Cara Menghilangkan Suara di TikTok

3 Cara Menghilangkan Suara di TikTok Agar Tidak Mengganggu

GEMATOS.ID | Cara menghilangkan suara di TikTok ternyata sangat mudah. Kamu dapat mengedit video yang sudah direkam tanpa perlu pakai aplikasi tambahan lagi. Suara-suara yang mendistraksi dan mengganggu video asli bisa dihilangkan dengan mudah. 

Kalau video yang kamu ambil masih menyertakan suara aslinya, pasti mengganggu estetika. Karena saat diberi backsound dari musik atau suara tertentu, ada suara lain yang masih terdengar. Kecuali jika konsep dari video tersebut adalah konten ASMR. 

Selain menghilangkan suara asli dari video yang akan diunggah, kamu pun bisa menghapusnya dari TikTok. Jadi, suara asli milikmu yang dipakai oleh kreator lain akan dihapus. Untuk caranya, lihat langsung di bawah ini. 

Cara Menghilangkan Suara di TikTok

Cara Menghilangkan Suara di TikTok
Cara Menghilangkan Suara di TikTok

Sebenarnya tidak perlu khawatir kalau kamu ingin buat konten di TikTok, tapi tidak punya skill editing yang mumpuni. Karena bagi pengguna baru, dapat memulainya dengan membuat konten secara sederhana. Di TikTok sudah ada fitur editing yang bisa digunakan dengan sangat mudah. 

Salah satu fitur yang tersedia yaitu menghapus suara asli dari video yang diambil. Setelah dihapus, kamu dapat menambahkan backsound lain yang tersedia di katalog TikTok. Untuk lebih jelasnya, cek bagaimana cara menghilangkan suara di TikTok berikut ini:

Cara 1. Menghilangkan Suara Asli di TikTok

Penjelasan yang pertama adalah cara menghilangkan suara di TikTok untuk video yang hendak kamu unggah. Kamu dapat menghapus suara asli dari video tersebut. Jadi, tidak ada lagi suara lain yang mengganggu. Saat diberi backsound, seperti lagu, maka tidak bercampur dengan suara aslinya. 

Related  Cara Ambil Gaji Tiktok Langsung Cair ke Rekeningmu!

Kamu tidak perlu aplikasi tambahan untuk melakukan ini. Di TikTok sudah ada menu editing yang dapat kamu gunakan dengan mudah. Bahkan, untuk menghilangkan suara asli di video cukup dengan sekali klik saja. Langkah-langkahnya dapat kamu lihat di bawah ini:

Langkah 1. Unggah Video Baru di TikTok

Langkah yang pertama, kamu harus mengunggah videonya terlebih dahulu. Jika sudah biasa buat konten tidak perlu bingung bagaimana cara upload video baru. Tapi buat kamu yang masih pemula, perhatikan caranya berikut ini:

  • Buka aplikasi TikTok milikmu. 
  • Halaman Beranda aplikasi akan terbuka. Dari halaman ini, tekan tanda tambah yang ada di bawah. Menu inilah yang digunakan untuk membuat konten baru. 

  • Di halaman selanjutnya, kamu dapat mengambil video baru. Pilih durasinya, kemudian tekan shutter kamera untuk mulai merekam. 
  • Tapi jika sebelumnya sudah menyiapkan videonya, tekan opsi Unggah

Cara Menghilangkan Suara di TikTok

  • Langkah selanjutnya, pilih video mana yang hendak di-upload ke TikTok. Tandai videonya, lalu tekan Berikutnya

Cara Menghilangkan Suara di TikTok

Langkah 2. Hilangkan Suara Asli Video

Setelah berhasil menambahkan videonya, sekarang hilangkan dulu suara aslinya sebelum menambah backsound lain. Langkah ini dapat kamu lakukan dengan cara seperti yang dijelaskan berikut ini:

  • Di halaman ini, klik Tambah Suara yang ada di atas. 

Cara Menghilangkan Suara di TikTok

  • Setelah itu, hilangkan tanda centang Suara Asli yang ditunjukkan berikut ini. 

  • Berikutnya pilih salah satu lagu yang tersedia di katalog TikTok. Kamu tidak perlu mengekstrak suara lain, karena koleksi lagu di TikTok sangat lengkap. 

  • Satelah menambahkan lagunya, lakukan pengeditan lanjutan dengan menu yang ada di sebelah kanan. Contohnya menambahkan teks, efek, dan lain-lain. 
  • Jika video sudah selesai diedit, tekan tombol Berikutnya
Related  2 Cara Menambahkan Lokasi di TikTok (Postingan dan Bio)

  • Kemudian tulis caption dan tagar yang relevan. Kamu dapat menyimpan videonya sebagai Draf atau langsung memilih Posting

Cara 2. Menghilangkan Suara Asli dengan Mengurangi Volume

Berikut cara menghilangkan suara di TikTok yang dapat kamu coba selanjutnya. Selain cara yang pertama, kamu juga bisa melakukannya dengan mengurangi volume lewat menu Edit. Ini juga sama-sama dilakukan saat mengunggah video baru di TikTok. Tetap tidak perlu aplikasi tambahan lagi. 

