GEMATOS.ID | Tiktok memiliki popularitas yang tidak pernah surut, bahkan hampir setiap bulannya ada 800 juta pengguna yang aktif di Tiktok. Karena itulah, para pebisnis jangan pernah menyia-nyiakan kesempatan ini dengan cara iklan di Tiktok Ads.
Titkok Ads sendiri sama dengan fitur Ads yang tersedia pada media sosial lainnya. Namun biaya untuk Tiktok Ads sendiri dapat dibedakan ke dalam 2 pilihan, yaitu pilihan daily atau harian dan seumur hidup atau lifetime. Kamu sebagai pengguna dapat memilihnya tergantung kebutuhan.
Banyak orang yang beriklan melaui Tiktok Ads, karena Kamu dapat menargetkan audiens dengan spesifik sesuai lokasi, jenis kelamin, minat, usia, lokasi dan lainnya. Belum lagi. Lantas, bagaimana cara iklan di Tiktok Ads?
Cara Iklan di TikTok
Jika Kamu ingin beriklan di Tiktok Ads, maka cara iklan di Tiktok Ads bisa dimulai dengan membuat akun Tiktok Ads terlebih dahulu.
1. Buat Akun Tiktok Ads Manager ✔️
Pertama, Kamu bisa buat akun Tiktok Ads manager terlebih dahulu. Berikut langkah-langkahnya :
- Silahkan masuk ke peramban web Chrome dan ketikkan Tiktok Ads Manager.
- Selanjutnya, klik web Advertising on Tiktok atau Tiktok Ads.
- Kamu akan dibawa Login ke Tiktok For Business. Silahkan tekan Sign Up Now pada bagian atas.
- Selanjutnya, Kamu akan dibawa ke menu pengisian data-data untuk mendaftar Tiktok Ads Manager. Silahkan isi email, passwod, dan verifikasi kode yang dikirimkan ke email. Lanjutkan dengan mencentang persetujuan dan klik Sign up.
- Kemudian Kamu bisa melanjutkan Create an Account. Isi lagi data-data yang dibutuhkan dan klik Register sesudahnya.
2. Deskripsikan Bisnis Kamu ✔️
Di halaman selanjutnya, deskripsikan bisnis Kamu. Isikan Website Bisnis/Perusahaan (jika ada), isi Billing Information dengan lengkap.
Selanjutnya, masuk ke Payment Type, ada pilihan Automatic Payment dan Manual Payment. Kamu bisa memilih Manual Payment jika tidak mau langsung auto debet saat beriklan.
3. Memilih Jenis Bisnis ✔️
Masih di halaman bisnis, Kamu bisa memilih Simplified Mode atau Custom Mode.
- Simplified Mode, ini adalah mode beriklan paling simpel bahkan untuk pemula sekalipun.
- Custom Mode, untuk pilihan mode ini Tiktok memberikan akses penuh pada advertiser dan Kamu dapat melakukan banyak hal lewat custom mode ini.
Silahkan pilih antara kedua mode tersebut, jika Kamu mau memiliki akses penuh terhadap iklan bisa memilih custom mode.
4, Menetapkan Tujuan Kampanye (Iklan) ✔️
Cara iklan di Tiktok selanjutnya adalah tentukan tujuan kampanye. Ada 3 jenis tujuan yang bisa Kamu pilih, antara lain apakah untuk meningkatkan kesadaran merek, untuk pertimbangan, atau untuk konversi (penjualan).
Silahkan pilih tergantung dari jenis tujuan yang ingin Kamu capai. Adapun untuk memilih tujuannya, silahkan cek langkah-langkah berikut :
- Di dashboard platform Tiktok Ads, ketuk Campaign pada menu bar dan tekan Create.
- Lalu tentukan tujuan kampanye sesuai target usaha Kamu, misalnya untuk Traffic atau Kesadaran/Kunjungan, App Install atau untuk Conversion/penjualan. Misalnya tujuanmu untuk conversion dan memilih Shop Purchase.
5. Mengatur Anggaran Kampanye ✔️
- Pilih anggaran total atau anggaran harian.
- Kemudian isikan dengan jumlah budget yang Kamu inginkan. Selain itu, pastikan pula anggaran sesuai strategi marketing Kamu.
6. Membuat Ad Group dan Isi Ad Type ✔️
Kamu tinggal membuat ad group untuk kampanye, dengan cara isi Ad Group nameb pada kolom yang tersedia. Untuk Ad Type pilih Video Shopping.
