Cara Cek Nomor KK

Bagaimana cara cek nomor kk? Apa saja langkah untuk mengetahui apakah nomor kk masih valid atau tidak? Apa langkah untuk mengaktivasi nomor kk yang sudah tidak valid? Bagimana caranya?

Ngomongin tentang KK atau Kartu Keluarga, mungkin kita semua udah tau tentang hal yang satu ini. KK atau Kartu Keluarga, merupakan sebuah identitas wajib yang harus dimiliki oleh tiap keluarga, yang berisi tentang data ataupun sususan anggota keluarga yang ada didalamnya, beserta jumlah anggota keluarga.

Read More

Kartu Keluarga sendiri menjadi dasar utama yang paling penting, dalam memenuhi kebutuhan atau pembuatan layanan publik, terutama KTP atau Kartu Tanda Penduduk. Karena, didalam kartu keluarga sendiri, tiap tiap individu atau anggota keluarga harus melakukan registrasi Akta terlebih dahulu, untuk kemudian mendapatkan NIK atau Nomor Induk Kependudukan yang nantinya akan tercantum dalam KTP mereka.

Nah, ketika seorang anggota keluarga sudah mendapatkan NIK dalam KK mereka, hal ini akan terus menerus digunakan untuk pembuatan KK selanjutnya, ketika anggota keluarga seperti anak memiliki keluarga atau menikah nantinya mereka akan menurunkan NIK sesuai dengan domisili dan nomor kartu keluarga turunan mereka.

Itulah mengapa, ketika seorang anak atau anggota keluarga menikah mereka harus melakukan pemecahan KK atau Kartu Keluarga, dengan tujuan untuk membuat KK baru untuk keluarga yang baru saja terbentuk. Dan pembaruan KK ini juga boleh dilakukan ketika keluarga baru menikah, ataupun ketika mereka sudah memiliki anak.

Namun kebanyakan mereka memilih untuk membuat Kartu Keluarga terlebih dahulu sebelum mempunyai anak. Hal ini bukan tanpa tujuan, karena selain memudahkan dalam pencatatan sipil, pembuatan KK sebelum anak lahir dapat memudahkan mereka dalam pembuatan Akta Lahir anak dikemudian hari.

Tapi selain melakukan pembaruan Kartu keluarga, kamu juga harus tau ya jika kartu keluarga memiliki masa aktif 5 tahun untuk selanjutnya dilakukan validasi ulang. Terkecuali, Kartu keluarga yang kamu miliki memang sudah fix, atau sudah tidak ada lagi pemecahan kartu keluarga atau dalam artian, seluruh anak atau family di keluargamu sudah memecah kartu keluarga, dan hanya tinggal ibu bapak saja didalam kartu keluarga tersebut.

Cara Cek Nomor KK

Cara Cek Nomor KK
Cek Nomor KK

Nah untuk itulah penting banget buat kamu juga tau dan mengerti tentang cara cek nomor kk dengan tujuan untuk mengetahui apakah kartu keluarga yang kamu miliki masih aktif atau tidak. Karena, jika kartu keluarga sudah tidak lagi aktif atau valid, tentunya kamu harus melakukan validasi ulang, agar dapat mencocokkan data dengan database yang ada di dinas kependudukan.

Cara Cek Nomor KK Secara Manual

Cara pertama yang bisa kalian lakukan untuk mengecek nomor kk adalah dengan metode manual. Nah, disini kamu tidak perlu ke disdukcapil kok, kamu hanya perlu ke kecamatan atau keluarahan saja. Tapi ada beberapa hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Seperti

  • KTP asli dan Foto copy
  • Kartu Keluarga asli dan Foto copy
  • Surat pengatr RT / RW (jika dibutuhkan)

Ketika seluruh data yang dibutuhkan sudah dilengkapi, maka selanjutnya kamu hanya perlu

  1. Mendatangi kantor kecamatan atau kelurahan terdekat sesuai domisili kamu
  2. Kemudian temuilah pihak security dan katakan kamu ingin melakukan pengecekan nomor kk
  3. Masuk kedalam dan tunggu sampai nomor antrian kamu dipanggil
  4. Setelah sampai ke bagian yang terkait, katakan jika kamu ingin melakukan pengecekan nomor kk
  5. Berikan Kartu keluarga yang kamu bawa tadi, beserta foto copy ktp yang terdaftar
  6. Nantinya pihak kecamatan atau kelurahan akan melakukan pengecekan data ke dinas kependudukan untuk melakukan validasi

Setelah prosess validasi selesai dilakukan, maka kamu akan mengetahui apakah nomor kk yang kamu gunakan masih aktif atau tidak, jika sudah tidak valid atau habis masa berlakunya kamu akan diminta untuk melakukan pembaruan data, sesuai yang ada di dinas kependudukan.

