Cara Memperbaiki Keyboard Laptop

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop

Laptop adalah salah satu barang yang penting untuk dimiliki karena memiliki banyak fungsi dan dapat menunjang kebutuhan seperti untuk pekerjaan, hiburan, belajar, dan masih banyak lagi. Dan salah satu bagian paling penting pada laptop yaitu keyboard, dan keyboard ini merupakan kompenen yang rentan mengalami kerusakan. Untuk itu penting kiranya untuk mengetahui cara memperbaiki keyboard laptop.

Kerusakan pada keyboard dapat terjadi karena berbagai faktor seperti terkena debu, tersiram air, dan lain-lain. Namun ada kalanya keyboard laptop tiba-tiba eror tanpa kamu mengetahui penyebabnya.

Apabila terjadi kerusakan pada keyboard tentu akan menganggu aktifitas penggunaan laptop karena jika keyboard rusak kamu akan kesulitan melakukan aktifitas mengetik di laptop.

Akan tetapi jika laptop kamu rusak kamu bisa melakukan beberapa cara terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membawa laptop ke tempat service.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop
Memperbaiki Keyboard Laptop

Jika keyboard laptop kamu tiba-tiba rusak karena berbagai faktor eksternal, ataupun eror karena faktor internal dari laptop yang tidak kamu ketahui jangan panik dulu. Ada beberapa langkah yang bisa kamu coba lakukan sendiri terlebih dahulu, jika masih belum bisa mengatasi kerusakan keyboard baru kamu bisa membawanya ke tempat service laptop.

Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki keyboard kamu secara mandiri, simak !.

1. Cek Fungsi Dari Num Lock

Cara yang pertama kamu bisa melakukan pengecekan pada bagian Num Lock, saat tombol ini aktif tanpa kamu sadari keyboard utama laptop kamu akan terkonversi menjadi keypad numerik atau angka.

Related  Cara Memperbaiki Lampu LED

Jadi jika tombol ini aktif beberapa bagian keyboard laptop tidak akan bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Untuk itu kamu bisa menekan tombol Fn dan Num Lock secara bersama-sama. Namun permasalahan ini hanya dapat terjadi pada jenis keyboard tertentu.

2. Melakukan Restart Laptop

Cara berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah melakukan restart laptop, jika memang keyboard kamu eror buka karena cara pertama diatas maka kamu bisa melakukan restart pada laptop kamu, restart laptop bisa memperbaiki banyak masalah sistem operasi secara langsung.

Apabila laptop kamu tidak bisa di-restart kamu bisa menekan tombol power bebrapa detik sampai laptop kamu mati, jika kamu sudah melakukan restart namun keyboard kamu masih tetap bermasalah maka kamu bisa mencoba cara lainnya.

3. Melakukan System Restore

Berikutnya jika kamu merasa bahwa keyboard laptop kamu tidak berfungsi dengan semestinya setelah kamu melakukan instal suatu program maka kamu bisa mencoba melakukan system restore. Cara melakukan system restore adalah dengan cara buka Menu Start kemudian ketik Recovery, jika sudah pilih Configure Sytem Restore untuk kamu pengguna Windows 10.

Jika kamu melakukan system restore, laptop kamu akan kembali ke keadaan dimana kamu belum menginstal program yang bermasalah. Jadi semua program yang kamu instal setelah program bermasalah tersebut akan secara otomatis hilang. Jadi jangan lupa untuk melakukan back up terlebih dahulu.

4. Perbaiki Driver Keyboard

Salah satu faktor lain yang bisa menyebabkan keyboard laptop tidak berfungsi dengan baik adalah karena terjadi eror pada bagian driver. Penyebabnya bisa beragam yaitu bisa karena virus, karena masalah software ataupun karena aplikasi tertentu.

Untuk bisa memperbaikinya kamu harus mengecek Driver Manager untuk bagian keyboard. Apabila ada tanda segitiga berwarna kuning itu berarti driver keyboard kamu bermasalah. Caranya kamu harus melakukan download dan instal ulang driver terbaru dari situs produsen merek laptop yang kamu miliki.

Related  Cara Install Xapk

5. Bersihkan Debu dan Kotoran Pada Keyboard

Berikutnya kamu juga bisa mencoba melakukan pembersihan debu dan kotoran pada keyboard laptop, karena salah satu penyebab kerusakan laptop yang sering terjadi adalah karena debu dan ktoran yang terselip diantara keyboard.

