Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop Dengan USB

Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop Dengan USB

Cara Menampilkan layar HP ke laptop dengan USB menjadi salah satu hal yang sering dicari oleh sebagian orang, menampilkan layar HP ke laptop merupakan hal yang bermanfaat seperti jika kamu ingin melakukan presentasi menggunakan HP dan ingin menampilkan layar HP kamu di laptop yang sudah terhubung dengan proyektor.

Atau kamu juga bisa menampilkan dokumen yang ada di handphone kamu ke laptop. Ada banyak cara yang bisa kamu pilih dan coba untuk bisa menampilkan layar handphone kamu ke laptop baik menggunakan aplikasi, tanpa aplikasi atau cara-cara lainnya.

Mirroring merupakan istilah yang sering digunakan untuk menyebut cara menampilkan layar HP ke laptop, perkembangan teknologi yang semakin pesat seperti saat ini membuat segala yang berhubungan dengan teknologi menjadi lebih mudah. Jadi Mirroring layar handphone sudah bukan merupakan hal tidak mungkin.

Selain untuk kepentingan presentasi dan menampilkan dokumen dari handphone ke laptop, kam juga bisa memanfaatkan Mirroring ini untuk keperluan digital. Dan masih banyak orang yang belum mengetahui langkah-langkah yang tepat untuk bisa melakukan Mirroring dan memanfaatkan fitur ini dengan semaksimal mungkin.

Cara yang paling umum dilakukan oleh orang-orang yang ingin menampilkan layar handphonenya di laptop adalah dengan menggunakan kabel USB, ataupun menggunakan WiFi. Dan umumnya jika menggunakan kabel USB kamu perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga yang memang menyediakan layanan menampilkan layar ke laptop. Jika kamu menggunakan aplikasi pihak ketiga pilih aplikasi yang tidak terlalu besar supaya RAM laptop kamu tidak penuh.

Cara menampilkan layar HP ke laptop sebenarnya cukup mudah untuk kamu coba lakukan sendiri, Pada artikel berikut ini akan dibahas mengenai cara Mirroring atau menampilkan layar handphone ke laptop dengan menggunakan kabel USB.

Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop Dengan USB

Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop Dengan USB
Menampilkan Layar HP ke Laptop Dengan USB

Jika kamu sedang mencari cara menampilkan layar HP ke laptop menggunakan USB, ini merupakan artikel yang tepat untuk kamu. Langkah yang umumnya digunakan untuk melakukan Mirroring adalah dengan Miracast, akan tetapi Miracast hanya bekerja pada perangkat display saja dan tidak bisa digunakan untuk laptop atau PC. Namun jika kamu ingin melakukan Mirroring menggunakan handphone dan laptop, masih ada beberapa alternatif cara yang bisa kamu coba untuk melakukannya.

Related  Cara Download Aplikasi di Laptop [Update Desember 2023]

Cara yang umunya digunakan untuk menampilkan layar handphone ke laptop adalah dengan cara menampilkan layar HP ke laptop secara offline, biasanya dengan menggunakan media kabel USB ataupun aplikasi. Selain itu kamu juga bisa menggunakan WiFi untuk menampilkan layar handphone kamu ke perangkat laptop/PC.

Berikut ini akan dibahas beberapa cara yang bisa kamu pilih, supaya berhasil menampilkan layar handphone kamu ke perangkat laptop, simak artikel ini dari awal sampai selesai supaya kamu mengerti penjelasannya.

Sebelum kamu menampilkan layar handphone kamu ke laptop dengan menggunakan kabel USB, kamu perlu melakukan mengaktiffkan Debugging USB terlebih dahulu. Berikut langkah-langkah untuk melakukan Debugging USB dihandphone :

  • Pertama kamu buka menu Pengaturan pada handphone kamu terlebih dahulu.
  • Setelah itu aktifkan menu Opsi Pengembangan pada handphone karena secara default menu Opsi Pengembangan biasanya nonaktif.
  • Cara mengaktifkannya pilih opsi Tentang Telepon.
  • Setelah itu kamu bisa scroll ke bawah dan temukan Build Number.
  • Jika sudah tekan Build Number sebanyak 7x hingga ada notifikasi You are now a developer.
  • Selanjutnya kembali ke menu Pengaturan lalu akan ada Opsi Pengembangan pada opsi yang paling bawah dari menu Pengaturan.
  • Kemudian scroll kebawah dan cari opsi Debugging USB. Kamu bisa mengaktifkannya dangan mengeser ikon yang tersedia.
  • Selesai.

