Cara Memperbarui Layanan Google Play

Cara Memperbarui Layanan Google Play

Untuk kamu pengguna handphone Android wajib kiranya untuk mengetahui cara memperbarui Layanan Google Play, karena aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi penting yang berfungsi untuk mendukung aplikasi-aplikasi yang dikembangkan oleh Google.

Aplikasi Layanan Google Play atau sering disebut dengan Google Play Service adalah aplikasi utama dari handphone Android, dan aplikasi ini adalah aplikasi bawaan dari semua handphone Android.  Atau aplikasi ini juga bisa disebut sebagai jantung dari bebagai aplikasi dalam handphone Android.

Jadi penting untuk kamu memperbarui aplikasi Layanan Google Play agar semua aplikasi yang didukung oleh Layanan Google Play ini bisa berfungsi dengan baik dan optimal.

Apa Itu Layanan Google Play ?

Sebelum masuk ke pembahasan utama yaitu cara memperbarui Layanan Google Play, sebaiknya kamu harus mengetahui terlebih dahulu tentang apa itu Layanan Google Play (Google Play Service). Google Play Service adalah salah satu fitur aplikasi yang berjalan di latar belakang handphone Android (Background Service Android). Yang memiliki fungsi untuk mendukung aplikasi-aplikasi tertentu yang memanfaatkan fitutr dari Layanan Google Play itu sendiri.

Ada beberapa aplikasi yang didukung oleh Google Play Service seperti aplikasi Google Maps, Google Drive, Google Play Game, Game Online, dan masih banyak aplikasi-aplikasi lainnya khususnya yang menggunakan fitur lokasi contohnya aplikasi Ojek Online.

Apa Fungsi Layanan Google Play ?

Setelah kamu mengetahui pengertian dari Google Play Service, kamu juga harus tahu mengenai fungsi dari Layanan Google Play ini. Slah satu fungsi dari Layanan Google Play adalah pengguna bisa menggunakan aplikasi dengan versi terbaru tanpa kamu harus menggungu pembarua dari sistem operasi Android.

Google Play Service juga menyediakan fitur seperti Otentikasi Google Service, sinkronisasi konta, ataupun akses terhadap semua pengaturan pribadi handphone Android kamu. Contoh fungsi yang paling bisa kamu rasakan adalah sebelum adanya Google Play Service jika kamu ingin memperbarui aplikasi dari Google lainnya seperti Google Maps kamu perlu menunggunya adanay pembaruan sistem operasi Android. Jika tidak ada pembaruan aplikasi maka kamu tidak akan bisa melakukan pembaruan Google Maps.

Related  Cara Memperbarui Play Store

Jadi saat sudah ada Layanan Google Play ini kamu bisa segera memperbarui apliaksi-aplikasi khususnya yang dikembangkan oleh Google secara langsung. Namun kebanyak aplikasi yang didukung oleh Layanan Google Play ini merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Google. Jadi tidak semua aplikasi bisa didukung oleh Google Play Service.

Cara Memperbarui Layanan Google Play

Cara Memperbarui Layanan Google Play
Cara Memperbarui Layanan Google Play

Kembali ke pembahasan utama kita hari ini yaitu cara memperbarui layanan Google Play. Jika kamu ingin melakukan pembaruan aplikasi Layanan Google Play maka ada beragam cara yang bisa kamu coba untuk melakukannya.

Seperti yang kamu tahu jika Layanan Google Play memiliki perana yang penting untuk handphone Android khususnya untuk aplikasi-aplikasi yang dikembangkan oleh Google. Jadi supaya aplikasi-aplikasi yang membutuhkan layanan ini bisa berfungsi sebagaimana mestinya kamu perlu melakukan pembaruan Layanan Google Play.

Memperbarui Layanan Google Play juga bisa kamu lakukan untuk mencegah terjadinya eror yang akan muncul jika aplikasi ini sudah kadaluarsa, atau versinya outdate. Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk melakukan pembaruan Layanan Google Play, simak !.

1. Cara Memperbarui Layanan Google Play Dengan Mengaktifkan Update Otomatis

Rata-rata handphone yang belum disetting ulang, akan memiliki setting default dan dalam hal ini biasanya akan ada pengaturan memperbarui aplikasi secara otomatis. Namun terkadang tidak semua handphone memiliki settingan default ini jadi kamu harus mengaturnya sendiri jika ingin melakukan pembaruan aplikasi secara otomatis.

