Cara Mengarsipkan Video TikTok

Cara Mengarsipkan Video TikTok dengan Mudah dan Benar

GEMATOS.ID | Bagaimana cara mengarsipkan video TikTok itu? Mungkin saja kamu salah mengunggah video dan ingin menyimpannya agar tidak bisa dilihat pengguna lain. Daripada sayang kalau dihapus, lebih baik diarsipkan untuk dicek ulang kapan saja. 

Memang hal yang wajar jika ada kesalahan meng-upload video ke akun TikTok. Tapi daripada menghapusnya, akan lebih baik jika tetap disimpan dengan cara mengarsipkannya. Karena mungkin saja konten tersebut diperlukan sewaktu-waktu dan ingin mengeceknya kembali. 

Kalau kamu bingung bagaimana cara mengarsipkan video yang sudah diunggah di TikTok, simak saja penjelasan berikut ini. Tidak perlu bingung, karena caranya pun sangat mudah. Selain itu, akan dijelaskan cara untuk mengatur privasi konten TikTok, sehingga meminimalisir konten yang salah dilihat oleh pengguna lain. 

Fitur Mengarsipkan Video di TikTok

Kalau kamu mencari fitur Arsip secara spesifik di aplikasi TikTok, pasti tidak akan menemukannya. Lain hal dengan Instagram yang memang jelas memberikan fitur tersebut. Meski tidak ada, video bisa diarsipkan dengan cara mengubah pengaturan privasi jadi hanya kamu yang dapat melihatnya. 

Arsip sendiri adalah fitur untuk menyembunyikan postingan tanpa harus menghapusnya. Jadi, video yang sudah kamu unggah akan tetap ada di halaman Profil. Tapi bedanya, tidak bisa dilihat oleh pengguna lain. Itulah kenapa, disebut dengan mengarsipkan atau menyimpannya. 

Related  Cara Membuat Video Tiktok

Untuk Apa Mengarsipkan Video di TikTok? 

Untuk tujuan tertentu, fitur Arsip sangatlah berguna. Kamu dapat menyembunyikan video ketika ada kesalahan saat mengedit, membuat caption, tagar, atau menambahkan lokasi. Daripada dihapus, bisa diarsipkan dulu, diedit, kemudian dimunculkan kembali agar dapat dilihat pengguna lain. 

Selain itu, fitur Arsip akan mengamankan video-video yang sudah lama. Misalkan saat itu skill editingmu belum terlalu mumpuni. Kalau ditampilkan di Profil, mungkin saja mempengaruhi jumlah followers dan like. Karena sayang jika harus sampai dihapus, maka simpan dan buat menjadi privat. 

Cara Mengarsipkan Video TikTok

Cara Mengarsipkan Video TikTok
Cara Mengarsipkan Video TikTok

Berikut ini akan dijelaskan tentang bagaimana cara mengarsipkan video TikTok yang harus kamu ketahui. Di TikTok memang tidak ada fitur arsipkan seperti di media sosial lain, misal Instagram. Meski begitu, ada satu solusi untuk membuat video tersebut tetap tersimpan tanpa harus menghapusnya. 

Jadi, solusi yang dimaksudkan yaitu dengan mengatur privasi video. Kalau yang awalnya bisa dilihat oleh semua pengguna atau pengikutmu, maka ubah pengaturannya jadi Hanya Anda saja. Dengan begitu, video tidak bisa lagi dilihat oleh user lain, tapi tetap aman tersimpan di TikTok. 

Dengan mengatur privasi konten itu sama saja dengan mengarsipkannya. Kamu dapat atur privasi video-video yang sudah diunggah. Termasuk konten yang sudah lama. Kalau masih belum tahu caranya, perhatikan penjelasan di bawah ini. 

Langkah 1. Buka Menu Profil di Aplikasi TikTok

Cara mengarsipkan video TikTok yang pertama yaitu dengan mencari kontennya dulu di menu Profil. Beginilah cara membuka menu Profil di aplikasi TikTok:

  • Pertama, buka aplikasi TikTok yang biasa kamu gunakan. 
  • Pastikan sudah login ke akun yang kamu maksudkan. Jika belum, maka bisa beralih akun terlebih dahulu. 
  • Setelah login, nanti akan terbuka halaman Beranda aplikasi TikTok. 
  • Dari halaman tersebut, masuk ke bagian Profil. Menu ini ditandai dengan ikon orang yang berada di sebelah pojok kanan bawah. 
Related  Cara Menghapus Video di TikTok Satu Per Satu dan Sekaligus

Langkah 2. Cari Video yang Ingin Diarsipkan

Berikut ini langkah kedua dari cara mengarsipkan video TikTok. Pada halaman Profil akunmu, akan muncul semua konten yang pernah diunggah, baik video maupun foto. Sekarang, cari dan pilih video mana yang hendak kamu arsipkan. Bukan hanya video baru, kamu pun dapat melakukan ini untuk konten-konten yang sudah di-uplaod sejak lama. 

