Cara Membuat Iklan di Facebook

Cara Membuat Iklan di Facebook dengan Benar (Terbaru)

Bagaimana cara membuat iklan di facebook? Apa saja yang harus dipersiapkan untuk bisa membuat iklan di facebook? apakah ada syarat dan ketentuan untuk membuat iklan di facebook?

Bicara tentang iklan di facebook, mungkin hal ini cukup asing di telingamu. Apalagi, jika kamu hanya pengguna facebook yang sekedar mencari teman ataupun berkomunikasi dengan daftar teman yang ada di facebook kamu.

Sebagaimana kita tau, facebook memang dikenal sebagai layanan sosial media yang cukup besar. Dengan adanya facebook, kita bisa mencari teman, mengirim pesan lewat chat messenger, ataupun mengupdate status, membagikan foto, dan juga video ke beranda facebook kita.

Karena memang, facebook sendiri saat ini sudah cukup besar dan mampu membeli saham dari beberapa sosial media lain, mulai dari Whatsapp, Instagram, dan juga Snapchat. Itulah mengapa, saat ini masih banyak para pengguna facebook yang bergantung untuk sekedar membagikan posting, atau juga masuk kedalam grup facebook untuk menemukan informasi dan juga mendapatkan teman baru.

Dan gak cuma itu aja kok. Karena facebook sampai saat ini masih memiliki banyak pengguna aktif, akhirnya banyak banget para pemilik produk atau brand, dan juga para internet marketer yang memanfaatkan facebook untuk mengiklankan produk mereka.

Hal ini sendiri bukan tanpa alasan. Melainkan, kegiatan iklan di facebook sendiri memang memberikan keuntungan sendiri untuk para peminatnya. Mereka bisa mengiklankan produk yang mereka jual, sesuai dengan target audiens atau target pasar atas produk mereka.

Selain itu, iklan di facebook juga kerap digunakan untuk para blogger yang menggunakan facebook ads to adsense, yang mana iklan dari google adsense di website mereka bisa tayang di facebook untuk mendapatkan income ataupun earning lebih dari adsense dan juga facebook.

Itulah mengapa, jika saat ini para marketer lebih senang menggunakan facebook sebagai alternatif untuk media promosi untuk produk ataupun brand yang mereka miliki. Sebenarnya, gak cuma itu aja kok.

Untuk kamu yang mungkin memiliki fanspage facebook dan ingin mempromosikan postingan kamu agar mendapatkan jumlah likes yang lebih banyak, kamu juga bisa kok menggunakan iklan facebook untuk mempromosikannya. Dan tentunya, caranya gampang banget.

Cara Membuat Iklan di Facebook

Cara Membuat Iklan Facebook
Membuat Iklan Facebook

Tapi sayangnya, karena perubahan interface atau tampilan dan juga kebijakan serta pembaruan dari facebook, alhasil masih banyak pengguna baru yang tidak mengetahui tentang tata cara membuat iklan di facebook untuk mulai mempromosikan produk, brand atau bahkan postingan fanspage mereka. Tapi jangan dulu khawatir, karena disini mimin akan menjelaskan tentang cara mudah untuk membuat iklan di facebook, yang bisa kamu coba.

Related  Cara Membuat Channel Youtube yang Benar

Langkah 1. Membuat Facebook Pages / Halaman Facebook

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat Pages Facebook atau halaman facebook. Page facebook sendiri sebenarnya gak jauh beda dengan fanspage facebook. Namun, untuk bisa mengiklan di facebook, kamu harus terlebih dahulu membuat halaman facebook bisnis. Caranya juga gampang banget kok.

  • Login ke akun Facebook kalian
  • Setelah itu kunjungi laman pembuat Facebook pages di https://www.facebook.com/pages/creation/
  • Pilih kategori pages facebook kalian sebagai bisnis / merek
  • Lalu kamu akan diarahkan ke laman pembuatan facebook pages.

Jika sudah, maka kamu akan diminta untuk melengkapi seluruh data yang dibutuhkan dalam pembuatan facebook pages. Pastikan kamu mengisi data facebook pages kamu sesuai dengan brand atau produk yang kamu kelola. Hal ini tentunya akan memudahkan kamu agar ditemukan oleh pengguna facebook lain sesuai dengan produk atau brand yang kamu iklankan.

Langkah 2. Lengkapi Profile Facebook Pages

Jika sudah, maka kamu bisa langsung untuk melengkapi profile dari halaman atau facebook pages yang sudah kamu buat tadi. Setelah mengisikan informasi dasar seperti nama halaman facebook, detail dan kategori, deskripsi dan lain lain, maka selanjutnya kamu bisa masuk ke tahapan selanjutnya.

Disini, kamu bisa melengkapi profile facebook dengan menambahkan foto profile dari facebook pages kamu, menambahkan foto cover atau foto sampul dari facebook pages, dan juga membuat postingan pertama kamu, serta menambahkan deskripsi dari facebook pages yang kamu buat.

