Cara Menghapus Akun TikTok Permanen

9 Cara Menghapus Akun TikTok Permanen yang Benar

GEMATOS.ID | Pernahkah kamu mengalami teror atau pembulian via aplikasi TikTok? Hingga akhirnya memutuskan berhenti main sosial media dengan cara menghapus akun TikTok permanen. Memang sayang jika jumlah followers dan like di akun tersebut sudah banyak. Tapi karena alasan tertentu, menghapus akun jadi pilihan tepat. 

Di aplikasi TikTok pun tersedia fitur untuk menghapus akun. Bukan hanya sementara saja, bahkan kamu bisa menghilangkannya secara permanen. Jadi, benar-benar tidak ada yang dapat menemukan akun itu lagi di TikTok. 

Kalau ingin hapus akun, sebenarnya bukanlah perkara sulit. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti apa yang akan terjadi jika akun dihapus atau saran terbaik untuk dilakukan. Langsung saja baca penjelasan di bawah ini. 

Cara Menghapus Akun TikTok Permanen

Cara Menghapus Akun TikTok Permanen
Cara Menghapus Akun TikTok Permanen

Sebagai pengguna, kamu memang punya kehendak untuk mengelola akun TikTok sendiri. Termasuk menghapusnya jika ada alasan tertentu yang tidak bisa dihindari. Misalkan karena alasan keamanan dan privasi, terlalu banyak menghabiskan waktu di TikTok, atau memiliki akun lain yang lebih dominan. 

Cara menghapus akun TikTok permanen sebenarnya sangat mudah. Namun hal penting yang wajib dipersiapkan yaitu kata sandi. Saat proses hapus akun nanti, kamu diminta memasukkan password. Kemudian untuk langkah-langkahnya bisa dilihat di bawah ini:

Related  5 Cara Melihat Koin TikTok, Begini Trik Mendapatkan Koin dan Gift

Langkah 1. Buka Menu Profil

Buka dulu aplikasi TikTok yang kamu gunakan. Pastikan sudah login ke akun yang hendak dihapus. Setelah itu, akses menu Profil yang ada di pojok kanan bawah. 

Langkah 2. Ketuk Ikon Hamburger

Halaman Profil sudah terbuka. Sekarang, ketuk ikon humberger yang ada di atas. Ikon ini berupa tiga garis horizontal paralel. 

Langkah 3. Buka Menu Pengaturan dan Privasi

Selanjutnya kamu harus masuk ke bagian pengaturan. Dari menu yang muncul ini, pilih Pengaturan dan privasi. 

Langkah 4. Buka Bagian Akun

Untuk melakukan pengelolaan, maka buka menu Akun. Menu ini terletak paling atas di halaman pengaturan. 

Langkah 5. Pilih Opsi Untuk Hapus Akun

Berikut ini cara menghapus akun TikTok permanen yang kelima. Dari beberapa opsi yang tersedia, langsung saja pilih Nonaktifkan atau hapus akun. 

Langkah 6. Pilih Untuk Menghapus Akun Secara Permanen

Cara Menghapus Akun TikTok Permanen

Untuk menghapus akun TikTok itu dua opsi. 

  • Opsi yang pertama yaitu Nonaktifkan akun. Ini digunakan untuk menutup akun sementara dan dapat diaktifkan lagi kapan saja. 
  • Opsi yang kedua yaitu Hapus akun secara permanen. Pilih menu ini jika kamu ingin menghapus selamanya dan tidak berpikir untuk mengaksesnya kembali. 

Langkah 7. Tentukan Alasan Menghapus Akun

Sebenarnya kamu dapat melewati bagian ini. Tapi lebih baik jika memilih alasan kenapa ingin menghapus akun secara permanen. Beberapa alasan telah disediakan, di antaranya yaitu:

  • Hanya ingin menghapusnya sementara. Kalau kamu pilih alasan ini, biasanya muncul rekomendasi dari TikTok untuk menonaktifkannya saja daripada dihapus permanen. 
  • Terlalu sering menggunakan TikTok hingga akhirnya buat lupa waktu dan tidak fokus bekerja. 
  • Alasan keamanan dan privasi. Contohnya akunmu pernah dibobol atau ada yang melakukan tindakan kejahatan yang mengganggu privasi TikTok. Untuk alasan ini pun pihak TikTok akan memberikan opsi agar kamu dapat berpikir ingin benar-benar menghapusnya atau tidak. 
  • Alasan selanjutnya karena di akun tersebut terlalu sering muncul iklan yang tidak relevan, sehingga merasa terganggu. 
  • Sulit memakai dan mengelola akun tersebut. 
  • Memiliki beberapa akun lain dan ingin lebih fokus mengelolanya. Misalkan kamu punya dua aku untuk jualan. Tapi karena tokonya sudah tutup, akun terpaksa harus dihapus. 
Related  4 Cara Mendapatkan Koin di TikTok (GRATIS) dan Berbayar

