Cara Cek Nomor IM3 yang Benar

Apa saja langkah dan cara cek nomor im3? Bagaimana kita bisa mengetahui nomor im3 yang kita miliki? Sebagai pengguna ponsel atau telepon genggam, mungkin sebagain dari kita sangat bergantung dengan sim card atau kartu yang digunakan pada ponsel.

Pasalnya, kartu pada ponsel ini berisi nomor yang menjadi identitas yang dapat digunakan untuk beragam hal. Sebelum masuknya internet pada sim card, pengguna bisa melakukan komunikasi 2 arah kepada pengguna lain dengan melakukan panggilan telpon, ataupun sms. Cara ini memang terbilang jadul, namun hal ini sangat penting untuk menghubungi atau mengabarkan orang lain yang mungkin saja dalam keadaan urgent atau penting.

Hingga akhirnya, masa masa penggunaan pulsa untuk panggilan telpon dan sms mulai perlahan pudar, dan digantikan dengan adanya jaringan internet yang mulai diterapkan pada sim card atau kartu sim card ponsel jenis smartphone. Dari sinilah, mulai muncul beragam aplikasi chatting yang menggantikan peran telpon dan sms yang menggunakan pulsa. Seperti Whatsapp, LINE, Instagram, Twitter, Facebook, dan lain sebagainya.

Akhirnya, para pengguna yang biasa melakukan pengisian ulang atau pembelian pulsa, mulai beralih menggunakan kuota untuk mengaksess aplikasi aplikasi tersebut. Sebab, jika mereka kehabisan kuota, maka mereka tidak dapat mengaksess aplikasi maupun sosmed yang ada di smartphone mereka.

Walaupun demikian, nyatanya nomor hp atau nomor ponsel pada smartphone modern saat ini juga masih menjadi hal penting. Seperti whatsapp contohnya, karena aplikasi ini mengharuskan pengguna mendaftarkan akun mereka dengan nomor telpon yang mereka miliki, agar bisa terhubung dengan pengguna lain lewat nomor telpon juga.

Itulah mengapa, penting banget buat kamu untuk memilih provider sim card yang memiliki jaringan internet ataupun jaringan sinyal yang cukup stabil. Nah, salah satu provider sim card yang saat ini digunakan banyak pengguna smartphone adalah IM3. Sebagaimana kita tau, IM3 sendiri sudah sejak lama hadir di Indonesia, sebagai layanan sim card terbaik, untuk para pengguna.

Related  4+ Cara Cek Nomor M3 (Indosat) yang Baru Update Januari 2024

Dengan memiliki 12 – 13 digit nomor ponsel yang diberikan pada pengguna, mereka bisa dengan mudah terhubung dan juga berkomunikasi dengan pengguna lain kapan saja dan dimana saja. Sehingga, hal ini sangat menguntungkan pengguna dan memudahkan mereka dalam beragam hal.

Sayangnya, walaupun sudah banyak pengguna lama dari kartu IM3, nyatanya tidak semua pengguna mampu atau menghafal nomor im3 milik mereka sendiri. Hal ini sendiri disebabkan karena mereka kerap kali lupa, atau memang tidak mengetahui nomor ponsel mereka sendiri.

Cara Cek Nomor IM3

Cara Cek Nomor IM3
Cek Nomor IM3

Padahal sudah sangat jelas ya, jika mengetahui nomor im3 sendiri menjadi hal yang cukup penting. Tapi gapapa, karena pada artikel ini mimin akan membagikan beberapa cara cek nomor im3 yang dapat kamu gunakan, untuk mengetahui nomor im3 yang kamu punya, ataupun untuk kamu yang lupa dengan nomormu sendiri.

Cara Cek Nomor IM3 lewat Dial Code

Cara pertama yang paling mudah menurut mimin adalah dengan dial code atau kerap dikenal dengan USSD Code. Cara ini sebenarnya sering dipakai untuk melakukan pengecekan pulsa secara manual. Namun, ada juga loh USSD Code atau Dial Code yang bisa kamu pakai untuk melakukan pengecekan nomor IM3 kamu.

  1. Buka aplikasi panggilan atau telpon di smartphone kalian
  2. Setelah itu lanjut untuk mengetikkan kode *888*1*1# lalu tekan OK / Call / Yes
  3. Tunggu beberapa saat sampai akhirnya kamu melihat pop up yang berisikan nomor IM3 yang kamu gunakan saat ini
  4. Jika USSD code yang tadi tidak menampilkan respon apapun, kamu bisa menggunakan dial code lain
  5. Kamu bisa mengetikkan kode *123*30# dan kemudian tekan OK / Call / Yes seperti cara sebelumnya.
Related  Cara Cek HP Oppo yang Benar

Baik dari USSD Code pertama ataupun kedua, keduanya sama sama digunakan untuk menampilkan nomor ponsel atau nomor IM3 yang kamu gunakan. Silahkan sesuaikan saja, karena ketika permintaanmu berhasil di prosess, kamu juga akan menerima pop up balasan dari IM3 yang berisikan nomor yang kamu gunakan.

