Cara Menabung di Bank BRI

Cara Menabung di Bank BRI

Menabung di Bank merupakan salah satu cara menabung yang lebih mudah dan aman untuk kamu lakukan dibandingkan dengan menabung sendiri dirumah, apalagi jika uang yang kamu tabung sudah terkumpul banyak. Dengan menabung di bank akan mengurangi risiko seperti pencuarian dan lain-lain. Oleh karena itu sekarang sudah banyak masyarakat yang memilih untuk menabung di bank, dan salah satu bank yang banyak diminati oleh masyarakat adalah bank BRI. Cara menabung di Bank BRI bisa kamu lakukan dengan mudah dan tentunya aman.

Selain karena keamanan menabung di bank juga diminati karena akan mendapatkan bunga dari hasil uang yang ditabung tersebut. Setiap orang tentu saja ingin memiliki masa depan yang lebih baik dan ada banyak sekali cara untuk mencapai hal itu salah satunya adalah dengan cara menabung, memiliki tabungan masa depan merupakan hal yang penting karena hal ini merupakan investasi masa depan.

Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan menabung di bank seperti terjaminnya keamanan dan kamu bisa melakukan transaksi dengan mudah, tata cara menabung juga tidak hanya bisa kamu lakukan melalui teller tapi kamu juga bisa menabung melalui mesin ATM. Selain menabung kamu juga bisa bertransaksi menggunakan smartphone kamu seperti untuk membayar tagihan, transfer uang dan lain sebagainya.

Dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) adalah salah satu bank yang menjadi pilihan masyaraka saat menabung, BRI sendiri adalah salah satu bank miliki pemerintah terbesar di Indonesia. BRI banyak diminati oleh masyarakat salah satunya adalah karena kantor cabang BRI sudah tersebar di seluruh Indonesia yang membuat transaksi perbankan menjadi lebih mudah.

BRI juga menawarkan beragam produk yang bisa kamu pilih seperti produk tabungan, investasi, dan asuransi. Jika kamu ingin menabung di BRI ada banyak produk tabungan yang ditawarkan seperti Tabungan BRI Simpedes, Tabungan BritAma, Tabungan Haji BRI, Tabungan BRI Junio dan masih banyak lagi.

Related  Cara Cek No Rekening BRI yang Benar

Cara menabung di bank BRI juga bisa dengan mudah kamu lakukan, dan kamu juga bisa memilih cara atau metode menabung yang paling kamu sukai seperti langsung dikantor cabang BRI melalui teller, atau kamu menabung melalui mesin ATM.

Tips Menabung Efektif

Sebelum kita melangkah ke pembahasan inti ada baiknya kamu mengetahui tips supaya kamu bisa menabung secara efektif, supaya kamu tidak gagal mencapai tujuan kamu menabung kamu bisa mengikuti tips-tips berikut ini :

1. Tetapkan Tujuan Menabung

Tips pertama adalah kamu harus menentukan tujuan kamu menabung, tujuan menabung merupakan salah satu hal terpenting karena tujuan tersebut bisa menjadi motivasi supaya kamu bisa rajin menabung.

2. Mengatur Rencana Keuangan

Berikutnya kamu juga bisa membuat rencana keuangan terlebih dahulu sebelum memulai menabung, aturlah rencana keuangan dan jumlah pendapatan yang harus kamu sisihkan untuk kamu tabung.

3. Menabung di Awal

Selanjutnya penting untuk kamu mebaung diawal setelah kamu mendapatkan pendapatan karena jika kamu menabung sisa uang bulanan bisa menyababkan kamu gagal menabung.

Cara Menabung di Bank BRI

Cara Menabung di Bank BRI
Cara Menabung di Bank BRI

Kembali ke pembahasan inti pada artikel ini yaitu cara menabung di bank BRI. Jika kamu ingin menabung di bank BRI ada beberapa cara yang bisa kamu pilih dan sebelum menabung di bank BRI tentunya kamu harus sudah memiliki rekening tabungan di bank BRI. Apabila kamu belum memiliki rekening tabungan di BRI kamu bisa menyimak cara membuat rekening BRI yang sudah pernah dibahas pada artikel sebelumnya.

1. Cara Menabung di Bank BRI Melalui Teller

Cara menabung pertama yang bisa kamu lakukan adalah menabung melalui teller bank, cara ini banyak dilakukan oleh orang yang ingin melakukan setor tunai yaitu dengan cara datang langsung ke kantor bank BRI. Sebelum kamu pergi ke kantor BRI untuk melakukan setor tunai kamu harus membawa buku tabungan dan tentunya uang tunai yang akan kamu setorkan di rekening tabunganmu.