Kamu bisa pilih Lainnya jika alasan yang tersedia tidak cocok. Lalu tuliskan alasan sebenarnya. Setelah memilih salah satu alasan di atas, tekan tombol Lanjutkan

Cara Menghapus Akun TikTok Permanen

Langkah 8. Lanjutkan Proses Hapus Akun

Berikut ini langkah selanjutnya dari cara menghapus akun TikTok permanen. Pihak TikTok akan meyakinkanmu apakah benar-benar ingin menghapusnya. Kalau yakin, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Centang bahwa kamu setuju untuk hapus akun. 
  • Kemudian tekan tombol Lanjutkan

  • Di halaman selanjutnya, kamu bisa lihat apa yang terjadi jika menghapus akun secara permanen. 
  • Konfirmasi dengan klik Lanjutkan lagi. 

Langkah 9. Masukkan Kata Sandi Akun TikTok

Inilah cara menghapus akun TikTok permanen yang terakhir. Sejak awal telah diterangkan jika ingin hapus akun itu memerlukan kata sandi. Kalau lupa, bisa menggantinya dahulu dari menu Pengaturan. Kemudian ikuti proses berikut:

  • Di halaman ini, tuliskan kata sandi akun TikTok-mu. 
  • Kemudian tekan tombol Hapus akun. 

  • Konfirmasi permintaan ini dengan klik Hapus

Cara Menghapus Akun TikTok Permanen

  • Selesai. Akunmu akan ter-logout secara otomatis. Jangan buka lagi selama 30 hari. 

Bisakah Mengaktifkan Akun TikTok yang Dihapus Permanen? 

Tidak sedikit pengguna yang merasa menyesal setelah menghapus akun. Tapi yang menjadikannya bingung, apakah akun yang dihapus secara permanen itu bisa diaktifkan lagi? Untuk menjawab hal ini, kamu harus tahu periode dihapusnya akun TikTok. 

Saat kamu meminta hapus akun, selanjutnya masuk masa penonaktifan selama 30 hari. Dalam periode tersebut, kamu masih punya kesempatan untuk mengaktifkannya kembali kapan saja. Caranya dengan login ke akun tersebut seperti biasanya. 

Tapi jika sudah lewat 30 hari sejak proses penghapusan, kamu tidak bisa mengaktifkan lagi. Karena setelah itu, pihak TikTok akan benar-benar menghapusnya secara permanen. Kamu pun kehilangan akses ke akun itu. 

Related  Cara Mengubah Bahasa di TikTok Lewat Aplikasi dan Situs Web

Apa yang Terjadi Jika Menghapus Akun TikTok Permanen? 

Kamu harus memikirkan benar jika ingin menghapus akun TikTok secara permanen. Tidak hanya sekedar kehilangan akun, tapi juga tidak punya akses sama sekali. Beberapa hal berikut yang akan terjadi apabila hapus akun selamanya, yakni setelah periode penonaktifan 30 hari:

  • Tidak bisa lagi login ke akun yang dihapus selamanya oleh TikTok. 
  • Tidak dapat menggunakan semua layanan TikTok dengan akun tersebut, contohnya membeli produk lewat fitur Shop. 
  • Kamu akan kehilangan akses terhadap semua konten yang pernah diunggah ke akun tersebut, baik foto maupun video. Termasuk juga jumlah followers akan hilang dan tidak bisa dialihkan ke akun lain. 
  • Beberapa informasi tersimpan mungkin masih ada dan dapat dilihat pengguna lain, seperti pesan langsung. 
  • Informasi yang tidak disimpan di server TikTok akan dihapus secara permanen, contohnya draf video dan foto. 
  • Tidak akan mendapatkan pengembalian uang maupun item yang dibeli. Contohnya kamu punya sisa uang komisi afiliasi yang belum diambil. Jika akun dihapus, uang tersebut ikut hilang. 

Saran Sebelum Menghapus Akun TikTok Permanen

Daripada kehilangan data penting yang tersimpan di akun tersebut, disarankan untuk meminta salinannya terlebih dahulu. Ini dapat kamu lakukan saat proses persetujuan hapus akun. Di mana TikTok memberikan opsi untuk mengunduh data, seperti postingan. Karena setelah akun dihapus, kamu tidak bisa mengunduhnya lagi. 

Disarankan pula untuk menyelesaikan transaksi di akun yang hendak dihapus. Kalau ada pesanan yang belum tiba, tunggu dulu agar bisa mengontrol paket. Jangan lupa mencairkan uang yang masih tersisa. 

Demikianlah cara menghapus akun TikTok permanen. Setelah proses hapus, akunmu akan dinonaktifkan 30 hari. Jangan buka lagi selama masa tersebut, lalu akun dihapus TikTok selamanya. 

error:
Scroll to Top