Konten Testimoni atau Ulasan

Kamu juga bisa membuat konten tentang ulasan sebuah produk, mengulas makanan atau tempat juga berpeluang banyak ditonton audiens. Konten testimoni sendiir memberikan informasi untuk audiens atau penonton.

Jadi melalui testimoni inilah Kamu bisa membantu banyak orang yang sedang mencari produk yang Kamu beli, makanan yang Kamu coba, tempat yang dikunjungi dan lainnya. Konten testimoni ini justru memperoleh feedback positif dengan peluang viewers-nya yang banyak.

Selain itu, biasanya konten testimoni ini akan ditonton orang sampai habis karena membuat mereka penasaran dan ingin menonton konten Kamu sampai selesai.

3. Keluarga atau Pasangan

Konten pasangan atau konten keluarga juga bisa menjadi ide konten menarik yang layak disajikan. Karena konten-konten seperti ini kerap membuat banyak orang penasaran. Bahkan penontonnya sangat banyak.

Tapi sebagai catatan, jika Kamu ingin membuat konten bersama keluarga atau pasangan, pastikan Kamu harus mendapat persetujuan orang yang akan Kamu ajak ke dalam kontenmu. Sebab tidak semua orang nyaman untuk di ekspos aktivitasnya.

Namun percayalah, konten bersama pasangan atau keluarga justru merupakan konten yang menarik, sehingga banyak orang yang ingin melihatnya bahkan sampai selesai.

Related  Cara Mengambil Uang di Kalkulator TikTok, Bagaimana?

4. Konten Interview

Konten interview belakangan ini juga cukup populer dan layak dijadikan sebagai ide konten menarik yang banyak diminati para audiens. Kamu bisa membuat konten seolah-olah sedang interview dan pastinya Kamu harus membuat script video untuk konten interview ini agar sesuai dengan keinginan.

Namun yang paling penting adalah pikirkan apa topik yang mau dibahas. Ada banyak hal sebenarnya yang bisa Kamu bahas lewat konten interview ini. Asalkan Kamu memahami tipikal konten yang cocok bagi Kamu itu seperti apa dan pastinya bakal disukai oleh warga Tiktok.

5. Konten Tips dan Trik

Konten tips dan trik juga banyak disukai serta ada banyak jenisnya. Misalnya, Kamu bisa buat konten video tentang tips dan trik mengenai tata letak lighting, editing video, tips publik speaking, tips jualan produk di Tiktok, dan masih banyak lagi,

Tentu saja konten-konten seperti ini banyak diminati. Semenjak zamannya live streaming, banyak orang mencari konten-konten ini. Namun sekali lagi, kamu harus buat konten video ini dengan menyesuaikan passion atau apa yang Kamu kuasai. Jadi, jangan asal buat konten tips dan trik tertentu padahal Kamu sendiri tidak jago dalam hal tersebut!

Intinya, untuk membuat konten video yang banyak disukai atau diminati penonton dan direkomendasikan Tiktok adalah dengan mengupload konten video yang berkualitas. Sehingga viewers bisa memberikan likes, mengomentari bahkan tidak menutup kemungkinan memberikan gift untuk Kamu!

Kesimpulan

Untuk memulai menjadi konten kreator di Tiktok, sebaiknya sebelum membuatnya pastikan Kamu merancang ide apa saja yang ingin dituangkan pada konten yang dibuat dengan memilih tema yang spesifik pada konten.

Memilih tema atau niche konten adalah hal terpenting agar Kamu bisa konsisten membuat konten sesuai dengan niche yang dibuat. Selain itu, Kamu baru bisa mempraktekkan ide konten yang sekiranya cocok. Baru setelah itu, bisa mempraktekkan cara bikin konten Tiktok yang menarik dan diminati banyak viewers!

 

error:
Scroll to Top