Related  Cara Cek KK Online

Prosessnya mungkin agak lama, bisa sekitar 1 atau 2 jam atau bahkan lebih. Kamu bisa menunggu di ruang tunggu sampai prosess validasinya selesai. Meskipun begitu, tetap saja cara ini terbilang agak rumit, karena kamu harus datang atau tiba di kantor kecamatan atau kelurahan pada pagi hari, untuk mendapatkan nomor antrian terdekat.

Cara Cek Nomor KK lewat Situs Disdukcapil

Jika kamu agak malas untuk bangun pagi untuk melakukan pengecekan nomor kk di kantor kelurahan atau kecamatan, kamu bisa banget nih coba cara kedua untuk melakukan pengecekan nomor kk, yaitu melalui situs disdukcapil. Caranya

  1. Siapkan kartu keluarga yang akan kamu cek nomor nya
  2. Buka browser yang ada di kompter, laptop, ataupun smartphone kalian
  3. Lalu, kunjungi situs resmi dari disdukcapil sesuai domisili kalian. Seperti:
    https://disdukcapil.tangerangkota.go.id/ceknik/
    https://dispendukcapil.kendalkab.go.id/ceknik
    https://www.dispendukcapil.grobogan.go.id/ceknik
    https://disdukcapil.cirebonkab.go.id/Penelusuran-nik
    https://disdukcapil.kuningankab.go.id/cek_nik
    http://ceknik.dukcapilbogorkab.id/
  4. Jika domisilimu tidak tercantum pada salah satu link diatas, kamu bisa melakukan pencarian manual di google dengan mengetikkan kata kunci Cek Nik Online Domisili
  5. Setelah itu, kamu tinggal memasukkan nomor kartu keluarga pada kolom yang tersedia, dan klik pada cek atau cari, untuk mengetahui status kartu keluarga yang kamu punya.

Cara ini terbilang mudah, karena kamu bisa melakukannya secara mandiri kapan saja dan dimana saja. Apabila nomor kartu keluarga yang kamu cek masih valid, nantinya data yang tertera pada kartu keluarga akan muncul pada situs disdukcapil tersebut.

Dan apabila terjadi kesalahan atau error, maka selanjutnya kamu akan diarahkan untuk mengunjungi disdukcapil untuk melakukan validasi ulang agar nomor kartu keluarga yang kamu punya bisa kembali digunakan.

Cara Cek Nomor KK lewat Whatsapp

Selanjutnya masih dengan cara online. Disini, mimin menyarankan kamu yang ingin melakukan pengecekan nomor kartu keluarga secara mandiri, menggunakan Whatsapp. Cara ini terbilang mudah, karena tentunya saat ini hampr semua masyarakat sudah menggunakan Whatsapp untuk berkomunikasi. Nah, untuk cara cek nya sendiri terbilang mudah kok.

  1. Siapkan dokumen kartu keluarga yang akan di cek nomor kk nya
  2. Simpan nomor whatsapp resmi disdukcapil di nomor 0811-800-5373
  3. Setelah itu, buka aplikasi Whatsapp, dan buat pesan kepada Whatsapp Disdukcapil dengan format seperti berikut:
    – NIK KTP
    – Nama Lengkap
    – Nomor KK
    – Nomor Telpon Aktif
    – Email Aktif
  4. Untuk melengkapi dokumen tersebut, kamu bisa memfoto Kartu keluarga yang ingin di cek, dan mencantumkannya dalam chat whatsapp yang akan dikirim
  5. Jangan lupa untuk menjelaskan maskud dan tujuan kamu mengirimi pesan whatsapp tadi, bisa dengan kalimat Halo, saya ingin melakukan pengecekan nomor kartu keluarga yang saya miliki, berikut adalah data data dari kartu keluarga yang saya miliki.
Related  Cara Cek Stalker IG

Nah, setelah pesan Whatsapp tadi dikirim, maka kamu akan menerima balasan paling lama 1 x 24 jam atau bahkan lebih, tergantung dari hari dan jam kerja disdukcapil untuk membalas pesan kamu. Jadi, pastikan kamu mengirim pesan Whatsapp pada hari dan jam kerja yang efektif ya.

Dan itulah tadi beberapa cara cek nomor kk yang bisa kamu coba. Silahkan gunakan cara yang menurutmu paling mudah, semoga bermanfaat.

Related posts