Jika kamu sudah melakukan Debugging USB, maka langkah berikutnya kamu bisa langsung mencoba cara menampilkan layar handphone ke laptop.

Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop Dengan USB Menggunakan Aplikasi Vysor

Cara pertama yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan aplikasi Vysor. Vysor merupakan salah satu aplikasi yang banyak digunakan untuk menghubungan layar HP ke laptop atau PC. Dan aplikasi ini juga mudah untuk kamu gunakan. Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk menghubungan layar handphone ke laptop atau PC dengan menggunakan media aplikasi Vysor :

  • Pertama hal yang wajib kamu lakukan adalah melakukan USB Debugging di handphone Andorid kamu. Untuk bisa mengaktifkan Debugging USB kamu bisa menyimak langkah-langkah yang sudah dibahas diatas.
  • Jika sudah, kamu bisa mengunduh dan install aplikasi Vysor di handphone serta laptop/PC yang kamu gunakan.
  • Berikutnya kamu bisa mengunduh aplikasi Vysor pada link ini di handphone milikmu.
  • Kemudian kamu bisa membuka Crome pada laptop/PC kamu dan memasang extension Vysor di Crome.
  • Lalu jalankan aplikasi Vysor.
  • Dengan membuka ikon Vysor di Google Crome kamu bisa melakukan langkah untuk mengubungkan layar HP ke laptop dengan menggunakan kabel USB.
  • Setelah handphone kamu terhubung dengan laptop menggunakan kabel USB maka Vysor di laptop atau PC kan mendeteksi tampilan layar handphone kamu.
  • Selesai.
Related  Cara Membuka Blokir Instagram

Apabila layar handphone kamu sudah terhubung dengan laptop maka kamu bisa melakukan navigasi handphon di laptop/PC kamu, kamu bisa melakukan berbagai hal seperti melakukan instalasi aplikasi dan lain-lain seperti saat kamu menggunakan handphone. Vysor ini bisa kamu gunakan secara gratis, akan tetapi jika kamu ingin menggunakan fitur-fitur lainnya yang berbayar kamu juga bisa memilih versi berbayar.

Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop Dengan USB Menggunakan Media Aplikasi Scrcpy

Cara berikutnya yang bisa kamu coba untuk menghubungan layar HP kamu ke laptop dengan adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi Scrcpy. Aplikasi ini bisa kamu install di laptop, dan kamu tidak perlu menginstallnya di handphone kamu, jadi akan lebih hebat memori.

Selain untuk menghubungkan HP ke laptop aplikasi inni juga memiliki berbagai berbagai fitur seperti merekam layar, mengubah resolusi, mengklik tangkapan layar, dan masih banyak lagi fitur-fitur lainnya.

Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk melakukannya :’

  • Pertama unduh aplikasi Scrcpy terlebih dahulu di GitHub atau langsung dengan klik link ini. Kamu tidak perlu melakukan instalasi karena hanya perlu melakukan ekstrak pada unduhan saja.
  • Setelah itu aktifkan Mode Debugging USB pada handphone kamu terlebih dahulu, kamu bisa mengikuti cara yang sudah dibahas diatas.
  • Kemudian langkah selanjutnya adalah menyambungan HP dan laptop menggunakan kabel USB.
  • Jika sudah klik dua kali pada file yang sudah kamu unduh tadi (scrcpy.exe) pada laptop untuk mulai menjalankan aplikasi Scrcpy.
  • Lalu lihat handphone kamu dan akan muncul permintaan konfirmasi Allow USB Debugging ?. Setujui konfirmasi tersebut.
  • Setelah itu layar handphone kamu akan muncul di laptop. Kamu bisa melakukan navigasi menggunakan tetikus atau mouse pada laptop kamu.
  • Selesai, jika sudah kamu bisa mencabut kabel USB untuk berhenti menghubungkan layar HP.
Related  Cara Membuka Hp yang Terkunci Dengan Kode Pengaman

Itulah cara menampilkan layar HP ke laptop menggunakan kabel USB yang kedua yaitu dengan bantuan aplikasi Scrcpy, selanjutnya jika kamu ingin menghubungkan layar HP kamu ke laptop lagi kamu tinggal menyambungan laptop dan HP menggunakan kabel USB.

Demikianlah cara menampilkan layar HP ke laptop dengan USB yang bisa kamu coba, ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan menghubungkan layar handphone kamu ke layar laptop. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

 

error:
Scroll to Top