Cara Membuat Google Form

Cara membuat Google Form sebenarnya sangat mudah. Biasanya, fitur google form ini kerap digunakan untuk mereka yang ingin membuat quesioner, ataupun untuk media pendaftaran untuk memudahkan mereka dalam mengumpulkan data dari para pendaftar.

Selain itu, google form sendiri merupakan layanan yang memang disediakan oleh google dan masuk kedalam layanan google docs yang mana bisa kamu aksess dengan memiliki akun Google atau gmail. Selain itu, dengan menggunakan google form kamu bisa lebih mudah dalam melakukan pengumpulan data untuk kemudian digunakan untuk kebutuhanmu.

Read More

Google form sendiri memang menjadi pilihan para pengguna karena kemudahannya dalam hal pengaksessan. Kamu dapat membuat formulir sendiri sesuai dengan kebutuhanmu sehingga kamu bisa melakukan kustomisasi atas form yang kamu buat.

Dan gak cuma itu aja kok, semua data yang nantinya diisi oleh pengguna akan langsung masuk kedalam google form kamu, dan juga bisa di kirimkan melalui email untuk memudahkan kamu dalam melakukan sortir data yang sudah masuk.

Tentunya, google form sendiri memiliki beragam kelebihan dari fitur dan juga memberikan kemudahan yang bisa kamu nikmati. Seperti:

1. Gratis

Yang pertama adalah gratis. Yaps, layanan google form ini memang dikhususkan untuk para pemilik akun google sehingga mudah untuk membuat formulir dengan google form. Layanan ini bisa diaksess disemua jenis device ataupun perangkat dan tanpa dikenakan biaya apapun. Hanya dengan memiliki akun google, kamu sudah bisa mengaksess layanan google form lewat Google Docs.

Dan gak cuma itu aja, kamu tidak perlu khawatir tentang penyimpanan. Karena disini, kamu bisa berkolaborasi secara online dengan pengguna lain sehingga apabila penyimpananmu akan penuh, kamu bisa memindahkan data google form yang sudah kamu buat, ke email temanmu untuk kemudian kamu dan temanmu ikut berkontribusi didalam google form tersebut dengan mengundang mereka lewat email google yang digunakan.

Related  Cara Membuat Google Classroom

2. Mudah untuk Digunakan

Yang kedua adalah mudah untuk digunakan. Karena, google form sendiri bisa diaksess melalui browser yang ada di smartphone android ataupun iOS. Sehingga, kapanpun dan dimanapun kamu berada, kamu tetap bisa melakukan pengeditan data dari google from dengan membagikan link dari google form yang baru saja kamu buat.

3. Pilihan Tema yang Beragam

Kemudian untuk yang ketiga, kamu juga bisa menggunakan beragam tema yang memang disediakan oleh pihak google form untuk kamu gunakan. Kamu juga bisa melakukan pengeditan seperti biasa di google form, dengan menggunakan tema yang sudah disediakan. Sehingga, kamu bisa menyesuaikan data apa saja yang harus diisi oleh pengguna lainnya.

4. Memberikan Kemudahan dalam Pemilihan Data

Kemudian yang terakhir, kemudahan yang diberikan google form adalah data yang disimpan. Kamu gak perlu khawatir untuk memindahkan data yang sudah ada satu per satu. Karena, kamu bisa langsung melihat data yang masuk kedalam google form, dan kemudian meng-ekspornya dalam format xlsx, ataupun memindahkannya ke google drive.

Cara Membuat Google Form

Cara Membuat Google Form
Cara Membuat Google Form

Tentunya masih banyak lagi kelebihan serta kemudahan yang diberikan oleh google form. Namun, setidaknya beberapa point diatas sudah menjelaskan bagaimana kamu akan mendapatkan kemudahan ketika menggunakan google form.

