Cara Mengganti Nomor Telepon di TikTok yang Sudah Tidak Aktif

9 Cara Mengganti Nomor Telepon di TikTok yang Sudah Tidak Aktif

GEMATOS.ID | Nomor telepon merupakan salah satu identitas penting di akun TikTok karena menjadi kredensial login. Ketika ada perubahan pada TikTok, biasanya juga diinformasikan melalui nomor tersebut. Karena itulah, kamu harus tahu cara mengganti nomor telepon di TikTok yang sudah tidak aktif agar tetap bisa digunakan. 

Memang ada berbagai metode login di aplikasi TikTok. Dan salah satunya yang paling gampang yaitu pakai nomor HP. Dengan nomor telepon, kamu tinggal meng-input-nya, lalu memasukkan kode verifikasi yang dikirimkan ke nomor tersebut. 

Pasti akan sangat merepotkan kalau ternyata nomor yang terdaftar di TikTok sudah tidak aktif lagi. Sebagai jalan keluar, sebaiknya ganti dengan nomor yang baru agar kamu tetap bisa login pakai nomor HP. Caranya bisa kamu lihat di bawah ini. 

Bisakah Menggunakan Nomor Telepon yang Sama di Beberapa Akun TikTok? 

Untuk memisahkan kepentingan pribadi dan bisnis, biasanya pengguna TikTok membuat lebih dari satu akun. Sekarang yang jadi pertanyaan, apakah kedua akun tersebut bisa menggunakan data yang sama? Terlebih lagi saat ini ada fitur Beralih Akun, sehingga dapat diakses di satu perangkat yang sama. 

Memiliki lebih dari satu akun di perangkat yang sama memang memudahkan kontrol dan mengelolanya. Tapi yang perlu kamu perhatikan, bahwa beberapa akun TikTok tidak boleh punya data yang sama. Jadi, misalkan kamu mendaftarkan nomor telepon di akun yang lama, tidak bisa digunakan di akun-akun lainnya. 

Related  Cara Mengarsipkan Video TikTok dengan Mudah dan Benar

Kalau kamu ingin membuat akun lain, maka harus menggunakan nomor HP baru juga. Bagaimana jika ingin tetap memakai nomor tersebut? Solusinya yaitu dengan menghapus nomornya di akun lama atau mengubahnya terlebih dahulu. Baru, nomor itu didaftarkan pada akun yang baru. 

Selain itu, data akun TikTok bisa digunakan kembali apabila akunmu yang lama dihapus secara permanen. Contohnya kamu menghapus salah satu akun. Setelah dinonaktifkan selama 30 hari, akun tersebut akan dihapus secara permanen. Baru kemudian bisa memakai nomor HP dan data lainnya yang terdaftar di akun yang dihapus itu. 

Cara Mengganti Nomor Telepon di TikTok yang Sudah Tidak Aktif

Cara Mengganti Nomor Telepon di TikTok yang Sudah Tidak Aktif
Cara Mengganti Nomor Telepon di TikTok yang Sudah Tidak Aktif

Selain ke email, pihak TikTok juga mengirimkan kode verifikasi ke nomor telepon yang terkait ke akun. Oleh karena itu, kamu harus memastikan jika nomornya selalu aktif dan terdaftar di WhatsApp. Karena biasanya kode dikirimkan melalui chat WA. 

Jika nomor yang terdaftar sudah tidak aktif, segeralah untuk mendaftarkan nomor baru. Dengan begitu kamu tetap bisa menerima kode pakai nomor HP. Berikut ini akan diterangkan bagaimana cara mengganti nomor telepon di TikTok yang sudah tidak aktif:

Langkah 1. Buka Menu Profil

Langkah yang pertama yaitu buka menu Profil. Buka aplikasi TikTok yang kamu pakai. Halaman Beranda aplikasi akan terbuka. Selanjutnya, masuk ke bagian Profil yang bisa kamu akses lewat menu di sebelah kanan bawah. 

Langkah 2. Tekan Ikon Burger

Apabila halaman Profil sudah terbuka, tekan ikon burger. Ikon ini ditandai dengan tiga garis sejajar dengan arah vertikal yang terletak di pojok kanan atas. 

Langkah 3. Pilih Pengaturan dan privasi

Berikutnya akan ada beberapa menu yang ditampilkan. Karena ingin mengatur dan mengelola akun TikTok, masuk ke bagian Pengaturan dan privasi. 

Related  4 Cara Masuk ke Akun TikTok Orang Lain: Beralih Akun Semudah Itu!

Langkah 4. Buka Menu Akun

Di halaman Pengaturan dan privasi pun ada banyak menu untuk mengelola akun TikTok. Tapi untuk melihat nomor HP yang terdaftar, masuk ke bagian Akun

Langkah 5. Buka Informasi Akun

Setelah terbuka, pilih menu Informasi Akun. Di bagian inilah kamu dapat melihat berbagai informasi akun yang telah didaftarkan dulu. 

