Cara Cek Touchscreen Samsung

4 Cara Cek Touchscreen Samsung Ori yang Benar

GEMATOS.ID | Touchscreen merupakan bagian penting dari smartphone, di mana semua perintah dimasukkan melalui sentuhan pada layar. Jika touchscreen rusak, sudah pasti kamu tidak bisa memakai HP. Karena itulah, coba pastikan dengan cara cek touchscreen Samsung yang ternyata sangat mudah. 

Melihat kondisi touchscreen dapat kamu lakukan ketika ingin beli HP Samsung bekas. Periksa semua bagian layar agar tidak salah beli. Namun selain itu bisa kamu lakukan juga pada HP sendiri, terlebih saat dirasa ada layar yang tidak memberikan respon bila disentuh. 

Pengecekan touchscreen bisa dengan melakukan pengujian sederhana. Selain cara-cara tersebut, akan diterangkan pula apa yang menjadi penyebab touchscreen HP eror. Kemudian diberikan beberapa solusi untuk memperbaikinya jika kerusakan tidak fatal. 

Cara Cek Touchscreen Samsung

Cara Cek Touchscreen Samsung
Cek Touchscreen Samsung

Ada berbagai cara cek touchscreen Samsung yang dapat kamu lakukan. Mulai dari melakukan pengetesan sederhana secara manual, sehingga tidak perlu alat lain. Kamu juga dapat mengeceknya pakai kode rahasia khusus untuk HP Samsung. 

Di samping itu ada satu cara lagi dengan menggunakan bantuan aplikasi. Lewat aplikasi tersebut kamu dapat melakukan pengujian terhadap sensitivitas layar. Langsung saja cek masing-masing caranya di bawah ini. 

Cara 1. Cek Touchscreen Secara Manual ✔️

Cara Cek Touchscreen Samsung

Cara cek touchscreen Samsung yang pertama yaitu dengan melihatnya secara manual. Di sini kamu cukup melakukan pengecekan sederhana. Tidak perlu pakai alat atau membuka menu apa pun di HP Samsung. 

Pengecekan sederhana tersebut dimulai dengan melihat apakah layar masin responsif atau tidak ketika mendapatkan sentuhan. Usap setiap bagian layar dan lihat ada atau tidak layar HP Samsung yang tidak merespon perintah yang diberikan. 

Related  Cara Membuka Pola HP Samsung [Tutorial Bergambar] Paling Baru

Usap sisi kanan dan kiri layar, kemudian geser untuk melihatnya. Usap juga bagian atas dan bawah, serta semua bagian layar hingga sudut-sudutnya. Namun agar lebih yakin, kamu dapat menggunakan bantuan aplikasi notes atau catatan yang tersedia di HP Samsung. Kemudian corat-coret layar hingga penuh untuk mengecek bagian yang tidak merespon. 

Pengecekan ini memang efektif dan sangat sederhana. Tapi mungkin ada yang terlewat, terutama bagian sudutnya. Karena itulah, kamu harus mencoba cara cek touchscreen yang selanjutnya. 

Cara 2. Cek Pakai Kode *#0*# ✔️

Cara cek touchscreen Samsung yang selanjutnya juga tak kalah mudah. Di mana kamu cukup pakai kode rahasia yang isinya berbagai jenis pengetesan. Kode rahasia yang dimaksud adalah *#0*#. Dikatakan rahasia karena masih banyak pengguna HP Samsung yang belum tahu dengan kode unik tersebut. 

Kamu bisa melakukan pengecekan dan membuktikan apakah touchscreen dari ponselmu masih normal atau tidak. Untuk panduan lengkapnya, lihat langsung di bawah ini:

  • Buka aplikasi Telepon di HP Samsung. 
  • Selanjutnya input kode rahasia *#0*#. Kamu tidak perlu mendial kode tersebut, karena setelah kamu tulis akan langsung membuka menu pengetesan berbagai komponen di HP Samsung.
  • Akan ada berbagai menu pengetesan yang muncul.
  • Karena ingin memastikan kondisi touchscreen, kamu pilih menu TOUCH

Cara Cek Touchscreen Samsung

  • Setelah itu akan muncul papan pengecekan berupa huruf X besar yang membelah layar. Kemudian di setiap sisi layar ada garis juga. 

