Cara Menghitung Penghasilan TikTok

4 Cara Menghitung Penghasilan TikTok yang Benar: Rumusnya Begini

GEMATOS.ID | TikTok ternyata menjadi salah satu sumber pendapatan. Ada berbagai fitur penghasil uang yang jika dimanfaatkan dengan maksimal memberikan income yang lumayan. Tidakkah kamu penasaran dengan cara menghitung penghasilan TikTok dan melihat jumlah pastinya? 

Ada berbagai cara menghasilkan uang di TikTok. Bahkan kamu yang baru buat akun pun dapat turut serta memanfaatkan fitur ini. Daripada hanya scroll TikTok untuk menghilangkan rasa bosan, bukankah menguntungkan jika sekalian mencari pendapatan tambahan? 

Ketika sudah cukup lama menggunakan fitur penghasil uang di TikTok, pasti kamu penasaran dengan uang yang didapatkan sekarang. Sebenarnya, bagaimana cara menghitung penghasilan tersebut yang benar? Agar mengetahui jumlahnya, langsung cek di bawah ini. 

Sumber Penghasilan di TikTok

Tapi sebelum menjelaskan cara menghitung penghasilan TikTok, ada baiknya kamu simak penjelasan ini. Jika ingin dapat uang yang lumayan, ketahui dari mana saja sumber penghasilan yang bisa dicoba di TikTok. Pengguna baru mungkin belum tahu hal ini. Bahwa aktivitas-aktivitas di bawah ini dapat menghasilkan uang di TikTok. 

1. Melakukan Tugas di TikTok

Sumber penghasilan pertama di TikTok yaitu dari melakukan tugas tertentu. Misi yang tersedia di TikTok yaitu menonton video dan membagikan kode undangan. Apabila berhasil menyelesaikannya, maka berhak mendapatkan reward berupa poin. Semakin sering menjalankan tugas ini, makin banyak pula poin yang diperoleh. 

Related  Cara Buat Akun Tiktok Baru di HP yang Sama Gratis Langsung FYP

Untuk tugas ini, bisa dilakukan semua pengguna TikTok. Bahkan kamu pun yang baru buat akun dapat menyelesaikan misi yang tersedia. Karena memang tidak ada batasan jumlah followers maupun umur akun. 

2. Mendapatkan Gift dari Penonton

Sumber yang lain yaitu dari gift atau hadiah. Biasanya, ini didapatkan ketika melakukan siaran langsung atau dari video yang dimonetisasi. Dari gift tersebut, selanjutnya akan diubah menjadi koin. Koin itulah yang nanti dikonversi menjadi uang tunai dan dapat dicairkan. 

Tapi untuk cara kedua ini, hanya untuk pengguna TikTok yang sudah banyak pengikut. Karena syarat melakukan live saja minimal harus punya seribu followers. Sedangkan untuk bisa monetisasi video, kamu harus rutin membuat konten yang berkualitas, bagus-bagus jika masuk FYP. 

3. Bergabung dalam Program Affiliate

Affiliate merupakan salah satu program dalam TikTok yang menghubungkan antara kreator dan penjual. Daripada hanya membuat konten yang tidak jelas, lebih baik jika dipergunakan untuk afiliasi. Karena dari program ini, kamu bisa mendapatkan komisi yang jumlahnya lumayan. 

Apabila bergabung dalam program affiliate, maka kamu harus buat konten dan menyematkan link produk ke dalamnya. Ketika ada pengikut atau pengguna TikTok yang melakukan transaksi lewat link tersebut, kamu akan menerima komisi. Jumlah komisi berbeda-beda untuk setiap produk. 

4. Endorsement

TikTok memang jadi media yang bagus untuk melakukan promosi, mengingat banyak yang menggunakannya. Itulah kenapa, kalau kamu punya puluhan atau ratusan ribu followers, bisa coba endorsement. Caranya bekerja sama dengan tertentu, kemudian mempromosikannya. Biasanya para influencer mendapatkan sumber penghasilan dari endorsement

5. Berjualan

Sumber pendapatan lain di TikTok yaitu dengan cara berjualan. Kalau kamu punya bisnis online, cocok sekali mengembangkan usaha lewat fitur TikTok Shop. Fitur ini tidak kalah dengan platform marketplace yang lain. 

Related  2 Cara Live Mobile Legend di TikTok: Tanpa 1000 Followers

Cara Menghitung Penghasilan TikTok

Cara Menghitung Penghasilan TikTok
Cara Menghitung Penghasilan TikTok

Tidakkah kamu ingin tahu berapa uang yang berhasil dikumpulkan di TikTok? Memang setiap sumber pendapatan di TikTok dapat dicek sendiri-sendiri berapa jumlahnya. Oleh karena itu, di sini akan dijelaskan cara menghitung penghasilan TikTok yang diperoleh dari gift, tugas, dan affiliate

Cara 1. Menghitung Penghasilan TikTok dari Gift

Terlebih dahulu akan dijelaskan bagaimana cara menghitung penghasilan TikTok yang bersumber dari hadiah. Contohnya setelah kamu melakukan siaran langsung, TikTok akan menginformasikan jumlah koin yang diperoleh. Kemudian, koin tersebut langsung dikonversi menjadi uang tunai. 

