Cara Menjadi Konten Kreator TikTok

7 Cara Menjadi Konten Kreator TikTok Sukses dan Banyak Cuan

GEMATOS.ID | Kamu ingin terkenal di TikTok lewat video yang viral dan ditonton banyak orang? Tapi belum tahu bagaimana cara menjadi konten kreator TikTok yang bagus? Tenang saja, berikut ini akan dijelaskan cara dan tipsnya secara tuntas. 

Memang menjadi seorang kreator bukanlah hal yang mudah. Terlebih bagi para pemula yang skill editingnya masih belum mumpuni. Belum lagi keterbatasan alat untuk mengambil video dan melakukan editing. Namun hal seperti itu tidak boleh dijadikan alasan untuk bermalas-malasan membuat konten. 

Untuk kamu para pemula, penting sekali menumbuhkan semangat membuat konten di TikTok. Meskipun nantinya bakal ada fase naik turunnya. Agar kamu dapat mengatasi itu semua, perhatikan beberapa cara dan tipe yang diterangkan di bawah ini. 

Cara Menjadi Konten Kreator TikTok

Cara Menjadi Konten Kreator TikTok
Cara Menjadi Konten Kreator TikTok

Sebenarnya cara menjadi konten kreator TikTok itu mudah. Karena yang perlu dilakukan hanya memposting konten. Namun yang sulit yaitu proses membuat konten dari awal sampai akhir serta konsistensi. Kamu tidak bisa jadi kreator terkenal kalau hanya posting satu atau dua konten saja, kemudian berhenti. 

Lantas, hal apa saja yang perlu dipersiapkan untuk menjadi seorang konten kreator di TikTok? Tentunya untuk mendapatkan banyak audiens, kamu harus mau menganalisa pengguna TikTok, menentukan target, dan komponen penting lain. Untuk lebih jelasnya, lihat uraian berikut ini. 

Cara 1. Buat Konten dengan Kualitas Tinggi

Ingin kontenmu nanti disukai banyak pengguna di TikTok? Maka cara pertama yang harus kamu lakukan yaitu membuat konten dengan kualitas tinggi. Pasalnya, konten yang berkualitas cenderung disukai dan mendapatkan banyak perhatian. 

Related  Cara Mengisi Alamat di TikTok Shop dan Tips Pentingnya

Apabila kamu sudah punya alat yang memadai, maka jadi bekal yang sangat bagus. Dengan peralatan tersebut kamu bisa merekam video atau mengambil foto dengan resolusi tinggi. Begitu pula dengan platform editing premium yang punya fitur lengkap. 

Tapi buat kamu yang baru memulai dan tidak punya semua itu, jangan berkecil hati dulu. Sekarang ini banyak sekali kreator TikTok yang berhasil menjadi influencer hanya dengan alat dan tempat seadanya. Sebab kualitas konten tidak hanya dilihat dari apa yang ditampilkan saja. 

Sebaiknya, fokus dengan apa yang coba kamu sampaikan lewat konten tersebut. Buat postingan yang tidak hanya sekedar menghibur, tapi juga bermanfaat. Ini bisa jadi nilai tambah untuk menutupi kekurangan alat. Setelah dapat penghasilan dari TikTok, dapat dipakai untuk meng-upgrade gear.

Cara 2. Tentukan Niche Konten

Cara Menjadi Konten Kreator TikTok

Cara menjadi konten kreator TikTok yang kedua yaitu dengan menentukan niche atau topik. Sebelum memutuskan untuk jadi kreator, coba tanyakan dulu pada dirimu sendiri, ingin buat konten yang seperti apa? Apa yang hendak fokus dibahas dalam konten tersebut? Bagaimana cara penyampaiannya? 

Hal seperti ini sangat penting, karena pengguna Tiktok umumnya menyukai kreator dengan niche yang konsisten. Jangan di awal kamu membuat konten tentang tutorial memasak, lalu tiba-tiba ganti membahas olahraga. Jadi, lakukan riset terlebih dahulu mengenai topik-topik yang disukai banyak pengguna TikTok. 

Memiliki niche yang konsisten juga membuatmu mudah diingat pengguna. Contohnya kreator A yang suka membagikan tutorial memasak. Selain itu, coba lakukan riset kompetitor. Di TikTok pasti banyak sekali kreator yang punya niche sama denganmu. Pelajari apa saja kelebihan dan kekurangan dari kreator tersebut. 

Cara 3. Pahami Target Audiens

Cara menjadi konten kreator TikTok selanjutnya dengan memahami siapa yang akan jadi target audienmu. Kenapa hal ini penting? Karena target audensi mempengaruhi isi konten, cara penyampaian, serta cara mengedit konten yang sesuai usia dan profesi. 

