Cara Melihat Pesan di TikTok

2 Cara Melihat Pesan di TikTok (DM) Lewat Aplikasi dan Situs Web

GEMATOS.ID | Pesan merupakan salah satu fitur di aplikasi TikTok yang digunakan untuk saling bertukar chat dengan pengguna lain. Cara melihat pesan di TikTok sangat mudah. Kamu akan mendapatkan notifikasinya ketika ada chat baru yang masuk di TikTok. 

Fitur Direct Message (Pesan Langsung) pastinya sering kamu temukan di berbagai platform media sosial. Di TikTok sendiri, fitur tersebut sebagai alternatif yang bagus untuk menghubungi teman atau pengguna TikTok lain. Orang lain pun dapat mengirim DM apabila kamu mengizinkannya. 

Berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara melihat direct message yang masuk dari pengguna lain. Selain itu juga diterangkan tentang cara membalas DM yang masuk. Akan dijelaskan pula hal-hal penting terkait fitur Direct Message di aplikasi TikTok. 

Cara Melihat Pesan di TikTok

Cara Melihat Pesan di TikTok
Cara Melihat Pesan di TikTok

Setiap kali kamu menerima pesan langsung di aplikasi TikTok, pasti akan mendapatkan notifikasi. Lewat pemberitahuan tersebut kamu bisa lihat siapakah yang mengirimkan pesan dan apa isinya. Jadi, dapat langsung dilihat tanpa harus masuk ke aplikasi TikTok. 

Tapi agar lebih mudah, disarankan untuk membuka langsung di aplikasi. Karena dengan cara melihat pesan di TikTok, kamu dapat menggunakan fitur-fitur lainnya, seperti membalas chat per baris dan memanfaatkan stiker. Agar lebih jelas tentang cara mengecek Direct Message yang masuk ke akun TikTok, ikuti sana panduan di bawah ini. 

Related  5+ Cara Membuat Akun TikTok Baru di HP yang Sama (Lebih Gampang)

Cara Melihat Pesan di TikTok Lewat Aplikasi ✅

Penjelasan yang pertama adalah cara melihat pesan lewat aplikasi TikTok. Kalau kamu punya akun TikTok dan biasa mengaksesnya via perangkat seluler, maka bisa coba cara ini. Jadi, tinggal buka aplikasi seperti biasanya dan cek pesan yang masuk. Langkah-langkahnya seperti penjelasan berikut ini. 

Langkah 1. Buka Aplikasi TikTok ✔️

Langkah pertama dari cara melihat pesan di TikTok yaitu buka aplikasinya yang biasa kamu gunakan. Kalau belum login ke akun, sebaiknya masuk dulu dengan kredensial yang kamu miliki. Cara inilah yang paling mudah karena TikTok bisa diakses via aplikasi, terlebih jika menggunakan ponsel. 

Langkah 2. Buka Menu Kotak Masuk ✔️

Setelah berhasil login dan membuka aplikasi TikTok, maka kamu akan dibawa ke tampilan awal aplikasi atau halaman Beranda. Namun untuk melihat Direct Message, yang harus kamu lakukan adalah masuk ke menu Kotak Masuk. Menu tersebut terletak di tab bawah bersamaan fitur lain dan berada di sebelah Profil. 

Langkah 3. Lihat Pesan yang Masuk ✔️

Selain untuk melihat Direct Message di aplikasi TikTok, menu Kotak Masuk juga digunakan untuk mengecek notifikasi yang diterima. Semua pemberitahuan di akun TikTok muncul dalam menu tersebut. Bedanya, kalau notifikasi terkumpul dalam kategori tertentu, seperti Aktivitas yang berisi notifikasi kamera dan like

Sedangkan cara melihat pesan di TikTok, tidak perlu membuka kategori notifikasi seperti yang dimaksudkan di atas. Semua pesan akan langsung muncul di tampilan awal menu Kotak Masuk, jadi lihat pesan dari siapa yang baru kamu terima. Username pengirim pesan bisa kamu lihat di sini. 

Langkah 4. Buka Pesan Masuk di TikTok ✔️

Cara Melihat Pesan di TikTok

Untuk melihat detail isi pesan, tinggal klik chat tersebut. Nantinya akan  muncul keterangan kapan waktu pengiriman pesan dan isinya. Sekarang tinggal kirimkan balasan apabila kamu ingin membalas pesan di TikTok. 

Related  Apakah Content Creator Tiktok Dapat Uang? Ini Jawabannya!

