Cara Melihat Postingan Ulang di TikTok

Cara Melihat Postingan Ulang di TikTok Sendiri dan Orang Lain

GEMATOS.ID | Di aplikasi TikTok terdapat fitur baru bernama Repost yang digunakan untuk membagikan konten orang lain. Ada perbedaan konten yang dibagikan secara langsung dan diposting ulang. Mungkin cara melihat postingan ulang di TikTok yang akan dijelaskan berikut ini perlu kamu pahami. 

Sudah diketahui secara umum bahwa TikTok masih jadi platform media sosial dan berbagi video terbaik. Ada banyak tren dan kejadian viral yang bisa kamu temukan di aplikasi tersebut. Mudah tersebarnya berita viral karena adanya fitur posting ulang atau repost di TikTok. 

Kamu bisa lihat postingan ulang dari akun sendiri dan pengguna lain dengan mudah. Selain cara tersebut, akan dijelaskan pula hal-hal penting terkait fitur repost. Mulai dari cara posting ulang dan manfaatnya. Baca penjelasan di sini! 

Apa Itu Fitur Postingan Ulang di TikTok? 

Fitur postingan ulang atau repost di aplikasi TikTok adalah proses membagikan ulang konten orang lain kepada audiens TikTok-mu sendiri. Fitur ini pertama kali rilis pada tahun 2022. Ide repost ini hampir mirip dengan retweet pada aplikasi Twitter. Jadi, kamu bisa menyebarkan informasi melalui akun sendiri untuk dilihat pengikutmu. 

Video dan foto yang kamu posting ulang akan muncul di halaman “For You/Untuk Anda” milik pengikutmu. Tampilannya sama seperti video awal yang dibuat, hanya saja muncul keterangan bahwa kamu mem-posting ulang konten tersebut. Nama pemilik konten tetap dicantumkan, sehingga diberi kredit dengan benar. 

Related  Cara Mengambil Uang di Kalkulator TikTok, Bagaimana?

Karena nama kreator asli dicantumkan pengikutmu pun bisa klik nama pengguna tersebut. Selanjutnya mengunjungi profil pembuatan konten dan melihat videonya yang lain. Jadi, secara tidak langsung fitur repost ini juga bermanfaat bagi kreator sebab bisa menjangkau audiens lebih luas. 

Selain Twitter dan TikTok, fitur repost pun sudah ada lebih dulu platform lain, seperti Facebook dan LinkedIn. Perbedaannya, konten yang di-repost tidak muncul di profilmu dan hanya muncul di halaman For You dari pengikutmu. Pada mulanya fitur ini hanya untuk video yang lewat FYP. Tapi sekarang bisa posting ulang semua konten di TikTok. 

Cara Posting Ulang di TikTok

Sebelum menjelaskan cara melihat postingan ulang di TikTok, penting untuk mengetahui panduan ini. Adakah di antara kamu sekalian yang belum tahu cara repost konten di TikTok karena masih baru pertama kali menggunakannya? Ternyata, caranya sangat mudah. Seperti inilah langkah-langkahnya:

  • Lihat-lihat dulu konten yang muncul saat kamu scroll video di TikTok.
  • Apabila ada video menarik yang ingin kamu repost, klik share yang ditandai dengan ikon panah. 
  • Setelah itu, pilih fitur Posting Ulang. 
  • Klik +Tambahkan Komentar jika kamu ingin menambahkan keterangan di postingan ulang tersebut. 
  • Tulis komentar dan klik tanda panah untuk mengirimkannya. Video akan muncul di halaman For You milik temanmu dengan keterangan “(nama pengguna) memposting ulang.”

Cara Melihat Postingan Ulang di TikTok

Cara Melihat Postingan Ulang di TikTok
Cara Melihat Postingan Ulang di TikTok

Tidakkah kamu penasaran dengan konten-konten yang pernah kamu atau pengikutmu bagikan? Ternyata, kamu bisa melihat kembali konten yang dulu pernah di-repost dengan sangat mudah. Berikut ini penjelasan cara melihat postingan ulang di TikTok sendiri dan orang lain. 

Cara 1. Melihat Postingan Ulang di TikTok Sendiri ✔️

Panduan yang pertama adalah cara melihat postingan ulang di TikTok milik akun sendiri. Mungkin kamu ingin melihat kembali video atau foto mana yang pernah kamu bagikan ke pengikutmu. Selain untuk melihat riwayat tersebut, kamu juga dapat menghapus postingan ulang yang menurutmu sudah tidak relevan lagi. 