Cara memberisihkannya adalah dengan memiringkan atau membalikan laptop 45 sampai 75 derajat sambil mengoyangkanya. Kamu juga bisa menggunakan vakum kecil untuk membersihkan debu.

6. Cek Pengaturan pada Keyboard

Jika permasalahan keyboard pada laptop kamu adalah keyboard mengetik sendiri dan jumlah huruf yang ditekan pada keyboard tidak sesuai kamu bisa mengatasinya dengan cara mengecek pengaturan keyboard laptop kamu.

Langkahnya pergi ke Start Menu dan pilih Control Panel. Setelah itu pilih opsi Ease of Access, kemudian pilih opsi Make the keyboard easier to use. Jika sudah pilih Setup filter key, dan klik Uncheck All.

7. Ubah Layout Keyboard

Penyebab keyboard tidak berfungsi dengan baik salah satunya adalah karena layout-nya. Bisa jadi karena layout keyboard tidak cocok, sebagian fungsi keyboard akan mati atau ada huruf yang muncul di layar berbeda dengan yang ditekan pada keyboard.

Untuk memperbaikinya, kamu bisa membuka menu Start, ketik Searching “Language” di kolom pencairan, setelah itu tentukan bahasa yang ingin digunakan, klik Options, lalu pastikan bahwa tulisan yang terpampang adalah “US QWERTY”. Agar masalah tersebut tak terjadi kembali, kamu dapat menghapus beberapa layout yang tak dibutuhkan.

8. Perbaiki Konektor Keyboard

Salah satu penyebab keyboard kamu tidak berfungsi dengan baik, mungkin karena konektor pada keyboard tidak berpasang dengan baik atau bisa jadi konektornya renggang. Jika hal ini terjadi pada keyboard laptop kamu  untuk lebih amannya kamu bisa meminta bantuan orang yang lebih ahli untuk melakukan pemasangan konektor dengan pas.

Related  Cara Keluar dari Google Classroom

9. Lepaskan Baterai Laptop

Jika beberapa tombol keyboard  laptop tidak berfungsi kamu bisa mencoba melakukan reset. Dengan cara ini biasanya keyboard bisa berfungsi normal. Berikut langkah-langkahnya :

  • Lakukan Shut Down pada laptop
  • Setelah itu lepaskan baterai laptop dan kabel adapter, lalu diamkan 1 menit.
  • Jika sudah sudah tekan dan tahan tombol power selama 60
  • Kemudian masukan kembali baterai.
  • Lalu hidupkan kembali laptop kamu.

10. Ganti Keyboard Bawaan

Jika konektor keyboard di laptop terhubung tetapi keyboard Anda masih bermasalah, cara memperbaikinya adalah dengan mengganti keyboard bawaan laptop tersebut. Cara ini juga bisa jadi solusi terbaik untuk permasalahan beberapa tuts keyboard yang tidak berjalan dengan baik.

Untuk mengganti keyboard bawaan, Anda bisa mencari keyboard di toko online dengan menuliskan tipe laptop tersebut atau membeli langsung ditempat service laptop kamu bisa membeli sesuai dengan tipe laptop kamu. Jika sudah kamu bisa melakukan pemasangan sendiri atau pergi ke tempat service laptop.

11. Menggunakan Keyboard On-Screen

Apabila kamu sudah mencoba semua cara untuk memperbaiki keyboard laptop, namun keyboard kamu masih tidak bisa digunakan kamu bisa menggunakan keyboard on-screen untuk sementara waktu.

Caranya adalah kamu bisa pergi ke menu Start, setelah itu pilih Program, Accessories, setelah itu Accessibility, lalu klik On-Screen Keyboard.  Jika sudah berhasil akan muncul layout keyboard dilayar laptop yang bisa kamu gunakan untuk mengetik.

12. Menggunakan Keyboard USB atau Wireless

Jika keyboard kamu tidak bisa berfungsi dengan baik, namun kamu belum memiliki ongkos untuk melakukan service pada keyboard laptop kamu. Kamu bisa memilih menggunakan keyboard eksternal, baik yang keyboard jenis USB atau Wireless. Dengan menggunakan keyboard eksternal ini kamu bisa tetap beraktifitas mengetik menggunakan laptop kamu dengan bantuan keyboard eksternal.

Demikianlah cara memperbaiki keyboard yang bisa kamu coba sendiri, jika keyboard kamu masih belum bisa digunakan kamu bisa membawanya ke tempat service laptop supaya keyboard kamu bisa berfungsi dengan baik seperti sedia kala. Semoga bermanfaat.

error:
Scroll to Top