Untuk itu, jika kamu belum mengetahui cara membuat google form atau ingin mencoba untuk membuat google form pertama kamu, kamu bisa mengikuti beberapa cara yang akan mimin bagikan berikut ini. Seperti

Related  Cara Membuat ATM Mandiri

Langkah1: Login ke Akun Google atau Gmail

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah login ke dalam akun google kamu. Untuk kamu yang menggunakan perangkat komputer ataupun laptop, kamu bisa terlebih dahulu login kedalam akun google atau gmail yang kamu miliki melalui browser Google Chrome. Hal ini sendiri bukan tanpa tujuan.

Karena google chrome memang salah satu layanan browser dari google juga, jadi ketika kamu login kamu akan langsung bisa mensinkronisasikan data yang ada pada email yang kamu login tadi.

Langkah2: Kunjungi Laman Google Docs

Kemudian setelah melakukan login di google chrome, maka selanjutnya kamu bisa masuk kedalam layanan google docs. Caranya juga gampang banget kok.

  1. Buka situs https://docs.google.com
  2. Setelah itu langsung saja klik pada menu hamburger atau garis tiga yang ada di pojok kiri atas dan pilih Forms
  3. Tunggu beberapa saat sampai akhirnya kamu akan diarahkan ke laman Google Form

Nantinya, disana kamu bisa langsung membuat form kosong baru dengan menekan tombol (+) ataupun memilih tema yang sudah di sediakan oleh pihak Google Form. Tenang saja, tema yang disediakan ini gratis kok. Jadi, kamu tidak perlu melakukan pembayaran ataupun mengeluarkan uang untuk menggunakan tema yang ada di Google Form

Langkah3: Sesuaikan Data yang akan di Input / Isi

Kemudian setelah memilih tema ataupun menggunakan form kosong dari google form, maka selanjutnya kamu bisa menyesuaikan isian data yang harus diisi oleh pengguna nantinya. Disini, kamu dapat memabahkan beberapa pilihan opsi data, mulai dari input mode, ataupun seperti pilihan ganda yang biasa digunakan.

Kamu juga bisa mengatur untuk tampilan, dan beberapa kolom data yang memang wajib atau harus diisi. Sehingga, ketika pengguna tidak melakukan pengisian data secara lengkap, maka prosess penyimpanan data tidak akan bisa dilakukan.

Related  Cara Membuat Email Yahoo

Selain itu kamu juga bisa kok memberikan keterangan untuk tiap kolom data yang kamu tambahkan dengan tujuan mempermudah pengisi data dalam melakukan pengisian data. Jadi, kamu bisa menyesuaikan sendiri bentuk form yang akan dibuat.

Kamu juga bisa kok memberikan logo ataupun gambar pada bagian header google form yang kamu buat, dengan tujuan untuk mempermudah atau terlihat lebih professional ketika akan diisi oleh pengisi data.

Langkah4: Bagikan Link Google Form

Terakhir, setelah pengeditan kolom form dan juga data selesai dilakukan maka kamu bisa mempublish form yang baru saja kamu buat tadi, dan mendapatkan link dari google form untuk kemudian dibagikan ke pengguna lain atau siapapun yang ingin mengisi data dengan google form yang kamu buat. Gampang banget kan?

Dengan adanya google form ini, tentunya kamu bisa dengan mudah mendapatkan data dari kolom kolom yang kamu buat di google form.

Kamu bisa menggunakannya untuk form pendaftaran, survey, atau bahkan sekedar untuk membuat formulir untuk digunakan pada beberapa tempat seperti tempat kerja, kampus, ataupun untuk kebutuhan pribadi kamu.

Setelah form yang kamu buat tadi jadi, maka kamu bisa melihat daftar form ataupun beberapa form yang sudah ada di akun kamu. Jangan lupa untuk membackup data data yang sudah masuk, agar kamu bisa lebih mudah dalam melakukan pensortiran data dari data yang sudah masuk lewat google form.

Dan itulah tadi beberapa cara membuat google form yang bisa kamu coba. Gimana? Apakah kamu tertarik untuk membuat formulir google pertamamu? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.