Cara Cek No Rekening BRI yang Benar

Apa saja langkah dan cara cek no rekening bri? Apa yang harus dilakukan ketika pengguna lupa nomor rekening mereka? Bagaimana cara mengetahui nomor rekening bri sendiri?

Ngomongin tentang nomor rekening, mungkin sebagian dari kita udah gak lagi asing kalau ditanya tentang ini. Yaps, nomor rekening merupakan nomor identitas yang biasa diberikan oleh bank untuk para pemilik rekening. Rekening sendiri biasanya digunakan untuk berbagai jenis hal yang berkaitan dengan keuangan. Dalam kegunaannya, nomor rekening menjadi nomor tujuan untuk pengguna lain ketika ingin mengirim uang ke pemilik rekening.

Nomor rekening sendiri cukup beragam, hal ini sendiri tergantung dari bagaimana pihak bank memberikan kamu nomor rekening untuk melakukan transaksi. Dengan adanya nomor rekening, tentu memudahkan antar pengguna dalam melakukan transaksi keuangan darimanapun dan kapanpun.

Transaksi yang biasa dilakukan adalah transfer antar bank, ataupun melakukan pembayaran virtual account pada beberapa marketplace ataupun layanan virtual lainnya. Tapi gak sampai situ aja sob, nomor rekening sendiri memiliki peran penting untuk para pengguna, ketika mereka sudah masuk dalam dunia pekerjaan. Karena, biasanya upah gaji yang diterima akan otomatis di transfer ke rekening para karyawan pada tanggal yang sudah ditentukan.

Itulah mengapa, penting banget bagi kita yang sudah masuk dalam kategori minimal dalam pembuatan rekening, untuk memiliki rekening bank untuk membantu kebutuhan keuangan kita. Salah satu Bank di Indonesia yang cukup mimin sarankan adalah BRI.

Siapa sih yang gak kenal dengan BRI? Bank Rakyat Indonesia atau BRI ini, merupakan layanan Bank yang sudah cukup lama ada di Indonesia, dan tersedia di berbagai wilayah Indonesia. Bank BRI tak hentinya memberikan pelayanan terbaik untuk para nasabahnya, terlebih untuk urusan keuangan.

Mulai dari layanan mobile banking, sms banking, dan juga internet banking, semua bisa dilakukan ketika kamu mulai untuk membuka rekening BRI. Dan gak cuma itu aja sob, kamu juga bisa memilih ragam jenis tabungan ketika membuka rekening BRI. Mulai dari rekening untuk pendidikan, masa depan, investasi, atau bahkan untuk sekedar keperluan pribadi.

Related  Cara Cek No Pelanggan First Media (Paling Mudah) Via Email

Untuk prosess pembukaan rekeningnya pun cukup mudah. Kamu hanya memerlukan KTP, dan juga setoran awal ketika membuka rekening. Setelah itu, barulah kamu akan mendapatkan buku tabungan beserta ATM untuk digunakan ketika harus melakukan transaksi keuangan.

Cara Cek No Rekening BRI

Cek No Rekening BRI
Cara Cek No Rekening BRI

Sayangnya, karena Bank BRI memiliki 15 Digit nomor rekening, alhasil banyak banget para nasabah baru dari Bank BRI yang kadang kebingungan untuk menghafal ataupun mengetahui nomor rekening BRI yang mereka miliki. Padahal, hal ini sendiri sangat penting untuk diketahui ketika seseorang ingin mentransfer uang ke rekening kalian.

Dan pada artikel inilah, kita akan mengulas sedikit tentang cara cek no rekening bri dengan beberapa cara mudah.  Seperti

Cara Cek No Rekening BRI lewat BRI Mobile

Cara pertama yang mimin sarankan untuk kamu bisa mengetahui no rekening BRI kalian adalah dengan menggunakan Mobile Banking BRI, yang bernama BRImo. Tapi, pastikan dulu kamu sudah melakukan pendaftaran dan juga aktivasi untuk mobile banking BRI, ketika membuka rekening untuk pertama kali ya.

Caranya

  1. Buka aplikasi BRImo atau BRI mobile di smartphone kalian
  2. Setelah itu login seperti biasa menggunakan user id dan juga password yang sudah didaftarkan sebelumnya
  3. Jika sudah, kamu bisa langsung memilhi menu Transfer
  4. Tunggu beberapa saat, dan klik pada menu Transfer Antar Bank
  5. Jangan dulu panik, disini kamu gak perlu transfer ke siapapun kok. Melainkan hanya melihat informasi rekening kamu
  6. Biasanya nomor rekeningmu akan tertera pada bagian pengirim, dan disitulah kamu dapat mengetahui nomor rekening kalian

Cara ini terbilang mudah, karena saat ini biasanya para pengguna atau nasabah bank BRI sudah terlebih dahulu mendaftarkan rekening mereka untuk bisa menggunakan mobile banking BRI. Jadi, kamu tidak perlu khawatir ketika lupa nomor rekening kalian.

Related  4+ Cara Blokir Nomor Telkomsel yang Hilang Tanpa ke GraPARI

Cara Cek No Rekening BRI lewat Buku Tabungan

Kemudian untuk cara yang kedua, kamu bisa melakukan pengecekan no rekening bri secara manual dengan melihat buku tabungan BRI kalian. Seperti yang udah mimin jelaskan pada paragraph awal, ketika melakukan pembukaan rekening kamu akan mendapatkan buku tabungan dan juga ATM.

