Cara Menyembunyikan Live TikTok dari Orang Tertentu

Cara Menyembunyikan Live TikTok dari Orang Tertentu, Atur Begini Saja

GEMATOS.ID | Pernah tidak, kamu ingin menghindari teman atau keluarga saat main sosial media? Salah satu contohnya dengan cara menyembunyikan live TikTok dari orang tertentu. Dengan begitu, mereka tidak tahu saat kamu sedang melakukan siaran langsung. 

Memang siapa saja bebas menggunakan TikTok. Namun terkadang merasa canggung saat bertemu dengan orang yang kita follow atau pengikut di dunia nyata. Pasalnya, beberapa orang punya sisi berbeda ketika bermain sosmed. Bahkan bisa jadi postingan di TikTok itu dibuat lebay atau dilebih-lebihkan hanya untuk menggaet followers saja. 

Daripada kamu malu jika bertemu teman nanti, coba saja dengan menyembunyikan siaran langsung di TikTok. Apakah fitur hide seperti ini ada? Lantas, bagaimana solusi yang tepat untuk kamu lakukan agar bisa menjaga privasi siaran langsung TikTok dari orang tertentu? Cek jawabannya di sini. 

Bisakah Menyembunyikan Live TikTok dari Orang Tertentu? 

Di antara kamu sekalian pasti banyak yang bertanya-tanya, apakah ada cara menyembunyikan live TikTok dari orang tertentu itu? Perlu diketahui mulai dari sekarang, bahwa di TikTok belum ada fitur untuk hide live. Atau yang mudah dipahami, belum ada fitur untuk mengecualikan pengguna tertentu dari notifikasi siaran langsung. 

Misalkan saat ini kamu hendak melakukan live streaming di TikTok. Tapi dengan penampilan yang berbeda dari dunia nyata, mungkin kamu merasa malu jika nanti ditonton oleh teman dekat atau keluarga. Sedangkan untuk mengecualikan mereka agar tidak bisa nonton siaran langsungmu, fitur ini belum tersedia. 

Related  3 Cara Membuat Akun TikTok untuk Pengguna Baru

Padahal jika ada fitur hide siaran langsung akan sangat berguna. Terutama buat kamu yang sedang jaga image dari crush. Bukankah akan mengurangi kredibilitas dirimu kalau orang yang kamu incar melihat tingkahmu saat live

Lantas, apa yang dapat dilakukan agar orang lain tidak tahu kamu sedang live? Bisakah membuat orang tersebut tidak mendapatkan notifikasi jika kamu siaran langsung? Agar lebih paham, cek panduan yang diberikan di bawah ini. 

Cara Menyembunyikan Live TikTok dari Orang Tertentu

Cara Menyembunyikan Live TikTok dari Orang Tertentu
Cara Menyembunyikan Live TikTok dari Orang Tertentu

Memang tidak ada cara menyembunyikan live TikTok dari orang tertentu. Namun ada solusi yang bisa kamu coba untuk mengatur privasi siaran langsung di TikTok. Yang pertama, kamu dapat mengubah privasi status live saat sedang komal. Apa itu komal? Nanti akan dijelaskan. 

Lalu solusi yang kedua yaitu dengan mengatur siapa saja yang dapat menonton siaran langsungmu di TikTok. Ini merupakan fitur kontrol live agar pengguna TikTok yang usianya di bawah 18 tahun tidak bisa menontonmu. Untuk caranya, perhatikan panduan berikut ini. 

Cara 1. Mengatur Status Live TikTok Saat Komalan

Mungkin dari kamu sekalian belum ada yang tahu, sebenarnya apa itu komal? Komal merupakan penyebutan singkat dari kolaborasi masal atau komunikasi masal. Jadi, komalan itu melakukan live bersama-sama dengan pengguna lain dalam waktu yang bersamaan dan muncul di satu frame

Kamu dapat komalan dengan menjadi host, yakni orang yang mengadakan live itu sendiri. Atau bisa juga diundang oleh pengguna lain untuk bergabung di siaran langsungnya. Jadi, saat naik di room live secara bersamaan itulah yang disebut dengan komalan. 

Fitur kolaborasi ini sebenarnya sangat bermanfaat. Karena meskipun muncul di room orang lain, akunmu tetap terbaca sedang melakukan live. Jadi, menambah kesempatan untuk mendapatkan gift, meningkatkan jumlah penonton, membuat room lebih ramai, dan tentunya followers naik. Orang-orang yang mulanya tidak mengenalmu, bisa tahu dari live pengguna lain. 

Related  Cara Menghilangkan Tanda TikTok di Video yang Sudah di Download

Namun terkadang, kamu merasa tidak nyaman jika ada orang terdekatmu yang tahu jika sedang komalan dengan pengguna asing. Bahkan dengan ruang komunikasi yang sangat berbeda dari aslinya. Itulah kenapa, kamu bisa coba solusi ini meskipun tidak ada cara menyembunyikan live TikTok dari orang tertentu. 

