Cara Memperbarui Google Play

Posted on 366 views

Google Play merupakan salah satu aplikasi bawaan dari handphone Android, bagi pengguna android tentu tidak asing dengan aplikasi ini. Google Play Store adalah toko online dimana pengguna handphone Android bisa mendapatkan aplikasi, game, film, acara TV, maupun buku. Kamu bisa mengunduhnya secara gratis maupun berbayar. Untuk itu kamu perlu mengetahui cara memperbarui Google Play supaya bisa menikmati layanan di dalamnya.

Jika kamu pengguna handphone Android tentu saja kamu pernah atau mungkin sering mendapatkan pemberitahun mengenai pembaharuan aplikasi-aplikasi yang ada di handphone kamu, untuk memperbarui aplikasi-aplikasi tersebut biasanya kamu akan dialihkan ke aplikasi Google Play.

Biasanya pembaharuan Google Play akan bisa memperbarui secara otomatis, namun jika ternyata Google Play milikmu bermasalah dan tidak bisa melakukan pembaharuan otomatis maka kamu perlu memperbarui Google Play secara manual agar kamu bisa tetap menikmati layanan didalam aplikasi Google Play ini.

Memperbarui Google Play ini sangat penting untuk kamu lakukan karena dengan memperbarui Google Play aplikasi-aplikasi lain di handphone kamu bisa berjalan dengan baik.

Fitur-fitur didalam Google Play

Sebagai toko aplikasi yang sudah menjadi bawaan dari handphone Android, Google Play memiliki banyak fitur yang bisa kamu dapatkan dalam aplikasi ini. Berikut fitur-fitur yang ada didalam Google Play :

1. Daftar Aplikasi

Fitur pertama jika kamu melupakan sudah pernah mengunduh aplikasi apa saja, kamu bisa masuk ke menu My Apps & Games. Disitu kamu bisa melihat aplikasi-aplikasi yang dan dihandphone kamu dan aplikasi mana yang harus di update. Kamu bisa menekan Update All untuk melakukan Update pada semua aplikasi tersebut.

Related  Cara Memperbarui Play Store

2. Update Otomatis

Selain melakukan update secara manual pada setiap aplikasi yang ada pada handphone kamu. Google Play juga menyediakan fitur Update Otomatis kamu bisa mengatur agar aplikasi bisa langsung di update secara otomatis saat terhubung dengan WiFi karena jika melakukan update otomatis menggunakan data tentu akan cukup menghabiskan kuota.

3. Meminta Refund

Dengan adanya fitur pembayaran tentu aplikasi Google Play ini menyediakan fitur refund juga yang artinya kamu bisa meminta pengembalian data jika saat kamu membeli aplikasi ternyata tidak sesuai harapan. Namun fitur ini memiliki syarat dan ketentuan ya.

Cara Memperbarui Google Play

Cara Memperbarui Google Play
Cara Memperbarui Google Play

Pada pembahasan artikel kali ini, akan dibahas mengenai cara memperbarui Google Play. Dan ada beberapa cara memperbarui Google Play yang bisa kamu lakukan untuk memperbarui Google Play milikmu. Berikut cara memperbarui Google Play :

1. Cara Memperbarui Google Play Melalui Aplikasinya Secara Langsung

Cara pertama kamu bisa melakukan pambaharuan secara langsung di aplikasi Google Playnya, cara ini meruapakan cara yang paling mudah untuk kamu lakukan. Berikut langkah-langkah yang harus kamu ikuti :

  • Pertama buka handphone kamu dan masuk ke aplikasi Google Play.
  • Setelah itu tekan pilihan menu Google Play dengan ikon foto profil akun Google milik kamu yang terletak pada bagian pojok kanan atas.
  • Jika sudah pilih opsi Setelan dan pilih opsi Tentang.
  • Pada menu tentang itu akan ada opsi Update Play Store.
  • Apabila tersedia pembaharuan Google Play maka akan Google Play kamu akan diperbarui secara otomatis. Jika kamu tidak bisa menemukan Google Play versi terbaru maka akan ada notifikasi Google Play Store sudah versi yang terbaru.
  • Selesai.
Related  Cara Membuka Playstore

2. Cara Memperbarui Google Play Dengan Clear Google Play Store Data

Cara berikutnya yang juga bisa kamu lakukan adalah dengan memperbarui Google Play secara manual dengan cara menghapus data dari aplikasi Google Play di menu Pengaturan.

Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu lakukan :

  • Pertama buka handphone kamu dan masuk ke Pengaturan (Setting).
  • Setelah itu cari opsi Aplikasi atau Manajer Aplikasi.
  • Jika sudah akan ditampilkan semua aplikasi yang ada pada handphone kamu. Kemudin cari aplikasi Google Play.
  • Selanjutnya pada info aplikasi ketuk  pada opsi Penyimpanan.
  • Lalu akan ada tampilan ruang yang digunakan dan ada juga opsi Hapus Data (Clear Data) dan Hapus Memori (Clear Storage).
  • Kamu bisa menekan kedua opsi tersebut untuk menghapus semua data di aplikasi Google Play milikmu.
  • Jika sudah lakukan Restart atau matikan lalu nyalakan kembali handphone kamu.
  • Kamu bisa menunggu 2 sampai 3 menit supaya aplikasi Google Play bisa diperbarui secara otomatis.
  • Selesai

3. Cara Memperbarui Google Play Dengan File APK Mirror

Selanjunya kamu juga bisa melakukan pembaharuan Google Play melalui File APK Mirror. File APK Mirror adalah model paket aplikasi Android yang bisa kamu install secara offline di handphone Android milik kamu. Selain itu File APK ini juga bisa dimodifikasi dan dibagikan kepada sesama pengguna Android.

Kamu bisa melakukan pembaharuan Google Play ke versi terbaru dengan cara berikut ini :

  • Pertama kamu harus mengunduh aplikasi Google Play terlebih dahulu dengan format apk melalui situs web http://apkmirror.com/.
  • Atau kamu juga bisa mengunduh Google Play secara langsung dengan menulis Google Play pada kolom pencarian di browser kamu.
  • Yang harus kamu perhatikan adalah perhatikan informasi setiap file apk terlebih dahulu sebelum kamu mulai mengunduhnya.
  • Jika sudah berhasil mengunduh, kemudian install aplikasi tersebut pada handphone kamu.
  • Dan Google Play akan secara otomatis berganti ke versi aplikasi Google Play terbaru.
  • Selesai.
Related  Cara Memperbarui Layanan Google Play

4. Cara Memperbarui Google Play dengan Restart Perangkat

Jika semua cara diatas sudah kamu coba dan aplikasi Google Play masih belum bisa diperbarui kamu juga bisa mencoba melakukan restart pada handphone kamu. Seperti yang kamu tahu bahwa Google Play bisa berkerja dengan baik itu berkaitan dengan beberapa aplikasi dari Google lainnya seperti aplikasi Google Play Service dan lain-lain. Jadi bisa saja terjadi eror.

Namun eror ini tidak hanya bisa terjadi pada Google Play namun juga pada aplikasi lain yang berkaitan dengan aplikasi Google Play. Kemudian untuk mengatasinya kamu bisa menciba melakukan restart atau memuat ulang handphone kamu, cara ini lebih efisien untuk kamu lakukan daripada kamu harus memeriksa satu persatu aplikasi tersebut.

Akibat Jika Tidak Melakukan Pembaharuan Google Play

Seperti halnya aplikasi-aplikasi Android lainnya jika kamu tidak melakukan pembaharuan aplikasi Google Play secara berkala tentu aplikasi ini akan memiliki masalah. Berikut ini akibat yang akan terjadi jika Google Play tidak kamu perbarui

Hal pertama yang akan terjadi jika kamu tidak melakukan pembaharuan aplikasi Google Play adalah aplikasi ini tidak akan bisa kamu buka sama sekali. Jika sampai hal ini terjadi tentu saja akan menyulitkan kamu jika ingin  mengunduh aplikasi baru.

Yang kedua tentu saja kamu tidak akan bisa melakukan pembaharuan pada aplikasi-aplikasi yang ada didalam handphone kamu. Dan kamu tidak akan bisa lagi menikmati layanan yang ada pada Google Play.

Itu dia beberapa cara memperbaru Google Play yang bisa kamu coba lakukan sendiri, untuk melakukan update aplikasi Google Play ke versi terbarunya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Rate this post