Cara Mengaktifkan TikTok Shop

Cara Mengaktifkan TikTok Shop Kembali Setelah Lama Libur

GEMATOS.ID | TikTok Shop memang sempat ditutup beberapa bulan dan kini sudah dibuka lagi. Sebagai penjual, kamu harus tahu bagaimana cara mengaktifkan TikTok Shop kembali. Tidak perlu buat akun baru, karena akun toko yang kamu buat dulu masih tetap bisa digunakan. 

Memang ditutupnya TikTok Shop jadi polemik tersendiri. Terlebih lagi dari kalangan pebisnis online yang mengandalkan TikTok Shop sebagai salah satu media berjualan dan mempromosikan produknya. Meskipun ada platform lain, tetap mengandalkan TikTok Shop, mengingat banyaknya pengguna yang memakainya. 

Dengan dibukanya TikTok Shop kembali, pastinya memberikan keuntungan sendiri. Tapi jika ingin berjualan seperti sedia kala, harus tahu bagaimana cara untuk mengaktifkan akun toko kembali. Cara lengkapnya bisa kamu cek di bawah ini. 

Cara Mengaktifkan TikTok Shop

Cara Mengaktifkan TikTok Shop
Cara Mengaktifkan TikTok Shop

Setelah dibuka lagi, tentunya kamu harus tahu cara mengaktifkan TikTok Shop kembali. Tujuannya agar pengguna TikTok dapat menemukan toko dan produk yang kamu tawarkan. Dengan begitu, bisa mendapatkan orderan seperti dulu lagi. 

Sebenarnya saat TikTok Shop muncul lagi, otomatis akunmu yang dulu juga aktif sendirinya. Hanya saja, selama masa tersebut pihak TikTok Shop meliburkan semua toko yang terdaftar. Jadi, mau tidak mau harus kamu aktifkan kembali dengan mematikan mode libur ini. 

Related  3 Cara Membuat Suara Google di TikTok, Sangat Gampang

Menonaktifkan mode libur di TikTok Shop yang baru bukanlah cara yang sulit. Agar kamu dapat berjualan dan memproses orderan kembali, ikuti saja langkah-langkah yang dijelaskan di bawah ini. 

Langkah 1. Buka Menu Pengaturan di TikTok Shop Seller Center

Cara mengaktifkan TikTok Shop setelah dibuka kembali yaitu lewat aplikasi TikTok Shop Seller Center. Ini merupakan aplikasi yang khusus digunakan oleh para seller untuk me-manage dan mengatur akun tokonya. Untuk langkah yang pertama, cek berikut ini:

  • Pastikan kamu sudah punya akun toko yang dibuat di TikTok Shop Seller Center. Kalau dulu pernah dihapus karena TikTok Shop tutup, sekarang download kembali. 
  • Kemudian login ke akun yang telah didaftarkan sebelumnya. 
  • Setelah ada di halaman Beranda aplikasi TikTok Shop Seller Center, masuk ke bagian Pengaturan. Menu ini terletak di sebelah pojok kanan bawah. 

Langkah 2. Buka Menu Mode Hari Libur

Di halaman inilah tempat untuk mengatur akun TikTok Shop yang kamu miliki saat ini. Karena ingin berjualan kembali dengan cara mengaktifkan TikTok Shop, maka harus menonaktifkan mode libur. Caranya, masuk ke bagian menu Mode hari libur seperti di bawah ini. 

Langkah 3. Nonaktifkan Mode Hari Libur

Inilah cara mengaktifkan TikTok Shop yang selanjutnya. Di halaman berikut, kamu akan melihat masa waktu libur yang ditetapkan untuk akun toko tersebut. Selama masa ini, akunmu akan ditandai sedang tutup dan tidak bisa mendapatkan orderan dari pengguna TikTok. 

Untuk menonaktifkannya tidak perlu langkah yang sulit. Cukup geser panel aktif ke arah kiri. Panel tersebut ada di sebelah kanan nama tokomu. 

Cara Mengaktifkan TikTok Shop

Langkah 4. Konfirmasi Pembukaan Akun Toko TikTok Shop

Berikutnya adalah cara mengaktifkan TikTok Shop yang terakhir. Setujui pengaturan untuk membuka akun toko kembali dengan menekan opsi Konfirmasi. Kalau kamu menonaktifkan mode hari libur, secara otomatis semua produk yang ada di toko itu juga diaktifkan lagi. Jadi, kamu dapat menerima orderan dari pengguna TikTok. 

Related  Cara Memotong Lagu di TikTok (Gampang) Langsung Lewat Aplikasi

Pengaturan TikTok Shop Setelah Diaktifkan

Kalau kamu sudah mengaktifkan TikTok Shop kembali, maka lakukan berbagai pengaturan penting lainnya. Perlu adanya penyesuaian akun toko setelah TikTok Shop ditutup beberapa bulan. Mungkin saja ada settingan yang tereset sendiri dan perlu diatur ulang. 

