Cara Membatalkan Pesanan di TikTok yang Sudah Menunggu Penjemputan

3 Cara Membatalkan Pesanan di TikTok yang Sudah Menunggu Penjemputan

GEMATOS.ID | Bagaimana cara membatalkan pesanan di TikTok yang sudah menunggu penjemputan itu? Mungkin banyak dari pengguna TikTok yang sering mencari jawaban atas pertanyaan tersebut. Dan apakah kamu salah satunya? 

Membatalkan pesanan memang hal yang bisa saja dilakukan ketika belanja di TikTok. Alasan dari masing-masing pengguna pun beragam. Ada yang salah membuat pesanan, salah pilih warna dan ukuran, atau menemukan produk yang sama tapi dengan harga lebih murah. 

Tapi kalau posisi barang tinggal menunggu di-pick up kurir, apakah bisa di-cancel? Temukan jawaban dan solusinya di sini. Akan diberikan panduan pembatalan orderan di TikTok Shop ketika menunggu penjemputan hingga berhasil. 

Apakah Bisa Membatalkan Pesanan di TikTok yang Sudah Menunggu Penjemputan?

Buat kamu yang suka belanja di TikTok Shop, harus tahu hal ini. Jadi, TikTok Shop itu menyediakan fitur cancel untuk membatalkan barang yang pernah dipesan. Baik itu pesanan yang masih menunggu pembayaran hingga yang sudah dibayar sekalipun. 

Menu “Batalkan Pesanan” akan tersedia ketika kamu membuka rincian orderan. Tapi opsi tersebut hanya akan muncul apabila posisi barang masih dipesan, belum dibayar, atau sejenisnya. Sedangkan saat posisinya sudah menunggu dijemput oleh kurir, tidak bisa cancel secara langsung. 

Ketika barang hampir di-pick up, biasanya tombol untuk membatalkan pesanan tidak bisa diklik. Hal ini juga yang terjadi ketika membayar dengan sistem COD (Cash On Delivery). Karena untuk metode pembayaran tersebut, barang langsung diproses sistem dan tinggal menunggu kurir saja. 

Related  3 Cara Menggunakan Filter Anime di TikTok, Ternyata Begini

Bahkan untuk pembayaran COD, menu Batalkan Pesanan tidak ada. Lantas, adakah solusinya? Meskipun menu pembatalan tidak dapat kamu gunakan secara langsung, masih ada jalan keluar dengan cara menghubungi seller

Itu adalah cara membatalkan pesanan di TikTok yang sudah menunggu penjemputan yang dapat kamu coba. Lakukan diskusi dan minta persetujuan kepada penjual untuk melakukan pembatalan orderan. Sedangkan untuk barang yang sudah dikirim tidak bisa dibatalkan. Tapi dapat diretur ketika kurir tidak menemukan alamat yang tercantum pada produk. 

Cara Membatalkan Pesanan di TikTok yang Sudah Menunggu Penjemputan

Cara Membatalkan Pesanan di TikTok yang Sudah Menunggu Penjemputan
Membatalkan Pesanan di TikTok yang Sudah Menunggu Penjemputan | Img by: Youtube.com/BaweanTV

Seperti yang dikatakan jika cara membatalkan pesanan di TikTok yang sudah menunggu penjemputan yaitu dengan menghubungi penjual. Metode tersebut dapat kamu coba karena menu Batalkan Pesanan tidak bisa diklik, atau bahkan tidak ada. Coba tanyakan kepada seller bisa tidaknya cancel barang yang sudah dipesan. 

Selain dengan chat penjual, ada alternatif lain untuk dicoba. Cara yang dimaksudkan yaitu dengan menghubungi pihak TikTok Shop atau melalukan retur barang. Untuk masing-masing cara tersebut, bisa kamu lihat panduannya di bawah ini. 

1. Membatalkan Pesanan di TikTok dengan Menghubungi Penjual ✅

Ini merupakan solusi pertama yang harus kamu coba apabila ini membatalkan pesanan di TikTok Shop namun tidak menemukan menu cancel. Memang cukup merepotkan jika posisi barang sudah menunggu penjemputan. Karena artinya, pesanan telah disiapkan, mendapatkan  resi dari TikTok, dan tinggal diserahkan ke kurir saja. 

Tapi sebelum barang diambil oleh kurir, ada baiknya untuk segera cancel kalau memang benar-benar ingin membatalkannya. Hubungi penjual untuk bertanya apakah bisa dibatalkan atau tidak. Berikut ini cara menghubungi seller di TikTok Shop:

  • Pertama, buka aplikasi TikTok yang kamu pakai. 
  • Kemudian masuk ke menu Shop
Related  3 Cara Membatalkan Pesanan di TikTok Shop yang Belum/Sudah Dibayar

  • Pada halaman TikTok Shop, akses menu Pesanan

Cara Melihat Pesanan di TikTok

  • Selanjutnya cari dan pilih barang yang posisinya sudah menunggu penjemputan dan ingin kamu batalkan. 
  • Setelah halaman rincian pesanan terbuka, gulir layar ke bawah. 
  • Lalu pilih fitur Hubungi Penjual.