Nah, kamu bisa kembali memeriksa atau mencari buku tabungan BRI kamu dan melihat pada bagian awal atau lembar pertama dari buku rekening BRI kalian, karena disitu akan tertera informasi mengenai rekening kamu. Mulai dari Nomor Rekening, Cabang tempat kamu membuat rekening, dan juga hal lain yang tertera didalamnya.

Tapi gimana kalau buku rekeningnya hilang? Tenang, kamu bisa coba cara selanjutnya. Yaitu

Cara Cek No Rekening BRI lewat ATM

Kalau kamu sering melakukan tarik tunai, mungkin kamu gak asing dengan mesin ATM BRI. Selain bisa untuk melakukan penarikan uang tunai, kamu juga bisa kok melakukan pengecekan nomor rekening melalui ATM BRI yang  sering kamu kunjungi. Caranya

  1. Kunjungi ATM BRI terdekat disekitarmu
  2. Masukkan kartu ATM, dan pilih bahasa
  3. Masukkan 6 Digit PIN ATM yang kamu punya
  4. Setelah itu klik pada menu Transaksi Lainnya
  5. Tunggu beberapa saat, dan pilih lagi menu Mutasi Rekening
  6. Kemudian nantinya akan muncul informasi mengena rekening kamu, termasuk nomor rekening BRI kalian

Catat Nomor rekening yang muncul di layar mesin ATM di ponsel kamu. Atau, kamu juga bisa memfoto bagian layar ATM dengan ponsel yang kamu bawa. Dan jika sudah, kamu bisa langsung mengklik pada tombol Cancel untuk membatalkan transaksi dan mengambil kartu ATM yang masih ada didalam mesin.

Cara Cek No Rekening BRI lewat Internet Banking

Kemudian untuk cara selanjutnya, kamu juga bisa menggunakan bantuan atau layanan internet banking BRI. Sebenarnya, cara ini juga sama kok seperti mobile banking bri. Dimana kamu harus melakukan pendaftaran dan aktivasi terlebih dahulu. Namun, beda dari Internet Banking ini adalah kamu bisa melakukannya di komputer, laptop, atau bahkan smartphone jika mungkin belum menggunakan BRI Mobile. Caranya

  1. Buka terlebih dahulu browser di komputer, laptop atau smartphone kalian
  2. Setelah itu, kunjungi situs Internet Banking BRI di https://ib.bri.co.id
  3. Lanjut untuk login menggunakan user id dan password yang sudah didaftarkan sebelumnya
  4. Kemudian setelah masuk ke halaman utama, langsung saja klik Info Rekening
  5. Lalu klik pada menu Info Rekening
Related  Cara Membuka Rekening BRI

Nah, pada laman info rekening ini nantinya kamu akan melihat detail rekening yang kamu miliki, seperti nomor rekening, sisa saldo, dan lain sebagainya. Catat nomor rekening bri yang tertera, baik di note pada ponsel, ataupun pada selembar kertas.

Cara Cek No Rekening BRI lewat Call Center

Kemudian untuk cara yang terakhir, kamu dapat mengetahui nomor rekening bri kamu, dengan menghubungi pihak call center BRI melalui panggilan ponsel. Nah, hal ini sebenarnya sama seperti cara cek no rekening bca yang sebelumnya sudah mimin bagikan. Dimana, kamu harus memiliki pulsa aktif dan mempersiapkan beberapa data yang dibutuhkan. Dan untuk caranya sendiri adalah sebagai berikut

  1. Hubungi call center BRI di nomor 14017
  2. Tunggu sampai panggilan kamu tersambung
  3. Jika sudah terhubung, disinilah kamu bisa menceritakan keluhanmu jika kamu lupa nomor rekening dan ingin mengetahui no rekening bri yang kamu miliki.
  4. Setelah itu, pihak call center akan membantumu untuk melakukan validasi data dan meminta kamu untuk menyebutkan
    – Nama dan Nomor KTP
    – Email terdaftar
    – Nomor Telpon
    – Nomor Kartu
    – Kantor Cabang tempat kamu membuat rekening (opsional)
  5. Pastikan ketika call center meminta data, kamu menjawabnya dengan benar ya.

Setelah semua data dinyatakan valid, biasanya pihak call center akan menyebutkan nomor rekening kamu. Nah, kamu bisa mencatatnya di aplikasi notes pada ponsel yang kamu gunakan, dan kamu juga bisa kok meminta datamu dikirimkan ke email yang terdaftar, agar kamu dapat menyimpannya dengan baik di smartphone kalian.

Mengetahui nomor rekening sendiri memang menjadi hal yang sangat penting. Karena, hal ini akan memudahkan kamu dalam berbagai hal. Terlebih, dalam urusan transfer, mobile banking, sms banking, dan juga internet banking. Jadi, jangan lupa untuk menyimpan nomor rekeningmu sebaik mungkin, atau kamu juga bisa menghafalkannya agar lebih mudah.

Itulah tadi beberapa cara cek no rekening bri yang bisa kamu coba. Silahkan gunakan cara yang menurutmu paling mudah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

error:
Scroll to Top