Cara Berbagi Password WiFi di HP Xiaomi

Cara Berbagi Password WiFi di HP Xiaomi dengan Mudah (Tinggal Scan)

GEMATOS.ID | Mengakses internet dengan terkoneksi ke jaringan WiFi rasanya sudah jadi hal wajar. Sering pula ada orang lain izin ikut menggunakan WiFi milikmu, yang tentunya perlu kata sandi. Karena itulah, kamu harus tahu cara berbagi password WiFi di HP Xiaomi yang benar. 

Memasang WiFi sudah tidak sejarang dulu. Di kantor, rumah, tempat pendidikan, dan tempat umum lainnya pasti sering menemukannya. Tapi kamu tidak akan bisa menggunakan jaringan WiFi tersebut secara bebas kalau tidak tahu apa kata sandinya. 

Tidak tahu password akan jadi perkara yang merepotkan kalau misalkan ada teman atau keluarga yang ingin turut memakai WiFi tersebut. Kalau kamu yang punya WiFi, mungkin tidak masalah karena mengetahuinya. Namun bagaimana jika itu jaringan milik orang lain dan bukan kamu yang mengoneksikan di awal? Tidak perlu khawatir, kamu bisa ikuti panduan berikut ini. 

Bisakah Berbagi Password WiFi di HP Xiaomi yang Tidak Diketahui? 

Ketika kamu mengakses internet pakai jaringan WiFi, itu ada dua kemungkinan. Pertama, kamu adalah pemilik WiFi itu sendiri, sehingga punya akses yang lebih bebas. Contohnya mengganti password maupun membatasi akses WiFi dari orang lain. 

Kemungkinan yang kedua yaitu kamu sebagai pengguna WiFi yang dimiliki oleh orang lain. Di sini kamu punya akses ke jaringan tersebut setelah memasukkan kata sandi yang didapatkan dari pemiliknya. Untuk pemakaian selanjutnya tidak perlu mengoneksikan ulang selama pemilik WiFi belum mengubah password-nya. 

Related  Cara Mempercepat Koneksi WiFi

Bagaimana jika ada teman atau kerabatmu yang ingin menggunakan WiFi tersebut? Maka kamu harus memberi tahu kata sandinya. Namun akan menjadi masalah jika kamu adalah pemilik WiFi tapi lupa apa password-nya. Atau kamu bukan pemiliknya dan memang sedari awal tidak diberi tahu kata sandi WiFi itu. 

Tidak perlu bingung ketika berada di posisi tersebut. Ada cara berbagi password WiFi di HP Xiaomi yang sangat mudah. Kamu tetap bisa mengoneksikan perangkat lain ke WiFi yang sama, meskipun pada saat itu tidak tahu kata sandinya. 

Buat para pengguna HP Xiaomi, dapat menggunakan fitur yang namanya kode QR. Jadi, setiap jaringan WiFi yang terhubung itu memiliki catatan di sistem sendiri. Data WiFi tersebut bisa kamu lihat melalui kode QR, yang mana juga menyimpan riwayat kata sandi. 

Lewat kode QR kamu bisa menghubungkan perangkat ke jadi WiFi secara langsung tanpa melihat kata sandi. Bisa juga dengan menampilkan dulu password-nya, kemudian membagikannya ke orang lain. Semua dapat kamu coba asal sebelumnya sudah tersambung ke jaringan WiFi tersebut. 

Jadi, kesimpulannya yaitu kamu dapat berbagi password WiFi ke pengguna lain meskipun lupa atau tidak mengetahuinya. Caranya dengan menggunakan kode QR. Nantinya kode itu harus dipindai untuk menampilkan kata sandi. 

Syarat Berbagi Password WiFi di HP Xiaomi Pakai Kode QR

Sebelum menerangkan cara berbagi password WiFi di HP Xiaomi dengan menggunakan kode QR, penting untuk menyimak penjelasan ini. Ada beberapa syarat yang perlu kamu perhatikan, terutama dari perangkat yang dipakai. Beberapa di antaranya sebagai berikut:

1. Sudah Terhubung ke Jaringan WiFi

Jika kamu ingin membagikan kata sandi WiFi pakai kode QR, pastikan sebelumnya sudah terhubung ke jaringan tersebut. Cara ini hanya dapat menampilkan data jaringan WiFi yang tercatat di perangkat saja. Jadi, misalkan kamu menggunakan WiFi orang lain, maka harus dengan syarat password sebelumnya belum diganti oleh pemilik. Karena kalau diganti wajib mengoneksikan ulang, sedangkan kamu tidak tahu kata sandinya. 

