Cara Melihat Hasil Gift TikTok

4 Cara Melihat Hasil Gift TikTok, Cairkan dan Tukar Berlian ke Rekening

GEMATOS.ID | TikTok jadi salah satu platform yang dimanfaatkan untuk mengumpulkan penghasilan tambahan lewat fitur siaran langsung. Yang mana saat live tersebut mendapatkan gift atau hadiah dari penonton. Apakah kamu sudah tahu, bagaimana cara melihat hasil gift TikTok dan mencairkannya jadi uang tunai? 

Fitur live di TikTok memang jadi media yang bagus untuk promosi dan berbagi kegiatan secara real time. Tapi semakin ke sini, banyak yang melakukan live hanya agar dapat gift saja. Sebab hadiah tersebut dapat ditukarkan apabila jumlahnya sudah banyak. 

Sebenar tidak ada yang salah dengan menambah penghasilan dengan cara mengumpulkan gift lewat siaran langsung. Semakin banyak hadiah yang kamu peroleh, maka uang yang didapat juga makin besar. Langsung saja lihat bagaimana cara melihat pendapatan dari gift TikTok. 

Apa Itu Gift LIVE di TikTok ❓

Simak dulu penjelasan ini sebelum menerangkan cara melihat hasil gift TikTok yang didapatkan dari live. Sebenarnya, apa itu hadiah di fitur Live? Kenapa banyak sekali content creator TikTok yang melakukan siaran langsung, bahkan terkesan meminta hadiah dari penonton? 

Jadi, gift di Live TikTok adalah salah satu fitur yang memungkinkan kreator untuk mengumpulkan hadiah selama siaran berlangsung. Hadiah tersebut diberikan oleh penonton sebagai wujud menghargai dan menyukai dengan apa yang kamu lakukan. Penonton memberikan gift dari hasil melakukan pembelian koin, jadi tidak cuma-cuma. 

Related  10 Cara Iklan di Tiktok Ads Untuk Tingkatkan Konversi Penjualan Produk

Setelah selesai live dan kamu mendapatkan gift dari penonton, bisa mengubahnya menjadi diamond. Satu buah diamond itu bernilai setengah koin. Jadi, misalkan kamu menerima gift bunga yang bernilai 100 koin. Kalau ditukar itu sama dengan 50 diamond. Sedangkan satu berlian nilainya 5 sen dolar AS atau 0,005 USD. Jadi, 50 berlian sama dengan 0,25 USD. 

Selain didapatkan dari penonton, berlian juga bisa kamu peroleh dari TikTok. Terlebih dahulu aktifkan fitur Hadiah LIVE di menu pengaturan siaran langsung. Di mana diamond kamu peroleh berdasarkan popularitas video live yang dilakukan. Salah satu faktor kunci dalam menentukan popularitas konten yaitu hadiah dari penonton. 

Cara Melihat Hasil Gift TikTok

Cara Melihat Hasil Gift TikTok
Cara Melihat Hasil Gift TikTok

Seperti yang dijelaskan bahwa gift yang kamu dapatkan dari siaran langsung di TikTok akan dikonversi menjadi berlian. Selanjutnya, dikonversi menjadi uang tunai dengan mata uang dolar. Jumlah uang yang kamu kumpulkan mungkin berubah-ubah, sebab nilai tukar dolar ke rupiah mengalami fluktuasi. 

Dengan cara melihat hasil gift TikTok, kamu akan tahu berapa reward atau pendapatan yang diterima setelah live. Semakin banyak hadiah yang kamu peroleh maka makin besar pula jumlah koin untuk dikonversikan ke diamond. Daripada penasaran, lihat jumlahnya dengan cara seperti di bawah ini. 

Langkah 1. Buka Aplikasi TikTok dan Masuk ke Menu Profil ✔️

Cara melihat hasil gift TikTok dapat kamu lihat secara langsung lewat aplikasi tanpa perlu platform lain. Sebaiknya gunakan aplikasi TikTok versi terbaru agar lebih lancar. Prosesnya seperti berikut ini:

  • Buka aplikasi TikTok yang biasa kamu pakai untuk siaran langsung. 
  • Nantinya akan terbuka halaman Beranda akun. 
  • Setelah itu, langsung masuk ke menu Profil. Menu ini ditandai dengan ikon orang yang terletak di sudut kanan bawah. 
Related  2 Cara Menambahkan Lokasi di TikTok (Postingan dan Bio)

Langkah 2. Masuk ke Menu Pengaturan ✔️

Cara melihat hasil gift TikTok yang kedua yaitu dengan masuk ke menu Pengaturan. Di sinilah kamu dapat mengecek berapakah reward atau penghargaan yang diterima selama melakukan live streaming. Ikuti saja langkah-langkah di bawah ini:

  • Pada halaman Profil akun, ketuk tanda burger di pojok kanan atas. Ikonnya berupa tiga buah garis horizontal. 

  • Berikutnya pilih menu Pengaturan & Privasi. 

