Cara Mematikan Kode Online di Whatsapp

Bagaimana cara mematikan kode online di whatsapp? apakah kita bisa terlihat tidak online walaupun sedang membuka whatsapp? Apakah bisa menghilangkan kode whatsapp untuk beberapa orang tertentu?

Sebagai pengguna smartphone, memiliki aplikasi chat seperti Whatsapp sudah menjadi hal yang sangat penting bagi kita. Bagaimana tidak, saat ini pun sudah banyak banget pengguna yang menggunakan Whatsapp sebagai media komunikasi mereka dengan pengguna lain.

Hanya dengan menyimpan nomor kontak mereka, kita bisa langsung berkomunikasi dengan beragam jenis cara. Mulai dari sekedar berkirim pesan teks, berkirim photo, video, dokumen, pesan suara, melakukan panggilan suara, berbagi lokasi, sampai melakukan panggilan video.

Dan gak cuma itu aja, Whatsapp sendiri sudah menjadi hal yang sangat penting untuk urusan pribadi sampai urusan pekerjaan. Karena dengan Whatsapp, mereka tak lagi perlu memikirkan pulsa ketika ingin menelpon seseorang, karena semua hal yang bisa dilakukan di Whatsapp bisa digunakan hanya dengan koneksi internet saja.

Maka dari itu, gak heran jika saat ini kita akan merasa kurang jika tidak menggunakan Whatsapp. Mulai dari sekedar berkomunikasi dengan teman untuk nongkrong ataupun berkunjung ke suatu tempat, sampai juga menghubungi beberapa orang penting dalam urusan pekerjaan dan juga orang tua ataupun keluarga.

Tapi sayangnya, kadang ada saja pengguna Whatsapp yang kadang tidak ingin diketahui ketika mereka sedang online ataupun membuka Whatsapp. Biasanya, hal ini sendiri dipicu atau disebabkan karena mereka sedang tidak ingin diganggu, atau tidak ingin dihubungi karena suatu hal.

Karena kalau kita menggunakan Whatsapp, biasanya kita bisa melihat waktu terakhir dari kapan pengguna tersebut membuka aplikasi Whatsapp mereka, atau sedang online. Dan biasanya, pengguna akan merasa bingung dan segera mengirim spam chat ketika pengguna dilihat terakhir online pada pukul 22.00, dan pesan dari pukul 20.30 tak kunjung di baca ataupun dibalas.

Cara Mematikan Kode Online di Whatsapp

Cara Mematikan Kode Online di Whatsapp
Mematikan Kode Online di Whatsapp

Itulah mengapa, hal ini kadang mengganggu privasi pengguna Whatsapp yang mungkin saja tak ingin diganggu. Hingga akhirnya, banyak pengguan memilih untuk mencari cara mematikan kode online di whatsapp ketika mereka tak ingin diganggu oleh siapapun.

Related  Cara Menarik Pesan di WhatsApp

Dan untuk caranya sendiri terbilang mudah kok. Setidaknya, ada beberapa metode yang bisa kamu gunakan untuk mematikan kode online di whatsapp, walaupun kamu sedang membuka atau online di Whatsapp. Caranya

Cara Mematikan Kode Online di Whatsapp lewat Pengaturan

Cara pertama yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan atau menyembunyikan kode online di Whatsapp adalah melalui pengaturan dari Whatsapp itu sendiri. Tapi perlu dicatat ya, karena whatsapp merupakan aplikasi yang sangat menghargai privasi, jadi jangan heran ketika kamu menggunakan cara ini, kamu tentu tidak dapat melihat pengguna lain sedang online atau tidak. Karena hal tersebut sudah menjadi kebijakan dan peraturan dari Whatsapp untuk menghargai para penggunanya. Caranya

  1. Buka aplikasi Whatsapp yang ada di Android ataupun iOS kalian
  2. Setelah itu masuk ke settings atau pengaturan dan pilih menu Akun Account
  3. Lalu pilih menu Privasi Privacy
  4. Kemudian pilih opsi Terakhir dilihat last seen
  5. Nah, disini kamu bisa melihat 3 opsi, diantaranya
    – Everyone / Semua orang (untuk mereka yang ada ataupun tidak ada di daftar kontak kamu)
    – Contact / Kontak (untuk semua pengguna yang ada di kontak kamu, dan mereka juga menyimpan nomor kamu dalam kontak mereka)
    – No One / Tidak ada (tidak terlihat untuk semua orang, baik itu kotak, ataupun orang yang tidak ada di semua kontak kamu)
  6. Nah, disini kamu bisa memilih opsi Tidak ada / None sehingga semua pengguna yang mengontak kamu tidak akan melihat kamu sedang online ketika membuka Whatsapp

Jika kamu ingin mengubah pengaturan ini, kamu bisa mengaturnya untuk pengguna yang ada di kontak kamu saja, ataupun untuk semua orang. Dan perlu diingat sekali lagi ya, cara ini juga akan berpengaruh pada viewers atau siapa yang melihat status whatsapp yang kamu buat. Sehingga, kamu tidak dapat mengetahui siapa yang melihat statusmu, dan pengguna lain tidak akan melihat namamu ketika kamu melihat status mereka.