Cara Melihat Pesan di TikTok via Web ✅

Cara melihat pesan di TikTok yang kedua ini dilakukan via website. Bisa dicoba apabila kamu biasa mengakses akun TikTok lewat komputer maupun laptop. Selain itu juga jadi solusi saat ruang penyimpanan HP sudah penuh, sehingga tidak perlu menginstal aplikasi. Kalau melihatnya dari situs web TikTok, caranya seperti di bawah ini:

Langkah 1. Buka Situs Web TikTok ✔️

  • Pertama, buka peramban apa saja yang kamu gunakan di perangkat. Contohnya pakai Google Chrome. 
  • Setelah itu, akses alamat tiktok.com.
  • Kalau kamu sudah biasa mengaksesnya lewat web, otomatis sudah masuk ke akunmu karena riwayat login sebelumnya sudah tersimpan. Namun jika masih baru pertama kali, login dulu ke akun TikTok-mu. 

Langkah 2. Buka Direct Message ✔️

Bedanya TikTok versi aplikasi dan web yaitu antara menu notifikasi dengan Direct Message tidak dijadikan satu. Karena itulah, cara melihat pesan di TikTok dapat dilakukan langsung lewat menu yang telah disediakan. Dari halaman awal TikTok Web, cek daftar menu yang ada di atas. Buka DM dengan klik ikon pesawat. 

Langkah 3. Cek Pesan yang Masuk ✔️

Karena tidak bercampur dengan notifikasi, kamu bisa menemukan chat yang masuk dengan mudah. Setelah kamu buka, akan langsung muncul daftar pesan langsung yang pernah atau baru saja kamu terima. Nantinya akan ditampilkan nama pengguna TikTok yang mengirimkan pesan dan isi chat-nya. 

Langkah 4. Lihat Isi Lengkap Pesan Langsung ✔️

Cara Melihat Pesan di TikTok

Berikut ini cara melihat pesan di TikTok Web yang terakhir. Agar dapat melihat isi pesan dengan lebih lengkap, cukup klik username-nya di halaman Direct Message. Selanjutnya, cek isi chat-nya dan balas. 

Related  3 Cara Mengembalikan Akun TikTok Nomor Tidak Aktif, Pasti Berhasil

Cara Membalas Pesan di TikTok ✅

Cara membalas pesan yang diterima di TikTok itu sangat mudah. Ini seperti ketika kamu menerima chat dari platform lain. Tapi, ada dua cara membalas pesan TikTok yang perlu kamu ketahui, yakni membalas secara langsung dan dibalas per baris pesan. Seperti inilah caranya:

Membalas Pesan di TikTok Secara Langsung ✔️

Cara yang pertama, kamu bisa langsung membalas pesan sekaligus. Baik di aplikasi TikTok maupun Web kurang lebih caranya sama saja. Seperti inilah langkah-langkahnya:

  • Buka detail pesan seperti yang sudah dijelaskan di atas. 
  • Untuk membalas, klik kolom balasan yang ada di bawah. 
  • Tuliskan balasanmu pada kolom tersebut. 
  • Kamu pun dapat menggunakan fitur lain. Ikon galeri digunakan untuk mengirimkan video dan gambar ke dalam pesan. Ikon kamera untuk mengambil gambar secara langsung. Sedangkan tanda emoji itu dipakai menyisipkan emotikon pada balasan, GIF, dan stiker. 
  • Jika sudah selesai, klik tanda pesawat di sebelah kanan kolom untuk mengirimkannya. 

Membalas Pesan di TikTok Per Baris ✔️

Berikut ini cara untuk membalas pesan di TikTok yang juga penting kamu ketahui. Jadi, pesan-pesan tersebut dapat dibalas satu per satu. Misalkan ada tiga pesan beruntun yang masuk dan semuanya memerlukan balasan sendiri. Jadi, sebaiknya balas per baris agar lebih mudah dipahami. Sayangnya cara ini hanya bisa kamu lakukan lewat aplikasi TikTok. Langkah-langkahnya seperti di bawah ini:

  • Ketuk dan tahan baris pesan yang hendak kamu balas. Selanjutnya pilih fitur Balas
  • Kamu juga dapat membalasnya dengan mengusap baris pesan ke arah kanan. 
  • Di sana akan muncul berbagai fitur yang juga dapat kamu pakai. Menu Salin untuk copy isi pesan, Teruskan untuk membagikannya ke pengguna lain, dan Hapus untuk menghapus baris chat itu saja. Sedangkan kalau ingin menjawab pesannya, pilih menu Balas
  • Tuliskan balasanmu pada kolom. 
  • Kalau sudah, klik tanda pesawat untuk mengirimkannya. 

Jadi, seperti itulah cara melihat pesan di TikTok via aplikasi dan website. Kamu dapat melakukan chatting di aplikasi TikTok seperti halnya platform lain. Termasuk juga mengirimkan media seperti foto dan video ke dalam pesan. 

error:
Scroll to Top