Solusi yang dimaksudkan yaitu mengatur status live. Jadi saat komalan, kamu dapat mengatur agar pengikutmu tidak ada yang menerima notifikasi. Cara mengaturnya seperti di bawah ini:

  • Ketika kamu sudah ada di komalan, baik menjadi host atau tamu, klik fitur multi-guest yang ada di bawah. Seperti yang ditunjukkan ini. 

  • Setelah itu, masuk ke fitur Pengaturan Status LIVE. 

Cara Menyembunyikan Live TikTok dari Orang Tertentu

  • Kamu harus memilih opsi Jangan tampilkan status LIVE. Dengan begitu, pengikutmu tidak ada yang tahu bahwa kamu sedang komalan. Begitu pula teman dekat yang mengikuti akun TikTok-mu. 

Memang tidak ada fitur untuk mengecualikan orang-orang yang kamu inginkan saja. Tapi dengan mematikan status live, maka semua pengikutmu tidak ada yang menerima notifikasi. Termasuk teman yang jadi pengikutmu juga. 

Cara 2. Melakukan Kontrol Penonton Live TikTok

Berikut ini solusi kedua dari cara menyembunyikan live TikTok dari orang tertentu yang tidak tersedia. Kamu dapat melakukan kontrol dengan membatasi siaran langsung dari pengguna yang masih berusia di bawah 18 tahun. Jadi, saat kamu live dengan topik “agak dewasa,” tetap aman dari para user bocil TikTok. 

Pengaturan tersebut bisa kamu lakukan sebelum live berlangsung. Untuk langkah-langkahnya dapat diikuti sesuai panduan di bawah. 

Langkah 1. Buka Fitur LIVE di TikTok

Kalau kamu sudah biasa melakukan live TikTok pasti tidak bingung lagi bagaimana menemukan fiturnya. Sedangkan buatan kamu yang baru saja coba siaran langsung setelah dapat seribu followers, bisa ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi TikTok. 
  • Kemudian tekan tanda tambah seperti yang ditunjukkan ini. 
Related  3 Cara Memasukkan Kode Undangan TikTok dari Teman

  • Setelah itu, pilih fitur LIVE yang muncul bila jumlah followers-mu sudah mencapai seribu atau lebih. 

Langkah 2. Masuk ke Menu Pengaturan

Cara Menyembunyikan Live TikTok dari Orang Tertentu

Jangan langsung menayangkan siaran langsung di TikTok, tapi lakukan pengaturan terlebih dahulu. Selain mengubah judul live atau topiknya, kamu bisa setting beberapa hal terkait siaran langsung tersebut. Caranya dengan masuk ke menu Pengaturan yang ditandai dengan ikon gerigi. 

Langkah 3. Aktifkan Fitur Kontrol Penonton

Inilah solusinya agar live-mu aman dari para bocil TikTok. Lakukan kontrol agar mereka tidak bisa menontonmu. Berikut ini caranya:

  • Gulir halaman Pengaturan ke bawah. 
  • Kemudian, aktifkan fitur Kontrol Penonton. Geser panel yang ada di sebelahnya ke arah kanan. Jika berubah jadi warna hijau, berarti sudah aktif. 

  • Lalu, klik OK pada notifikasi yang muncul. Sekarang, kamu bisa live dan pastikan tetap mematuhi kebijakan TikTok. 

Cara Menyembunyikan Live TikTok dari Orang Tertentu

Cara Mengatur Notifikasi Live dari Orang Lain

Kamu tidak bisa menyembunyikan live dari orang tertentu. Tapi orang tersebut dapat mengatur agar tidak menerima notifikasi ketika orang lain sedang siaran langsung. Misalkan kamu tidak ingin tahu pengguna A sedang live. Seperti inilah caranya:

  • Buka menu Profil di TikTok. 
  • Tekan ikon humberger, lalu pilih Pengaturan dan privasi
  • Setelah itu, masuk ke menu Notifikasi
  • Scroll dan pilih Pengaturan notifikasi LIVE. 
  • Matikan opsi Dapatkan notifikasi LIVE dari akun yang Anda ikuti. 
  • Jika ingin memilih akun tertentu, cek daftar following-mu. 
  • Pilih akunnya dan klik tanda lonceng di sampingnya. 
  • Kemudian, pilih opsi Tidak ada. 

Demikianlah solusi yang dapat kamu coba karena cara menyembunyikan live TikTok dari orang tertentu tidak tersedia. Kamu hanya bisa melakukan pembatasan dengan fitur yang ada. Bisa menonaktifkan status live saat komalan atau melakukan kontrol penonton. 

error:
Scroll to Top