Samsung sebagai produsen smartphone besar di dunia memiliki cara cek garansi yang mudah. Semua smartphone Samsung, baik kelas bawah, menengah, atau flagship pasti memiliki garansi selama membelinya secara resmi. Namun, pengguna baru terkadang masih belum tahu mengenai bagaimana cara cek garansi smartphone Samsung yang dimiliki. Simak ulasan dan tutorial berikut untuk mengetahui garansi Samsung!
Ketentuan Garansi Samsung Indonesia
Garansi berlaku jika :
- Garansi berlaku sesuai dengan jangka waktu dan ketentuan yang ditetapkan oleh Samsung Electronics Indonesia
- Produk Samsung Electronics Indonesia dan berlaku di wilayah Indonesia
- Dalam masa jaminan produk mengalami kerusakan, maka reparasi tidak akan dikenakan biaya suku cadang dan/ atau jasa perbaikan
- Reparasi atau perbaikan dilakukan di Samsung Service Center seluruh Indonesia dengan membawa kartu garansi
Garansi tidak berlaku jika:
- Kartu garansi tidak diisi dengan lengkap atau ada ketidaksesuaian pengisian nomor seri, model, dan IMEI.
- Nomor seri, model, IMEI produk telah dihapus atau diubah atau terdapat coretan atau hapusan
- Kerusakan yang terjadi akibat kesalahan penggunaan atau penggunaan yang tidak sesuai dengan buku petunjuk
- Kerusakan karena kelalaian. Misalnya saja jatuh, terkena cairan, salah dalam penggunaan, tegangan arus listrik, pecah, retak, tergores, dan sebagainya
- Kerusakan yang disebabkan oleh Force Majeure
- Segel rusak, suku cadang diganti dengan suku cadang tidak asli oleh pengguna, pernah dibuka atau diperbaiki bukan oleh teknisi Samsung
- Perangkat lunak maupun perangkat keras yang telah dimodifikasi oleh pengguna
- Masa garansi telah habis
Ketentuan lainnya :
- Ketersediaan suku cadang dalam jangka waktu pasca garansi mengikuti kondisi pasar dan produk
- Garansi tidakbertanggung jawab terhadap segala bentuk kehilangan dan/atau kerusakan data milik pengguna
Ketentuan Garansi Samsung Luar Negeri
Jika kamu membeli smartphone Samsung dari luar negeri, ada ketentuan khusus mengenai garansinya. Berbeda dengan garansi smartphone Samsung Indonesia. Berikut adalah ketentuan-ketentuannya:
- Perbaikan produk luar negeri akan dikenakan biaya meskipun masih berstatus garansi
- Utuk produk yang sudah tidak garansi, biaya perbaikan akan lebih mahal dibanding produk Indonesia
- Waktu perbaikan lebih lama terngantung ketersediaan suku cadang dan perangkat lunak
- Rincian biaya dan waktu perbaikan akan dikonfirmasi oleh Samsung Service Center
- Dilakukan pengecekan lanjut untuk memeriksa apakah dapat diperbaiki atau tidak
- Perbaikan tidak dapat dilakukan bila ada perbedaan mengenai bandwidth, tegangan, dan sebagainya
Cara Cek Garansi Samsung
Untuk mengecek garansi Samsung sangat mudah. Ada 3 metode yang dapat kamu coba untuk semua tipe smartphone. Bisa kamu lakukan sendiri atau meminta bantuan Call Center Samsung. Langsung saja, ikuti tutorial berikut ini:
1. Cara Cek Garansi Samsung dengan IMEI
- Buka menu Panggilan/Call pada smartphone samsung milikmu
- Ketik *#06#
- Klik Panggil/Call/OK
- Nomor IMEI Samsung akan muncul di layar smartphone
- Catat atau screenshot nomor IMEI tersebut
- Kemudian buka browser dan masuk laman www.imei.info
- Pada menu IMEI Checker, pilih Samsung Warranty Check
- Masukkan 14 – 16 digit nomor IMEI Samsung yang telah kamu catat sebelumnya
- Kamu akan mendapat informasi lengkap mengenai smartphone Samsung yang digunakan, termasuk garansi Samsung
- Buka menu Settings atau Pengaturan pada smartphone Samsung milikmu
- Pilih menu About Phone
- Kemudian pilih Phone Status
- Scroll ke bawah dan kamu akan menemukan nomor IMEI
2. Cek Garansi Samsung Melalui Call Center
Cara kedua yaitu cek garansi melalui call center Samsung. Nantinya pihak Samsung akan menginfokan terkait masa garansi smartphone milikmu. Ada beberapa layanan yang dapat kamu pilih. Berikut beberapa layanan tersebut:
- WhatsApp dengan menghubungi : 081802155777
- Telepon bisa melalui : 08001127777 atau 08001128888
- Layanan live chat pada website resmi Samsung Indonesia
- Online service pada website remi Samsung Indonesia
- Atau bisa juga melalui sosial media Samsung Indonesia. Misalnya Twitter, Facebook, dan sebagainya.
3. Cek Garansi Samsung Berdasarkan Tanggal Pembelian
- Buka menu Panggilan/Call pada smartphone Samsung milikmu
- Ketik kode *#12580*369#
- Informasi mengenai smartphone Samsung milikmu akan tertampil di layar. Kamu bisa melihat tanggal pembelian pada bagian RF Cal
- Tanggal pembelian biasanya ditulis dengan angka. Misalnya 20211010, artinya smartphone tersebut dibeli pada 10 Oktober 2021
Demikian beberapa cara cek garansi Samsung. Cara-cara tersebut sangat mudah. Kamu pun tak perlu khawatir dan bingung untuk cek garansi Samsung. Gunakan garansi Samsung jika dibutuhkan, namun pastikan jika masa berlakunya masih aktif.
Samsung sebenarnya menawarkan layanan perpanjang garansi dengan membayar sejumlah premi. Sayangnya layanan ini belum ada di Indonesia. Padahal layanan ini akan sangat membantu pengguna Samsung.
Meski demikian, garansi juga tidak menjamin permasalahanmu terselesaikan. Ditambah lagi waktu perbaikan biasanya cukup lama. Tentu ini sangat mengganggu kamu sebagai pengguna. Oleh karena itu, selalu teliti sebelum membeli dan hati-hati dalam menggunakan perangkat smartphone milikmu. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!