Related  Cara Bayar Tiktok Shop Lewat Livin Mandiri Lengkap dengan Gambar

Misalkan kamu membuat konten memasak yang targetnya adalah ibu-ibu rumah tangga. Maka lakukan penyampaian dengan lebih santai dan menggunakan bahasa yang cocok dengan ibu-ibu. Contohnya pakai sapaan bunda, moms, dan lain-lain. Konten seperti ini kurang tepat jika disampaikan secara serius dengan bahasa terlalu formal. 

Itulah kenapa, agar kontenmu disukai banyak orang dan punya target yang tepat, sampaikan dengan cara yang benar pula. Di samping itu, buat postingan yang dapat memenuhi kebutuhan mereka. Cari tahu apa yang jadi kesukaan audienmu, kemudian berikan solusi dari permasalahannya. Contohnya menghadirkan tutorial memasak yang lebih simpel. 

Cara 4. Coba Teknik Story Telling

Cara Menjadi Konten Kreator TikTok

Mungkin kamu perlu mencoba cara yang satu ini untuk menarik perhatian lebih banyak pengguna. Salah satu jenis konten yang disukai itu dapat menghadirkan rasa penasaran kepada siapa saja yang menontonnya. Hingga orang tersebut memutuskan untuk menonton sampai akhir atau mencari kontenmu yang lain. 

Cara yang dapat kamu lakukan untuk menimbulkan rasa penasaran penonton dengan mencoba teknik story telling atau bercerita. Ada banyak cara yang bisa kamu tiru. Contohnya dengan membuat pernyataan di awal video. Kamu pun perlu menggunakan bahasa tubuh yang ekspresif dan berbicara secara jelas. 

Cara 5. Ikuti Tren di TikTok

Kunci penting untuk menjadi konten kreator di TikTok yaitu mengetahui tren saat ini. Kamu pun pasti paham bahwa topik yang viral itu selalu berubah-ubah. Konten yang jadi FYP pun tidak sama setiap harinya. 

Oleh karena itu, agar konten yang kamu buat nantinya dapat banyak penonton, perhatikan dan ikuti tren. Sesuatu yang trending ini bahkan bisa berganti tiga hari atau seminggu ke depan. Jadi, kamu harus mampu menyesuaikan dengan apa-apa yang digemari pada pengguna TikTok. 

Related  10 Cara Iklan di Tiktok Ads Untuk Tingkatkan Konversi Penjualan Produk

Meskipun mengikuti tren, tetap harus mengemas konten dengan menarik dan sesuai gayamu. Hadirkan sesuatu yang berbeda dari postingan trending lainnya. Coba juga menggunakan latar suara yang tengah viral. 

Cara 6. Buat Konten Secara Konsisten

Inilah cara menjadi konten kreator TikTok selanjutnya. Agar kamu jadi kreator yang sukses, tidak boleh malas dan harus mengunggah konten secara konsisten. Paling tidak, kamu punya jadwal kapan harus buat satu video atau foto. Di awal-awal, sebaiknya lebih sering upload konten agar bisa menyesuaikan dengan algoritma TikTok. 

Memang ini bukan hal yang mudah, karena kamu harus mengembangkan ide setiap harinya. Tapi kalau sampai berhenti, maka terpaksa mengulanginya dari awal. Misalkan di awal kamu upload konten setiap hari, lalu tiba-tiba berhenti selama satu bulan. Bisa jadi pengikut yang biasa menonton videomu akan lupa dan kesulitan menyesuaikan algoritma TikTok lagi. 

Cara Mengunggah Konten di TikTok

Kalau kamu sudah paham dengan cara dan tips jadi kreator TikTok, sekarang pahami juga bagaimana cara mengunggah kontennya. Membuat postingan sangatlah mudah. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

Buka aplikasi TikTok dan ketuk tanda tambah di bawah untuk mengunggah konten yang baru. 

  • Setelah itu, pilih menu Unggah jika sudah menyiapkan foto atau videonya.
  • Tandai konten mana yang ingin ditambahkan. 
  • Kalau sudah, sekarang pilih Tambah Suara. 
  • Carilah backsound yang sesuai dengan kontenmu. Disarankan pakai katalog TikTok agar tidak terkena plagiarisme. 
  • Gunakan menu editing yang ada di sebelah kanan. 
  • Lalu, klik tombol Berikutnya
  • Di halaman ini, buat caption dan tagar yang sesuai. 
  • Unggah kontennya dengan klik Posting

Demikianlah penjelasan cara menjadi konten kreator TikTok bagi para pemula. Untuk mengawali karier sebagai kreator, diperlukan kemauan dan konsisten. Selanjutnya kembangkan skill dan ide kreatifmu. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error:
Scroll to Top