Cara Cek Nomor IM3 lewat Customer Service

Cara kedua yang bisa kamu gunakan, adalah dengan menghubungi pihak Customer Serivce dari IM3, disini tentunya kamu bisa menggunakan bantuan panggilan yang mengharuskan kamu memiliki pulsa aktif untuk melakukan panggilan.

Dan untuk menghubungi customer service dari IM3 sendiri, kamu bisa menghubungi mereka di nomor 185 selama 24 jam. Dan ketika panggilanmu terhubung, kamu bisa langsung menceritakan maksud dan tujuan kamu menghubungi customer service.

Dalam beberapa kasus, mungkin saja pihak customer service akan meminta kamu untuk melakukan validasi data, jika sudah mendaftarkan kartu dengan NIK dan KK, maka mereka akan meminta kamu untuk menyebutkan nama, Nomor NIK, dan Nomor KK yang kamu daftarkan.

Tetapi jika belum, mungkin kamu akan dimintai data pelengkap lain sesuai ketentuan yang berlaku. Jadi, pastikan pada saat validasi data ini, kamu menjawab pertanyaan mereka dengan benar ya.

Cara Cek Nomor IM3 lewat Whatsapp

Kemudian untuk cara yang ketiga, kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi Whatsapp, untuk mengetahui nomor yang kamu gunakan dengan mudah. Tapi pastikan dulu jika nomor kamu memang sudah terdaftar di Whatsapp ya. Caranya

  1. Buka aplikasi Whatsapp yang terinstall di Smartphone kalian
  2. Setelah itu, klik pada titik tiga yang ada di bagian pojok kanan atas aplikasi Whatsapp
  3. Klik pada pengaturan atau Settings
  4. Dan kemudian kamu akan diarahkan ke laman profile whatsapp yang kamu gunakan.
Related  Cara Cek Resi TIKI

Pada laman inilah, kamu akan melihat nama pengguna Whatsapp yang kamu gunakan, foto profile, Bio, beserta nomor IM3 kamu yang terdaftar di Whatsapp. Nah, untuk menyimpan nomor tersebut, kamu bisa men-tap agak lama pada bagian Phone Number atau Nomor Telpon, sampai muncul pop up “nomor telah tersalin” dan barulah simpan nomor tersebut ke daftar kontak yang kamu miliki dengan nama Nomor Pribadi atau Nomor Saya.

Cara Cek Nomor IM3 lewat Aplikasi MyIM3

Kemudian untuk cara yang terakhir, mungkin saja kamu baru diberikan handphone baru oleh teman atau keluargamu, dengan kondisi tinggal pakai tanpa harus mengganti kartu dan menghapus aplikasi yang ada. Dan kebetulan, didalam ponsel tersebtut sudah menggunakan Sim Card IM3 dan ada aplikasi MyIM3. Nah, disini bisa kamu gunakan untuk mengecek nomor IM3 yang kamu miliki. Caranya

  1. Buka terlebih dahulu aplikasi MyIM3, dan pastikan kamu sudah dalam kondisi terlogin atau sudah masuk dalam aplikasi MyIM3
  2. Jika sudah, kamu tinggal menunggu beberapa saat sampai prosess loadingnya selesai
  3. Setelah itu, kamu akan langsung diarahkan ke laman utama atau dashboard dari MyIM3

Nah, pada laman dashboard atau laman utama inilah, kamu akan melihat info detail dari kartu yang kamu gunakan. Untuk nomor IM3 nya sendiri, bisa kamu lihat di bagian paling atas di dekat foto profile. Dan kemudian, kamu bisa melihat detail kartu sepert sisa pulsa, masa aktif kartu, paket internet, dan sisa kuota dari paket internet yang masih dapat digunakan.

Selain itu, kemudahan lain yang ditawarkan aplikasi MyIM3 adalah kamu bisa melakukan pengisian pulsa, pembelian paket internet, atau paket lain secara langsung lewat aplikasi dengan metode pembayaran yang tersedia.

Dan itulah tadi beberapa cara cek nomor im3 yang bisa kamu coba. Silahkan pilih dan gunakan cara yang menurutmu paling mudah, semoga bermanfaat.

error:
Scroll to Top