Related  Cara Cek Saldo SMS Banking BRI yang Baru Update Januari 2024

Langkah terpenting saat melakukan setor tunai melalui teller adalah mengisi formilir setor tunai, kamu harus mengisi formulir tersebut dengan benar seperti nomor rekening tujuan, dan jumlah nominal yang akan kamu setorkan untuk menghindari kejadian salah transfer. Apabila kamu kebingungan saat mengisi formulir atau slip setor tunai kamu bisa meminta bantuan atau pendampingan orang yang sudah faham.

Berikut ini langkah-langkah menabung melalui teller :

  • Pertama datang ke kantor bank BRI terdekat, setelah itu ambil nomor antrian untuk teller.
  • Lalu sambil mengantri kamu bisa mengisi slip setor tunai atau formulir setor tunai.
  • Jika sudah siapkan buku tabungan rekening BRI, uang tunai yang akan kamu tabung, dan nomor antrian kamu.
  • Kamu harus mendengarkan panggilan dengan cermat karena jika lebih dari 3 kali panggilan kamu belum datang maka kamu akan diminta untuk mengambil nomor antrian lagi.
  • Jika kamu sudah dipanggil segera datang ke teller dan serahkan kelengkapan setor tunai seperti buku tabungan dan slip setor tunai, setelah itu serahkan juga uang yang akan kamu tabung.
  • Lalu teller akan menghitung uang yang kamu serangkan dan menyebutukan nomor rekening tujuan serta nama pemegang rekening.
  • Kemudian apabila proses setor tunai selesai maka kamu akan menerima salinan slip setor tunai tadi dan nominal tabungan yang kamu tabung tadi akan tercatat di buku rekening kamu.
  • Selesai.

2. Cara Menabung di Bank BRI Melalui Mesin ATM

Cara kedua yang bisa kamu lakukan saat akan menabung dibank BRI adalah melalui mesin ATM, kamu tidak harus mengantri di kantor cabang BRI saat akan melakukan setor tunai. Selain berfungsi untuk penarikan uang tunai, transfer, dan membayar tagihan lainnya ATM BRI juga memiliki fungsi setor tunai. Dengan menabung melalui mesin ATM kamu bisa melakukannya kapan saja dan tidak tergantung pada jam operasional kantor BRI.

Related  Cara Cek Saldo BRI Lewat HP dengan Benar

Dan yang penting untuk kamu ketahui saat akan melakukan setor tunai melui mesin ATM adalah kamu hanya bisa menggunakan uang pecahan Rp. 50.000 atau Rp. 100.000 dan kamu juga harus memastikan bahwa semua lembar yang akan kamu setorkan tidak rusak, terlipan, sobek, dan lecek. Kamu juga harus memastikan jika mesin ATM yang akan kamu pakai tersebut melayani setor tunai. Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu ikuti :

  • Pertama datang ke mesin ATM BRI terdekat yang melayani setor tunai.
  • Setelah itu masukan kartu debit (ATM) dan pilih bahasa yang kamu inginkan.
  • Masukan dengan hati-hati 6 digit PIN ATM kamu dan pastikan tidak ada yang melihatnya.
  • Jika sudah pilih menu Setoran Tunai, dan tekan Lanjutkan.
  • Lalu pilih Rekening Tabungan dan mesin ATM akan membuka tempat setoran uang yang berada dibawah tombol angka mesin ATM.
  • Kamu bisa memasukan uang tersebut yang telah kamu pastikan harus tersusun rapi dan tidak dalam kondisi seperti yang sudah disebutkan diatas supaya mesin ATM bisa membaca jumlah uang yang kamu setorkan.
  • Jika mesin ATM tidak bisa membaca jumlah uang sesuai yang kamu storkan maka tempat setor tunai akan kembali terbuka. Kamu bisa mengulangi langkah diatas lagi sampai jumlah setoran kamu sesuai.
  • Kemudian layar mesin ATM akan menampilkan Setoran Anda Telah diterima dan mengeluarkan struk setoran tunai berhasil. Uang yang kamu tabung telah masuk ke rekening tabungan BRI kamu.
  • Selesai kamu bisa mengambil kartu debit dan struk tadi.

Selain dengan dua cara diatas kamu juga bisa menabung di bank BRI dengan cara transfer uang yang akan kamu tabung dari rekening kamu yang lain. Demikianlah cara menabung di bank BRI yang bisa kamu lakukan, semoga bermanfaat.

error:
Scroll to Top