Related  Cara Daftar Tiktok Shop Biar Langsung ACC + Strategi Penjualan

Tanda konten yang diposting ulang memang muncul di dalam konten tanpa menghilangkan nama pembuat. Kamu pun bisa melihat tanda yang sama jika ada pengikutmu yang membagikan ulang. Tapi sayangnya, kemunculan konten di Beranda hanya sekali dan tidak bisa dilihat setelah loading ulang. 

Itulah kenapa, kamu perlu melihat postingan ulang di halaman profil. Bila ingin melihat repost-an dari akun sendiri, caranya sebagai berikut:

  • Buka aplikasi TikTok dan masuk ke menu Profil yang ada di sebelah kanan bawah. 

  • Selanjutnya, langsung klik ikon Repost di halaman tersebut. 

Cara Melihat Postingan Ulang di TikTok

  • Nantinya akan muncul semua konten yang pernah kamu bagikan ulang. 

  • Coba klik salah satu konten. Akan muncul keterangan “Anda memposting ulang.

  • Klik keterangan tersebut.
  • Berikutnya akan masuk ke halaman komentar dan informasi kamu repost muncul paling atas. Selain itu ada informasi tanggal membagikan ulang konten tersebut. 

Cara Melihat Postingan Ulang di TikTok

Cara 2. Melihat Postingan Ulang di TikTok Orang Lain ✔️

Selanjutnya adalah cara melihat postingan ulang di TikTok miliki orang lain. Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa kemunculan repost di halaman For You ini hanya sekali. Kemungkinan kamu belum puas dan ingin melihatnya kembali. Jadi, solusinya cek di akun yang membagikan ulang postingan tersebut. Langkah-langkahnya seperti di bawah ini:

  • Dari halaman awal aplikasi TikTok, klik menu pencarian dan temukan akun TikTok yang ingin kamu cek postingan ulangnya. 
  • Klik akun tersebut dari hasil pencarian untuk membuka halaman profilnya. 
  • Setelah terbuka, masuk ke bagian Repost.

  • Selanjutnya cek postingan mana yang ingin kamu tonton kembali. 

  • Apabila konten tersebut diklik, maka akan muncul keterangan “(nama pengguna) memposting ulang.

Cara Melihat Postingan Ulang di TikTok

Cara Menghapus Postingan Ulang di TikTok ✔️

Bisa jadi kamu merasa menyesal telah membagikan ulang video di TikTok, entah karena konten sudah tidak valid atau alasan lain. Ternyata kamu pun dapat menghapus postingan ulang untuk membatalkan repost agar tidak muncul lagi. Ada dua cara untuk menghapusnya, yang pertama yaitu:

  • Buka video yang kamu repost
  • Klik Anda membagikan ulang. 
  • Setelah itu, klik dan tahan informasi yang muncul di komentar paling atas. 
  • Kemudian ketuk Hapus Postingan Ulang. Maka repost yang pernah dilakukan sebelumnya akan dibatalkan. 
  • Selain cara tersebut, ada yang lebih mudah. Untuk cara kedua ini, langkah-langkahnya seperti di bawah ini:
  • Buka video yang kamu repost
  • Kemudian ketuk ikon panah yang biasa digunakan untuk share
  • Setelah itu, klik Hapus Postingan di tanda repost
Related  5 Cara Melihat Gaji TikTok, Cek Penghasilan TikTok Sangat Mudah

Manfaat Postingan Ulang di TikTok

Apakah membagikan ulang konten di TikTok hanya iseng atau ingin saja? Ternyata, fitur repost ini sangat berguna apabila mau memanfaatkannya. Beberapa manfaat postingan ulang di TikTok antara lain yaitu:

  • Menunjukkan loyalitas terhadap kreator. Dengan cara membagikan ulang konten di TikTok ternyata bisa menunjukkan loyalitasmu terhadap kreator favorit. Contohnya ketika kreator tersebut membuat konten baru dan menarik. Jika kamu repost, maka akan muncul notifikasinya di pembuat konten siapa saja yang membagikan ulang. 
  • Menjadi bukti sosial. Buat kamu yang menjadikan TikTok sebagai media jualan dan promosi, repost punya manfaat besar. Contohnya membagikan ulang video review dari pengguna produkmu. Ini memberikan kesaksian kualitas produk dan bisa meyakinkan orang lain. 
  • Menarik perhatian merek tertentu. Bagi para kreator, membagikan ulang konten dari merek yang kamu sukai dengan rutin merupakan cara menarik perhatiannya. Hal ini menunjukkan bahwa kamu adalah penggemar setianya. Kalau konten dan audiensmu selaras dengan merek tersebut, akan membuka peluang kemitraan. 

Seperti itulah cara melihat postingan ulang di TikTok sendiri dan orang lain. Untuk melihatnya dengan mengakses halaman profil. Semua konten yang pernah dibagikan ulang akan muncul di menu Repost. 

error:
Scroll to Top