Related  3+ Cara Berbagi WiFi di HP Xiaomi: Mudah (dengan Gambar)

2. Ada Fitur Kode QR

Syarat yang kedua yaitu kamu sudah pakai HP Xiaomi yang mendukung fitur penggunaan kode QR pada WiFi. Tidak semua perangkat dapat menampilkan data jaringan WiFi dalam jenis QR code, karenanya harus kamu lihat dulu. Namun untuk sebagian besar HP Xiaomi sudah mendukung fitur ini, bahkan tipe 4A yang rilis tahun 2017 sekalipun. 

3. Perangkat Dapat Memindai Kode QR

Cara berbagi password WiFi di HP Xiaomi dengan kode QR juga bisa kamu lakukan jika perangkat mendukung fitur pemindai. Kamu buat cek fitur satu ini lewat homescreen atau pusat kontrol. Scan atau pemindai adalah fitur bawaan di HP Xiaomi. 

Namun kalau perangkat milikmu belum mendukung fitur tersebut, sebenarnya bukan jadi masalah. Sekarang ini sudah banyak situs web online maupun aplikasi yang dapat digunakan untuk scan kode QR dengan mudah. Contohnya situs webqr.com atau aplikasi QR and Barcode Reader, QRbot, Neoreader, dan lainnya. 

Cara Berbagi Password WiFi di HP Xiaomi

Cara Berbagi Password WiFi di HP Xiaomi
Berbagi Password WiFi di HP Xiaomi

Berikut ini akan dijelaskan cara berbagi password WiFi di HP Xiaomi sudah terhubung. Karena menggunakan fitur kode QR, maka harus menyiapkannya dahulu. Kode QR bisa kamu cari melalui jaringan yang terhubung. Setiap jaringan WiFi punya kode QR masing-masing. 

Baru setelah punya kodenya, kemudian dipindai di perangkat untuk mengetahui apa kata sandi dari WiFi tersebut. Itulah kenapa disyaratkan HP Xiaomi yang kamu gunakan mendukung fitur pemindai. Untuk lebih jelasnya, bisa cek di panduan berikut ini:

Melihat Kode QR WiFi yang Terhubung

Cara berbagi password WiFi di HP Xiaomi yang pertama yaitu dengan melihat kode QR-nya. Kamu dapat menemukannya dengan sangat mudah. Asal sudah mendukung fitur tersebut, tinggal buka lewat menu WiFi. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Buka menu Setelan yang ada di HP Xiaomi. 
  • Bisa kamu buka dengan klik shortcut-nya lewat homescreen yang ditandai dengan ikon roda gerigi. Atau dibuka lewat pusat kontrol dengan mengusap layar HP ke bawah. 
Related  Cara Berbagi Kata Sandi WiFi di HP Xiaomi Pakai Kode QR

  • Setelah ada di menu Setelan, buka fitur WiFi

Cara Berbagi Password WiFi di HP Xiaomi

  • Jangan lupa untuk mengaktifkan WiFi tersebut. 
  • Caranya geser toggle ke arah kanan hingga berwarna biru dan pastikan muncul ikon WiFi di layar atas. 

  • Kemudian akan ditampilkan berbagai jaringan WiFi yang tertangkap perangkat. 
  • Langkah selanjutnya, pilih jaringan WiFi yang terhubung. 
  • Berikutnya tekan tepat di nama jaringan tersebut yang ada tulisan Ketuk Untuk Berbagi Sandi. 

  • Selanjutnya sistem akan memunculkan kode QR. 
  • Simpan kode tersebut dengan melakukan screenshot
  • Kalau sudah, tekan tombol Selesai

Cara Berbagi Password WiFi di HP Xiaomi

Memindai Kode QR di HP Xiaomi

Langkah selanjutnya jika sudah dapat kode QR yaitu memindainya di perangkat. Kamu bisa pakai fitur bawaan di HP Xiaomi atau menggunakan aplikasi ketiga. Apabila menggunakan fitur bawaan, caranya sebagai berikut:

  • Cari menu Pemindai yang ada di homescreen
  • Kalau kamu tidak menemukannya, bisa buka lewat Pusat Kontrol. 
  • Usap layar HP ke bawah, kemudian cari Pemindai

  • Setelah terbuka, klik ikon galeri yang ada di kanan bawah. 

  • Kemudian pilih kode QR yang sudah di-screenshot
  • Otomatis data WiFi akan muncul, termasuk nama dan kata sandi yang masih dilindungi. 
  • Untuk melihatnya, klik di bagian Sandi

Cara Berbagi Password WiFi di HP Xiaomi

  • Password akan terlihat. Kamu bisa membagikannya ke pengguna lain. 

Demikian penjelasan cara berbagi password WiFi di HP Xiaomi. Kamu cukup menggunakan fitur bawaan kode QR dan pemindai di perangkat. Kalau tidak ada pemindai, dapat scan di situs online atau aplikasi lain. 

error:
Scroll to Top