  • Sekarang kirimkan pesan kepada penjual untuk menanyakan apakah bisa membatalkan pesanan yang sudah dibuat? 
  • Tunggu respon dari seller
  • Kalau ternyata penjual menjawab tidak bisa karena barang sudah dikemas oleh sistem dan resinya telah dicetak, lanjutkan dengan bertanya solusinya. 

  • Biasanya penjual menyarankan untuk melakukan retur barang dan tidak menerima paket saat diantar oleh kurir. 

2. Membatalkan Pesanan di TikTok dengan Menghubungi Tim TikTok ✅

Cara membatalkan pesanan di TikTok yang sudah menunggu penjemputan selanjutnya yaitu dengan menghubungi customer service. Alternatif ini dapat kamu coba apabila cara pertama gagal atau penjual tidak kunjung merespon. Tapi tidak menjamin juga akan langsung disetujui permintaan pembatalannya. 

Kurang lebih caranya sama. Kamu bisa lihat panduannya di bawah ini:

  • Pilih dan buka rincian pesanan yang akan kamu batalkan di TikTok Shop. 
  • Setelah itu, gulir layar ke bawah dan pilih menu Hubungi TikTok. 

  • Selanjutnya scroll kembali dan klik Tiket Dukungan Saya yang ada di kategori Layanan Pelanggan. 

Cara Membatalkan Pesanan di TikTok yang Sudah Menunggu Penjemputan

  • Kalau kamu menghubungi di jam kerja, yakni pukul 11.00—19.00, bisa langsung menuliskan pesan. 
  • Tapi jika berada di luar jam kerja, ketuk Kirim Tiket. 

  • Bagian inilah yang harus kamu lengkapi. Untuk Topik, pilih Pengembalian Dana. 

  • Kemudian tuliskan permasalahan di kolom Deskripsi. Contohnya “ingin membatalkan pesanan di TikTok Shop karena kesalahan, tapi pilihan Batalkan Pesanan tidak ada.”
  • Sertakan foto jika perlu. 
  • Setelah selesai, klik Kirimkan
  • Tunggu tanggapan dari tim TikTok. Kalau sudah mendapatkan respon, biasanya akan muncul di halaman Kotak Masuk. 
  • Cek apakah bisa atau tidak melakukan cancel pesanan. 
Related  Cara Mengetahui Penghasilan TikTok dari Berbagai Sumber

3. Melakukan Retur Barang ✅

Bagaimana jika kedua cara tersebut tidak berhasil? Atau permasalahan lain yang mungkin terjadi yaitu pembatalan sudah disetujui, tapi barang tetap dikirim ke alamatmu. Maka, sesuai solusi yang diberikan seller, kamu dapat melakukan retur atau pengembalian barang. 

Jangan terima paket saat diantar oleh kurir. Kemudian katakan bahwa kamu ingin membatalkan pesanan tersebut dan sudah melakukan komunikasi dengan pihak penjual. Sebelum paket tiba, kamu pun bisa menghubungi kurir terlebih dahulu untuk melakukan koordinasi agar penyelesaiannya lebih cepat. 

Tapi kalau ternyata kurir tidak mau retur barang saat itu juga, kamu bisa mencobanya secara mandiri. Langkah-langkahnya seperti di bawah ini:

  • Buka rincian pesanan yang sudah kamu terima di TikTok Shop. 
  • Selanjutnya, pilih Minta Pengembalian Dana.

  • Ketuk opsi Saya Ingin Mengembalikan Barang Saya. 

Cara Membatalkan Pesanan di TikTok yang Sudah Menunggu Penjemputan

  • Kemudian, tentukan alasan kenapa kamu ingin retur barang tersebut. Tekan Kirimkan. 
  • Pilih metode pengambilan barang, bisa Atur Sendiri. 
  • Tentukan metode pengembalian uang. 
  • Tulis deskripsi masalah pada kolom pesan. Untuk foto dan video bersifat opsional. 
  • Tekan Kirimkan dan tunggu respon penjual apakah retur disetujui. 

Cara Membatalkan Pesanan di TikTok yang Sudah Menunggu Penjemputan

Alasan Membatalkan Pesanan di TikTok ❓

Ada banyak faktor yang menjadi alasan kenapa memilih untuk membatalkan pesanan di TikTok Shop. Setiap pembeli pasti memiliki alasan yang berbeda pula. Beberapa alasan yang paling sering ditemukan yaitu:

  • Salah memilih varian produk. Misal terlanjur checkout baju, tapi salah pilih ukuran atau warnanya. 
  • Metode pembayaran yang ingin digunakan tidak tersedia untuk transaksi tersebut. 
  • Informasi pengiriman yang dimasukkan salah. Contohnya salah menulis alamat pengiriman, nama penerima, atau kontak. 
  • Menemukan produk yang sama dengan harga lebih murah. 
  • Pesanan dibuat secara tidak sengaja. 

Jadi, seperti itulah cara membatalkan pesanan di TikTok yang sudah menunggu penjemputan oleh kurir. Cara yang bisa kamu lakukan yaitu menghubungi penjual, tim TikTok, atau melakukan retur barang. Sebaiknya pikirkan benar sebelum checkout pesanan. Karena melakukan cancel tidak semudah membuat orderan. 

error:
Scroll to Top