Cara Menghapus Pesanan Selesai di Shopee

8 Cara Menghapus Pesanan Selesai di Shopee yang Benar

GEMATOS.ID | Setiap kali berbelanja di aplikasi Shopee, pasti datanya akan tersimpan dalam riwayat pesanan. Memang lewat riwayat tersebut bisa tahu aktivitas apa yang pernah dilakukan. Tapi ada yang ingin menghapusnya agar tidak diketahui orang lain. Karena itulah, banyak yang cari cara menghapus pesanan selesai di Shopee dengan tepat. 

Memang lewat riwayat tersebut lebih mudah untuk melakukan repeat order kapan pun dibutuhkan. Tapi terkadang, ada orang iseng dan buka-buka aplikasi Shopee untuk melihat barang apa saja yang pernah kamu beli. Jika itu barang privasi, bukankah cukup mengganggu? 

Namun yang jadi pertanyaannya, apakah riwayat pesanan di aplikasi Shopee bisa dihapus? Kemudian, apa faktor yang menjadi alasan untuk lebih memilih menghapusnya? Agar lebih jelas, perhatikan uraian yang dijelaskan berikut ini. 

Apa Itu Riwayat Pesanan Shopee? 

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara menghapus pesanan selesai di Shopee, mungkin kamu perlu tahu hal berikut ini. Di aplikasi Shopee itu ada yang namanya riwayat pesanan. History tersebut adalah daftar pesanan yang pernah kamu lakukan saat belanja online di Shopee. 

Semua pembelian yang terjadi, akan tercatat di aplikasi Shopee. Baik itu pesanan yang sedang dikemas, dikirim, maupun sudah selesai. Jadi jika sewaktu-waktu ingin melakukan repeat order, tinggal cari barangnya di daftar riwayat. Berikut cara melihat riwayat pesanan di Shopee:

  • Buka aplikasi Shopee dan pilih Saya
  • Ketuk opsi Lihat Riwayat Pesanan
  • Kemudian cek semua transaksi yang pernah dilakukan, termasuk pesanan selesai. 
Related  Cara Keluar Akun Gmail di HP

Dalam riwayat pesanan, kamu bisa lihat semua informasi penting mengenai pembelian. Di halaman tersebut ada keterangan nama dan jenis produk, jumlah, harga, tanggal pemesanan, metode pembayaran, dan statusnya. Termasuk memantau produk yang masih dalam status dikirim. 

Sebenarnya histori di aplikasi Shopee tidak hanya berguna saat ingin melakukan pembelian kembali. Tapi juga memastikan bahwa barang yang dibeli telah dikirimkan oleh penjual. Kamu pun dapat menggunakannya untuk mengajukan keluhan kalau-kalau ada masalah, seperti keterlambatan pengiriman atau produk tidak sesuai deskripsi. 

Bisakah Menghapus Pesanan Selesai di Shopee? 

Sekarang yang jadi pertanyaan banyak pengguna, adakah cara menghapus pesanan selesai di Shopee? Karena faktor tertentu, mungkin ada yang ingin menghilangkan riwayat pembelian agar tidak ditampilkan lagi di halaman histori. Terutama untuk alasan personal dan privasi. 

Namun sungguh disayangkan, berdasarkan informasi dari customer service resmi Shopee, bahwa riwayat pesanan tidak dapat dihapus. Termasuk pesanan selesai, di mana barang sudah dikirimkan dan kamu terima. Pasalnya, di aplikasi Shopee sendiri juga belum tersedia fitur untuk menghapus histori pembelian. 

Selain karena tidak ada fitur hapus lain, sebenarnya ada beberapa alasan penting kenapa pesanan selesai tidak bisa dihapus. Pasalnya, informasi dalam riwayat pesanan dibutuhkan untuk kepentingan transaksi antara penjual dan pembeli. Semisal ingin melakukan komplain, ada buktinya di Shopee. 

Kalo cara membatalkan pesanan di Shopee jelas bisa banget!

Tidak bisanya menghapus pesanan selesai di Shopee karena histori dijadikan sebagai salah satu trik marketing. Biasanya barang yang sama sering direkomendasikan untuk transaksi di kemudian hari. Di samping itu, menghapus riwayat pesanan akan menghilangkan catatan transaksi yang mungkin mempengaruhi keamanan dan reputasi penjual. 

Related  Cara Menentukan Harga Jual di Shopee Food yang Benar Agar Tidak Rugi

Cara Menghapus Pesanan Selesai di Shopee

Cara Menghapus Pesanan Selesai di Shopee
Menghapus Pesanan Selesai di Shopee

Kalau kamu masih bersikeras ingin menghilangkan catatan tersebut, sebenarnya ada satu cara menghapus pesanan selesai di Shopee untuk dicoba. Cara yang dimaksudkan yaitu menghapus akun Shopee secara permanen. Dengan begitu, semua catatan dalam akun termasuk riwayat pesanan selesai akan hilang. 