Untuk langkah yang pertama itu sama. Kamu dapat mengambil video baru atau mengunggah file yang sudah disiapkan sebelumnya. Cara mengunggahnya sudah dijelaskan di atas. Kemudian, untuk menghilangkan suara aslinya, pakai cara seperti di bawah ini:

  • Setelah video diunggah, tekan Edit yang ada di daftar menu sebelah kanan. 

Cara Menghilangkan Suara di TikTok

  • Lalu, ketuk bar video seperti yang ditunjukkan berikut ini. 

  • Langkah selanjutnya, pilih menu Volume

  • Sekarang geser volume ke arah kiri sampai tidak ada suaranya sama sekali.

  • Kalau suara asli sudah tidak terdengar lagi, tekan Simpan

Cara Menghilangkan Suara di TikTok

  • Untuk menambahkan lagu dari katalog TikTok, pilih menu Tambah suara. 

  • Cari lagunya dan tambahkan. 
  • Sesuaikan posisi lagu dengan menggeser bar ke kanan atau kiri. Putar videonya untuk memastikan latar suara sudah benar. 
  • Lakukan editing lain yang diperlukan. 
  • Kalau sudah, tekan tombol Berikutnya di kanan atas. 

  • Pilih untuk menyimpan video sebagai Draf atau langsung Posting dan diunggah ke akun TikTok. 

Cara 3. Menghapus Suara Asli di TikTok

Penjelasan ketiga ini adalah cara menghilangkan suara di TikTok untuk video yang sudah kamu unggah. Misalkan, kamu pernah membuat video dan menambahkan suara asli. Kemudian, suara tersebut digunakan oleh para kreator lain di videonya. 

Related  Cara Melihat Siapa yang Menyimpan Video TikTok Kita (dengan Gambar)

Sebagai pemilik asli suaranya, kamu dapat menghapus kapan saja dari TikTok. Setelah dihapus, maka suara tersebut akan hilang secara permanen dari semua video yang telah menggunakannya. Bukan hanya di video pengguna lain, tapi juga termasuk videomu sendiri

Menghilangkan suara asli yang ketiga ini sangat mudah. Agar tidak ada lagi yang menggunakan suara itu lagi, hapus dengan cara berikut ini:

Langkah 1. Cari Video yang Pakai Suara Asli

Langkah yang pertama, cari videomu yang menggunakan suara asli dan ingin dihapus saja. Masuk ke bagian Profil akun TikTok-mu. Setelah itu, pilih video mana yang ingin dihilangkan suara aslinya. 

Langkah 2. Buka Suara Asli di Video

Cara Menghilangkan Suara di TikTok

Videomu yang pakai suara asli sudah terbuka. Setelah itu, ketuk suara yang ada di bagian bawah video seperti yang ditunjukkan. Langkah ini akan membawamu ke halaman suara asli. 

Langkah 3. Hapus Suara Asli

Pada langkah selanjutnya, kamu dapat menghapus suara itu agar tidak tersimpan di katalog TikTok lagi. Pengguna lain juga tidak bisa memakai suara asli yang terdapat di videomu. Untuk menghapusnya, ikuti langkah-langkah yang dijelaskan di bawah ini:

  • Tekan menu Bagikan di layar suara asli ini. Menu ini ditandai dengan tanda panah yang ada di kanan atas. 

  • Setelah itu, pilih menu Hapus suara.

Cara Menghilangkan Suara di TikTok

  • Kamu akan mendapatkan pemberitahuan jika TikTok akan menghapus suara tersebut secara permanen dari semua video yang menggunakannya. Termasuk videomu sendiri dan konten dari kreator lain yang memakai suaramu. Kreator itu akan diberi tahu jika suara telah dihapus dari videonya. 
  • Untuk mengonfirmasi, tekan tombol Hapus di bawahnya. 

  • Tekan lagi Hapus untuk menyelesaikan langkah ini. 

  • Suara asli milikmu sudah dihapus dari TikTok. Tekan saja OK

Cara Menghilangkan Suara di TikTok

Itulah cara menghilangkan suara di TikTok yang sangat mudah. Kamu bisa menghapus suara aslinya agar tidak mengganggu saat diedit. Selain itu, dapat menghapus suara asli yang sudah diunggah agar tidak dipakai oleh kreator lain. Suara juga tidak tersimpan lagi di katalog TikTok. 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error:
Scroll to Top