Cara Live Game di TikTok

Cara Live Game di TikTok Pakai 1 HP Tanpa 1000 Followers

GEMATOS.ID | Saat ini content creator menjadi profesi yang dipandang bernilai. Terlebih adanya TikTok sebagai media untuk menyalurkan konten tersebut. Salah satunya dengan cara live game di TikTok buat kamu yang hobi main game online sekaligus mengenal niche konten kepada pengikutmu. 

Fitur live streaming ini tersedia di aplikasi TikTok buat pengguna yang sudah punya followers dengan jumlah minimal seribu. Kalau kamu memenuhi persyaratan tersebut, bisa banget main game online sambil siaran langsung. Jadi, lebih banyak mendatangkan traffic dari pengguna TikTok dengan hobi sama. 

Live biasa di TikTok pastinya berbeda kalau dilakukan sambil bermain game online. Karena itulah, kamu perlu simak penjelasan di bawah ini sebelum melakukan siaran langsung ketika gaming. Selain itu, ada beberapa persyaratan yang perlu dipahami juga. 

Syarat Live Game di TikTok

Sebelum menjelaskan cara live game di TikTok, ada baiknya simak dulu penjelasan berikut ini. Jadi, TikTok Live merupakan sebuah fitur yang memungkinkan antara kreator dan penonton saling berinteraksi secara real time. Maksudnya apa yang dinikmati oleh penonton itu sama dengan yang dilakukan kreator saat ini. 

Misalkan kreator tersebut sedang live streaming ketika main game, maka penonton menikmati hal yang sama di tempat lain. Begitu pula jalannya permainan juga terjadi di waktu tersebut. Tentunya fitur ini jadi sarana yang bagus untuk menaikkan traffic akun TikTok, terkhusus untuk followers dengan hobi yang sama. 

Untuk bisa melakukan live streaming saat main game di TikTok, ada persyaratan yang wajib dipenuhi. Kalau tidak, maka fitur TikTok Live tidak akan muncul. Beberapa syaratnya antara lain yaitu:

  • Bisa melakukan siaran langsung jika sudah punya followers dengan jumlah minimal seribu.
  • Hanya pengguna TikTok usia minimal 18 tahun yang bisa menyiarkan live. 
  • Gift atau hadiah saat live game di TikTok juga didapatkan kalau umur 18 tahun ke atas. 
Related  Cara Melihat Postingan Ulang di TikTok Sendiri dan Orang Lain

Untuk syarat jumlah minimal followers, itu tidak sama di beberapa wilayah. Terkadang ada pengguna yang pengikut belum sampai seribu tapi sudah bisa melakukan live. Jadi, kamu dapat periksa apakah bisa menggunakan fitur ini atau tidak. 

Cara Live Game di TikTok

Cara Live Game di TikTok
Live Game di TikTok

Untuk melakukan live streaming sambil main game di TikTok itu sangat mudah. Sebenarnya sama dengan ketika ingin siaran langsung seperti biasanya. Hanya saja, pakai fitur khusus gaming agar dapat memunculkan tampilan layar yang sedang bermain game tersebut. 

Tapi di beberapa pengguna, fitur live untuk main game tidak muncul otomatis dan harus diaktifkan secara manual. Agar lebih jelas, kamu bisa simak panduan yang diberikan di bawah ini:

Langkah 1. Aktifkan Fitur Game Seluler ✔️

Cara live game di TikTok itu menggunakan fitur yang bernama Game Seluler. Fitur tersebut akan muncul ketika kamu membuka menu Live saat hendak melakukan siaran langsung. Tapi ternyata di beberapa pengguna, ada yang fiturnya tidak muncul otomatis. 

Apabila kamu mengalami hal seperti di atas, mau tidak mau harus mengaktifkan Game Seluler secara manual. Sebagai solusi, kamu dapat lihat pada penjelasan berikut ini:

  • Buka aplikasi TikTok yang biasa kamu gunakan. Disarankan untuk memakai aplikasi versi terbaru agar live berjalan lancar. 
  • Setelah berhasil membuka halaman Beranda TikTok, kamu masuk ke bagian Profil. Klik menunya yang ada di kanan bawah. 

  • Selanjutnya, pilih opsi Edit Profil

  • Gulir layar sampai kamu menemukan menu Kategori. Biasanya fitur Game Seluler tidak muncul karena kamu menggunakan akun TikTok kategori lain yang tidak cocok. Contohnya pendidikan, yang mana tidak memerlukan fitur live game

  • Geser layar ke bawah dan cari pilihan Game
  • Klik opsi tersebut dan tekan tombol Simpan
Related  5 Cara Edit Video di Tiktok (Pakai Teks, Suara Sendiri, Sudah Diposting)

Cara Live Game di TikTok

Sebelum lanjut, yuk cobain dulu cara mendapatkan uang di BIGO Live. Biar kamu juga terinspirasi!