Kalau kamu penasaran, sebenarnya mudah saja menghitung perolehan gift. Ketahuilah bahwa masing-masing gift punya nilai koin yang berbeda. Lalu, koin tersebut nantinya ditukarkan menjadi diamond atau berlian. Satu koin nilainya sama dengan setengah berlian. 

Selanjutnya, satu berlian dikonversi menjadi mata uang dollar sama dengan 0,005 USD. Jadi misalkan saat live kamu mendapatkan total 200 koin, yang mana senilai dengan 100 berlian. Kalau dikonversi dollar, nilainya menjadi 0,5 USD. Sehingga kalau punya 200 berlian, kamu akan dapat uang 1 USD. 

Daripada pusing, ada cara menghitung penghasilan TikTok dari gift yang mudah. Gunakan alat Kalkulator Berlian TikTok sebagai berikut:

Cara Menghitung Penghasilan TikTok

  • Estimasi perolehannya akan ditampilkan dalam mata uang USD. 

Sedangkan jika ingin tahu jumlah aslinya, cek langsung di aplikasi TikTok. Langkah-langkahnya seperti di bawah ini:

  • Buka menu Profil di TikTok. 

  • Ketuk ikon humberger di kanan atas. 

  • Lalu, pilih menu Saldo

Cara Menghitung Penghasilan TikTok

  • Kamu bisa cek perolehan uang dari gift TikTok pada bagian berikut. 

Cara Menghitung Penghasilan TikTok

Cara 2. Menghitung Penghasilan TikTok dari Tugas

Berikutnya cara menghitung penghasilan TikTok yang diperoleh dengan menjalankan tugas. Reward yang didapatkan jika berhasil menyelesaikan tugas yaitu berupa poin. Di mana 10 poin itu nilainya setara dengan satu rupiah. 

Related  Cara Mendapatkan Stream Key TikTok untuk Live di Komputer

Misalkan dari semua tugas yang kamu kerjakan setiap hari berhasil mengumpulkan 2.000 poin. Bila dirupiahkan, sama dengan Rp200. Mungkin jumlah tersebut tergolong kecil. Namun kamu dapat mengumpulkan banyak uang jika sering menyelesaikan tugas. 

Jika ingin melihat jumlah pasti reward dari tugas ini, bisa cek langsung di aplikasi TikTok. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi TikTok dan masuk ke bagian Profil
  • Kemudian ketuk ikon poin yang ada di pojok kiri atas. 

  • Di halaman ini, cek perolehan koin dan uangnya di bagian atas. 

Cara Menghitung Penghasilan TikTok

  • Jika ingin mencairkan, ketuk tombol Tarik uang. 

Cara 3. Menghitung Penghasilan di TikTok Money Calculate

Sebenarnya ada cara menghitung penghasilan TikTok yang paling mudah. Gunakan alat yang menampilkan estimasi pendapatanmu selama membuat konten di TikTok. Hanya saja, hasil perhitungan ini berupa perkiraan saja, bukan jumlah pasti. Uang di TikTok Money Calculate pun tidak bisa dicairkan. Cara menghitungnya seperti di bawah ini:

  • Buka salah satu situs TikTok Money Calculate, contohnya Exolyt
  • Lalu, tuliskan nama username akunmu. Jangan lupa menyertakan tanda ad (@), contoh @cahaya.emas.
  • Selanjutnya, tekan tombol Hitung Penghasilan. 

  • Cek estimasi pendapatan per video yang ditampilkan. 

Cara 4. Melihat Penghasilan TikTok Affiliate

Kalau kamu ingin mengetahui komisi dari Program Affiliate, caranya beda lagi. Tidak ada hitungan pasti untuk pendapatan ini, karena komisi tiap produk berbeda. Jika ingin tahu jumlahnya, ikuti cara berikut:

  • Masuk ke menu Profil akunmu. 
  • Selanjutnya, tekan ikon keranjang. 

  • Setelah itu, pilih menu Pusat Afiliasi. 

Cara Menarik Uang di TikTok

  • Pada halaman berikutnya, pilih menu Earnings

  • Lalu lihat berapa total komisi yang kamu dapatkan selama bergabung affiliate

Demikianlah beberapa cara menghitung penghasilan TikTok. Penghitungan ini sesuai dengan sumber pendapatan yang kamu perolehan. Contohnya dari hadiah ataupun reward mengerjakan tugas. Menggunakan Kalkulator TikTok memang mudah, tapi itu hanya perkiraan saja. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error:
Scroll to Top