Selain untuk membangun identitas dari facebook pages yang kamu miliki, cara ini juga memudahkan kamu dalam melakukan verifikasi dan juga memudahkan facebook dalam mengidentifikasi facebook pages yang kamu buat, adalah asli dan bukan spam atau sembarangan.

Related  Cara Membuat Google Drive

Langkah 3. Buka Facebook Ads

Jika sudah melengkapi tahapan informasi dasar dan juga profile facebook pages, maka selanjutnya kamu bisa langsung masuk untuk pembuatan iklan. Disini, kita perlu masuk kedalam facebook ads untuk memulai membuat iklan pertama kamu di facebook.

  • Login ke facebook yang kamu miliki dan masuk ke laman facebook pages yang kamu buat tadi
  • Setelah itu, kunjungi laman facebook ads di link https://www.facebook.com/ads/manage
  • Nantinya, kamu akan langsung diarahkan ke laman facebook ads manager, untuk mengatur dan membuat iklan pertama kamu

Disini, kamu bisa langsung mengklik pada pilihan buat unit iklan baru dan lengkapi semua data yang dibutuhkan. Biasanya, kamu perlu menunggu sampai diarahkan ke laman pembuatan iklan baru, tergantung dengan koneksi internet yang kamu miliki.

Langkah 4. Pilih Jenis Iklan

Setelah mengklik pada laman buat iklan baru, maka selanjutnya kamu akan diminta untuk memilih jenis iklan yang akan digunakan. Sekiranya, disini kamu bisa memilih salah satu jenis iklan yang disediakan oleh pihak facebook untuk mengiklankan produk yang kamu miliki. Tetapi, untuk memudahkan kamu dalam prosess pembuatan iklan, kamu bisa mengklik pada iklan otomatis, ataupun iklan terpadu.

Nah, kategori iklan terpadu ini merupakan fitur dimana kamu bisa mengatur siapa saja atau target pasar dari iklan yang akan kamu buat. Kamu bisa memilih untuk kategori audiens yang akan melihat iklanmu. Mulai dari

  • Usia
  • Device
  • Minat dan ketertarikan
  • Jangkauan
  • Lalu Lintas Traffic (jaringan internet yang digunakan)
  • dan masih banyak lagi.

Jika kamu sudah mengerti tentang pengaturan iklan terpadu, kamu boleh untuk mengatur sendiri target pasar atau audiens dari iklan kamu. Namun, apabila kamu masih belum mengetahui betul, cukup gunakan iklan cepat agar kemudian facebook akan menentukan sendiri jenis iklan yang akan ditampilkan.

Related  Cara Keluar dari Facebook

Langkah 5. Lengkapi Detail Iklan

Setelah itu, kamu bisa langsung melengkapi detail iklan yang kamu miliki. Disini, kamu bisa menambahkan gambar untuk muncul pada iklan, deskripsi iklan, dan juga keterangan lain dari iklan yang kamu buat.

Usahakan untuk membuat deskripsi ataupun judul iklan yang menarik. Hal ini sangat mempengaruhi CPC atau Cost Per Click yang akan dikeluarkan untuk biaya iklan kamu, dan juga menjadi penentu apakah iklan kamu akan mendapatkan banyak klik, atau tidak.

Jadi, gunakan tagline dan juga deskripsi yang menarik, serta membuat audiens merasa penasaran dan akhirnya mengklik iklan yang kamu buat. Kamu juga bisa mengatur posisi atau tempat dimana iklanmu akan tampil pada laman facebook.

Kamu bisa memilih bilah bar sebelah kanan untuk target audiens pengguna facebook yang mengaksessnya lewat komputer ataupun desktop, atau juga kamu bisa menggunakan iklan dengan posisi di post timeline untuk mereka yang menggunakan facebook lewat smartphone.

Pada tahap ini juga kamu bisa mengatur budget atau modal yang kamu gunakan untuk mengiklankan produk atau brand kamu di facebook. Kamu bisa menyesuaikan sendiri nilai maximal yang kamu miliki, agar kemudian dapat dilakukan perhitungan ulang dengan biaya per klik dari iklan yang muncul.

Langkah 6. Lakukan Pembayaran

Terakhir, kamu tinggal melakukan pembayaran atas iklan yang kamu buat, sesuai dengan jumlah budget yang kamu tulis di bagian sebelumnya. Kamu bisa menggunakan beragam metode yang tersedia dari facebook. Umumnya, untuk pengguna di Indonesia mereka akan menggunakan metode bank transfer, karena hal ini sangat lumrah dan mudah untuk digunakan.

Sampai sini, kamu sudah berhasil untuk membuat iklan pertama kamu di facebook. Gimana, gampang banget kan cara membuat iklan di facebook yang baru saja mimin jelaskan tadi? Tertarik untuk mencobanya? Semoga bermanfaat.

error:
Scroll to Top