Langkah 2. Buka Fitur Live TikTok ✔️

Berikut ini langkah kedua dari cara live game di TikTok. Karena sudah beralih jadi akun kategori Game, maka bisa mencoba fitur untuk siaran langsung sambil bermain game online. Terlebih dahulu buka fitur TikTok Live dengan cara seperti di bawah ini:

  • Ketuk tanda tambah (+) yang ada di bagian tengah daftar menu bawah. Kamu bisa membukanya melalui halaman Bernada ataupun Profil. 

  • Menu ini biasanya digunakan untuk membuat postingan baru, baik konten video maupun foto. 
  • Tapi karena kamu ingin melakukan siaran langsung, pilih opsi LIVE. Fitur ini akan muncul ketika jumlah followers-mu sudah lebih atau sama dengan seribu. 

  • Kemudian pilih Game Seluler

Emang, kamu sudah tahu cara membuat video Tiktok yang bagus?

Langkah 3. Tambahkan Judul dan Topik Live ✔️

Sebelum memulai siaran langsung di TikTok, ada hal yang haru kamu tambahkan terlebih dahulu, yakni judul. Jadi, kalau nanti ada pengguna yang melihat live-mu di Beranda, akan langsung tahu sedang melakukan apa. Caranya sebagai berikut:

  • Pada halaman fitur LIVE, bisa klik Ubah untuk mengganti foto sampul. Ambil gambar dari galeri. 
  • Kemudian klik tanda pensil untuk memasukkan judul, misal “sedang mabar Mobile Legends.”
  • Lalu di bagian topik, pilih nama game online yang sedang kamu mainkan. Pastikan antara judul dan topik selaras. Karena tadi mabar Mobile Legends, maka di topik pilih game tersebut. 
  • Kamu juga dapat mengedit sasaran. Ini merupakan target gift yang ingin kamu dapatkan dari penonton selama siaran langsung di TikTok. 
Related  3 Cara Mendapat Gratis Ongkir di TikTok Shop: Belanja Makin Murah

Langkah 4. Mulai Siarkan Live ✔️

Selain menambahkan judul dan topik, kamu juga dapat menggunakan fitur dukungan lainnya. Contohnya di bagian Pengaturan kamu bisa kontrol komentar pengguna dan memblokirnya otomatis jika memberikan komentar tertentu. Ada pula menu Bagikan untuk share link siaran langsung ke pengguna lain agar lebih banyak yang menonton. 

Pengaturan-pengaturan tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhanmu. Apabila sudah selesai, bisa mulai live streaming dengan cara berikut:

  • Klik tombol Siarkan Live.

Cara Live Game di TikTok

  • Kemudian berikan izin akses pada aplikasi TikTok. 
  • Tekan Mulai Sekarang. 

  • Biasanya kamu diminta untuk menampilkan fitur PIP (gambar dalam gambar) agar aplikasi TikTok dapat tampil di atas aplikasi lain. Ikuti saja petunjuknya. 

Langkah 5. Buka Aplikasi Game Online ✔️

Inilah langkah terakhir dari cara live game di TikTok. Live akan segera dilakukan setelah kamu membuka game online yang hendak dimainkan.

Cara Live Game di TikTok

  • Terlebih dahulu bisa atur kualitas live streaming. Sebaiknya sesuaikan dengan koneksi internet. Apabila jaringan lancar, bisa pilih kualitas paling tinggi. 
  • Ketuk saja tombol Buka (nama game). 
  • Nantinya secara otomatis akan diarahkan ke aplikasi game pilihanmu. 
  • Kamu dapat mengatur tampilan aplikasi TikTok yang mengambang sekira tidak mengganggu selama bermain. 
Sudah mulai Live? Ingin tahu cara agar penonton Live Tiktok banyak apa tidak?

Cara Live Game di TikTok Pakai Dua Perangkat ✔️

Penjelasan di atas merupakan cara untuk siaran langsung lewat satu HP. Bagaimana jika kamu menggunakan dua perangkat untuk live? Caranya seperti di bawah ini:

  • Pada tahapan berikut ini, pilih Kamera kedua. 
  • Kamu akan mendapatkan kode QR. 
  • Pindai kode tersebut di perangkat yang lain. Caranya buka aplikasi TikTok terbaru. Lalu pilih Profil > Menu > Kode QR Saya > Pindai. 
  • Pastikan antara dua perangkat ini pakai WiFi yang sama. 

Jadi, seperti itulah cara live game di TikTok yang harus diketahui para content creator gaming. Siaran langsung sambil main game bisa dilakukan secara langsung lewat satu perangkat. Tapi dapat menggunakan dua perangkat kalau ingin pakai dua kamera, satu untuk live dan satunya untuk gaming

error:
Scroll to Top