Langkah 3. Cek Bagian Saldo ✔️

Setelah masuk ke halaman Pengaturan dan Privasi, langsung saja pilih menu Saldo atau Balance. Di menu tersebut, kamu dapat melihat perolehan hadiah yang didapatkan saat melakukan siaran langsung. Lewat menu itu juga proses penarikan hadiah menjadi uang tunai dapat dilakukan. 

Langkah 4. Lihat Jumlah Hadiah ✔️

Cara Melihat Hasil Gift TikTok

Inilah langkah terakhir dari cara melihat hasil gift TikTok. Di halaman ini akan langsung muncul berapa total hadiah yang diterima selama siaran langsung di bagian Penghargaan LIVE. Apabila menu tersebut kamu klik, akan mendapatkan rincian perolehan secara lengkap. 

Kamu bisa lihat berapa hasilnya dalam mata uang rupiah dan dolar Amerika Serikat. Ada pula informasi akumulasi berlian yang dikonversi dengan hasil tersebut. Kamu juga bisa melihat uang masuk dan uang keluar, serta riwayat perolehan reward hadiah LIVE. 

Informasi lain yang ditampilkan yaitu saldo koin yang kamu miliki. Koin inilah yang nantinya digunakan oleh penonton untuk membeli gift dan memberikannya kepada kreator. Bagi pengguna HP android, koin di-top up pakai saldo Google Play. 

Cara Mencairkan Hasil Gift TikTok ✔️

Setelah gift TikTok terkumpul banyak, kamu dapat mencairkannya menjadi uang tunai. Batas mininum penarikan dibagi menjadi empat bagian, yaitu $1 (untuk pengguna baru), $2, $5, dan $20. Apabila mencapai batas tersebut, bisa dicairkan. Caranya sebagai berikut:

  • Masuk ke halaman Penghargaan LIVE seperti yang telah dijelaskan di atas. 
  • Di sini ada dua pilihan penarikan reward yang didapatkan ketika siaran langsung. 
  • Pilihan pertama yaitu Tukar dengan Koin. Jadi, saldo dolar yang kamu kumpulkan nantinya digunakan untuk beli koin. 
  • Jika kamu memilih opsi tersebut, masukkan jumlah koin yang ingin didapatkan, minimal empat. Koin tersebut digunakan oleh penonton untuk mengirimkan gift kepada kreator. 
  • Lalu pilihan yang kedua adalah Tarik Uang. Pastikan jumlah saldo sudah memenuhi batas minimal penarikan. 
  • Setelah memilih opsi tersebut, pilih metode penarikan. Selain akun Paypal, bisa pakai e-wallet DANA dan OVO, serta transfer bank. 
  • Tentukan pula berapa jumlah penarikannya. 
  • Apabila sudah selesai, tekan Tarik
  • Dalam satu hari, TikTok memberikan batasan penarikan sebanyak 1.000 dolar. 
Related  Cara Menambahkan Instagram di TikTok, untuk Jualan & Affiliate

Jenis-Jenis Gift TikTok ✔️

Jenis hadiah atau gift di aplikasi TikTok itu sangat banyak. Setiap hadiah juga punya nilai masing-masing. Di antaranya sebagai berikut:

1. Hadiah di Bawah 100 Koin

Saat live TikTok itu ada golongan gift yang dinilai receh, sebab nilainya di bawah 100 koin. Tapi kalau kamu mendapatkannya dalam jumlah banyak di satu sesi live, tentunya lumayan. Beberapa di antaranya yaitu:

  • 1 koin: Tenis, Love Letter, Sepakbola, Kopi, Kerucut Es Krim, Barbel, Mawar.
  • 10 koin: Kopi, Gamepad, Lolipop
  • 20 koin: Parfum, Bedug
  • 30 koin: Cermin, Donat. 

2. Hadiah di Bawah 1000 Koin

Gift yang ini jumlahnya lumayan, tapi masih kurang dari 100 koin. Contohnya yaitu:

  • 177 koin: Topi Penyihir. 
  • 399 koin: Ayunan, Mimpi Indah. 
  • 500 koin: Hujang Uang
  • 1.000 koin: Tambang Emas, Bunga Cermin. 

3. Di Atas 1000 Koin

Yang selanjutnya adalah gift dengan nilai di atas 1000 koin. Content creator pasti mengharapkan dapat hadiah berikut:

  • 1.500 koin: Rangkaian Bunga. 
  • 3.000 koin: Bianglala. 
  • 6.000 koin: Pesawat. 
  • 29.999 koin: Singa. 
  • 34.999 koin: TikTok Universe. 
Ingin dapat koin Tiktok? Kamu bisa mulai dengan cara beli koin TikTok yang mudah.

Seperti itulah cara melihat hasil gift TikTok dan mencairkannya jadi uang tunai. Setiap gift memiliki nilai koin yang berbeda. Semakin banyak hadiah yang diterima saat siaran langsung, maka makin besar pula saldo yang dapat dicairkan. 

error:
Scroll to Top