Cara Blokir Akun Tiktok

2 Cara Blokir Akun Tiktok Sendiri dan Orang Lain Permanen

GEMATOS.ID | Ketika bermain media sosial tentu tidak selalu sesuai harapan, ada kalanya kita memiliki hubungan yang kurang baik dengan seseorang atau mungkin mantan. Sehingga, hal-hal yang berkaitan dengan mantan benar-benar ingin dilupakan, termasuk memblokir akun media sosialnya. Jika Kamu punya akun Tiktoknya juga bisa coba cara blokir akun Tiktok seseorang.

Aktivitas memblokir akun media sosial memang sudah bukan hal yang tabu lagi, karena memang setiap pengguna punya alasan kenapa harus memblokir akun orang lain. Sebenarnya, selain bisa memblokir akun orang lain Kamu juga bisa coba cara blokir akun Tiktok sendiri jika merasa sudah bosan dan enggan bermain Tiktok lagi.

Cara Blokir Akun Tiktok

Cara Blokir Akun Tiktok
Blokir Akun Tiktok – Youtube.com/Lam Alif

Seperti yang sudah kita singgung di atas, bahwa cara blokir akun Tiktok bisa untuk dua kemungkinan yaitu memblokir akun Tiktok orang lain dan diri sendiri. Ikuti saja panduannya di bawah ini!

Cara 1. Blokir Akun Tiktok Orang Lain ✔️

Cara blokir akun Tiktok yang pertama yaitu memblokir akun Tiktok orang tanpa diketahui pemiliknya. Jika Kamu tidak berkenan dengan seseorang, maka bisa memblokirnya dengan langkah-langkah berikut :

  • Kamu bisa membuka Akun Tiktok Orang Lain yang mau diblok.
  • Selanjutnya masuk ke profil orang tersebut, lalu klik Tanda Panah ke Kanan.

  • Setelah itu pilih Block.

  •  Konfirmasikan apakah Kamu mau blokir orang tersebut atau tidak. Tekan lagi Block. 

  • Selesai!

Cara 2. Blokir Akun Tiktok Sendiri ✔️

Jika sudah tidak mau bermain atau mengakses Tiktok lagi, mungkin Kamu berniat ingin memblokir atau menghapus akun Tiktok sendiri secara permanen. Untuk melakukannya, Kamu bisa coba cara blokir akun Tiktok sendiri di bawah ini :

  • Buka aplikasi Tiktok via ponsel.
  • Lalu masuk ke profil Akun Tiktok Kamu dengan menekan Profil. Sebelum Kamu memblokir atau menghapus akun Tiktok, pastikan email atau nomor ponsel yang didaftarkan saat Kamu mendaftar akun Tiktok masih aktif. Sebab nantinya Kamu menggunakannya untuk verifikasi.
Related  6 Cara Menambahkan Link di Bio TikTok, Mudah Muncul

  • Lanjutkan dengan mengklik Garis Tiga Horizontal di pojok kanan atas.

  • Setelah itu, pilih Pengaturan dan Privasi di bagian paling bawah.

  • Jika sudah, klik Akun kemudian tap pllihan Nonaktifkan atau Hapus Akun.

  • Selanjutnya, Kamu akan mendapat pilihan apakah ingin menonaktifkan akun atau hapus akun secara permanen. Silahkan pilih Hapus Akun Secara Permanen.
  • Lalu, Kamu akan mendapatkan pertanyaan Mengapa Anda Ingin Berhenti Menggunakan Tiktok. Silahkan pilih alasan yang sesuai.
  • Misalnya dengan mengklik alasan Saya Terlalu Sering Menggunakan Tiktok lalu klik Lanjutkan.

  • Setelah itu, Kamu akan dibawa ke menu Unduh Data Tiktok Anda, jika ingin mengunduh data-data yang sudah Kamu upload di Tiktok, tekan Minta Unduhan. Jika tidak, biarkan saja dan centang tulisan di bawah lalu tekan Lanjutkan. 

  • Lalu, Kamu akan mendapatkan konfirmasi kembali untuk memastikan apakah benar ingin menghapus akunmu. Silahkan baca konsekuensinya jika Kamu menghapus akun permanen. Tekan lagi Lanjutkan.

  • Setelah itu, Kamu akan diminta memasukkan kata sandi. Masukkan kata sandi dan tekan Hapus Akun.

