Cara Live di TikTok Pemula

Cara Live di TikTok Pemula di HP Lengkap dengan Syaratnya, Cek Di Sini!

GEMATOS.ID | TikTok tidak hanya jadi platform untuk berbagi konten-konten video pendek saja. Tapi ada fitur untuk berinteraksi dengan pengguna lain dalam waktu nyata bernama live streaming. Berikut akan dijelaskan cara live di TikTok pemula bagi kamu sekalian yang masih baru bergabung. 

Live streaming seringkali dilakukan oleh para public figure dan content creator ternama di TikTok. Tapi ternyata, kamu yang jadi pengguna biasa pun bisa memanfaatkan fitur tersebut. Tentunya dengan syarat dan ketentuan berlaku bagi siapa pun yang hendak melakukan siaran langsung. 

Karena itulah, berikut akan diterangkan apa saja syarat live di TikTok berikut cara lengkapnya. Di samping itu akan diberikan beberapa tips saat siaran langsung. Cek selengkapnya di sini. 

Apa Itu Fitur TikTok Live? 

Tiktok Live adalah fitur yang memungkinkan kreator dan penonton untuk berinteraksi secara real time. Dengan fitur tersebut, dapat menayangkan secara langsung apa yang sedang dikerjakan saat ini. Sering pula live dimanfaatkan untuk mempromosikan suatu produk oleh toko di TikTok Shop. 

Dalam fitur live di TikTok itu ada berbagai menu dukungan yang ditambahkan. Contohnya live sambil menggunakan efek tertentu. Ada pula opsi hosting multi-guest untuk mengundang kreator TikTok lain agar bergabung dalam siaran tersebut. Dan beberapa pengaturan penting lainnya. 

Yang paling menarik saat live di TikTok yaitu adanya gift atau hadiah. Misalkan kamu menargetkan gift tertentu. Apabila ada penonton yang memberikan hadiah tersebut, kamu akan dapat keuntungan. Bahkan setelah terkumpul banyak, bisa dicairkan menjadi uang tunai. 

Related  10 Cara Iklan di Tiktok Ads Untuk Tingkatkan Konversi Penjualan Produk

Syarat Live di TikTok Pemula

Sekarang pertanyaannya, apakah semua biasa mendapatkan gift dengan cara live di TikTok pemula? Perlu dipahami, bahwa fitur live ini hadir dengan beberapa persyaratan penting. Adanya pembatasan tersebut membuat para pengguna baru merasa kesulitan untuk melakukan siaran langsung. 

Sebenarnya syarat agar bisa live streaming di TikTok itu susah-susah gampang. Perhatikan saja beberapa syarat yang diuraikan di bawah ini:

  • Kreator TikTok yang dapat menyiarkan siaran langsung harus berusia minimal 18 tahun. 
  • Begitu pula jika ingin kirim atau menerima hadiah selama live harus berumur 18 tahun ke atas. 

Untuk ketentuan jumlah followers mungkin saja berbeda-beda di setiap wilayah. Karena ada beberapa pengguna yang bisa mencoba fitur live padahal pengikutnya belum ada seribu. Namun yang pasti jika mencapai jumlah tersebut positif bisa melakukan siaran langsung. 

Lalu, apakah ada solusi untuk pengguna yang pengikutnya di TikTok tidak sampai seribu? Ada satu cara jika ingin live streaming tanpa melihat jumlah followers. Caranya yaitu dengan membuat akun TikTok Shop, kemudian menghubungkannya ke TikTok biasa. 

Cara Live di TikTok Pemula

Cara Live di TikTok Pemula
Live di TikTok Pemula

Kamu sudah memenuhi persyaratan dan ingin mencoba fitur siaran langsung di TikTok? Tenang saja, berikut ini akan diterangkan secara lengkap bagaimana cara live di TikTok pemula. Caranya sangat mudah, bahkan hanya dengan beberapa klik saja. 

Siaran langsung juga bisa dilakukan buat kamu yang punya akun TikTok Shop. Jadi, sekalian melakukan promosi produk-produk di etalase. Untuk langkah-langkahnya, lihat panduan di bawah ini:

Langkah 1: Buka TikTok dan Masuk ke Menu Upload ✔️

Berikut ini langkah pertama dari cara live di TikTok pemula. Pastikan kamu pakai aplikasi TikTok versi paling baru agar lebih lancar saat digunakan. Di samping itu, perhatikan beberapa syarat yang telah diterangkan di atas. Kemudian ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi TikTok yang kamu gunakan. 
  • Setelah ada di halaman Beranda aplikasi TikTok, klik tanda tambah (+) yang ada di deretan menu bawah bagian tengah. 
Related  Cara Mendapatkan Uang dari TikTok dengan Menonton Video [NEW]

  • Menu tersebut biasanya digunakan untuk menambahkan konten baru ke akun TikTok. Kamu dapat membuka menunya lewat halaman Beranda maupun Profil.
Sebelum lanjut step 2, siapa yang ingin uang tambahan? Sudah cobain cara mendapatkan uang dari BIGO Live belum? Yuk baca dulu cara dapat uang dari BIGO biar nambah wawasanmu!