Langkah 6. Cek Bagian Nomor Telepon

Cara Mengganti Nomor Telepon di TikTok yang Sudah Tidak Aktif

Pada halaman Informasi akun, kamu bisa cek nomor HP, alamat email, dan tanggal lahir yang terdaftar. Lihat bagian Nomor Telepon. Kalau nomor tersebut sudah tidak aktif lagi, maka segera ganti dengan yang baru. 

Langkah 7. Pilih Menu Ubah Nomor Telepon

Cara Mengganti Nomor Telepon di TikTok yang Sudah Tidak Aktif

Di sini akan muncul dua pilihan, yakni mengubah nomor yang sudah terdaftar atau melepas nomor yang tertaut. Tapi untuk cara mengganti nomor telepon di TikTok yang sudah tidak aktif, pilih opsi Ubah nomor telepon. 

Langkah 8. Tulis Nomor yang Baru

Pada kolom itulah kamu dapat menuliskan nomor telepon yang baru dan didaftarkan sebagai akun WhatsApp. Ingat ya, kamu tidak boleh menggunakan nomor yang sudah terdaftar di akun lain. Kalau misalkan memasukkan nomor yang sama, TikTok akan memberitahukan jika nomor itu sudah terdaftar. Jika sudah menuliskan nomor, tekan tombol Kirim Kode. 

Langkah 9. Tulis Kode Verifikasi

Berikut ini langkah terakhir dari cara mengganti nomor telepon di TikTok yang sudah tidak aktif. Setelah memasukkan nomor, TikTok akan memberikan kode sebagai langkah verifikasi. Cek kode yang masuk melalui chat WhatsApp. Kemudian buka aplikasi TikTok kembali dan tulis kodenya. Selesai. Kamu sudah berhasil mengubah nomor HP di akun TikTok dengan yang baru. 

Cara Menghapus Nomor Telepon di TikTok

Seperti yang telah dijelaskan bahwa kamu tidak bisa menggunakan satu nomor yang sama di beberapa akun TikTok. Kalau ingin pakai nomor itu, maka hapus dulu tautannya. Setelah dihapus, nomor dapat dipakai dan didaftarkan pada akun yang lain. 

Related  2 Cara Mengundang Teman di TikTok Untuk Dapat Uang

Cara menghapus atau melepas penautan nomor HP di akun TikTok sangat mudah. Perhatikan langkah-langkah yang diterangkan di bawah ini:

  • Buka aplikasi TikTok dan masuk ke bagian Profil
  • Setelah itu tekan tanda garis tiga yang ada di pojok kanan atas. 
  • Buka menu Pengaturan dan privasi. 
  • Pilih menu Akun, kemudian Informasi akun.
  • Selanjutnya, klik menu Nomor telepon.
  • Untuk menghapus nomor telepon, pilih opsi Lepas penautan nomor.
  • Konfirmasi permintaan ini dengan mengklik Putus tautan.

Setelah dilepas, nomor tersebut tidak akan terdaftar lagi. Kamu bisa menggunakannya pada akun yang lain. Untuk selanjutnya, pakai akun Google atau email untuk masuk dan mengelola akun TikTok.

Untuk Apa Nomor Telepon di TikTok? 

Penting sekali untuk memastikan bahwa nomor telepon yang terpaut di akun TikTok Itu masih aktif. Pasalnya, nomor HP punya berbagai kegunaan. Diantara beberapa fungsi nomor telepon di TikTok yaitu:

  • Nomor telepon digunakan untuk login ke akun TikTok. Tentunya selain pakai email dan metode yang lain.
  • Nomor HP juga dibutuhkan saat kamu ingin mengganti kata sandi TikTok. Di mana kode verifikasi dikirimkan ke nomor tersebut.
  • Dipakai untuk mengelola akun TikTok. 
  • Menerima berbagai pesan penting dari TikTok. Contohnya notifikasi, perubahan ketentuan TikTok, dan informasi terbaru. 

Seperti itulah cara mengganti nomor telepon di TikTok yang sudah tidak aktif lagi. Prosesnya sangat mudah, sebab tidak memerlukan nomor yang lama. Kode verifikasi juga dikirimkan langsung ke nomor yang baru. Jadi, tidak jadi masalah kalau nomor lama tidak bisa menerima chat berisi kode. 

Namun satu hal yang harus kamu ingat, nomor yang terdaftar harus berbeda. Jika ingin pakai nomor di akun lain, maka bisa menghapusnya terlebih dahulu. Baru digunakan di akun yang baru. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error:
Scroll to Top