Setidaknya ada enam hal penting yang wajib kamu cek dan diatur kembali. Agar bisa berjualan dan mendapatkan orderan, setting beberapa hal di bawah ini:

1. Kelola Produk dan Stok

Hal yang pertama yaitu mengelola produk dan stok yang kamu jual. Bisa jadi, ada produk yang sudah tidak sesuai dengan aturan TikTok Shop baru ini. Kamu dapat mulai dengan mengecek nama produk, gambar, atribut, serta deskripsinya melalui TikTok Shop Seller Center. 

Perhatikan campaign atau tema TikTok Shop yang baru, yakni Pilih Lokal. Itu artinya, kamu harus memunculkan produk-produk lokal dengan nama Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Jangan ada huruf asing di nama produk, seperti huruf kanji dan hangeul. 

Selanjutnya, periksa stok produk yang tersedia saat ini. Karena baru saja vakum, mungkin ada perbedaan dari TikTok Shop Seller Center dan sebenarnya. Repotnya jika stok di TikTok Shop lebih banyak dari sebenarnya dan orderan ramai. Akibatnya, barang tidak cukup dan terpaksa membatalkan pesanan. Ini berdampak pada akunmu bisa terkena pelanggaran. 

2. Kelola Opsi Pengiriman

Yang selanjutnya yaitu mengelola opsi pengiriman. Pastikan bahwa berat dan dimensi produk yang tertulis sudah benar. Jangan sampai ada perbedaan dengan aslinya, sehingga kamu mengalami kerugian karena harus menombok ongkos kirim. 

3. Hapus Link Keluar

Karena sudah dibuka lagi, maka wajib mengikuti aturan TikTok Shop seperti awal dulu. Yang mana tidak boleh ada link keluar selain TikTok Shop. Hapus tautan yang ada di bio profilmu. Jangan sampai ada link yang mengarahkan pembeli untuk checkout di luar TikTok Shop, seperti WhatsApp dan platform lain. 

Related  Cara Melihat Insight TikTok, Cek Analytics Akun Pakai 2 Metode

Ini berlaku juga ketika kamu melakukan live streaming di TikTok. Dilarang mengarahkan penonton untuk checkout keluar. Jadi, selalu perhatikan peraturan yang ada agar tidak terkena pelanggaran. 

4. Kelola Promosi dan Kolaborasi Afiliasi

Kamu bisa pakai lagi semua fitur promosi yang disediakan oleh TikTok Shop. Termasuk juga mengikuti program afiliasi yang sekarang bernama Kolaborasi Afiliasi. Meskipun namanya beda, sistem yang digunakan tetap sama. 

5. Kelola Pengaturan Chat

Komunikasi juga menjadi hal yang penting diperhatikan oleh toko. Karena mungkin saja ada pengaturan yang kereset setelah ditutup. Jadi, cek dan atur ulang chat bot asisten, balasan otomatis, dan kelola akses customer service. Tujuannya agar pelanggan bisa nyaman saat menghubungimu. 

6. Hubungkan Produk ke Video dan Sesi Live

Semua fitur TikTok Shop dapat kamu gunakan kembali. Termasuk menggunakan fitur keranjang kuning untuk mempromosikan produk. Hubungkan link produk ke video pendek yang kamu unggah atau saat sesi live

Cara Mengaktifkan TikTok Shop Untuk Pembeli

Lalu, bagaimana cara mengaktifkan TikTok Shop untuk pembeli? Jika menggunakan TikTok Shop untuk belanja, maka tidak perlu melakukan pengaturan apa pun. Karena fitur tersebut akan tersedia secara otomatis saat dibuka lagi. Kamu bisa lihat tandanya di bawah ini:

  • Buka TikTok dan pastikan ada menu Shop. 
  • Atau buka Profil. Jika di situ ada menu Pesanan Shop | Tokopedia, berarti sudah aktif dan dapat belanja lagi. 

Bagaimana jika tidak muncul menu Shop? Coba lakukan beberapa solusi berikut ini:

  • Update aplikasi TikTok. 
  • Hapus cache atau data aplikasi TikTok. 
  • Coba instal ulang aplikasinya. 

Jadi, seperti itulah cara mengaktifkan TikTok Shop setelah dibuka kembali. Bagi penjual, harus menonaktifkan mode hari libur agar produk dapat dilihat oleh pengguna TikTok. Sedangkan bagi pembeli, TikTok Shop aktif sendiri dan bisa dipakai untuk belanja. 

error:
Scroll to Top