Langkah 2: Buka Fitur LIVE ✔️

Di sinilah perbedaan di akun TikTok yang sudah punya 1.000 followers dan belum. Apabila belum mencapai batas minimal seperti syarat di atas, maka yang muncul hanya menu Kamera dan Templat saja. Sedangkan fitur siaran langsung belum ada. 

Namun bagi kamu yang sudah memenuhi syarat menggunakan fitur ini, dapat langsung mencobanya. Berikut ini cara live di TikTok pemula:

  • Geser bagian menu ke arah kanan. 
  • Pilih fitur LIVE

  • Biasanya fitur tersebut ada di urutan menu ketiga. Ada pula yang berada di paling kanan. Jadi, sesuaikan dengan tampilan aplikasi TikTok milikmu sekarang. 

Langkah 3: Tambahkan Judul dan Topik Live ✔️

Kamu pun dapat menambahkan judul untuk menunjukkan siaran langsung tersebut membahas tentang hal apa. Caranya seperti di bawah ini:

  • Lihat kolom di bagian atas. 

Cara Live di TikTok Pemula

  • Tentukan sampul untuk live TikTok yang akan kamu lakukan. Tekan Ubah dan masukkan foto yang sudah disiapkan dari galeri. 
  • Kemudian tulis judul siaran langsung di sampingnya dengan cara klik ikon pensil. Misalkan menyiarkan live tentang sepak bola, drama Korea, jualan produk, atau lainnya. 
  • Tentukan pula topik di kolom bawahnya. 
  • Sebagai kreator kamu juga bisa menentukan sasaran hadiah atau gift yang ingin didapatkan selama live streaming. 

Langkah 4: Gunakan Fitur dalam Live TikTok ✔️

Berikut ini cara live di TikTok pemula yang harus kamu ketahui. Di mana dalam siaran langsung tersebut ada beberapa fitur tambahan yang bisa dimanfaatkan sesuai kebutuhan. Di antaranya sebagai berikut:

  • Balik untuk menggunakan kamera belakang saat melakukan siaran. 
  • Percantik agar kamu dapat live dengan cantik meskipun tidak didukung oleh make up. 
  • Pengaturan. Kamu bisa setting jalannya live lewat menu ini. Contohnya memblokir komentar penonton atau membuat pembatasan tertentu. 
  • Efek untuk menggunakan efek tertentu. Jika tidak ingin memakainya, ketuk ikon lingkaran disilang. 
  • Produk merupakan fitur untuk menambahkan produk ke etalase. Jadi, live dilakukan untuk mempromosikan dan menjual produk, terutama bagi pemilik akun TikTok Shop. 
  • Jajak Pendapat kalau misalkan melakukan live untuk mengetahui pendapat dari para followers-mu tentang suatu hal. 
  • Promosi bisa kamu pakai untuk mempromosikan atau mengampanyekan hal penting. 
  • Bagikan yang merupakan fitur untuk membagikan siaran tersebut ke pengguna lain. 
  • Game Seluler cocok buat kamu yang ingin melakukan live streaming di TikTok sambil bermain game online. 
Related  Cara Menang Giveaway

Langkah 5: Mulai Live Streaming ✔️

Inilah cara live di TikTok pemula yang terakhir. Setelah semua siap, kamu dapat mulai melakukan siaran. Perhatikan hal berikut ini:

  • Pastikan lighting tertata. 
  • Sebaiknya gunakan backdrop yang rapi. 
  • Sambungkan ke jaringan internet yang stabil. 
  • Jika sudah siap, tekan Siarkan LIVE. 

Nah sudah mulai LIVE Tiktok? Sekarang kamu pasti ingin tahu bagaimana cara agar penonton LIVE Tiktok Banyak dan gratis tanpa beli viewers kan?

Tips Live di TikTok Pemula ✔️

Pihak TikTok memiliki aturan tertentu terkait fitur Live. Selain persyaratan, kamu harus tahu hal-hal berikut ini agar tidak melanggar aturan, terlebih untuk akun toko:

  • Jangan menyebutkan nama platform lain. 
  • Tidak menyebutkan brand terkenal. 
  • Kalau live tersebut menjual produk, maka review produk tersebut dan jangan bahas hal lain. 
  • Lakukan live sesuai topik. 
  • Jangan membahas hal sara dan ujaran kebencian. 

Demikianlah penjelasan cara live di TikTok pemula lengkap dengan persyaratannya. Agar menemukan fitur siaran langsung, harus punya followers di atas seribu. Selain itu, mematuhi aturan agar akun tidak kena suspend/ban

error:
Scroll to Top