Namun cara seperti ini hanya disarankan apabila kamu sudah tidak memerlukan akun itu lagi. Entah ingin buat yang baru atau berhenti pakai Shopee. Jika ingin melakukannya, perhatikan panduan di bawah ini:

Langkah 1: Buka Aplikasi Shopee ✔️

  • Pertama, buka aplikasi Shopee yang biasa kamu gunakan. 
  • Kemudian pilih menu Saya yang ada di kanan bawah. 

Langkah 2: Masuk ke Menu Pengaturan ✔️

Cara Menghapus Pesanan Selesai di Shopee

Sekarang kamu berada di halaman profil. Masuk saja ke menu Pengaturan dengan klik ikon roda gigi yang ada di bagian atas. 

Langkah 3: Buat Pengajuan Hapus Akun ✔️

  • Gulir halaman Pengaturan ke bawah. 
  • Selanjutnya pilih opsi Ajukan Penghapusan Akun.  

Langkah 4:  Konfirmasi Pengajuan ✔️

Cara Menghapus Pesanan Selesai di Shopee

Pada halaman ini, kamu akan mendapati pop up yang menginformasikan jika setelah akun Shopee dihapus, tidak bisa dipulihkan lagi. Konfirmasi dengan pilih OK

Langkah 5: Cek Informasi Penting Jika Hapus Akun ✔️

  • Kemudian di bagian berikutnya, Shopee akan memberikan informasi apa saja yang akan terjadi jika akun dihapus permanen. Termasuk tidak bisa melihat lagi riwayat pesanan di akun tersebut. 
  • Pastikan sudah menyelesaikan semua transaksi. 
  • Satu hal yang wajib diperhatikan yaitu pihak Shopee memiliki wewenang untuk menolak pembuatan akun berikutnya. 
  • Jika sudah yakin dengan semua konsekuensi tersebut, klik tombol Lanjutkan

Langkah 6: Verifikasi Identitas ✔️

  • Berikutnya adalah tahapan pemeriksaan keamanan dari Shopee dengan melakukan verifikasi identitas. Tekan saja opsi Verifikasi dengan link email. 
Related  10 Cara Menggunakan Voucher Shopee Food Agar Dapat Diskon

Cara Menghapus Pesanan Selesai di Shopee

  • Setelah itu, buka aplikasi email milikmu. 
  • Lalu buka email masuk dari Shopee. 
  • Gulir halaman pesan dan klik tombol Izinkan Penghapusan Akun. 

Langkah 7: Berikan Alasan yang Jelas ✔️

Cara Menghapus Pesanan Selesai di Shopee

  • Saat kamu klik tautan tersebut, maka akan dibawa ke formulir untuk hapus akun. 
  • Pada formulir ini, pilih salah satu alasan kenapa ingin hapus akun Shopee. 
  • Tambahkan informasi pendukung secara detail di kolom bawahnya. Contohnya kamu tidak ingin pakai akun Shopee itu lagi dan hendak menghapus semua riwayat pesanan selesai yang pernah dilakukan. 
  • Tulis alamat email untuk dihubungi pihak Shopee terkait permintaan hapus akun. 
  • Jangan lupa centang kotak persetujuan Syarat dan Ketentuan. 
  • Setelah semua selesai, klik tombol Kirim

Langkah 8: Akun Shopee Berhasil Dihapus ✔️

  • Selanjutnya akan muncul notifikasi jika setelah dihapus, kamu tidak bisa login ke akun itu lagi. Setujui permintaan dengan tekan Konfirmasi
  • Berikutnya ada pemberitahuan kalau akun Shopee berhasil dihapus. Nantinya akun ter-logout secara otomatis dari Shopee.

Cara menghapus pesanan selesai di Shopee dengan menonaktifkan akun secara permanen memang cukup merepotkan. Karena bukan hanya riwayat pesanan selesai saja yang hilang, melainkan semua aktivitas yang pernah dilakukan. Jadi, sebaiknya pikirkan benar-benar sebelum memutuskan hapus akun. 

Alasan Menghapus Pesanan Selesai di Shopee 🥴️

Meskipun merepotkan, kadang ada suatu kondisi di mana sangat perlu menghapus riwayat pesanan selesai di Shopee. Alasan masing-masing pengguna tidak sama. Di antaranya sebagai berikut:

  • Tidak ingin histori pembelian diketahui orang lain. Pastinya kamu tidak nyaman jika ada orang yang kepo dengan aktivitas di aplikasi Shopee dan menganggap itu sebagai bentuk pelanggaran privasi. 
  • Memudahkan pencarian produk, khususnya yang sudah lama dipesan. Pasalnya, riwayat di halaman Pesanan Saya itu bercampur dengan semua transaksi. Pastinya kamu bingung menentukan produk yang ingin dicari. 
  • Agar Shopee tidak lemot. Perlu diketahui jika banyaknya data yang tersimpan di aplikasi Shopee akan membuat ruang penyimpanan penuh. Akibatnya, aplikasi Shopee semakin lemot dan proses loading lama. 

Demikian penjelasan mengenai cara menghapus pesanan selesai di Shopee. Dalam riwayat pesanan tidak ada menu untuk menghapusnya. Jika memang sangat perlu, hanya satu cara yang dapat dicoba, yakni menonaktifkan akun Shopee permanen.

error:
Scroll to Top