7. Tentukan Target Audiens ✔️
Untuk target audiens ini, Kamu bisa memilih demografi, lokasi, perilaku dan minat dari target audiens Kamu. Silahkan piih pula penempatan iklan, baik secara otomatis maupun memilih penempatan manual.
8. Memilih Format Iklan ✔️
- Ada beberapa jenis format iklan yang bisa Kamu pilih, antara lain TopView, In Feed Video Branded Hashtag Challenge serta yang lainnya.
- Silahkan pilih jenis format ikmlan yang sesuai tujuan kampanye Kamu.
9. Membuat dan Posting Materi Iklan ✔️
- Persiapkan materi promosi untuk iklan sesuai spesifikasi yang Tiktok sarankan.
- Unggah gambar atau video beriklan lalu tambahkan teks, link dan CTA.
- Konten iklan yang Kamu buat harus menarik, sesuai kebiasaan para pengguna Titkok.
10. Mengatur Jadwal Berikut Anggaran ✔️
- Silahkan tentukan jadwal untuk penayangan iklan, baik itu dalam periode waktu tertentu atau terus menerus.
- Kamu juga bisa mengatur anggaran Ad Group sama seperti pengaturan budget untuk kampanye.
Cara Menautkan Akun Tiktok Shop ke Tiktok Ads
Jika Kamu ingin memasang iklan di Tiktok Ads langsung ke Tiktok Shop, maka bisa coba cara pasang iklan di Tiktok ads ini, tanpa harus lewat website terlebih dahulu. Di sini kita akan menghubungkan akun Tiktok Ads Manager dengan akun Tiktok Shop. Untuk langkah-langkahnya yang bisa Kamu coba adalah sebagai berikut :
- Masuk ke Tiktok Ads Manager.
- Jika sudah, masuk ke tab Menu yang berwarna biru sebelah keranjang.
- Selanjutnya masuk ke User Settings.
- Kemudian Kamu akan disuguhkan dengan tampilan Menu Profile dan Kamu akan menemukan Tiktok Account.
- Jika sudah, klik Link Tiktok Account.
- Lalu Kamu akan dibawa pada menu Log in to Tiktok. Silahkan pilih opsi yang mana untuk masuk ke akun Tiktok.
- Misal Kamu memilih Use QR Code. Setelah itu, tautkan kode QR dari akun Tiktok. Namun sebelum menautkannya, pastikan terlebih dahulu akun Kamu telah diubah ke dalam akun bisnis.
- Jika sudah terdeteksi dan otomatis dari Tiktok Ads akan langsung masuk ke akun Tiktok Business.
- Silahkan gulir layar ke bawah dan klik Authorize.
- Kamu tinggal tunggu, dan selamat akun Tiktok Shop Kamu sudah tertaut ke akun Ads Manager.
Keuntungan Menautkan Tiktok Shop ke Tiktok Ads
Dengan menautkan Tiktok Shop ke Tiktok Ads, Kamu akan mendapatkan banyak keuntungan, antara lain :
1. Eksposur Meningkat
Kamu bisa memperluas jangkauan brand atau merek kepada para pengguna Tiktok dengan lebih luas. Selain itu, iklanmu akan muncul pada beranda pengguna Tiktok yang ditargetkan, sehingga menawarkan kesempatan untuk dapat menarik pelanggan potensial lebih banyak lagi.
2. Keterlibatan Lebih Besar
Platform Tiktok memang sangat interaktif, serta iklan Kamu bisa menarik minat para pengguna secara efektif jika dibandingkan dengan platform sosial media yang lain. Kamu bisa memakai berbagai macam format iklan kreatof agar pengguna tertarik untuk berinteraksi bersama toko Kamu.
3. Membidik Target Audiens dengan Tepat
Tiktok Ads menawarkan berbagai opsi penargetan, karenanya Kamu bisa menyesuaikan iklan dengan audiens paling relevan sesuai layanan maupun produk Kamu. Hal tersebut dapat membantu meningkatkan konversi sekaligus mengoptimalkan budget yang Kamu keluarkan untuk beriklan.
4. Data Analisis Secara Mendalam
Di dalam Tiktok Ads, Kamu juga akan diperlihatkan data analisis secara mendalam mengenai kinerja iklan, termasuk tingkat keterlibatan, jumlah tayangan dan konversi. Melalui analisis data tersebut, Kamu bisa memperbaiki strategi marketing, meningkatkan ROI dan mengidentifikasi peluang yang baru.
Kembangkan bisnis Kamu sekarang juga dengan cara iklan di Tiktok Ads secara maksimal. Sehingga Kamu bisa menjangkau audiens secara optimal untuk tingkatkan konversi penjualan.