Cara Karaoke di TikTok

Cara Karaoke di TikTok dengan Suara Sendiri Bisa Sambil Live

GEMATOS.ID | Memang paling tepat kalau cari hiburan lewat aplikasi TikTok. Karena di platform tersebut, kamu tidak hanya bisa nonton konten-konten video pendek saja. Melainkan coba aktivitas lain dengan cara karaoke di TikTok yang dijamin seru. 

Khusus buat kamu yang punya hobi bernyanyi, bisa menyalurkannya lewat aplikasi TikTok. Ada fitur karaoke dan membagikan kontennya secara langsung kepada para pengikutmu. Bukankah akan semakin menyenangkan jika konten bernyanyimu menjadi viral? 

Karaokean di TikTok sangat mudah. Tidak sekedar buat dan dijadikan konten saja. Tapi kamu juga bisa mencobanya ketika melakukan live. Penasaran bagaimana caranya? Langsung saja simak penjelasannya di bawah ini. 

Syarat Karaoke di TikTok

Sebelum menjelaskan cara karaoke di TikTok, wajib banget menyimak penjelasan berikut ini. Jadi, ada satu hal penting agar kamu bisa langsung bernyanyi ria di aplikasi TikTok. Syaratnya yaitu harus terhubung ke jaringan internet yang stabil. 

Apa pentingnya hal tersebut? Pertama, TikTok harus diakses dalam kondisi online. Itu berarti, kamu wajib punya sambungan internet. Entah pakai data seluler ataupun menghubungkannya ke jaringan WiFi rumah. 

Alasan penting lainnya adalah fitur karaoke akan berjalan lancar hanya pada kondisi jaringan yang stabil. Terlebih lagi ketika proses pemuatan lagu untuk kamu nyanyikan dan direkam. Karena jika koneksi buruk, kamu tidak dapat membuka konten karaoke di TikTok. 

Related  Cara Mengetahui Siapa yang Melaporkan Akun TikTok, Bisa atau Tidak?

Begitu pula ketika melakukan live di TikTok sambil karaoke. Malah ini memerlukan jaringan internet yang lebih stabil lagi. Selain membuka video karaoke, kamu pun harus menjaga live agar nyaman ditonton oleh para followers-mu. 

Untuk hal-hal lain, tidak ada persyaratan khusus. Siapa saja yang punya akun TikTok bisa melakukan karaoke lagu-lagu favoritnya. Termasuk yang jumlah followers-nya masih sedikit atau belum pernah buat postingan sama sekali. Tapi beda lagi kalau karaokeannya saat live. Karena untuk live TikTok hanya bisa dilakukan setelah jumlah pengikut seribu lebih. 

Cara Karaoke di TikTok

Cara Karaoke di TikTok
Karaoke di TikTok

Kamu sudah paham bahwa untuk karaoke di TikTok itu yang diperlukan hanya koneksi internet yang stabil. Karena itulah, disarankan untuk menggunakan jaringan WiFi saja. Pasalnya, koneksi lebih kuat daripada memakai data seluler. 

Cara karaoke di TikTok sangatlah mudah. Siapa pun bisa mengakses menunya dan menyanyikan lagu-lagu kesayangan. Bahkan hasil karaoke dapat dibagikan langsung sebagai postingan atau story. Agar lebih jelas bagaimana langkah-langkahnya, perhatikan panduan yang diberikan di bawah ini. 

Langkah 1. Masuk ke Menu Pencarian TikTok ✔️

Cara karaoke di TikTok yang pertama yaitu dengan masuk ke menu pencarian. Di mana kamu harus mencari dulu lagu apa yang akan dinyanyikan. Berikut cara membuka menu pencarian di TikTok:

  • Disarankan untuk sebaiknya kamu pakai aplikasi TikTok yang sudah di-update ke versi paling baru. Karena akan ada fitur-fitur baru yang akan ditambahkan. 
  • Selanjutnya, buka aplikasi TikTok tersebut. 
  • Pastikan kamu sudah login ke akun milikmu sendiri. 
  • Kalau belum punya akun, bisa mendaftar terlebih dahulu. 
  • Setelah berhasil membuka halaman Beranda TikTok, klik opsi pencarian yang ada di pojok kanan atas. Menu ini ditandai dengan ikon kaca pembesar. 
Related  Cara Menang Giveaway

Langkah 2. Cari Lagu yang Akan Dipakai Karaoke ✔️

Untuk langkah yang kedua, kamu harus mencari lagu favorit apa yang hendak dinyanyikan. Ada trik penting dalam mencari lagu yang digunakan untuk karaoke di TikTok. Sebaiknya, perhatikan panduannya di bawah ini:

  • Setelah menu pencarian terbuka, masukkan judul lagu yang hendak dinyanyikan. 
  • Tapi syaratnya, gunakan kata kunci karaoke di depan judul. Contohnya ingin menyanyikan lagu berjudul Nemu. Maka, keyword pencariannya “karaoke nemu.”