Related  Cara Membuka Playstore

Cara pengaturan agar handphone kamu bisa melakukan pembaruan aplikasi secara otomatis juga cukup mudah untuk kamu praktekan. Berikut langkah-langkah yang harus kamu ikuti untuk bisa mengaktifkan update otomatis :

  • Pertama buka handphone kamu terlebih dahulu.
  • Jika sudah masuk ke menu Pengaturan (Setting).
  • Selanjutnya scroll ke bawah dan cari opsi Tentang Ponsel atau Info Telepon.
  • Kemudian kamu bisa mencari Pengaturan Unduhan.
  • Lalu tekan Unduh dengan data seluler.
  • Selesai, selanjutnya handphone Android kamu bisa melakukan update Layanan Google Play secara otomatis.

2. Cara Memperbarui Layanan Google Play Secara Otomatis Menggunakan WiFi

Apabila kamu keberatan jika handphone kamu memperbarui Layanan Google Play secara otomatis menggunakan data seluler karena akan menghabiskan kuota maka kamu bisa mengatur agar update Layanan Google Play otomatis menggunakan WiFi.

Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu ikuti :

  • Pertama buka handphone kamu terlebih dahulu.
  • Setelah itu kamu bisa kamu ke menu Pengaturan (Setting).
  • Langkah selanjutnya scroll ke bawah dan cari opsi Tentang Ponsel atau Info Telepon.
  • Selanjutnya kamu bisa mencari Pengaturan Unduhan.
  • Kemudian tekan Otomastis unduh.
  • Selesai, selanjutnya handphone Android kamu bisa melakukan update Layanan Google Play secara otomatis jika ada jaringan WiFi yang terhubung.

3. Cara Memperbarui Layanan Google Play Melalui Google Play Store

Cara selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk melakukan pembaruan Layanan Google Play adalah dengan memperbaruinya secara manual yaitu kamu bisa menggunakan aplikasi Google Play Store untuk langsung mendownload aplikasi terbaru dari Layanan Google Play.

Sebagai salah satu aplikasi yang juga berasal dari Google, kamu bisa menggunakan Google Play Store untuk mengunduh berbagai aplikasi untuk handphone Androidmu. Begitu juga dengan aplikasi Layanan Google Play (Google Play Service), di Google Play Store kamu akan dapat menemukan aplikasi ini dan bisa kamu perbarui secara manual di Google Play Store ini.

Related  Cara Memperbarui Google Play

Cara melakukan pembaruan Layanan Google Play melalui Google Play Store juga mudah untuk kamu ikuti, berikut langkah-langkahnya :

  • Pertama buka aplikasi Google Play Store di handphone Android kamu.
  • Setelah kamu masuk ke halaman aplikasinya, kamu bisa menekan kolom pencarian yang berada dibagian atas tampilan aplikasi.
  • Selanjutnya ketik Layanan Google Play atau ketik Google Play Service.
  • Jika sudah maka akan muncul ikon dari Google Play Service ini, dan kamu bisa menekannya.
  • Disitu akan ada informasi mengenai apliaksi Google Play Service dan jika sudah ada pembaruan aplikasi kamu bisa menekan opsi Perbarui (Update) disebelah kanan informasi aplikasi tersebut.
  • Kemudian tunggu hingga proses unduh dan install aplikasi selesai.
  • Selesai, aplikasi Layanan Google Play milikmu sudah berhasil diperbarui.

4. Cara Memperbarui Layanan Google Play Menggunakan APK Pure

Berikutnya kamu juga bisa melakukan pembaruan aplikasi Layanan Google Play menggunakan APK Pure. Selain melalui aplikasi Google Play Store yang dibuat oleh Google sendiri kamu juga bisa menggunakan toko aplikasi APK Pure untuk memperbarui aplikasi-aplikasi di handphonemu.

Berikut ini cara memperbarui Layanan Google Play menggunakan APK Pure :

  • Pertama buka browser di handphone kamu.
  • Selanjutnya cari situs web APK Pure dikolom pencarian.
  • Jika sudah masuk kehalaman tersebut kamu bisa mengetik Layanan Google Play atau Google Play Service dikolom pencarian yang sudah tersedia.
  • Lalu tekan Search untuk memulai pencarian.
  • Jika sudah tekan Unduh APK. Dan kamu akan mendapatkan notifikasi peringatan di browser.
  • Lalu tekan OK.
  • Tunggu hingga proses mengunduh selesai dan install aplikasi.
  • Selesai.

Itulah cara memperbarui Layanan Google Play yang bisa kamu coba, pilih cara yang paling mudah menurut kamu. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

error:
Scroll to Top