Cara Iklan di Facebook

Cara Iklan di Facebook

Sosial media, kini dirancang untuk dapat memasang iklan. Sehingga, para pemilik usaha yang bergerak secara online dapat memasarkannya lebih mudah. Perlahan-lahan namun pasti. Itu adalah hal yang diinginkan oleh para pebisnis. Target pasarannya, bisa disesuaikan dengan penawaran produk. Pantau analitiknya melalui fitur yang ada. Ini dia, cara iklan di Facebook.

Perusahaan yang didirikan oleh Mark Zuckerberg, memang tidak pernah terlepas dari urusan bisnis. Seiring dengan perkembangan pemasaran digital, masyarakat semakin tersadar akan pentingnya teknologi. Disamping itu, banyak juga profesi baru yang bermunculan. Awalnya, dianggap sebagai pekerjaan yang ghaib. Tapi, sekarang malah digemari oleh banyak orang.

Ketika pada akhirnya para wirausaha menjalani bisnisnya melalui iklan. Otomatis, mereka jadi membutuhkan pekerja yang cocok di bidang tersebut. Profesinya, dikenal sebagai content creator. Orang yang membuat konten dengan tujuan untuk menarik minat masyarakat dalam membeli sebuah produk, disebut juga influencer. Kamu yang gemar eksis di sosmed, bisa.

Marketplace yang tersedia di Facebook, termasuk salah satu fitur gratis. Tapi, kalau kalian ingin pasang iklan ya harus bayar. Kamu tidak perlu jadi seseorang yang ahli di bidang pemasaran untuk memulainya. Karena, FB sudah dapat memprediksi hal tersebut. Ada bermacam-macam solusi yang ditawarkan. Itupun, sudah disesuaikan dengan tingkat keahlian.

Cara Iklan di Facebook

Cara Iklan di Facebook
Cara Iklan di Facebook

Cara Iklan di Facebook Berbayar                                                                    

Fitur marketplace Facebook memang gratis. Tapi ingat, kalau kalian berniat menjalani bisnis dan tertarik untuk memasang iklan di Facebook tentu ada harganya. Tenang saja, masih lebih murah dibandingkan pasang iklan di stasiun Televisi. Usahawan kecil, jadi bisa ikutan coba beriklan tanpa khawatir dengan biaya. Menurut Meta sendiri, penggunanya sudah 1,6 miliar.

Related  8+ Cara Cek Saldo CIMB Niaga Update Desember 2023

Cara iklan di Facebook berbayar. Perusahaan Facebook bertransformasi menjadi Meta. Selain nama, fitur yang ditawarkan kepada para pengguna juga semakin beragam. Hal tersebut juga mengarah ke persoalan periklanan. Kalian dapat menikmati kesempatan berinteraksi dengan para pelanggan. Terlebih, perusahaan juga telah menyediakan peluang bisnis di Metaverse.

  1. Buka tampilan Facebook Pages, untuk memilih model halaman yang cocok dengan gambaran bisnis kalian. Bisa menggunakan perangkat komputer, seluler ataupun aplikasi
  2. Pilih kategori yang pas untuk usaha kalian. Lalu, pilih tombol lanjutkan
  3. Ketik informasi yang diminta oleh sistem. Diantaranya, ada alamat, serta nomor telepon kalian. Kamu, juga dapat setting agar tidak dapat terlihat informasinya di halaman
  4. Upload foto profil akun bisnis Facebook. Sebaiknya, kalian tidak mencarinya melalui Google. Melainkan, membuat logo khusus yang menunjukkan identitas diri bisnis tersebut
  5. Upload foto sampul atau latar yang menarik tapi tidak terlalu heboh. Sama, usahakan tidak mencarinya di mesin penelusuran Google
  6. Masuk ke halaman Facebook Ads Manager
  7. Menu Kampanye telah terbuka, maka kalian tinggal pilih buat iklan
  8. Pastikan tujuan dari iklan yang ditampilkan. Terdapat 3 kategori didalamnya, yaitu pertimbangan, konversi, dan kesadaran
  9. Setelah berhasil memilih dari tujuan yang tersedia. Kalian lanjutkan cara iklan di Facebook dengan memilih jenis iklan Facebook. Jangan lupa untuk menentukan anggaran iklannya
  10. Ketik nama iklan, serta pilih tujuan trafiknya. Sertakan juga tampilan hadiah atau promo (jika ada)
  11. Pastikan target dari Audience atau pengunjung. Kemudian, pilih penempatan iklan
  12. Tentukan jadwal penayangan iklan.

Cara iklan di Facebook, memang cukup panjang. Wajar, mengingat apa yang akan kalian tampilkan ke masyarakat dapat mempengaruhi minat konsumen. Meskipun terlihat agak ribet, tapi mudah untuk diikuti instruksinya. Kamu yang penasaran bagaimana cara pengguna melakukan pembayaran iklan di sosial media ini. Penjelasan selengkapnya, sebagai berikut!