  • Kamu juga bisa menambahkan full lirik kalau ingin karaoke sambil membaca liriknya agar tidak lupa. 
  • Kenapa harus pakai kata kunci karaoke? Karena jika hanya memasukkan judul lagu saja, maka yang muncul adalah konten-konten dengan backsound tersebut. Sementara, lagu yang dipakai untuk karaoke itu hanya berupa suara musik saja dan terkadang diberi liriknya. 

Langkah 3. Pilih Salah Satu Hasil Pencarian ✔️

Cara Karaoke di TikTok

Berikut ini cara karaoke di TikTok yang selanjutnya. Setelah hasil pencarian lagu ditampilkan, pilih versi mana yang kamu ingin nyanyikan. Biasanya tiap lagu punya versi yang berbeda-beda. Contohnya karaoke dengan musik berupa gitar, piano, khusus nada cewek, dan lainnya. 

Jadi, gulir layar untuk menemukan versi lagu karaoke favoritmu. Ketuk salah satu hasil pencarian tersebut. Selanjutnya kamu bisa bernyanyi sesuka hati. 

Langkah 4. Buka Menu Duet ✔️

Inilah langkah keempat dari cara karaoke di TikTok dengan lebih dulu buka fiturnya. Jika kamu belum tahu, lihat langkah-langkah di bawah ini:

  • Setelah lagu pilihan kamu buka, akan muncul berbagai menu di sebelah kanan layar.
  • Ketuk saja opsi yang biasanya digunakan untuk share atau berbagi konten TikTok. Menu ini ditandai dengan ikon tanda panah.

  • Apabila sudah terbuka, pilih menu Duet yang ada di bagian bawah. Di sinilah nanti kamu bisa melakukan karaoke. 
Related  3 Cara Melihat Penghasilan TikTok (LIVE, Affiliate, dan Reward)

Langkah 5. Atur Posisi Video ✔️

Mungkin ini langkah yang penting dan tidak bagi sebagian orang. Mengapa demikian? Karena posisi video dapat diatur secara opsional.

  • Kamu bisa cek tampilan menu yang ditunjukkan di gambar berikut ini. 

Cara Karaoke di TikTok

  • Kemudian pilih untuk menempatkan video secara berdampingan kiri kanan atau atas bawah. Kalau memilih atas bawah, akan ada garis memotong di bagian tengah secara horizontal. Gambarmu akan terletak di bagian bawah, sedangkan konten aslinya di atas.

Langkah 6. Nyalakan Fitur Mic ✔️

Ini adalah langkah penting dari cara karaoke di TikTok yang tidak boleh kamu lewatkan. Agar bisa bernyanyi, jangan lupa menyalakan fitur Mic. Lihat ikon microphone yang ada di bagian bawah deretan menu sebelah kiri. Jika ikon mic tersebut disilang dan berwarna merah, maka ketuk untuk mengaktifkannya. Untuk fitur lain, seperti filter dapat kamu aktifkan sesuai keinginan. 

Langkah 7. Mulai Merekam ✔️

Berikut ini cara karaoke di TikTok yang terakhir. Setelah semua pengaturan selesai, kamu bisa mulai untuk merekam. Caranya klik shutter kamera yang ada di tengah layar. Menu untuk merekam tersebut berwarna merah dengan bentuk lingkaran. Setelahnya kamu dapat bernyanyi sesuai musik dan lirik yang tersedia. 

Langkah 8. Bagikan Video Karaoke ✔️

Setelah selesai, kamu bisa langsung membagikan hasilnya. Seperti inilah caranya:

  • Kalau sudah selesai merekam, klik tanda centang. 

Cara Karaoke di TikTok

  • Setelah itu pilih menu Berikutnya. Lengkapi caption dan tagar video sebelum diposting. 
  • Sedangkan menu Stories untuk membagikan video ke fitur cerita. 

Cara Karaoke di Live Tiktok dengan 1 HP 🗣

Penjelasan di atas itu untuk karaoke dan membagikannya sebagai postingan. Tapi bagaimana jika cara karaoke di TikTok secara live dan pakai satu HP? Sebaiknya lihat panduan berikut:

  • Buka aplikasi YouTube dan cari versi karaoke dari lagu yang ingin dinyanyikan. 
  • Aktifkan fitur split screen atau minimize di HP-mu. 
  • Selanjutnya buka aplikasi TikTok. 
  • Klik tanda tambah dan pilih Live
  • Sekarang tinggal bernyanyi sambil live TikTok. 

Seperti itulah cara karaoke di TikTok dengan fitur Duet. Semua pengguna bisa menggunakan fitur tersebut untuk menyanyikan lagu favorit dan membagikannya ke followers. Begitu pula jika ingin karaoke saat live juga bisa pakai 1 HP saja. 

error:
Scroll to Top