  • Tugasmu adalah mengisi kotak-kotak bergaris tersebut untuk melihat apakah sisi pinggir layar masih respon terhadap sentuhan atau tidak. 
  • Tapi sisakan sedikit kotak untuk diselesaikan nanti. 
  • Kemudian coret-coret juga bagian tengah layar dan pastikan semua bisa melaksanakan perintah yang kamu berikan. 
  • Namun ketika ada yang tidak merespon, tandanya bagian tersebut bermasalah. 
  • Jika semua sudah selesai, kamu lengkapi bagian yang masih disisakan tadi. Setelah tertutup, otomatis akan keluar dari menu pengetesan. 
Related  3 Cara Cek Listrik Subsidi dan Non Subsidi, Mengetahui Perbedaannya

Cara 3. Cek Pakai Kode *#*#88#*#* ✔️

HP Samsung masih punya satu kode rahasia lagi yang dapat kamu manfaatkan untuk mengecek kondisi touchscreen. Cara cek touchscreen Samsung pakai kode yang kedua ini sebenarnya tidak jauh berbeda. Kamu sama-sama mendapati papan pengecekan sederhana, tapi bukan berupa huruf X. Langsung saja perhatikan caranya di bawah ini:

  • Buka menu Telepon di HP Samsung. 
  • Kemudian masukkan kode *#*#88#*#* tanpa mendialnya. 
  • Setelah itu, geser layar HP ke bawah dan pilih menu TouchPanel

Cara Cek Touchscreen Samsung

  • Selanjutnya kamu akan mendapati area pengetesan berupa kotak-kotak berbentuk persegi. 

  • Gambar di masing-masing kotak tersebut hingga mengelilingi layar. Jika kotak itu berisi warna, maka tandanya touchscreen masih normal. 
  • Tutup hingga kotak terakhir untuk  keluar dari menu pengecekan. 

Cara 4. Cek dengan Aplikasi Screen Test Pro ✔️

Cara cek touchscreen Samsung yang terakhir menggunakan bantuan aplikasi ringan dan gratis bernama Screen Test Pro. Bisa dibilang, ini merupakan aplikasi multifungsi karena berisi banyak sekali menu pengetesan. Ada berbagai komponen yang bisa kamu cek dengan aplikasi tersebut. 

Dengan Screen Test Pro, kamu dapat membuktikan apakah layar masih respon atau tidak saat disentuh. Perhatikan caranya di bawah ini:

  • Download dulu aplikasi Screen Test Pro dari Google Play Store. 
  • Kemudian instal dan buka aplikasinya untuk mulai melakukan pengetesan. 

Cara Cek Touchscreen Samsung

  • Karena ingin melihat kondisi touchscreen, pertama kamu pilih opsi multi touch test
  • Pengetesan tersebut untuk membuktikan apakah layar HP-mu merespon sentuhan jari secara bersamaan. Coba gunakan 10 jari, jika muncul angka 1—10, berarti perangkatmu mendukung multi touch. 

  • Selanjutnya kamu gunakan fitur Touch Test. 
  • Kemudian aplikasikan jari pada layar untuk membuat garis. Jika ada bagian layar yang tidak meresponnya, maka tandanya ada yang eror. 
Related  Cara Cek Samsung yang Benar

Penyebab Touchscreen Samsung Eror

Ketika kamu menemukan ada yang eror dari hasil pengecekan di atas, maka carilah dulu apa penyebabnya. Ada berbagai faktor yang membuat touchscreen pada HP Samsung tidak berfungsi. Beberapa di antara faktor penyebabnya adalah:

1. HP Jatuh atau Terbentur

Faktor yang paling sering membuat touchscreen eror adalah HP jatuh maupun terbentur. Hal tersebut jika terjadi cukup keras atau bahkan berulang-ulang, bisa membuat layar bermasalah. Ketika layar mengalami masalah, otomatis touchscreen tidak normal seperti sebelumnya. 

2. Kesalahan Sistem

Penyebab yang kedua yaitu kesalahan sistem. Hal ini memang sering terjadi ketika sistem mengalami bug. Salah satunya yaitu disebabkan ruang penyimpanan penuh dan banyak file sampah yang harus segera dibersihkan. 

3. Kemasukan Air

Touchscreen bisa eror ketika HP kemasukan air. Karena bagian tersebut basah, kemungkinan ada yang konslet dan tidak bekerja sebagaimana mestinya. Ini biasa kamu alami jika keluar rumah saat hujan, tapi ponsel lupa tidak disimpan di tempat yang aman. 

Cara Mengantisipasi Touchscreen Samsung Eror

Jika touchscreen tiba-tiba eror, kamu tidak perlu buru-buru panik dan langsung membawanya ke tempat parkir. Bila kerusakannya tidak parah, cobalah untuk melakukan hal-hal berikut ini. Pastikan untuk menyesuaikan dengan penyebabnya:

  • Simpan HP di tempat yang aman agar tidak mudah terbentur. Sebaiknya gunakan pelindung ponsel. 
  • Gunakan pelindung layar dan pasang dengan tepat. 
  • Restart HP Samsung untuk memperbaiki eror yang diakibatkan oleh bug sistem. 
  • Hapus file cache secara rutin. 
  • Usap dan tekan layar dengan lembut. 
  • Segera keringkan HP jika basah. 

Demikian penjelasan cara cek touchscreen Samsung yang bisa kamu lakukan. Selain mencoba cara manual, kamu dapat menggunakan kode rahasia yang sudah disebutkan. Bisa pula pakai aplikasi pengecekan yang gratis diunduh. 

error:
Scroll to Top