  1. Klik salah satu format yang cocok untuk iklan kalian. Pilihan formatnya, diantaranya ada tayangan slide, karosel, video tunggal, gambar tunggal ,dan koleksi
  2. Isi kata-kata yang menarik, pada bagian deskripsi iklan
  3. Tentukan gambar, dan tuliskan judul yang cocok dengan iklan kalian. Lanjutkan cara iklan di Facebook dengan memasukkan tautan
  4. Pembayaran iklannya, dapat kalian lakukan melalui kartu kredit ataupun debit. Hal terpenting lainnya yang harus diperhatikan adalah, kartu yang digunakan untuk melakukan transaksi bayar iklan sudah ada logo Visa atau Mastercard
Related  5+ Cara Cek Kesehatan Baterai Xiaomi yang Paling Baru

Cara Iklan di Facebook Marketplace

Fitur Facebook Marketplace, sangat bermanfaaat untuk menjangkau lebih banyak customer. Kalian juga dapat mengelolanya dengan cara yang lebih modern. Iklan yang ditampilkan ke masyarakat, sebelumnya telah melalui review dari pihak perusahaan Meta. Sehingga, sudah pasti aman. Layanan pemasaran ini, dapat digunakan dalam berbagai macam tingkatan bisnis.

Cara iklan di Facebook Marketplace. Terlepas dari peran Meta, pengguna juga memiliki efek yang besar dalam pemantauan. Artinya, sosial media sepenuhnya akan berjalan sesuai arahan dari pemilik akun. Pembuatan akunnya sendiri, dapat kalian lihat penjelasannya di atas. Lalu, kali ini kalian akan melihat pembahasan dari istilah-istilah yang sering muncul di marketing.

1. Kesadaran

Istilah yang ada dalam Facebook Marketplace, salah satunya adalah kesadaran. Dimana, hal ini sangat bertautan dengan persoalan peningkatan brand awareness. Kalian akan dibantu untuk menjangkau banyak orang di luar sana yang berperan sebagai pengunjung. Sistem FB langsung mencari kemungkinan terbesar, bagi mereka yang tertarik dengan produk usahamu.

Kehadiran dari teknologi tersebut, juga berpengaruh ke jangkauan. Semakin luas tampilan iklan kalian, maka secara otomatis anggarannya ikut bertambah. Oleh sebab itu, ada baiknya pengguna mempertimbangan target pasarannya sesuai dengan budget yang dimiliki. Belum tentu, memperluas sasaran customer akan berdampak positif ke bisnis yang sedang dijalani.

2. Konversi

Cara iklan di Facebook, salah satunya dengan meningkatkan banyaknya orang yang berminat untuk belanja di toko online milik kalian. Dikenal dengan konversi. Selain itu, masih ada juga penjualan dari katalog produk, serta kunjungan toko. Wirausaha yang ingin mewujudkan hal tersebut, perlu menampilkan iklan sesuai dengan target penjualan. Siapkan juga versi offline.

Maksud dari versi offline tersebut, tidak lain adalah memiliki toko fisik yang dapat langsung dikunjungi oleh customer. Cara ini juga dikenal sangat ampuh untuk membantu peningkatan penjualan bagi mereka yang takut berbelanja secara online. Dalam arti lain, pemilik sedang berusaha melakukan peningkatan kepercayaan kepada pelanggannya. Supaya lebih yakin.

Related  Cara Hapus Foto di Facebook

3. Pertimbangan

Facebook Marketplace, memiliki istilah pemasaran yang dikenal dengan pertimbangan. Beberapa pilihan yang termasuk ke dalam kategori ini, diantaranya ada trafik/lalu lintas, interaksi, pemasangan aplikasi, penayangan video, pesan, dan pembuatan prospek. Masing-masing, memiliki arti berbeda. Pengguna hanya tinggal menggunakannya. Jauh lebih praktis.

Singkatnya, semua hal tersebut dapat kalian gunakan kapanpun. Selama, masa berlaku atau periode penayangan iklannya masih berlangsung. Adapun harga yang ditawarkan oleh Meta Corporotion ini, dimulai dari angka Rp 30.000,- saja per satu harinya. Lebih murah bila Kamu bandingkan dengan pasang iklan di stasiun TV. Satu minggunya, bisa $50-$50000.

Itulah penjelasan mengenai cara iklan di Facebook pada kesempatan kali ini. Kalian yang butuh informasi lebih lanjut, dapat langsung kunjungi saja website berikut. See you on the next topics. Love your days and love yourself. Bye bye!

error:
Scroll to Top