Cara Membuka Blokir Akun Tiktok Orang Lain ✔️

Bagaimana jika mengurungkan niat memblokir akun Tiktok seseorang? Kamu bisa kok membuka blokiran akun Tiktok orang tersebut. Sama halnya dengan cara membuka blokir di Facebook, buka blokiran di Tiktok juga sangat gampang. Ini dia ulasannya :

  • Pertama, buka akun Tiktok di hp.
  • Kemudian masuk ke beranda akun Tiktok dan pilih Profil.
  • Setelah masuk profil, klik Garis Tiga di pojok kanan atas.
  • Lalu, temukan opsi Pengaturan dan Privasi dan tap opsi tersebut.
  • Selanjutnya pilih Privasi dan scroll layar untuk menemukan Akun yang Diblokir.
  • Jika sudah ketemu, klik Buka Blokir di bagian samping akun yang diblokir.
  • Selesai.
Related  Cara Membuat Nada Dering dari TikTok (dengan) dan Tanpa Aplikasi

Alasan Kenapa Menghapus Akun Tiktok Sendiri ✔️

Selain blokir memblokir akun Tiktok orang, terkadang seseorang ingin menghapus akun Tiktoknya sendiri karena beberapa alasan berikut :

1. Tidak Punya Waktu Buat Bermain Tiktok

Memakai Tiktok sebagian besar dikarenakan untuk mengisi waktu senggang atau kosong. Namun ketika tidak punya banyak waktu karena sibuk bekerja atau alasan lainnya, menghapus akun Tiktok bisa menjadi cara agar lebih fokus terhadap pekerjaan atau hal-hal lain yang sifatnya sangat penting.

2. Privasi

Sebagian pengguna juga mungkin merasa jika dengan mengakses Tiktok atau akun media sosial lainnya menganggap jika informasi pribadi menjadi terlalu banyak terekspos. Sehingga tidak merasa nyaman dengan informasi yang dibagikan pada platform Tiktok, yang akhirnya berniat untuk menutup akun Tiktok permanen.

3. Perlindungan Mental

Alasan lain bisa juga dikarenakan untuk melindungi kesehatan mental. Karena tidak sedikit pengguna Tiktok menyadari jika platform ini bisa memberikan dampak negatif terhadap kesehatan mental, seperti bisa membandingkan diri sendiri dengan seseorang atau hal lainnya.

4. Konten Tidak Bermanfaat

Seseorang memilih untuk menghapus akun Tiktok mereka secara permanen dikarenakan bosan mengakses konten-konten yang menurutnya tidak bermanfaat pada platform Tiktok.

Sekali lagi, memilih menghapus akun Tiktok harus dengan banyak pertimbangan. Apalagi dengan banyaknya media sosial yang diikuti. Jika dirasa terlalu banyak media sosial yang diakses, maka Kamu harus memilih salah satunya untuk diblokir.

Apakah Tiktok Bisa Memblokir Akun Seseorang?

Selain memblokir akun Tiktok karena kesadaran diri sendiri, tentunya Tiktok juga bisa menghapus atau memblokir akun penggunanya karena beberapa alasan berikut :

1. Berisi Konten Merugikan

Mempromosikan konten-konten yang dilarang, seperti perjudian, kekerasan, penyalahgunaan obat terlarang, hingga perilaku lainnya yang merugikan dapat dijadikan alasan kenapa Tiktok harus memblokir akun tersebut.

Related  Cara Melihat Kata Sandi TikTok yang Lupa Agar Bisa Login Lagi

2. Adanya Pelanggaran Hak Cipta

Akun Tiktok yang telah melanggar lewat materi atau sesuatu yang sudah dilindungi oleh hak cipta bisa menyebabkan terjadinya pemblokiran.

3. Konten Tidak Pantas

Tiktok akan memblokir akun penggunanya jika mereka terdeteksi membagikan konten tertentu yang dianggap vulgar maupun tidak pantas sesuai kebijakan Tiktok.

4. Penipuan

Tiktok akan menghapus atau memblokir akun seseorang jika akun tersebut dipakai untuk penipuan atau spam, seperti halnya menyebarkan link menyesatkan secara berulang kali.

5. Konten Berbahaya untuk Anak

Konten berbahaya yang tidak sesuai untuk usia anak-anak juga bisa memicu pemblokiran akun Tiktok.

6. Melanggar Kebijakan Komunitas atau Platform

Tiktok mempunyai kebijakan komunitas yang wajib penggunanya ikuti. Pelanggaran atas kebijakan tersebut, semisal adanya pelecehan atau perilaku melakukan intimidasi dapat mengakibatkan pemblokiran.

Setiap keputusan Tiktok untuk menghapus atau memblokir akun pengguna biasanya terkait dengan ketentuan atau kebijakan komunitas Tiktok itu sendiri. Selain itu, Tiktok juga kerap memberitahukan kepada penggunanya jika telah terjadi pelanggaran.

Kesimpulan

Jika Kamu ingin tetap stay menggunakan akun Tiktok, secara otomatis harus memenuhi kebijakan dan ketentuan yang berlaku di Tiktok. Buat konten-konten yang tidak hanya menghibur tetapi juga informatif. Jadi, konten yang Kamu sampaikan sangat berguna untuk banyak orang karena bersifat mengedukasi.

Tapi, jika karena ada sesuatu hal seperti enggan berteman dengan seseorang di Tiktok atau mungkin ingin berhenti menggunakan Tiktok sepenuhnya, Kamu bisa coba cara blokir akun Tiktok seperti yang telah dijelaskan di atas!

error:
Scroll to Top