Related  5+ Cara Agar Kamera Tidak Mirror Saat Video Call Whatsapp

Jadi bisa dibilang, hal ini merupakan persyaratan dan juga kebijakan dari pihak Whatsapp yang mana sangat menjunjung tinggi privasi ataupun menghargai para penggunanya agar merasa ‘adil’ dalam hal privasi.

Tetapi, jika kamu ingin mematikan kode online Whatsapp namun tetap bisa melihat siapa saja yang online dan waktu terakhir diliat mereka, kamu bisa mengaktifkan mode pesawat untuk beberapa waktu dan kemudian menghidupkannya kembali jika ingin kembali online.

Cara Mematikan Kode Online di Whatsapp lewat Aplikasi Pihak Ketiga

Kemudian untuk cara yang kedua kamu bisa menggunakan bantuan Aplikasi pihak ketiga yang mana bisa kamu pakai untuk menghilangkan kode online di Whatsapp yang kamu gunakan. Tapi sayangnya, cara ini hanya berlaku untuk pengguna Android saja. Dan caranya

  1. Download terlebih dahulu aplikasi Hidden Chat for Whatsapp di Play Store
  2. Kemudian kamu tinggal menginstall aplikasi tersebut sampai selesai
  3. Jika sudah, kamu bisa langsung login di aplikasi Hidden Chat for Whatsapp dengan menggunakan nomor ponsel yang terdaftar di Whatsapp kamu seperti biasa
  4. Lalu, kamu bisa mengatur notification acces (perizinan notifikasi) dan hidupkan pada Aplikasi Hidden Chat for Whatsapp seperti biasa
  5. Setelah itu, kamu akan diminta untuk mengizinkan beberapa perizinan yang dibutuhkan oleh Hidden chat for Whatsapp, berikan saja semua perizinan tersebut
  6. Terakhir, bisa mengaksess Whatsappmu seperti biasa dan secara otomatis kode online yang biasa ada di bawah namamu akan hilang, dan tak dapat diketahui oleh pengguna lain.

Untuk cara ini sendiri sepertinya gak jauh beda dengan yang sebelumnya, yakni kamu tidak akan melihat orang lain online dan juga tidak mengetahui siapa saja yang melihat status whatsapp kamu, ataupun kamu juga tidak akan muncul di daftar viewers ketika kamu melihat status pengguna Whatsapp lain.

Related  Cara Membuat Stiker WhatsApp

Cara Mematikan Kode Online di Whatsapp lewat FMWhatsapp / GBWhatsapp

Terakhir, kamu bisa menggunakan aplikasi FMWhatsapp ataupun GBWhatsapp yang mana merupakan sebuah aplikasi Whatsapp modifikasi yang berbasis Whatsapp official dari play store yang sudah ditambahkan beberapa fitur yang  tidak ada di Whatsapp official pada umumnya. Dan untuk caranya juga sama kok.

  1. Kamu bisa terlebih dahulu menguninstall aplikasi Whatsapp official yang diunduh dari Play Store, dan jangan lupa untuk melakukan backup chat terlebih dahulu agar chat nya tidak hilang
  2. Kemudian kamu bisa mendownload salah satu apliakasi Whatsapp mod yang bisa digunakan, baik itu FMWhatsapp ataupun GBWhatsapp, dan pastikan kamu memilih package com.whatsapp ataupun com.fmwhatsapp atau juga com.gbwhatsapp
  3. Jika sudah, install aplikasi nya seperti biasa dan lakukan restore chat seperti biasa sampai kamu diarahkan ke halaman utama dari Chat Whatsapp yang biasa kamu lihat
  4. Lalu, klik pada tiga titik yang ada di pojok kanan atas aplikasi FMWhatsapp / GBWhatsapp, dan pilih FMMods atau GBMods / GBSettings
  5. Setelah itu pilih pada Privacy and Security, dan pilih pada Freeze Last Seen dan kembali ke halaman utama Whatsapp seperti bisa.

Nah, sebenarnya kelebihan dari FMWhatsapp ataupun GBWhatsapp adalah aplikasi tersebut sudah langsung menyembunyikan last seen atau status online Whatsapp kamu secara otomatis. Namun kelebihan dari aplikasi FMWhatsapp ataupun GBWhatsapp adalah kamu bisa mengatur privasi dan juga memilih kepada siapa saja status online kamu muncul. Jadi bisa dibilang, kamu bisa menentukan siapa saja yang akan melihat kamu online, seperti cara yang mimin tulis pada point pertama tadi.

Dan itulah tadi beberapa cara mematikan kode online di whatsapp yang bisa kamu coba. Silahkan gunakan cara yang menurutmu paling mudah, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

error:
Scroll to Top