Langkah 3. Buka Menu Pengaturan Video

Setelah videonya terbuka, kemudian masuk ke bagian Pengaturan. Caranya yaitu dengan klik tanda titik tiga yang ada di sebelah kiri. 

Langkah 4. Buka Menu Pengaturan Privasi

Cara Mengarsipkan Video TikTok

Inilah cara mengarsipkan video TikTok yang dimaksudkan. Jadi, kamu harus mengatur privasinya untuk diubah privat, sehingga hanya kamu sendiri yang dapat melihatnya. Tapi sebelum itu, geser bagian menu ini ke sebelah kanan. Kemudian pilih dan klik menu Pengaturan Privasi. 

Langkah 5. Atur Siapa yang Dapat Melihat Video

Dengan cara mengarsipkan video TikTok, maka tidak akan dimunculkan lagi di tampilan Profil milikmu. Karena itulah, ubah pengaturan Siapa yang dapat menonton. Di sini ada tiga macam pilihan, yaitu:

  • Pengikut. Video akan ditampilkan di Profil dan halaman Beranda followers-mu. Jadi, dapat ditonton oleh semua orang. 
  • Teman. Pengaturan ini akan membuat video tayang di halaman Teman saja, yakni para followers yang juga kamu ikuti balik. 
  • Hanya Anda. Privasi inilah yang menjadikan video privat dan tidak bisa dilihat oleh pengguna lain. 

Karena ingin mengarsipkannya, maka ubah pengaturan privasi jadi Hanya Anda. Dengan begitu, video tidak muncul di Profil lagi, tapi tetap aman dan tidak terhapus. 

Langkah 6. Cek Video yang Diarsipkan

Cara Mengarsipkan Video TikTok

Kamu sudah berhasil mengarsipkan video dan membuatnya jadi privasi. Sekarang coba untuk mengeceknya apakah benar-benar masih ada di Profil akun milikmu. Caranya yaitu dengan klik tanda gembok seperti yang ditunjukkan. Kemudian, lihat video yang baru saja diarsipkan. 

Related  2 Cara Bikin Nama Tiktok Aesthetic, Berwarna, Font Tebal Miring

Cara Mengatur Privasi Video

Sejak awal diunggah, sebenarnya sudah bisa mengatur video tersebut untuk menjadi privat dan hanya kamu saja yang dapat melihatnya. Pengaturan ini akan membuat video langsung masuk bagian arsip. Berikut ini cara untuk mengaturnya:

  • Buat konten video seperti biasanya, yakni tekan tanda tambah. 
  • Kemudian unggah atau ambil video jika belum disiapkan. 
  • Gunakan fitur Tambah Suara dan menu editing lainnya. 
  • Kalau sudah selesai, tekan tombol Berikutnya yang ada di kanan bawah. 
  • Pada halaman Posting, klik menu Pengikut dapat melihat postingan ini. 
  • Setelah itu, ubah menjadi Hanya Anda. 
  • Lalu tekan tombol Posting

Dengan begitu, video tidak akan muncul di halaman Beranda pengguna TikTok lain. Misal pengguna tersebut mengecek di profilmu, tetap tidak akan terlihat. Videonya pun masih ada dan bisa kamu tonton kapan saja. 

Selain hal tersebut, kamu juga perlu mengatur agar video tidak ditampilkan di feed sekitar. Contohnya muncul di halaman Beranda akun-akun TikTok dengan lokasi yang sama seperti milikmu. Cara mengaturnya seperti di bawah ini:

  • Masuk ke halaman Profil aplikasi TikTok. 
  • Lalu klik ikon burger dengan tanda garis tiga di kanan atas. 
  • Selanjutnya, buka menu Pengaturan dan privasi. 
  • Setelah itu masuk ke bagian Privasi
  • Nonaktifkan fitur Postingan di feed di sekitar dengan menggeser panel ke arah kiri. 

Demikianlah penjelasan cara mengarsipkan video TikTok. Seperti yang telah disebutkan kalau tidak ada fitur Arsip secara spesifik. Namun kamu dapat mengatur privasinya, sehingga video tetap tersimpan tanpa ada yang bisa melihatnya. 

Pengaturan privasi seperti ini pun bisa dilakukan saat mengunggah video. Ubah pengaturan dari Pengikut atau Tema menjadi Hanya Anda. Dengan begitu, video masuk ke bagian terkunci dan hanya kamu saja yang dapat mengaksesnya. Video aman tanpa perlu dihapus. 

error:
Scroll to Top